Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

8 Juni 2011

L'arc~en~Ciel

Bagi para penggemar aliran musik J-Rock maupun yang senang mendengarkan band-band asal Jepang pasti tidak asing dengan nama band yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia berarti pelangi dan sudah 20 tahun berkiprah di dunia industri musik Jepang. Yap, band tersebut adalah L'arc~en~Ciel.

L'arc~en~Ciel

L'arc~en~Ciel atau yang biasa ditulis dengan Laruku ini dibentuk pada tahun 1991 saat Tetsu merekrut HYDE (yang kemudian menjadi band leader) di posisi vokalis bersama HIRO di posisi gitar dan PERO pada drum. Mereka memulai karir pada acara Namba Rocket dan memulai karir di sekitar Jepang Barat. Setelah HIRO meninggalkan band, Tetsu berhasil membujuk sahabatnya Ken untuk meninggalkan kuliahnya di Institut Tekhnologi Nagoya untuk mengisi posisi gitaris yang kosong, dan pada akhir tahun 1992 PERO meninggalkan band dan digantikan oleh Sakura, meski mereka telah berhasil mengeluarkan omnibus album "GIMMICK" di bawah bendera Colombia Record.

Testuya (bassist)
Setelah posisi drummer diisi Sakura, mereka fokus pada album pertama yang diberi judul "DUNE". Dan "DUNE" meraih suksesnya setelah berhasil menempati peringkat pertama di Oricon Chart (tangga lagu Jepang) pada saat dirilis, bahkan tur "Closed by DUNE FINAL" di Nissin Power Station berlangsung sukses dimana seluruh tiket konser laku terjual.

Pada 4 Oktober 1997, Sakura harus meninggalkan band karena kasus kepemilikan heroin. Ini menjadi masa-masa terburuk bagi L'arc~en~Ciel, dimana ketika berita penangkapan Sakura menjadi konsumsi media, album-album mereka menjadi di tarik dari peredaran, bahkan lagi "The Fourth Avenue Cafe" yang semula dijadwalkan akan menjadi ending keempat dari anime "Rurouni Kenshin" segera digantikan dengan lagu "Heart of Sword" milik T.M. Revolution setelah hanya enam episode. Selain itu single "The Fourth Avenue Cafe" menjadi tertunda dan "terpaksa" keluar pada tahun 2009.

Sepeniggal Sakura mereka tetap muncul di media sebagai trio, cuma tidak membawa L'arc~en~Ciel, melainkan sebagai "The Zombie" yang bisa disebut copy band dari L'arc~en~Ciel itu sendiri. Mereka melakukan come-back dengan menggelar konser berjudul  "Reincarnation 97 Live at Tokyo Dome" dengan Yukihiro sebagai additional drummer, konser ini juga meraih sukses setelah 56.000 tiket sold-out hanya dalam waktu empat menit ! Setelah come-back mereka langsung mengeluarkan single baru berjudul "Niji" (yang berarti pelangi), dan tidak lama setelah Niji dirilis, Yukihiro resmi menjadi drummer L'arc~en~Ciel.

Yukihiro (drummer)
 Pada tahun 1998 mereka mengeluarkan single berjudul "Winter Falls" yang langsung merajai Oricon Chart, kemudian album "Hearts" dirilis pada 25 Februari 1998. Mereka juga merilis dua album lainnya secara bersamaan, yaitu "Ark" dan "Ray", kedua album ini kembali mendominasi Oricon Chart dengan "Ark" pada peringkat pertama dan "Ray" pada peringkat kedua.

Setelah menelurkan banyak karya, maka ketika single "Spirit Dreams Inside (Another Dream)" dirilis, band ini menjalani masa hiatus (istirahat). Masa ini dimanfaatkan anggotanya untuk menjalani solo karir. HYDE mengeluarkan dua album  (Roentgen and 666, menjadi aktor pembantu di film "Moon Child" bersama GACKT. Selain HYDE, anggota yang lain juga mencoba karir diluar L'arc~en~Ciel, seperti Ken yang membentuk band  Sons of All Pussys dengan bantuan mantan anggota L'arc~en~Ciel ; Sakura. Tetsu membentuk Tetsu69 dan Yukihiro membentuk Acid Androids

Mereka kembali pada tahun 2003 dengan menggelar tujuh konser di Shibuya yang dinamakan "Shibuya Seven Days" saat mereka mengumumkan peluncuran album baru di tahun berikutnya. Single pertama mereka setelah hiatus kurang-lebih tiga setengah tahun ialah "Ready Steady Go" yang kemudian menjadi lagu opening pada anime populer "Fullmetal Alchemist" dan langung meraih peringkat pertama di Oricon Chart. Pada tanggal 31 Maret 2004 album "Smile" dirilis. Tidak lama setelah itu single "Jiyuu e no Shoutai" dirilis bersama "Milky Way" dalam bentuk CD yang memperkenalkan Punk~en~Ciel (versi Punk dari L'arc~en~Ciel dimana formasi mereka berubah)

Ken (guitarist)
Pada Juli 2004 mereka juga berhasil go-international saat menggelar konser di 1st Mariner Arena, Baltimore, Maryland yang dihadiri sekitar 12.000 penonton.

Pada tahun 2005 mereka merilis single ke-25 yaitu "Killing Me" dan sukses menempati peringkat pertama Oricon Chart pada penampilan pertamanya. Sukses "Killing Me" juga diikuti "New World" dan "Jojonshi" yang sama-sama meraih peringkat pertama di Oricon Chart.

Lalu pada 22 Juni 2005 album kesepuluh mereka yaitu "AWAKE" dirilis. Album yang berisi lagu-lagu semacam "Jiyuu e no Shoutai", "Killing Me" dan "New World" ini diikuti dengan konser Asia mereka. Album ini bercerita tentang sentimen anti-perang. Konser Asia ini diakhiri dengan penampilan di Tokyo Dome.

Setelah tur selesai, para anggotanya kembali menjalani solo project masing-masing.

Come-back lagi pada 25 dan 26 November 2006, dimana mereka menggelar dua konser berturut-turut di Tokyo Dome bertemakan "L'Anniversary", hal ini dilakukan karena ini adalah tahun ke-15 semenjak L'arc~en~Ciel pertama kali terbentuk #sosweet. Konser ini memecahkan rekor penjualan tiket mereka sebelumnya (yang habis terjual dalam waktu empat menit), karena konser L'Anniversary ini sudah sold-out dalam waktu dua menit.

Mereka kemudian mengarang lagu "Shine" untuk kemudian akan digunakan sebagai opening dalam anime berjudul " Moribito: Guardian of the Spirit" dan lagu "Daybreaks Bell" yang digunakan sebagai opening anime "Mobile Suit Gundam 00".

HYDE (vocalist)
Mereka kemudian menggelar tur "Theater of Kiss" yang berlangsung pada tanggal 22 Desember 2006 hingga 17 Februari 2007. Lagu "Drink It Down" juga berhasil menjadi salah satu lagu pengisi pada game PS3/XBOX360 "Devil May Cry 4", lagu ini juga (sekali lagi) menjadi penguasa Oricon Chart saat dirilis pertama kali pada 2 April 2008. Kemudian mereka melakukan tur ""Tour 2008 L'7 ~Trans Asia via Paris~" yang melewati kota-kota besar di Asia dan tentu saja melewati kota Paris, Perancis.

Pada saat konser di Perancis mereka kemudian memutuskan untuk Hiatus kembali, pada saat itu HYDE merekrut K.A.Z dan membentuk "VAMPS", VAMPS sendiri mengeluarkan album pada tanggal 10 Juni 2009.

Kemudian pada 1 Desember 2009 band ini kembali merilis single, kali ini single berjudul "Bless" rilis pada tanggal 27 Januari 2010, dan kemudian menjadi themesong untuk acara 2010 Vancouver Olympics, selain itu Tetsu juga mengumumkan perubahan nama panggungnya menjadi Tetsuya dan merilis artist book pertamanya.

Pada tahun 2011 atau tepat 20 tahun setelah band ini pertama kali dibentuk, mereka juga merilis lagu untuk dijadikan soundtrack anime "Fullmetal Alchemist : Broterhood" yang berjudul "Good Luck My Way".

Untuk merayakan ulang tahun L'arc~en~Ciel yang ke-20 ini mereka menggelar konser L'Anniversary di Stadium Ajinomoto, Tokyo. Meski pun perencanaan konser ini jauh-jauh hari sebelum tragedi bencana alam yang menimpa Jepang, konser tetap dilaksanakan, dan seluruh dana yang didapatkan dari konser tersebut kemudian disumbangkan untuk membantu mereka yang membutuhkan.

BONUS
PV LAGU TERBARU L'ARC~EN~CIEL


GOOD LUCK MY WAY





Sumber :

4 komentar:

  1. PertamaaaaaaXXX ... lengkap gann.. beduwey hyde kok 11-12 sama gue ya?? *ngaca* #abaikan

    BalasHapus
  2. gw cuma tau lagu2 Laruku sedikit sih
    palingan yg soundtrack anime
    btw gagal jd soundtrack samurai x tu? kasian bgt

    BalasHapus
  3. @ucup : apa kata lo dah cup, haha

    @ega : bukannya gagal, udah jadi OST tapi cuma 6 episode T__T

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...