Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

30 September 2011

Me Against My Friend



Menurut kodratnya manusia merupakan makhluk sosial, dengan kata lain manusia merupakan salah satu spesies yang dalam hidupnya membutuhkan bantuan dari manusia lainnya. Bantuan ini dapat beragam, mulai dari bantuan dalam mengerjakan tugas maupun pekerjaan, hingga bantuan "kecil" semisal teman bicara. Namun terkadang ada juga beberapa jenis dari sifat manusia yang membuatnya dijauhi dari pergaulan. Berikut adalah beberapa tipenya.



#1. Tipe Tiran

"Tiran adalah seseorang yang memegang suatu bentuk pemerintahan dengan kepentingan pribadi yang disebut dengan sistem pemerintahan Tirani."
(Wikipedia)
Kurang lebih mirip dengan pernyataan yang dikutip dari situs wikipedia diatas. Manusia bertipe tiran adalah tipe manusia yang mengutamakan kepentingan pribadinya. Biasanya dalam kehidupan, tipe ini sering terlihat dari individu yang selalu ingin dibantu dalam semua pekerjaannya namun enggan membantu orang lain yang membutuhkan bantuannya, meski orang tersebut sudah membantunya saat ia membutuhkan bantuan. Tipe ini kebanyakan memiliki kemampuan bicara yang sangat baik, hingga orang lain merasa segan atau tidak enak jika membantunya.


#2. Tipe PDKT (Pakai Duit Kawan/Teman)

Manusia tipe ini ialah tipe manusia paling umum ditemukan dalam masyarakat. Tipe-tipe yang mau berteman atau bersosialisasi dengan orang yang mau memberikannya keuntungan secara finansial. Keuntungan secara finansial ini dapat dipersempit ke arah "orang yang mau meminjami atau memberinya uang tanpa sadar kalau ia sudah dimanipulasi olehnya", atau dalam bahasa gaulnya, orang yang selalu morotin orang lain. Biasanya sasaran tipe ini ialah kaum jetset yang tidak terlalu memperdulikan berapa uang yang sudah mereka habiskan selama dia dan teman-temannya gembira. Tapi yakinlah, ketika anda sudah tidak memiliki uang lagi untuk "menyenangkannya", maka manusia tipe ini akan menghilang dengan sendirinya dari kehidupan anda.


#3. Tipe Double-Face

Double-Face alias muka dua merupakan tipe orang yang tidak bisa dipercaya apapun yang dilakukannya. Individu seperti double-face dapat memutar balikkan fakta dengan gampangnya karena ia mengetahui informasi penting dari kedua-belah pihak yang akan ia adu domba. Kurang lebih sama seperti tipe-tipe sebelumnya, tipe ini terkadang memanfaatkan orang lain untuk kepentingan pribadinya, namun cara yang dilakukannya terkesan lebih "cantik" dari tipe-tipe sebelumnya.


#4. Tipe FMTUY (Follow Me Then I Unfollow You)

Dengan perkembangan situs jejaring sosial saat ini, situs twitter merupakan situs yang terkenal dengan sistem follow-follow-annya. Biasanya manusia tipe-tipe ini akan melakukan spam di akun twitter yang ingin ia "rekrut" sebagai followers agar terkesan ia memiliki banyak teman (kira-kira logikanya seperti ini ; banyak followers = banyak teman = terkenal). Padahal orang yang ia minta folbeck (kira-kira seperti itu bahasanya) belum tentu kenal dengannya. Dan parahnya, ketika sang "korban" sudah dengan baik hati mem-follow akunnya, maka ia akan segera meng-unfollow akun "teman barunya" tersebut.

*hal yang sama kurang-lebih berlaku juga bagi situs blogger


#5. Tipe Joke Berserk (Candaan Pembawa Amukan)
Tipe ini sesungguhnya merupakan tipe orang yang enak untuk dijadikan teman, karena tipe ini adalah tipe individu yang gemar bercanda. Tapi terkadang, candaan yang dilontarkan terlalu berlebihan atau tidak sesuai dengan situasi dan kondisi sekitarnya hingga bisa memancing emosi temannya. Kebanyakan dari tipe ini tidak sadar sudah membuat temannya kesal/tersinggung, meski ada juga yang melakukannya dengan sengaja.


kesimpulan :
Jadilah teman yang baik bagi teman kita, seorang teman yang mau membantu tanpa pamrih dan (kalau bisa) tanpa dimintai bantuan terlebih dahulu. Karena jika kita berbuat baik maka timbal balik ke kita juga hal yang baik, hal yang sama juga berlaku sebaliknya.

5 komentar:

  1. yang ke-4 yah... aku juga pernah ada yg kayak begitu. dia minta folback, terus udah aku follow eh malah nge-unfollow. padahal gak kenal kenal amat sama orangnya. ya udah aku unfollow balik aja.

    malah suka ada yg mention aku pas aku unfollow aku "thanks for the unfollowing" eh apa maksudnya coba? =..=

    BalasHapus
  2. berteman dan bersahabat itu beda gan kalau kalau berteman belum tentu kenal apa lgi senasib sepenaggungan contoh teman seperjalanan atau teman ngobrol, kalau bersahabat itu dibutuhkan untuk interaksi saling membutuhkan satu sama lain kunjungi balik ya

    BalasHapus
  3. kayaknya gue sering jadi yg terakhir hahahaha

    BalasHapus
  4. teman tetaplah teman....

    ada teman yang bole berteman di luar rumah saja..

    ada teman yang bole sampai di depan pintu rumah saja..

    ada teman yang bole main-main di dalam rumah kita..

    dan kalo kita sudah berteman sudah sangat dekat... bisa jadi sahabat yang bisa membangunkan kita di dalam kamar kapan saja... hehehe

    BalasHapus
  5. nais inpo kawan :D
    terkadang saya jadi tipe yg terakhir. bahkan perpecahan saya dengan 3 sobat saya dulu, gara2 cuman becandaan.

    tapi becandanya gak parah2 bgt sih. ya maybe merekanya aja yang lagi PMS =..=

    you can see about that story on http://kancut-beringas.blogspot.com/2010/11/sial-di-jejaring-sosial-part-1.html

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...