Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

3 Mei 2011

El Classico Jilid Akhir (2010/2011)




El Classico, ialah derby terpanas di dataran Spanyol, tepatnya derby yang mempertemukan dua raksasa sepakbola Spanyol ; Barcelona dan Real Madrid. Seperti derby-derby lain di dataran Eropa pada umumnya, pertandingan kedua raksasa Spanyol ini juga sarat gengsi sebagai tim terbaik di liga masing-masing. Tapi El Classico berbeda dengan derby-derby kebanyakan, dimana ia juga membawa unsur politik dan filosofi sepakbola yang berbeda jauh. Barcelona yang berasal dari Catalan ; daerah yang ingin memisahkan diri dari Spanyol dan menganut filosofi membibit pemain muda menjadi pemain matang melawan  Real Madrid yang berada di bawah kekaisaran Spanyol dengan filosofinya yang membentuk tim berisi pemain-pemain mega-bintang secara instan.

Dan untuk musim 2010/2011 kali ini, duel El Classico sudah terjadi sebanyak empat kali dari lima kali pertemuan, dimana Barcelona memenangkan dua duel, Real Madrid memenangkan satu kali dan satu kali lagi berakhir imbang. Malam ini (untuk kawasan Indonesia) akan terjadi pertemuan terakhir dari laga El Classico, tapi ada baiknya kita melihat ringkasan empat El Classico sebelumnya ....


29 November 2010
Venue : Estadio Nou Camp
Event : BBVA League

Barcelona 5-0 Real Madrid


Partai El Classico pertama di musim 2010/2011 harus berakhir dengan sangat tragis bagi tim tamu ; Real Madrid. Bagaimana tidak? Dihuni pemain-pemain sekelas Iker Casillas, Sergio Ramos, Mesut Oezil, Christiano Ronaldo serta dilatih oleh The Special One ; Jose Mourinho. Tim ibukota harus merasakan yang namanya dipermalukan habis-habisan, dihajar lima gol tanpa balas oleh Los Cules. Lima gol dari Xavi, Pedro, Villa (dua kali) dan Jeffren cukup untuk membungkam Jose Mourinho, sementara kejadian ini banyak disebut orang sebagai tragedi lima jari bagi Real Madrid.

16 April 2011
Venue : Estadio Santiago Bernabeu
Event : BBVA League
 
Real Madrid 1-1 Barcelona

Barcelona datang ke Bernabeu dengan kepercayaan diri yang tinggi akibat pertemuan pertama yang mereka menangkan dengan telak. Tapi ternyata Mourinho punya taktik khusus untuk meredam daya gedor The Catalans, terbukti dengan suksesnya Madrid memaksakan skor imbang 0-0 di babak pertama. Tapi di babak kedua Barcelona mendapatkan keuntungan dengan diusirnya Raul Albiol akibat pelanggarannya kepada David Villa plus hadiah pinalti yang sukses dieksekusi dengan baik oleh Lio Messi. Tapi keputusan Mou memasukkan Adebayor untuk menambah daya gedor Madrid berefek buruk bagi Barca, Madrid pun mendapat hadiah pinalti akibat pelanggaran Dani Alves terhadap kompatriotnya di timnas Brazil ; Marcelo. Hadiah pinalti ini tidak disia-siakan oleh Christiano Ronaldo untuk memaksakan hasil imbang.

20 April 2011
Venue : Estadio Mestalla
Event : Final Copa del Rey
 
Barcelona 0-1 Real Madrid


Ini adalah kali pertama Pep Guardiola merasakan kekalahan di laga El Classico, bermain di tempat netral ; Estadio Mestalla dan partai Final Copa del Rey, adalah seorang Christiano Ronaldo yang menciptakan kekalahan pertama Pep sebagai pelatih Barca melalui tandukannya. Gol tunggal CR7 ini juga merupakan (kalau gua nggak salah ingat) gol perdana CR7 ke gawang Barcelona dan merupakan trofi pertama Madrid di musim ini.

27 April 2011
Venue : EstadioSantiago Bernabeu
Event : Semi-final First Leg Champion League

Real Madrid 0-2 Barcelona
 
Kekalahan di Final Copa del Rey ternyata tidak menciutkan mental bertanding armada Pep Guardiola, malah sebaliknya, mereka mampu membalas kekalahan di Copa del Rey pada ajang yang lebih bergengsi. Sumbangan dua gol berkelas dari Lionel Messi cukup menyulitkan Real Madrid yang berambisi untuk mendapatkan Piala Champion kesepuluh mereka. Pertadingan sebenarnya berlangsung alot dan keras, hanya saja Barca mendapatkan keuntungan jumlah pemain setelah bek Madrid ; Pepe diusir wasit Wolfgang Stark akibat pelanggaran berbahayanya terhadap Dani Alves.Unggul jumlah pemain membuat Barca semakin leluasa menyerang Madrid, hingga berakhir dengan dua gol cantik dari pemain terbaik dunia saat ini ; Lionel Messi.

----------------------------------------------------------------

Sejauh ini rekor kemenangan di musim 2010/2011 masih dipengang oleh Los Cules yang terkenal akan permainan possession football itu. Apakah pada malam ini (4 May 2011 -- waktu Indonesia) Barcelona akan memperpanjang rekor impressive mereka atas Madrid ? Ataukah Madrid berhasil membalikkan keadaan dengan mengalahkan Barcelona dan merebut tiket Final Liga Champion yang akan digelar di Stadium Wembley, Inggris itu ?

semua jawaban akan terjawab malam ini pada EL CLASSICO Jilid Akhir 2010/2011



*semua foto hasil nyolong di google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...