Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

6 September 2011

Di Balik Kafan Poconggg

cover novel "Poconggg Juga Pocong"
Pocong atau yang lebih dikenal dengan nama @Poconggg adalah akun twitter yang terkenal di situs jejaring sosial twitter. @Poconggg yang baru-baru menerbitkan buku berjudul Poconggg juga Pocong (PJP) ini semakin terkenal di negara Indonesia. Baru-baru ini sensasi muncul terkait @Poconggg, tapi sensasi ini tidak dibuat oleh sang @Poconggg sendiri, melainkan oleh suatu akun yang menyebut dirinya sebagai Drakula Edogawa yang (katanya) sukses mengetahui sosok asli dari sang @Poconggg.

Ceritanya (atau gosipnya) mulai menyebar pada Senin malam (5 September 2011), Saat itu dunia twitter mendadak heboh karena berita bahwa identitas sebenarnya dari @Poconggg ini sudah ketahuan. Berita ini disampaikan melalui situs wordpress seseorang dengan akun Drakula Edogawa.

berikut isi tulisan tersebut ; cek disini

Dari tulisan di atas dengan bukti-bukti yang sudah ia kumpulkan, baik dari twitter maupun info-info yang diperoleh dari sumber lainnya. Orang dengan alias Drakula Edogawa ini menganggap dirinya telah berhasil membongkar identitas asli dari si @Poconggg itu sendiri. Kenapa dibilang "menganggap" ? Karena sampai tulisan ini diterbitkan, belum ada tindakan dari @Poconggg yang menyatakan bahwasanya berita tersebut benar. Hanya akun @Poconggg tidak lagi men-tweet apapun sejak tulisan Drakula Edogawa ini diterbitkan.

Dilihat dari sisi masyarakat yang penasaran akan identitas asli @Poconggg ini bisa dikatakan suatu berkah, karena mereka bisa mengetahui sosok asli idola mereka. Tapi di sisi lain, jika dengan terungkapnya identitas @Poconggg dia tidak lagi men-tweet hal-hal aneh dan lucu lagi, itu bisa dibilang suatu bencana. Kenapa ? Karena hal tersebut sudah mengurangi keindahan twitter (apalagi yang di Indonesia) #halah.

Selain itu pernyataan dari Drakula Edogawa yang menyatakan "tolong nama sy juga ditaruh ya" itu secara langsung maupun tidak langsung menimbulkan opini bahwa yang menulis tentang ini hanya sekedar mencari sensasi. Karena selain minta namanya dicantumkan dia juga mengenakan alias, yang berarti dia tidak jauh berbeda dengan @Poconggg yang juga sebuah alias. Dalam kata lain, alias Drakula Edogawa -lah yang akan terkenal, bukan pribadi sebenarnya dari Drakula Edogawa.



Selain itu sadar tidak sadar, dengan tindakannya juga bisa mematikan kreatifitas si @Poconggg itu sendiri. Kalau benar (semoga tidak) si @Poconggg berhenti dari aktivitas di twitter maka banyak followers @Poconggg yang terabaikan dan tidak bisa melihat tweet lucu ala @Poconggg lagi. Selain itu kalau si @Poconggg ini tipe orang introven, atau orang yang lebih bersifat individu. Maka besar kemungkinan dia mendapat cidera mental setelah alter-ego nya sukses dibongkar, bisa saja ia mengumbar tweet lucu itu dari akun pribadinya agar ia secara pribadi terkenal. Tapi kenapa tidak dilakukan ? Mungkin karena si @Poconggg ini tidak suka dengan publikasi terhadap privasinya sendiri, who knows ?

Selain itu sosok "L" yang disebut-sebut menjadi pemain kunci dari terbongkarnya identitas @Poconggg ini patut dipertanyakan. Dari tulisan sang Drakula Edogawa, disebutkan bahwa ia membayar si "L" ini sebesar Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) agar bisa mengetahui sosok asli @Poconggg.

Kalau memang benar, maka ada dua hal yang (menurut gua) terasa janggal :
  • Orang yang mengetahui identitas asli @Poconggg harusnya tidak membeberkan siapa @Poconggg sebenarnya, mengingat si @Poconggg ini mendapatkan keuntungan besar dari penjualan novel "Poconggg Juga Pocong"
  • Kalau memang identitas @Poconggg itu sebegitu pentingnya bagi si Drakula Edogawa, maka nilai yang lebih besar (sebut saja satu juta lebih) bisa didapatkan si "L" ini.







Akhir kata saya selaku penulis entri ini ingin menyampaikan

"Semoga @Poconggg kembali ke dunia twitter apa pun yang terjadi, karena isi tweet mu lah yang menarik, terlepas dari seperti apa wajah dibalik kafan twitter mu".

#WeLovePoconggg

3 komentar:

  1. PJP = Pocong Jangan Pergi T.T

    BalasHapus
  2. gue benci bgt sama si drakula. kebelet eksis bgt sih hahahahaha :))

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...