Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

31 Maret 2011

April Fools

April Fools atau kita biasa sebut dengan April Mop, adalah hari dimana orang-orang biasanya melakukan kejailan terhadap orang lain karena memang (katanya) pada tanggal 1 April inilah orang-orang didunia bisa berbuat kejahilan tanpa harus merasakan yang namanya dosa .

Anehnya, meski sudah dikerjai seperti apapun orang-orang yang dikerjai biasanya tidak akan marah, kesal, jutek, bete, de-el-el, de-es-te kalau mendengar kata "ini April mop" atau kata-kata sejenis itu (maksudnya ). Ya, apalah kata orang tentang April Mop ini, sekarang gua hanya ingin memberitahu tentang asal-muasal hari jahil sedunia ini ....

Sebenarnya teori tentang April Mop ini dari dulu sampai sekarang ada banyak, namun tidak ada teori yang benar-benar bisa menjelaskan kenapa hari kejahilan ini muncul di dunia. Kita yang hidup di masa ini (baca: para pembaca blog ini berikut penulisnya) juga masih mengalami kebingungan yang sama seperti orang-orang terdahulu. Tapi ada beberapa teori kenapa tanggal 1 April ini disebut dengan April Fools/ April Mop.

Teori Pergantian Kalender

Teori ini merupakan teori paling terkenal terkait masalah April Mop.Teorinya seperti ini : pada tahun 1564 Prancis mengganti sistem kalendernya, awal tahun yang biasanya dimulai dari akhir Maret disesuaikan menjadi 1 Januari, mereka yang tidak dapat mengikuti perubahan ini dan dengan keras kepala masih menggunakan sistem kalender yang lama tetap merayakan tahun baru baru pada sekitar tanggal 25 Maret sampai 1 April. Orang-orang yang merayakan tahun baru inilah yang biasanya dikerjai orang-orang lain, mereka yang dikerjai ini disebut Poisson d’Avri, atau dalam bahasa Prancis disebut April Fools.

Kalender Julian

Kalender Julian, yang dibuat oleh Julius Caesar pada 46 SM, menetapkan tanggal 1 Januari sebagai awal tahun. Tapi sejak Kristiani menyebar di Eropa, ada usaha untuk meng-kristen-kan kalender Julian dengan cara memajukan tahun baru ke pengaruh teologi yang lebih kuat, seperti Natal atau Paskah. Disaat beberapa negara tetap menggunakan 1 Januari sebagai awal tahun, disaat yang sama sistem kalender di Eropa berantakan. Kesalahan di kalender Julian menyebabkan tahun tata surya (matahari) menjadi menyimpang dengan tahun pada kalender dan negara-negara di Eropa merayakan tahun baru pada tanggal yang berbeda.

Kebanyakan daerah di Prancis menggunakan hari raya Paskah sebagai awal tahun sejak abad ke-empat belas. Ini menyebabkan kebingungan karena hari Paskah berkaitan dengan siklus bulan dan selalu berganti dari tahun ke tahun. Ada kalanya tanggal yang sama terjadi pada tahun yang sama.

Tapi, Prancis tampaknya menggunakan Paskah sebagai awal tahun untuk kepentingan administratif yang legal. 1 Januari yang menurut tradisi Romawi, digunakan sebagai awal tahun tradisional dan tanggal dimana orang-orang bertukar hadiah.

*Berikut ini adalah beberapa referensi tentang April Mop :

Sejarah Chaucer

Referensi pertama tentang April Mop ini dapat dilihat dari tulisan Chaucer, tapi referensi sangat ambigu dan hampir tidak berguna sebagai bukti sejarah.
Pada Nun’s Priest’s Tale (1392) Chaucer bercerita tentang ayam yang jatuh dalam perangkap rubah dan hampir dimakan. Narrator menyampaikannya seperti ini:
"When that the monthe in which the world bigan                           
That highte March, whan God first maked man,                            
Was complet, and passed were also                                                
Syn March bigan thritty dayes and two"                                        


*yang nggak ngerti terjemahin sendiri yak

Kalimat ini membuat bingung para murid Chaucer. Apakah kejadian ini terjadi tiga puluh dua hari (“thritty dayes and two”) setelah Maret ? Atau tiga puluh dua hari setelah Maret “Syn March bigan” (Sejak Maret dimulai/ Since March Began) ? Apakah Chaucer sengaja memilih hari ini agar bertepatan dengan tanggal 1 April yang notabene sesuai dengan tradisi kejahilan yang selalu dilakukan pada tanggal tersebut ?
Apapun yang dimaksud Chacuer tidak dapat disimpulkan, tapi berdasarkan beberapa baris kalimat, ia sadar kalau tradisi tersebut jatuh di tanggal 1 April.

Pelarian Duke of Lorraine (1632)

Menurut legenda, Duke of Lorraine dan istrinya sedang dipenjara di penjara (masa' di hotel ) di daerah Nantes. Mereka berhasil melarikan diri pada tanggal 1 April 1632 dengan menyamar sebagai orang biasa dan berjalan melalui pintu utama. Sebenarnya ada yang menyadari mereka dan memberitahu penjaga, tapi para penjaga menggangap pemberitahuan itu sebagai "poisson d’Avril" dan menertawakanya, hingga Duke of Lorraine dan istrinya berhasil melarikan diri.

Legenda ini masih belum diketahui kebenarannya.




Sumber ada disini !

2 komentar:

  1. oh gitu toh sejarahnya hehehe. btw udeh lama kagak ngerjain orang, punya ide gak lo cara ngerjain orang yang paling sadis? soalnya di hari itu bokap gue ultah juga, pengen bgt ngerjain doski wakakakak :))

    BalasHapus
  2. saya mah anak baik mbak #mukatakberdosa
    biasanya nipu pake acara ngamuk2 gtu
    old school but always work :D

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...