Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

12 April 2011

Indonesia dan Youtube

Youtube, sebuah situs yang diciptakan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim ini semakin hari semakin marak digunakan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Situs ini memberi kemudahan bagi masyarakat dunia untuk men-upload maupun men-download video-video yang mereka inginkan. Youtube bagi sebagian masyarakat awan digunakan sebagai tempat untuk mengekspresikan dirinya (baca: kegilaan) maupun orang lain kepada dunia, cukup dengan meng-upload video tersebut ke Youtube dan tinggal berharap video tersebut ditonton oleh masyarakat Bumi (Alien juga bisa, syaratnya mereka punya koneksi internet).

sekarang kenapa bahas Youtube kk ?

Yang akan dibahas sekarang adalah kehebatan (baca: kegokilan) segelintir penduduk Indonesia yang menjadi terkenal (videonya doang) di dunia berkat bantuan situs Youtube ini (dan ada beberapa situs lain yang turut campur dalam proses menjadi terkenal).


Kasus Pertama : Shinta & Jojo


Orang Indonesia mana yang tidak kenal kedua mojang Bandung ini? Mereka bisa dibilang perintis dalam kasus kali ini, dimana video lip-sync mereka yang pertama berjudul "Keong Racun" menjadi trending topic di situs twitter selama berbulan-bulan. Bahkan lagu Keong Racun yang mereka nyanyikan (baca: lip-sync) menjadi lebih terkenal daripada penyanyi aslinya yang konon bernama Lissa (#jarangnontontipi). Saking terkenalnya lagu Keong Racun ini sampai Charly ST12 mengaransemen ulang lagu tersebut, meski bukan Sinjo (Shinta-Jojo) yang menyanyikannya (#abaikan). Saking terkenalnya di twitter maupun Youtube, maka bermunculan jugalah berbagai versi dari Keong Racun, mulai dari versi bule sampai versi (maaf) banci. Wajah Sinjo sekarang sudah mulai menghiasi televisi Indonesia, khususnya pada iklan produk makanan, sebut saja "So Nice" (ups, keceplosan).

Kasus Kedua : Bona Papatungan


Di saat masyarakat Indonesia sedang dipusingkan dan diresahkan dengan kasus mafia pajak yang menimpa Gayus Tambunan, Bona Papatungan muncul ke permukaan dengan lagunya yang berjudul "Andai Aku Jadi Gayus". Lagunya yang menarik dan liriknya yang (katanya) menyinggung beberapa oknum tertentu menjadi warna baru di kehidupan masyarakat Indonesia yang mulai bosan melihat carut-marut sistem pemerintahan di negara ini. Sempat beredar kabar bahwa om Bona diancam oleh beberapa oknum tertentu akibat lagu yang dilantunkannya, tapi sampai sekarang belum ada kelanjutan kabar terkait om Bona yang katanya menggungah lagu tersebut atas dasar dorongan teman-temannya yang menyukai lagu tersebut.

Kasus Ketiga : Udin Sedunia


Kalau Sinjo terkenal di dunia akibat video Youtube lip-sync lagu dangdut, si Udin Sedunia ini malah menciptakan lagu yang naujubilah kocaknya (liat aja video di atas), video ini pertama kali keluar ke dunia saat masyarakat Indonesia (baca: suporter sepak bola Indonesia) menjadi bersatu untuk pertama kalinya untuk mengakhiri rezim Nurdin Halid sebagai ketua umum PSSI. Dengan lirik dan aransemen lagu yang kocak lagu ini menjadi semacam hiburan ditengah hingar-bingar dunia saat ini. <-- ga ada ide

Kasus Keempat : Briptu Norman Kamaru



Melihat badannya yang tegap dan pangkatnya sebagai Briptu (Brigadir Polisi Satu) mungkin sebelumnya tidak ada yang menyangka kalau manusia bernama Norman Kamaru ini termasuk dalam golongan manusia-manusia kocak, mau bukti ? Silahkan ketikkan namanya "Norman Kamaru" atau "Briptu Norman Kamaru" di situs Youtube, maka kalian akan menemukan video kocak mas polisi ini sedang nikmatnya ber-lipsync lagu India. Akibat diunggah oleh seorang teman, begitu pengakuannya, video kocak Norman menjadi hiburan di tengah masyarakat Indonesia, meski tidak menempati posisi top-ten trending topic di situs twitter. Semula tindakannya yang dianggap bercanda saat bertugas ini akan diberikan sanksi oleh atasannya, tapi sekarang ia malah diberikan hadiah motor dan dana beasiswa untuk bersekolah di salah satu perguruan tinggi di Indonesia.


Yang diatas merupakan segelintir masyarakat dunia yang terkenal di dunia (kalau orang Indonesia terkenal di Indonesia dulu), sekarang gua mau memaparkan artis dunia yang meraih ketenaran berkat bantuan situs Youtube ini ....

Kasus Pertama : Justin Bieber


Bocah kelahiran Kanada, 1 Maret 1994 ini merupakan salah satu manusia yang merasakan popularitas melalui bantuan Youtube. Video Justin yang diunggah di situs tersebut menarik minat Usher, hingga mereka dipertemukan dalam suatu audisi. Sukses album pertamanya "My World" menjadi langkah awal dalam menjadi artis berlevel dunia, hal ini disebabkan dengan mewabahnya "Bieber's fever" akibat rasa cinta, ngefans atau apalah itu secara berlebihan kepada pemuda Kanada ini.

Kasus Kedua : Rebecca Black


Entah karena ingin terkenal seperti idolanya Justin Bieber (baca tulisan diatas) atau tidak, yang jelas Rebecca Black juga meraih popularitas dari situs Youtube. Bedanya dengan Bieber adalah; Rebecca menjadi terkenal di situs Youtube bukan karena (maaf) kecantikan maupun kualitas suaranya, justru yang banyak ditemukan di komentar tentang video "Friday" ini adalah berbagai komentar tentang buruknya kualitas suara Rebecca atau lirik lagunya yang sama sekali tidak ada arti, dalam kata lain Rebecca dinilai tidak memiliki kemampuan untuk menciptakan suatu lagu yang bagus.



*semua foto hasil search di google
*semua video hasil search di Youtube (dimana lagi?)

2 komentar:

  1. kok gue kagak ada bang? huahaha :))

    tapi menurut gue yang sukses banget mah si JB yeh. soalnya dia emang bener2 ada talenta sih udah gt ganteng lagi :p

    BalasHapus
  2. sebenarnya Indonesia banyak tu! sebut saja fransoa gamal1990. tapi cuma orang2 diatas aja sih yg meledak n masuk tipi..

    wah ternyata rebecca notorious hehe
    btw mnrt gw pencetus lipsync di youtube adalah moymoypalaboy

    CMIIW

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...