Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

11 Agustus 2011

2010 - 2011

Tidak terasa sudah dua tahun gua menikmati hidup di kota Bogor ini, meski pada awalnya ada beberapa hal yang sempat membuat gua merasakan yang namanya gegar budaya dengan kehidupan di kota Bogor ini tapi secara keseluruhan gua menikmati kehidupan gua yang baru sebagai seorang mahasiswa. Berikut ini adalah napak tilas kehidupan gua di tahun kedua gua sebagai seorang mahasiswa.



MPKMB 47

logo MPKMB47
MPKMB (Masa Perkenalan Mahasiswa Baru) merupakan kepanitiaan terbesar di kampus gua, dimana kepanitiaan yang rutin dilakukan untuk menyambut datangnya mahasiswa baru di kampus gua ini dilaksanakan oleh mereka yang baru lulus dari TPB (Tingkat Persiapan Bersama). Alhamdulillah gua diterima sebagai bagian kepanitiaan terbesar di IPB ini di divisi PDD (Publikasi Dekorasi Dokumentasi).

Berada di divisi PDD ini gua menemui beberapa orang yang menarik, mereka adalah Galih Kenang sang ketua divisi yang bahkan tidak mendaftar untuk PDD, Harumi Aini wakil ketua yang kalau pulang kampungnya ke Belgia, Inez Harsari mahasiswi asal Pekanbaru yang kemudian gua panggil adek, Bunga Hadian yang hobinya bercanda mulu, Mujtahid Al-fajri sosok tenang yang sangat reliji di divisi ini, Mahardika Gama seorang fakirasmara yang selalu muncul di timeline twitter gua, Muhammad Syafruddin yang suara mirip dengan Vino G Bastian, Rahmawati Sholihat anak Bogor yang bahkan belum pernah ke Puncak seumur hidupnya, Fahmi Hakim sang ketua D.Com, Estu Widi si mbak rempongs, Baidowi Rosyad yang berhasil mempermak video panitia menjadi video khusus PDD, Fahman Haqqi yang jarang ikut rapat divisi tapi sukses membuat flash video yang sangat dibutuhkan, Lintang Satrio sang ketua OMDA Bandung, Retno Windradini mahasiswi FKH yang terkadang agak “error”, Cahya Lestari sang bendahara yang tiba-tiba muncul dan tiba-tiba menghilang dan Desyi Christia yang digosipkan menjadi orang ketiga diantara “hubungan” kadiv-wakadiv, Andhika Sefri yang selalu menenteng DSLR kemana-mana, dll.

behind the scene

Dengan proyek terbesar membuat pohon mini dari kertas-kertas koran bekas dan dibalut dengan beberapa lakban, kami berkerja siang dan malam tanpa lelah demi kelancaran acara MPKMB ini. Apalagi gua, entah mengapa gua menikmati mengutak-atik tampilan slide yang akan digunakan selama acara, bahkan untuk mendapatkan hasil yang sempurna gua sampai tidak tidur selama dua hari pelaksaan acara (BENERAN !!!), sampai-sampai gua hampir lupa akan kewajiban mahasiswa membayar biaya kuliah. Dengan sedikit kendala seperti sound system yang error ketika hari kedua berlangsung hingga gua harus “ngamuk-ngamuk” terkait sound system, acara MPKMB 47 berlangsung dengan lancar dan semoga memberi kenangan yang indah di memori mahasiswa IPB angkatan 47.


KOMPAK DHH 2010
logo KOMPAK DHH 2010

Kumpulan Orang Muda Paling Asik Departemen Hasil Hutan (KOMPAK DHH) merupakan acara pengenalan departemen dan HIMPRO (Himpunan Profesi) yang rutin dilakukan di Fakultas Kehutanan. Pada kesempatan kali ini giliran angkatan gua yang harus melalui masa-masa pengenalan departemen, semua itu karena memang gua baru masuk ke dalam Fakultas Kehutanan.

Beberapa macam penugasan mulai dari pembuatan name-tag, tanda angkatan hingga melakukan kunjungan ke kosan-kosan kakak kelas merupakan agenda dari kegiatan masa perkenalan departemen ini. Beberapa penugasan ini cukup membuat kami kelabakan meskipun perasaan senang juga muncul, sebut saja kami bisa lebih mengenal watak dari teman-teman sekelas kami, mulai dari yang paling caur hingga yang paling alim.

Puncak acara yang dilaksanakan di Gunung Walat ini terlihat menyenangkan, tapi apa daya gua tidak bisa menikmati kenikmatan Gunung Walat secara sempurna karena gua mendadak sakit dan hanya bisa mendekam di pos medis sementara teman-teman gua yang lain menikmati indahnya Walat.


Forester Cup 2011
logo FORESTER CUP 2011

Forester Cup merupakan acara olahraga tahunan yang dilakukan oleh Fakultas Kehutanan, ajang ini menjadi ajang silahturahmi antar departemen di Fakultas Kehutanan dengan senior, alumni bahkan dosen. Pada kepanitiaan ini gua ditempatkan di divisi Logstran, sebagai logstran kami biasa gabut selama acara berlangsung tapi menjadi divisi paling mobile sebelum dan sesudah acara.

Diluar kepanitiaan gua juga merupakan anggota kontingen dari DHH, yaitu menjadi pemain pada cabang futsal. Pertandingan pertama kami melawan departemen Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata (KSHE), di pertandingan yang berlangsung sengit itu dimenangkan DHH dengan skor 2-1. Di pertandingan ketiga yaitu melawan tim dosen, kami meraih kemenangan besar empat gol tanpa balas, sedangkan pertandingan ketiga kami harus dipaksa bermain imbang oleh AUTIS (KSHE 43) 4-4, meskipun pada babak pertama sudah menang 4-2.

Hasil di babak grup menjadikan kami runner-up di bawah AUTIS, hasil itu membuat kami harus menghadapi senior 42 di babak semi-final, melawan tim yang mayoritas dihuni oleh senior DHH kami menangkan setelah melalui pertandingan sengit (gua lupa skornya berapa). Ternyata di babak final kami bersua kembali dengan AUTIS yang di semi-final sukses mengandaskan perlawanan Silvikultur (SVK). Pertandingan final kembali berlangsung panas, tapi akhirnya melalui keputusan kontroversial wasit yang mengartu-merahkan salah satu pemain DHH kami harus menelan kekalahan 2-4 dan harus puas menjadi runner-up di cabang futsal.


Kancut Keblenger

Kancut Keblenger merupakan sebuah grup di situs jejaring sosial facebook yang diisi oleh para blogger dari berbagai daerah di Indonesia. Gua pertama kali mengetahui grup ini saat surfing di timeline twitter dan menemukan akun @irvinalioni yang saat itu mempromosikan salah satu tulisan mas Samandayu. Saat melihat-lihat tulisan mas Saman yang memang bagus dan kritis itu gua tertarik pada salah satu postingan Saman yang (kalau tidak salah) tentang Lomba Surat Gombal Kancut.

Setelah dilihat-lihat, ternyata blognya Vina, yang mengadakan lomba tersebut, sangat menarik, berhubung ada link ke facebook-nya gua meng-add Vina sebagai teman di facebook, karena ingin belajar tentang dunia blogger yang dulu kejam #halah.

Kalau tidak salah saat itu Vina membuat status yang menanyakan siapa saja teman dia yang blogger, karena gua juga blogger (meski masih cupu) gua ikutan absen di status itu. Eh, setelah beberapa saat muncul grup perkumpulan blogger teman Vina yang dinamakan Kancut Keblenger. Grup ini pertamanya dihuni beberapa blogger yang hobinya membacot melalui chat-grup fb, sebut saja Vina (sebagai admin), om Yono, Riki, dan om Ferdi. Bisa dibilang mereka sesepuh Kancut Keblenger (gua juga dong? Ah lupakan). Sekarang member KK sudah mencapai 300 orang lebih dan tampaknya akan terus bertambah.


OMI 2011

Kompetisi olahraga terbesar di IPB ini selalu digelar setiap tahunnya sebagai ajang untuk menunjukkan bakat-bakat olahraga yang dimiliki oleh tiap-tiap Fakultas yang ada di IPB, termasuk juga mahasiswa TPB dan Diploma. Berhubung Fakultas gua, Fakultas Kehutanan (FAHUTAN) dikenal dari tahun ke tahun memiliki dukungan suporter fanatik, maka atas inisiatif beberapa mahasiswa, senior, BEM, alumni dan dosen, maka dibentuklah RimbaCadas, suatu bentuk organisasi tidak resmi yang bertugas untuk mengkoordinasi suporter FAHUTAN di OMI 2011 ini.

Agenda RimbaCadas yang pertama ialah malam pelepasan atlit dan suporter FAHUTAN yang akan menatap OMI 2011. Pada hari itu kami diperlihatkan film dokumenter tentang perjalanan FAHUTAN dan suporternya di setiap OMI terdahulu, pembacaan janji atlit dan janji suporter, sosialisasi lagu-lagu dan jargon yang akan digunakan selama OMI dan doa bersama yang dilakukan semua mahasiswa, senior, alumni dan dosen FAHUTAN.

Gua tidak ikut serta sebagai atlit pada gelaran OMI, jadi gua hanya bisa menyumbangkan dukungan melalui suara dari sisi lapangan, yaitu sebagai suporter FAHUTAN, RimbaCadas yang selalu mendukung tim FAHUTAN tanpa lelah.

Puncaknya adalah ketika pertandingan final basket putra antara FAHUTAN VS FEM, dua fakultas yang menjadi musuh bebuyutan di ajang OMI akibat terlalu sering bersua di laga final (biasanya cabang futsal dan basket), meski hasil pertandingan menunjukkan bahwa FAHUTAN harus mengakui keunggulan FEM tahun ini, tapi RimbaCadas tidak ada yang bersedih berlebihan, mereka berdoa semoga tahun depan prestasi FAHUTAN bisa lebih baik, dan malah menjadikan laga final basket ini sebagai ajang pesta RimbaCadas.


PPEH 2011

PPEH (Praktikum Pengenalan Ekosistem Hutan) merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa FAHUTAN, praktikum yang biasanya mengambil waktu di selang waktu antara semester empat menuju semester lima ini bertujuan agar mahasiswa Fakultas Kehutanan memiliki pengalaman dalam menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan selama dua semester di Fakultas Kehutanan pada alam yang sesungguhnya.
Gua mendapatkan jalur di daerah Gunung Papandayan dan Pantai Sancang Timur, praktikum ini memang mengharuskan pesertanya untuk mengenal ekosistem di daerah gunung dan daerah pantai/mangrove. Pada praktikum ini gua bisa merasakan dinginnya gunung Papandayan pada malam hari, bayangkan, pada puncak bulan purnama suhu bisa mencapai 9o Celsius pada pukul sembilan malam ! Selain dinginnya suhu disana perjalanan menyusuri tebing da tanjakan di Papandayan cukup menguras fisik gua, tapi setelah melihat keindahan alam dari puncak Papandayan, semua jerih-payah itu terasa setimpal.

Saat di Sancang, kami diharuskan untuk melakukan analisis vegetasi di daerah pantai dan mangrove, pemandangan pantai yang disertai semilir angin membuat kami menikmati perjalanan selama praktikum ini, sudah begitu kami mendapat kado berupa puisi indah, karya salah satu guide kami selama di Sancang.



rekaman beberapa momen 2009/2010 gua :
PDD MPKMB 47
buka bersama DHH
AK 5 KOMPAK DHH 2010
malam keakraban HIMAPD 47
tim futsal DHH di Final FORESTER CUP
RimbaCadas saat malam final basket putra OMI 2011
juara keempat saat FAMILY Futsal Championship
PPEH Papandayan
PPEH Sancang Timur


Special Thanks :
atas kehadiran ALLAH SWT dan junjungan kami nabi Muhammad SAW
atas kehidupan yang masih diberikan kepada ku

Penghuni D26 (Nopal, Aziz, Mario, meski sekarang Mario sudah pindah kontrakan), DHH46 (Titing, Adi, Adit, Ady, Anggun, Zaim, Aphin, Annys, April, Edo, Arif, Ucil, Basa, Bemby, Aya, Cuya, Dea, Deris, Desrin, Devi, Pipit, Dwi, Ega, Eliz, Evie, Della, Fita, Ryan, Teddy, Hendri, Aldy, Dafi, Herlin, Ichi, Ika, Ilma, Indra, Intan, Izza, Mila, Chika, Lisa, Lora, Mart, Ikang, Ari, Mukhlis, Nana, Nindy, Novi, Tika, Tami, Azam, Rizka Asti, Rizka Yuni, Robby, Irka, Lase, Ida, Sarah, Ridew, Salli, Syahrul, Taufik, Tia, Dhita dan Widya, makasih atas bantuannya selama di kelas, tahun depan lagi ya) Laskar Rempongers (Galih, Inez, Aya, Bai, Bunga, Ume, Udin, Haqqi, Gama, Gamma KPM, Windra, Estu, thanks atas kegilaan selama MPKMB), E46 (Hilman, Asip, Abnk, Dodoy dan semua karena masih mau peduli sama gua), kakak kelas dan senior di FAHUTAN (bang Hansen, bang Moko, bang Garo, bang Adi Jombang, bang Rifky, kak Awank, bang Nanda, bang Eric, kak Weda, dll. kalau semua disebutin ga cukup, terima kasih buat semuanya), HIMAPD (Benny, Da Buy, BTW, BW, Vidya, Mandud, Bulek, Geni, Alief dan sadonyo), pacar gua ; Ayu, karena sudah mau bersabar punya cowo' sedikit gila kaya' gua, Kancut Keblenger (Vina, Yono, Mamad, Ferdi, Riki, Yulyul, dan semuanya, let's blogging for better future #halah), tim futsal DHH (bang Acan, bang Hansen, bang Mualim, bang Moko, bang Rocky, bang Dima, bang Singgih, bang Yuhana, bang Barus, bang Dicky, Ucil dan Syahrul, tahun ini kita rebut juara futsal !!!), Malam Sesepi Rimba (Dodoy, Panjul, Adly, Tomi, Alex, Diza, Tinna, Vira, Perti, Cuya, Irma, Dini, Wibi, Barika, Fitkom, Rifqi, Bebek, Lala, Bagus F, Yeye, Bantis, Baikuni, Gayuh, Hendri, Filda, Cecil, dan semuanya, PPEH telah menyatukan kita di jalan yang benar #lebai)

dan semua manusia yang mengenal gua ...

nama kalian tidak tercantum karena keterbatasan otak gua dalam mengingat saat menulis ini, tapi kalian tetaplah sahabat dan keluarga gua.

terima kasih kepada semuanya ...


“apa yang kita berikan, akan kembali ke kita”
(Dadan Mulyana, 2011)

“kita mungkin menganggap kita telah memberikan hal postif kepada orang lain, tapi belum tentu hal tersebut merupakan hal positif bagi orang itu”
(Farid Permana Putra Azroel, 2011)


Farid Permana Putra Azroel
Bogor, 11 Agustus 2011
From The Deep of My Heart

3 komentar:

  1. anjrriit! sampe seaktif itukah lu gabung ama berbagai kegiatan n komunitas kampus, dll...salut...tapi, thanks ya atas thanks to nya..nama gue kesebut... :)
    NICE!

    BalasHapus
  2. hehehe, kalo saya terdampar di kancut keblenger awalnya dari kaskus, ada seorang yg promo blog disana :hammer:

    BalasHapus
  3. nama aq disebuut, yeaay
    #kayamenanglotre
    ahaha

    always proud of u, yuuung :*

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...