Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

28 September 2011

American Football

American Football atau lebih sering dikenal beberapa orang Indonesia dengan sebutan Rugby ini merupakan jenis olahraga full-body contact. Artinya dalam pertandingan American Football ini sangat dituntut kondisi fisik yang prima, karena akan banyak sekali benturan-benturan yang akan terjadi antar pemain di lapangan. Selain itu olahraga ini tidak ada hubungannya dengan permainan sepakbola seperti yang ada di liga-liga sepakbola Eropa, hal ini dikarenakan, bagi orang Inggris olahraga sepak bola seperti itu disebut soccer dan memiliki peraturan yang berbeda dengan American Football.


Sekilas olahraga ini hanya seperti dua kubu tim yang beradu kekuatan fisik dalam menentukan menang-kalah, tapi American Football ini ternyata juga dituntut cara berpikir cepat di tengah kerumunan lawan yang tidak segan-segan untuk melakukan segala hal untuk menjatuhkan kita.

Berikut ini adalah beberapa posisi yang umum ditemukan dalam American Football.



QUARTERBACK
Peyton Manning

Quarterback adalah pemimpin tim dalam American Football dan Canadian Football. Hal ini disebabkan karena semua serangan dari tim pasti diawali dari tangan seorang Quarterback, seorang Quarterback dapat melakukan lemparan jauh, lemparan dekat, bahkan membawa sendiri bola ke goal line, tapi hal ini sangat jarang terlihat kecuali untuk trick play (taktik tipuan), karena kemampuan yang wajib dimiliki seorang Quarterback ialah kemampuan untuk memimpin tim dan memberi keputusan serta memberikan passing yang akurat kepada rekan-rekannya.




LINEMAN
Joe Thomas

Lineman merupakan benteng pertahanan tim dalam American Football. Biasanya pemain yang berada di posisi ini ialah pemain yang memiliki badan besar tapi memiliki kelincahan dan tenaga untuk menahan gempuran lawan sekaligus mematahkan serangan lawan (dengan apa pun caranya). Lineman memiliki banyak tugas, misalkan ketika permainan mengharuskan Quarterback untuk melakukan pass, maka tugas seorang Lineman adalah melindungi Receiver (pemain yang diberi passing) dari serangan lawan. Begi juga ketika bertahan, Lineman harus membentuk tembok kokoh agar pemain lawan tidak bisa menjatuhkan Quarterback.




RECEIVER
Andre Johnson

Receiver merupakan pemain kunci ketika suatu tim melakukan passing, karena seorang Receiver adalah pemain yang bertugas untuk menangkap bola yang diberikan oleh Quarterback untuk mencetak touchdown. Seorang Receiver dituntut memiliki kemampuan lebih dalam menangkap bola dan kecepatan lari. Karena passing yang diberikan Quarterback biasanya sangat cepat dan langsung ke arah pertahanan lawan, ketepatan seorang Receiver dalam menangkap pass sangat menentukan sukses-tidaknya pass play tim.

Selain itu ketika dalam posisi bertahan (defensive play) peran Receiver sedikit berubah, yaitu menangkap atau mem-blok passing dari Quarterback lawan.


RUNNING-BACK

Chris Johnson

Pemain tercepat di lapangan, itu lah julukan yang sering disematkan bagi pemain yang berposisi sebagai Running-back. Karena mereka dituntut untuk dapat berlari meninggalkan kejaran lawan-lawannya dan meraih touchdown. Selain membutuhkan kecepatan yang tinggi, seorang Running-back juga wajib memiliki kegesitan dalam berlari, karena mereka tidak selalu berlari lurus ke depan, terkadang mereka harus melakukan beberapa gerak tipu atau manuver untuk melepaskan diri dari kejaran pemain lawan.



Itulah beberapa posisi yang umum ditemukan dalam olahraga American Football.

SEMOGA MENAMBAH PENGETAHUAN
JUST SHARED



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...