Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

27 Oktober 2011

Halloween

Halloween merupakan perayaan yang berasal dari Irlandia sebagai bagian dari Celtic Samhain (Harvest) Festival yang kemudian disesuaikan dengan kalender gereja katolik oleh Paus Boniface IV. Kata Halloween berasal dari kependekan dari All-hallow-even yang merupakan malam sebelum All Hallows Day. Menurut kepercayaan bahwa malam itu semua arwah akan kembali ke dunia manusia untuk berpesta, maka untuk menarik perhatian mereka masyarakat menyediakan berbagai makanan di depan rumah. Sementara itu para penduduk mengenakan topeng yang menyeramkan untuk mengusir roh-roh jahat.


Ketika bangsa Romawi datang dan menjajah Irlandia, mereka memasukkan kebudayaan mereka kedalam perayaan Halloween hingga menjadi acara untuk merayakan musim panen sekaligus penghormatan terhadap para arwah. Pada abad ke-19 pendatang dari Irlandia dan Skotlandia membawa tradisi ini menuju Amerika Utara dan kemudian diterima sebagai bagian dalam pop culture mereka pada abad ke-20.

Halloween biasa dirayakan pada tanggal 31 Oktober oleh hampir seluruh penduduk dunia, terutama negara Barat. Pada hari tersebut dapat ditemukan suasana horor karena setiap orang mendekorasi rumah mereka dengan pernak-pernik bernuanasa kematian, sihir, makhluk mengerikan maupun hal-hal lucu. Dari sekian banyak ornamen yang digunakan dalam halloween, yang paling terkenal adalah Jack O’ Lantern, sebuah labu yang diukir menjadi wajah yang mengerikan (atau menarik) dan di dalamnya diletakkan sebuah lilin sebagai penerangan.  Lalu pada malam harinya banyak orang mengenakan kostum dan topeng untuk berpesta sementara anak-anak mengunjungi tiap rumah untuk mendapatkan permen atau sejumlah kecil uang.

Tujuan dari orang-orang mengenakan kostum dan topeng menyeramkan pada malam halloween ialah agar para hantu menjadi kebingungan dan tidak bisa membawa mereka kepada kematian. Anak-anak biasanya mendatangi tiap rumah dan berkata “trick or treat”. Pemilik rumah akan memberikan permen dan bahkan uang pada mereka, karena inilah halloween menjadi hari yang dinanti oleh anak-anak di Amerika.

Sedangkan para remaja tidak akan melaksanakan trick or treat, sebagian besar malah melakukan kejahilan pada tetangga mereka, mulai dari kejahilan kecil hingga menjurus ke arah vandalisme. Sementara para orang dewasa biasanya mengadakan pesta kostum dan melakukan kegiatan bersama keluarga dan sahabat, biasanya melakukan kunjungan pada tempat seram atau saling bertukar cerita seram. Biasanya kegiatan bertukar cerita dilakukan di ruangan gelap yang hanya diterangi sebuah lilin, yang menarik adalah ketika kita tidak berhasil menceritakan 100 cerita seram sebelum nyala lilin padam, maka (menurut kepercayaan) semua cerita yang telah diceritakan akan berubah menjadi kenyataan.


Jack O’ Lantern
Hiasan wajib halloween ini selalu ada di setiap rumah kala malam halloween tiba. Pada awalnya biasanya digambar muka yang menyeramkan atau lucu, tapi dewasa ini sudah banyak orang berkreasi dari tampilan Jack O’ Lantern itu sendiri.  Biasanya Jack O’ Lantern dibuat dari sebuah labu yang telah dikosongkan isinya, setelah bentuk luarnya selesai dibentuk maka dimasukkan sebuah lilin ke dalamnya sebagai penerangan.

Jack O’ Lantern sendiri berasal dari sebuah legenda di Irlandia. Diceritakan ada petani pemalas yang licik bernama Jack yang sukses menangkap Devil menggunakan salib namun menolak melepaskannya, kecuali sang Devil berjanji tidak akan memasukkan Jack ke dalam neraka. Devil pun terpaksa menyetujuinya. Lalu ketika Jack meninggal, ia tidak bisa masuk ke dalam surga karena memiliki banyak dosa namun tidak bisa pula masuk ke dalam neraka karena ditolak oleh Devil. Lalu ia kembali ke dunia manusia dan membuat lentera dari sebuah lobak untuk mencari tempat peristirahatan terkahir.

Selain itu ada beberapa hal yang bisa dipercaya atau tidak dari hari Halloween itu sendiri :
  • Apabila mendengar suara langkah kaki di belakang mu maka kemungkinan itu adalah langkah kaki orang yang sudah meninggal. Jika kita menengok ke belakang maka kita akan dibawa ke alam kematian.
  • Gadis yang membawa lampu ke sabuah mata air pada malam hari dapat melihat wajah calon suaminya di permukaan air.
  • Jika seekor kelelawar terbang mengitari rumah sebanyak tiga kali aka seseorang di rumah itu akan meninggal.
  • Pergilah ke persimpangan dan dengarkan suara angin, maka kita dapat mendengarkan hal yang paling penting yang akan terjadi pada kita di tahun berikutnya.
  • Orang yang dilahirkan pada hari halloween dapat melihat dan berbicara dengan arwah.
  • Seseorang harus berjalan mengitari rumah sebanyak tiga kali (searah dan berlawanan arah jarum jam) sebelum matahari terbit untuk mengusir roh jahat dari rumah.
  • Jika melihat seekor laba-laba pada hari halloween, itu berarti kita melihat roh seseorang yang kita cintai dan sedang mengawasi kita.
  • Membunyikan bel pada hari halloween dapat mengusir roh jahat.
  • Apabila nyala lilin tiba-tiba menjadi biru maka berarti sesosok hantu telah mendekati kita.


Sumber :
-    Gamestation 132. Oktober 2006

1 komentar:

  1. Salah satu budaya barat. tapi sesekali, boleh juga dilakukan di negara kita, hitung-hitung buat hiburan.

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...