14 Oktober 2011

Necromancer

Tidak berlebihan kalau kita menyebutkan bahwa di setiap negara mempercayai keberadaan ilmu hitam dan hal-hal yang berhubungan dengan dunia hitam. Dan tentunya banyak yang mengetahui ada beberapa oknum yang mempraktekkan ilmu tersebut dengan spesialisasi dan sebutan yang berbeda. Salah satunya ialah kemampuan Necromancy.
Necromancy adalah bentuk divination dimana mereka yang menggunakannya akan memanggil arwah untuk mendapatkan perlindungan atau ilmu pengetahuan. Necromancy sendiri berasal dari bahasa Yunani ; Nekros (dead) dan Manteia (divination). Necromancy bisa ditemukan dalam mitologi-mitologi, salah satunya ialah dalam mitologi Yunani, diceritakan mengenai perjalanan Odysseus ke Hades saat ia akan membangkitkan Tiresias untuk menanyakan sesuatu. Sedangkan dalam mitologi Norse, diceritakan bahwa Odin pernah membangkitkan seorang ahli nujum yang sudah meninggal untuk meramalkan masa depan. Bahkan penyihir legendaris Skuld memiliki kemampuan untuk membangkitkan prajurit yang telah mati untuk kembali berperang.

Jadi bisa disimpulkan bahwa necromancy bukan merupakan ilmu yang digunakan untuk melakukan kejahatan. Namun sejak memasuki abad pertengahan, makna dari necromancy itu sendiri menyimpang jauh menjadi ilmu yang digunakan untuk memanggil iblis atau membangkitkan orang mati demi tujuan buruk. Image tersebut terus melekat hingga sekarang dan membuat necromancy dianggap sebagai salah satu ilmu hitam paling berbahaya.


Necromancy Kuno

Pada zaman dahulu, sebelum necromancy dicap sebagai cabang ilmu hitam yang berbahaya, necromancy sering dihubungkan dengan shamanism yaitu pemanggilan roh (biasanya arwah leluhur) untuk tujuan yang positif. Menurut penuturan kalangan yang menggunakan ilmu tersebut alias Necromancer, dikatakan ketika melakukan komunikasi, para arwah akan menghasilkan suara lengkingan atau dengungan yang tinggi. Hal ini jelas berbeda dengan proses pemanggilan arwah menggunakan medium sebagai perantara. Seorang ahli sejarah bernama Strabo menyebutkan kalau necromancy merupakan bentuk divination yang berkembang di masyarakat Persia, dan berkembang hingga Chaldea (terutama di kalangan pemuja bintang atau Shabian), Eturia serta Babylonia. Para necromancer di Babylonia disebut Manzazuu atau Sha’etemmu, sementara roh yang dipanggil disebut Etemmu.

Beberapa kebudayaan mempercayai bahwa roh memiliki pengetahuan yang sangat luas, hal inilah yang menyebabkan mereka sering dipanggil untuk ditanyai berbagai hal. Tapi hal tersebut bertentangan dengan kepercayaan bangsa Romawi dan Yunani yang berpendapat bahwa pengetahuan roh itu terbatas sampai yang mereka miliki selama mereka hidup. Pendapat lain dari cendekiawan Romawi ialah ; disebutkan di underworld (alam baka) ada pusat perdagangan informasi dimana para roh bisa dengan leluasa bertemu dan bertukar pengetahuan.


Necromancy Abad Pertengahan & Modern

Pada masa medival (abad pertengahan) hampir semua kaum cendekiawan berasal dari kalangan bangsawan atau christian clergy. Mereka menolak pemikiran bahwa manusia dapat berkomunikasi dengan arwah yang telah meninggal dan menyatakan bahwa arwah tersebut adalah iblis yang menyamar. Karena itulah necromancy dianggap sebagai salah satu cabang ilmu hitam paling berbahaya dan mulai menangkap semua yang mempraktekkannya. Sayangnya ketakutan mereka terhadap necromancy menjadi sebab tragedi yang dikenal sebagai “The Salem Witch Trial”. Terjadi di kota dan desa Salem, Massachusetss, dimana sejumlah orang (mayoritas wanita) ditangkap dan diadili karena dituduh sebagai penyihir. Meski kebenaran akan betul-tidaknya para orang tersebut adalah penyihir masih dipertanyakan, mereka tetap diadili dengan cara dibakar hidup-hidup.

Salem Witch Trial

Pada zaman modern ini necromancy hanya menjadi mitos yang ada dalam masyarakat. Sebagian kalangan tidak mengakui keberadaannya karena tidak bisa dijelaskan secara logika, tapi beberapa kalangan masih mempraktekkannya di berbagai negara. Seperti di Quimbanda dan beberapa negara di Afrika, terutama dengan munculnya kepercayaan akan santeria dan voodoo.



Sumber
- Gamestation 141. Juli 2007

12 komentar:

  1. serem juga yah,ada yang kek beginian -..-

    BalasHapus
  2. yang itu yah...kayak siapa tuh...yang Alchemist-alchemist itu *lupa*

    BalasHapus
  3. serem banget lah kalo ini masih ada sampe jaman sekrrng. *eh apa masih ada yaa ? :o

    BalasHapus
  4. dalam islam, kalo gak salah juga ada menghidupkan orang mati dan mengembalikan jiwa mereka kedalam jasad nabi ISA dan nabi muhammad CMIIW, tentunya atas seizin Tuhan. di kitab suci AL-Qur'an juga ada,

    "Dan sesungguhya andaikata ada suatu bacaan (kitab suci) yang dapat membuat gunung-gunung berjalan/berguncang dahsyat atau bumi dipotong-potong/dibelah-belah atau orang-orang mati diajak bicara / dapat berbicara (niscaya kitab suci itu ialah Al Qur'an. Dan mereka pun tidak juga mau beriman)"

    (Q.S Ar Ra'ad : 31)

    konon katanya dulu setelah kekhalifahan nabi, salah satu wali atau khalifah Rasul ada yang bisa menghidupkan orang mati dan mengembalikan jiwanya ke tubuh semua, bahkan bisa mempunyai anak lagi :D

    nice share bro CMIIW :)

    BalasHapus
  5. Whoa, Necromancer! XD
    Emang ngeri sih kalo beneran ada. Ane ngebayangin mayit aje udah goyang pinggul, kalo beneran ada bisa merinding disko.

    Eniwei, kalo di game biasanya Necromancer juga adalah salah satu cabang magic (entah black atau white) yang mana kerjaanye ngembaliin soul, ghost, devil, ataupun undead yang gentayangan di bumi kembali ke alam baka secara permanen. Semacan pendeportasian yang dilakukan si John Constantine.

    BalasHapus
  6. "Necromacer"
    Itu Kan Hero Yg Ada Di Lost Saga Om :)
    Game Online Indonesia
    "Shaman"
    Kalau Di Lost Saga
    Namanya "Dark Shaman"

    BalasHapus
  7. necromancer tuh pro, apalagi necromancernya kyk eucliwood hellsycthe

    BalasHapus
  8. Keren keren, lagi nonton Kore wa Zombie Desu ka dan gatau definisi necromancer ;A; thx infonya

    BalasHapus
  9. Necromancer juga ada di film THE HOBBIT AN EXPENTCED JOURNEY (kalo salah penulisan nama film nya maaf ya ane dah lama gak nonto hiii :D

    BalasHapus
  10. Gara2 anime nih nyasar ke sini kwke

    BalasHapus
  11. Necromancer? Itu kan yg ada di wattpad ituu?:D😂

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...