Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

10 Januari 2011

Samurai

Samurai (侍 atau 士) ialah istilah untuk perwira militer kelas elit sebelum zaman industrialisasi di Jepang. Kata "Samurai" bermakna "melayani" (to serve), maka tugas utama seorang samurai adalah sebagai pelayan bagi sang majikan.

Istilah yang lebih tepat adalah bushi (武士) (harafiah: "orang bersenjata") yang digunakan semasa zaman Edo. Samurai digunakan untuk prajurit elit dari kalangan bangsawan. Samurai yang tidak terikat dengan klan atau bekerja untuk majikan (daimyo) disebut ronin, sedangkan samurai yang bertugas di wilayah han disebut hanshi.


Seven Samurai (1954)

Samurai haruslah sopan dan terpelajar, dan pada masa Shogunan Tokugawa berangsur-angsur kehilangan fungsi ketentaraan mereka. Hingga pada akhir era Tokugawa, samurai secara umumnya adalah kaki-tangan umum bagi daimyo, dengan pedang hanya untuk tujuan istiadat. Dengan reformasi Meiji pada akhir abad ke-19, samurai dihapuskan sebagai kelas berbeda dan digantikan dengan tentara nasional menyerupai negara Barat. Bagaimanapun juga, sifat samurai yang ketat yang dikenal sebagai bushido masih tetap ada dalam masyarakat Jepang masa kini, sebagaimana aspek cara hidup mereka yang lain.

Bicara tentang Samurai, tidak lengkap rasanya kalau tidak berbicara tentang katana. Dalam Bushido diajarkan bahwa katana adalah roh dari samurai dan kadang-kadang digambarkan bahwa seorang samurai sangat tergantung pada katana dalam pertempuran. Mereka percaya bahwa katana sangat penting dalam memberi kehormatan dan bagian dalam kehidupan. Sebutan untuk katana tidak dikenal sampai masa Kamakura (1185–1333), sebelum masa itu pedang Jepang lebih dikenal sebagai tachi dan uchigatana, Dan katana sendiri bukan menjadi senjata utama sampai masa Edo.


Katana

Sedangkan senjata kedua seorang Samurai adalah wakizashi. Senjata ini diberikan apabila seorang anak mencapai usia tiga belas tahun melalui upacara yang dikenali sebagai Genpuku. Anak laki-laki yang menjalani genpuku mendapat sebuah wakizashi dan nama dewasa untuk menjadi samurai secara resmi. Ini dapat diartikan dia diberi hak untuk mengenal katana walaupun biasanya diikat dengan benang untuk menghindari katana terhunus dengan tidak sengaja. Pasangan katana dan wakizashi dikenali sebagai Daisho, yang berarti besar dan kecil.

Wakizashi

Kisah Samurai sendiri telah banyak menarik perhatian dunia, terbukti dengan dibuatkan cerita tentang gaya hidup Samurai, baik melalui media bacaan maupun media televisi/layar lebar.

Berikut ini beberapa jenis anime/film layar/game lebar tentang Samurai :


The Last Samurai (2003)


Rurouni Kenshin (1994)


Onimusha 3 : Demon Siege (2004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...