13 Januari 2011

Antara Sudah dan Pernah

Pernah dan Sudah ...
Dua kata yang terlihat memiliki arti yang sama tapi bagiku memiliki makna yang sangat berbeda.

Bagiku kata sudah diucapkan jika kita telah melakukan suatu hal dan enggan untuk melakukannya kembali.
contoh :
  • Saya sudah selesai ujian.
  • Saya sudah pernah makan di tempat tersebut.
Kedua contoh diatas seakan menggambarkan bagaimana rasa tidak ingin mengulangi hal yang telah dilakukan (meskipun sedikit).

Sedangkan kata pernah diucapkan ketika kita ingin mengulangi masa-masa yang telah lewat atau mengulangi kegiatan yang sudah tidak kita jalani lagi.
contoh :
  • Saya pernah bersekolah disini.
  • Saya pernah meraih penghargaan tersebut.
Menurut saya, inilah perbedaan yang jelas antara dua kata tersebut, dimana uniknya bahasa kita hingga bisa membuat perbendaharaan kata dapat menciptakan makna yang ambigu.

Maka benar lah kalau ada pepatah yang berbunyi:
"Mulutmu harimaumu, yang bisa menerkam di saat yang tidak engkau sadari"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...