Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

1 Mei 2011

Gua, Futsal, Kiper dan Nomor 16

Gua ? Siapakah gua ? Kenapa gua disini ? Apakah gua dibutuhkan ?

Mungkin itu lah yang terbayang dipikiran gua selama menekuni olahraga futsal ini, berawal dari kelas 2 SMA (akhir), akibat susahnya mencari lapangan untuk memainkan soccer, maka gua murtad untuk menekuni olahraga futsal ini. Olahraga ini pun rutin kami lakukan meski harus curi-curi waktu sekolah, sebut saja ketika sekolah bubaran kami "menyusup" ke lapangan olahraga untuk bermain futsal.

Karena dari SD kelas 4 sampai saat itu gua selalu menekuni posisi centre-back, maka jiwa-jiwa defence serasa tak bisa lepas dari hati ini. Tapi melihat permainan futsal yang seakan semua pemain merupakan pemain yang bisa menyerang-bertahan dan gua juga sadar diri akan kemampuan dribbling dan stamina gua yang kurang untuk menyerang. Maka dari itu gua memutuskan menekuni posisi kiper yang tidak terlalu membutuhkan kedua hal tersebut (katanya).

Pertama kali gua benar-benar menjadi kiper ialah saat Asrama Cup pada saat menjalani hari kemerdekaan RI di asrama TPB IPB. Meski hanya bermain di posisi kiper selama babak grup, gua cukup puas dengan penampilan "debut" gua sebagai kiper. Meski memang seperti debutan kebanyakan, kesalahan itu akan selalu ada.

Gua benar-benar mendapatkan drill tentang menjadi kiper di olahraga futsal saat diikutsertakan dalam kontingen futsal DHH dalam menghadapi FORESTER CUP 2011. Dimana pelatihnya merupakan kiper futsal kawakan yang sudah terkenal di IPB juga, gua mendapat banyak masukan yang berguna untuk mengembangkan skill dan pengalaman gua sebagai kiper, dan gua juga menyadari betapa pentingnya latihan atau minimal sparring dalam jadwal yang teratur untuk menjaga konsentrasi dan standar permainan, karena sekali lagi gua tegaskan .. 
gua bukan termasuk kiper yang bisa diandalkan, I just love this game.

Sejauh ini gua sudah bermain buat beberapa tim, sebut saja Lorong9, HIMAPD 46, PDD MPKMB, DHH46, DHH dan yang terakhir ini HIMAPD. Mungkin kalian bingung dengan ada tim yang ada embel-embel 46-nya dan ada yang tidak, sekedar intermezzo ; kalau ada tambahan 46 berarti itu adalah tim yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa seangkatan gua (angkatan IPB 2009). Dan dari semua tim itu gua selalu menggunakan nomor punggung yang sama, yaitu 16.

kenapa milihnya 16 kk ? kalau kk kiper kan harusnya milih nomor 1 ?

Ya pertanyaan itu memang terkadang ditanyakan ke gua, kenapa gua milih 16 instead 1 ?

Pertama
karena nomor punggung 1 itu berarti anda adalah kiper utama dengan kemampuan yang tak terbantahkan lagi (or so do I think), dalam hal ini berarti memang gua kurang percaya dengan kemampuan diri sendiri dalam mengamankan gawang dari serangan lawan yang bertubi-tubi. Selain itu dengan memilih nomor lain selain nomor keramat ini, berarti (asumsi gua) akan ada yang namanya less pressure ke gua, dengan ini gua bisa lebih fokus dalam mengamati aliran bola di kaki lawan.

Kedua
nomor 16 pertama kali gua pilih ketika harus memilih nomor punggung di OMDA HIMAPD yang akan mengikuti Olimpiade Minang IPB, berhubung gua pengen bajunya dan gua lumayan sering latihan, gua pun mesan baju juga, cuma saat pemilihan nomor gua bingung mau milih nomor berapa dan tetep ga mau milih nomor 1. Akhirnya gua milih nomor 16 karena suatu hal yang simpel, karena pacar (baca: mantan) gua saat itu berulangtahun di tanggal 16.

Ketiga
sebut ini filosofi aneh, tapi whatever lah. Gua milih nomor ini ngerasa seperti nomor yang tersamarkan, jadi seperti ini cara kerjanya. Kalau diibaratkan |1-6| = 5, maka gua dapat nomor punggung yang lazim digunakan centre-back di soccer pada umumnya yang berarti berjiwa defence juga, sebut saja Fabio Cannavaro atau Rio Ferdinand. Kalau diibaratkan 1+6 = 7, maka gua dapat nomor punggung pemain-pemain soccer yang bisa merubah keadaan pertandingan, sebut saja Christiano Ronaldo atau David Beckham (saat masih di Manchester United).

Keempat
ini lebih ke komersil (meskipun ga penting juga), gua pengen punya trademark atau brand sendiri. Bisa dicontohkan dengan CR7 (Christiano Ronaldo) atau BP20 (Bambang Pamungkas), biar lebih enak aja gitu. Siapa tahu suatu saat akan ada masanya seorang AZ16 berjaya #ngarep

Kalau berkenan melihat kebawah, maka anda akan menemukan foto-foto gua selama menekuni olahraga futsal ini selama di kampus

ENJOY


saat HIMAPD CUP (membela HIMAPD46)
atas : gua--Dhio--Agung
bawah : Ajo--Benny

saat C1 Cup(membela Lorong9)
atas : Memet--Adil--Ruli--Nicko--Seno--Mirza--Benny--Hery--Imam
bawah : Nopal--Irul--Wali--Tri--Reedo--Didin--gua

Saat MPKMB Cup (membela PDD)
*cuma jelasin yang main (cowo only)
atas : Bai
Bawah : Fahmi--Lintang--Udin--Galih--gua--Gamma


diatas ini adalah foto orang ganteng dengan Jersey (kostum) yang bernomor 16
Jersey DHH--Jersey HIMAPD--Jersey Lorong9

1 komentar:

  1. hahaaaaa....harusnya nomor satu yaaa.?...tidak terbantahkan kehebatannya...wakakakakkkk...

    :)

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...