Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

21 Mei 2011

Berbagai Jurus Pupil di Anime

Anime sudah menjadi tontonan umum bagi masyarakat dunia sekarang, khususnya di negara asalnya yaitu Jepang, menonton anime sudah bukan menjadi tontonan anak kecil semata (seperti yang ada di masyarakat kita, dimana menonton anime/kartun hanya untuk anak-anak). Dan salah satu trend dalam dunia anime adalah kemampuan seorang karakter untuk melakukan sesuatu menggunakan matanya.

Mata yang merupakan salah satu indera penting bagi manusia ternyata bisa dikreasikan sedemikian rupa oleh para mangaka Jepang tersebut. Kalau di Amerika kemampuan mengeluarkan kemampuan/jurus hanya dikenal pada tokoh Cyclops milik X-Men, maka di Jepang ada banyak sekali anime yang mengeksploitasi pikiran liar dan kreatif mereka menjadi kemampuan yang mengagumkan


Berikut beberapa yang tertangkap dalam radar pengamatan gua :

#1. Sharingan

Anime : Naruto, Naruto : Shippuden
Users : Hatake Kakashi, Uchiha Sasuke, Uchiha Itachi, Danzo, Uchiha Madara

Bagi mereka yang gemar menonton anime Naruto maupun Naruto : Shippuden (sebenarnya ga ada bedanya juga) pasti mengetahui kemampuan mata yang satu ini. Kemampuan mata yang dimiliki clan Uchiha yang merupakan clan terkuat di desa Konoha ini punya banyak kehebatan. Mulai dari kemampuan memprediksi gerakan lawan, kemampuan genjutsu, membawa musuh ke dimensi lain hingga kemampuan untuk menciptakan api hitam yang mampu membakar apa saja (amaterasu).

#2. Byakugan

Anime : Naruto, Naruto : Shippuden
Users : Hyuga Neji, Hyuga Hinata


Selain Uchiha ada clan lain yang menggunakan jurus pupil sebagai senjata utamanya. Dan clan tersebut adalah clan Hyuga. Keunggulan dari jurus pupil yang satu ialah kemampuannya untuk melihat keadaan di sekitarnya dalam radius berkilo-kilometer, selain itu jurus ini juga memungkinkan penggunannya untuk melihat aliran chakra musuhnya dan melihat titik-titik vital di tubuh lawannya.

#3. Jagan


Anime : Get Backers
User : Midou Ban


Jagan atau Evil Eyes kepunyaan sang pengembali barang Ban Midou adalah jurus pupil yang mengerikan bagi lawan-lawan si jenius pertarungan ini. Selain kemapuan snake bite Ban yang berkekuatan mencapai 200 kg, kemampuan Jagan yang membuat musuh-musuhnya melihat ilusi selama 1 menit mampu menjadi mimpi buruk karena mereka berhadapan dengan seorang Midou Ban. Tapi Jagan memiliki kelemahan, yaitu tidak bisa digunakan lebih dari empat kali sehari dan tidak bisa digunakan dua kali sehari pada orang yang sama. Dalam anime-nya kemampuan Jagan biasanya hanya ia gunakan di saat-saat terdesak dan memberikan after-service bagi para klien Get Backers.

#4. Shinigami Eye

Anime : Death Note
Users : Amane Misa, Higuchi Kyosuke, Teru Mikami

Kemampuan mata ini memang "hanya" melihat nama asli dan sisa waktu hidup mu, terkesan sangat tidak berbahaya. Tapi tidak jika orang yang memiliki ini memiliki keinginan menciptakan shin sekai (dunia baru) yang bebas dari orang-orang kejam, orang-orang yang menentangnya dan ia memiliki buku yang bisa membunuh orang hanya dengan menuliskan namanya dan cara di mati ,dan kalau tidak disebutkan kenapa orang tersebut mati maka otomatis akan terbunuh dengan serangan jantung.


#5. Eye of Contract


Anime : Kuroshitsuji
User : Lord Earl Ciel Phantomhive

The Eyes of Contract atau Faustian Eyes ini agak berbeda dengan jurus pupil yang gua sebutkan di atas. Faustian Eyes tidak memiliki kemampuan apa pun, tapi dengan mata ini Lord Earl Ciel Phantomhive atau biasa dipanggil Ciel mendapatkan kesetiaan tanpa batas dari Butler-nya ; Sebastian yang merupakan seorang (atau seekor ?) setan. Dengan mata ini Ciel bisa memerintahkan apa pun kepada Sebastian, termasuk menyeleaikan kasus Jack the Ripper.


#6. Grasper Eye

Anime : Black Cat
User : Sven Vollfied

Sven Vollfied mendapatkan mata ini dari sahabatnya yang telah meninggal Lloyd Goldwynne. Untuk mendapatkan uang dari pekerjaan sebagai sweeper dan membantu Train menghadapi Apostle of the Stars, ia berlatih dengan keras mengembangkan Vision Eye yang ia miliki. Hingga akhirnya kemampuan Vision Eye yang bisa membaca gerakan musuh 30 detik kemudian di-upgrade menjadi Grasper Eye, dimana Sven dapat membuat segala yang ada di sekitarnya menjadi bergerak lebih lambat.

6 komentar:

  1. wah semua nya kecuali no 5 udah aku baca manga nya.. bagus..

    BalasHapus
  2. wah keren2.... aku suka semua komikna... kecuali yang no 5 ngga pernah liat T_T...

    BalasHapus
  3. gara2 demam deathnote, gw sempat berpikir jd kira trs punya mata shinigami
    buat bunuh koruptor dan preman2 *serius ini

    Jahat ya gw mehehehe..

    BalasHapus
  4. Ih waw masih doyan lihat jurus yang pake pupil.
    http://goo.gl/GpFOp

    BalasHapus
  5. Leluoch di anime Code Geass Kok Ga ada ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu saya belum lihat anime Code Geass gan :P

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...