Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

26 November 2011

Lelouch vi Britannia ; The Angelic Tyrant

Lelouch vi Britannia
 Tokoh utama dari seri anime Code Geass merupakan salah satu tokoh dengan sikap yang luar biasa. Leluoch merupakan anak dari pasangan raja Britannia ; Charles zi Britannia dan ratu Marianne zi Britannia, namun semenjak kematian ibunya akibat serangan teroris ia diasingkan dari Britannia karena tindakannya yang dianggap telah menghina raja Britannia saat itu. Lelouch kecil bersama adiknya Nunnally kemudian diasingkan ke Jepang yang kemudian berubah nama menjadi Area 11.

Mereka kemudian diasuh oleh orang jepang di kuil Suzaku, dari saat inilah kedua kakak-beradik ini bertemu dengan Kururugi Suzaku. Setelah beberapa lama mereka harus berpisah dengan keluarga Suzaku karena keluarga Lamperouge telah mengadopsi mereka berdua. Lelouch bersama Nunnally kemudian disekolahkan di Ashford Academy tanpa diketahui seorang pun bahwa mereka merupakan keturunan dari raja Britannia.

Lelouch yang memiliki hobi dan kemampuan tinggi dalam bermain catur ini (seperti beberapa keturunan raja Britannia lainnya) lebih menikmati pertandingan catur dibanding belajar di sekolah. Hal ini terbukti dari seringnya ia membolos pelajaran demi sekedar bertanding dan bertaruh catur. Karena kemampuannya yang tinggi dalam permainan catur ia sering mendapatkan uang dari hasil bermain catur.

Namun ketika ia sedang bertanding catur di suatu daerah di Shinjuku, tiba-tiba tentara Britannia yang dipimpin Clovis (salah satu saudara tiri Lelouch) menyerang Shinjuku untuk menghabisi kelompok teroris pembebasan Jepang dan membuat Lelouch terjebak dalam agresi. Dalam situasi panik dan akan dibunuh, Lelouch bertemu dengan seorang wanita bernama CC. Dari CC Lelouch mendapatkan kemampuan yang disebut "Geass of Absolute Obedience" yang mampu membuat siapa saja yang bertatap muka dengan Lelouch saat ia mengaktifkan Geass-nya menjadi patuh terhadap perintah apapun yang diberikan Lelouch. Imbalan dari kekuatan tersebut ialah memberikan hal yang paling diinginkan oleh CC, meski pada saat itu CC tidak memberitahukan apa yang ia inginkan.

Dengan bantuan Geass, Lelouch berhasil membuat semua tentara yang mengejarnya untuk bunuh diri dan mendapat satu unit dari Knighmare. Unit Knightmare yang didapatkan Lelouch digunakannya untuk mengarahkan para teroris tersebut untuk membendung serangan tentara Clovis. Meski pada awalnya para teroris tersebut tidak yakin dengan kemampuan Lelouch (ia melakukannya hanya dengan memberi komando melalui radio yang tidak bisa dilacak dan suara yang disamarkan), tapi setelah melihat strategi Lelouch berhasil mereka menjadi percaya bahwa "suara asing" yang memberikan perintah pada mereka dapat memberikan kemenangan.

C.C
Di saat tentara Clovis hampir menemui kekalahan, Clovis kemudian mengeluarkan senjata rahasianya ; sebuah unit khusus yang tidak dimasukkan ke dalam tentara resmi Britannia namun memiliki izin untuk diturunkan dalam pertempuran jika dibutuhkan. Sebuah unit bernama Lancelot, unit Knighmare ini memiliki kemampuan dan pergerakan yang berbeda dibandingkan tentara Clovis, selain dari kemampuannya yang tinggi faktor ketidakpercayaan para teroris pada Lelouch saat melihat satu per satu teroris yang berhasil dikalahkan oleh Lancelot menjadikan strategi Lelouch tidak berjalan. Puncaknya ialah saat Lancelot menemukan posisi Knighmare yang digunakan Lelouch untuk memberi perintah dan mengalahkannya.

Tentara Clovis memenangkan pertempuran melawan teroris, namun Lelouch berhasil menyusup masuk dan bertemu dengan Clovis. Clovis yang terkejut melihat saudara tirinya yang disangka telah tewas dalam pengasingan muncul kembali di hadapannya kemudian mengajak Lelouch untuk kembali ke Britannia. Lelouch yang masih menyimpan dendam pada Britannia yang ia anggap telah membiarkan ibunya tewas kemudian menggunakan Geass pada Clovis, ia memerintahkan Clovis untuk memberitahu siapa yang telah membunuh ibunya. Karena Clovis tidak pernah mengetahui hal tersebut maka ia tetap tidak bisa menjawabnya, namun ia berkata bahwa Pangeran Kedua Scheneizel dan adiknya Cornelia mungkin mengetahui siapa yang membunuh ibunya. Setelah mendapatkan jawaban dari Clovis, Lelouch pun membunuh saudara tirinya tersebut.

Setelah berhasil melarikan diri dari medan pertempuran, Lelouch kembali ke kehidupannya di Ashford Academy. Ternyata di Ashford ia malah bertemu dengan anggota teroris yang kemarin ia tolong sebagai salah satu murid di sekolah tersebut dengan nama Kallen Stadfield. Terkait masalah kematian Pangeran Clovis, meski sebelumnya ditutup-tutupi, namun karena tindakan penyelidikan yang dilakukan oleh Jeremiah Gottwald pembunuhan terhadap Pangeran Clovis menjadi tercium oleh publik. Jeremiah bukan hanya memberitahukan berita pembunuhan terhadap Clovis, namun ia juga menuduh pilot Lancelot, yaitu Kururugi Suzaku sebagai pelaku pembunuhan terhadap sang Pangeran. Karena merupakan teman masa kecil dan Suzaku merupakan orang Jepang, negara yang ingin dimerdekakan oleh Lelouch, ia pun merencanakan misi untuk membebaskan Suzaku yang juga merupakan anak dari mantan perdana mentri Jepang.

Zero
Sadar misi pembebasan ini tidak bisa dilakukan sendiri, Lelouch pun menghubungi anggota teroris yang sebelumnya ia bantu. Lelouch hanya meminta bantuan dari mereka yang benar-benar percaya bahwa mereka bisa menyelamatkan Suzaku yang akan dihukum mati. Untuk menjaga identitasnya, Lelouch muncul sebagai sosok bertopeng dengan nama Zero, hal ini dikarenakan ia tidak ingin para teroris (yang merupakan orang Jepang) menjadi enggan untuk membantunya karena ia merupakan orang Britannia. Tidak banyak yang percaya pada kemampuan Lelouch dalam membuat keajaiban, hanya ada dua orang yang mau membantunya, mereka adalah Kozuki Kallen (pilot utama dengan kemampuan tempur paling tinggi) dan Ohgi (pemimpin teroris). Dengan strateginya yang menggertak rombongan Knightmare yang membawa Suzaku dengan bom (sebenarnya tiruan) yang ia katakan akan diledakkan jika tentara Britannia masih ingin mengeksekusi Suzaku. Lelouch pun menyarankan pertukaran antara bom tersebut dengan Suzaku. Ternyata itu merupakan dari strategi Lelouch agar ia bisa cukup dekat dengan Jeremiah yang memimpin rombongan agar ia bisa memberikan Geass dengan instruksi "bebaskan kami dengan semua kemampuanmu !". Setelah sukses menyelamatkan Suzaku banyak orang menjadi percaya bahwa sosok bernama Zero tersebut dapat membawa keajaiban dan kemerdekaan kembali bagi Jepang.

Meski dirinya berhasil diselamatkan, tapi Suzaku lebih memilih kembali ke Britannia sebagai tahanan. Ia berkata bahwa ia lebih baik hidup mematuhi aturan, meski aturan tersebut tidak adil daripada menjadi orang yang tidak menaati aturan tersebut.

The First Rebellion

Setelah mendapatkan dukungan yang cukup dari beberapa fraksi, Lelouch (Zero) akhirnya mengumumkan terbentuknya "Order of Black Knight". Order of Black Knight dibentuk untuk membebaskan Jepang dari Britannia, namun bukan itu saja, untuk mendapatkan dukungan dari seluruh dunia maka tujuannya pun sedikit dirubah menjadi untuk menjaga kedamaian dunia. Maksudnya ialah para anggota Order of Black Knight mau membantu siapa pun yang sedang berada dalam ancaman, baik itu masyarakat Jepang maupun Britannia. Ini dibuktikan dengan turunnya para anggota Order untuk menyelamatkan Putri Euphemia (saudari tiri dari Lelouch) yang terperangkap dalam serangan teroris. Dalam "Order of Black Knight" sendiri ada beberapa anggota dengan kemampuan yang luar biasa, seperti Kozuki Kallen yang menjadi kapten dari pasukan pribadi Zero dan Lakshata yang mampu membuat Knightmare milik Order of Black Knight menjadi lebih kuat.

Kozuki Kallen
Selain itu tujuan mengalahkan Britannia masih tetap menjadi tujuan utama Lelouch. Meski ia hampir saja dikalahkan saat membantu tentara "Front Pembebas Jepang" yang diserang tentara Britannia pimpinan Cornelia. Lelouch sebenarnya melihat ini sebagai kesempatan untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas kematian ibunya dan ingin menangkap Cornelia hidup-hidup. Namun rencana tersebut gagal dan Lelouch hampir saja terbunuh kalau saja ia tidak memasangkan Geass dengan perintah "hidup" pada Suzaku yang juga turut dalam pertempuran tersebut. Meski gagal menangkap Cornelia tapi Order of Black Knight mendapatkan dukungan dari tentara pembebasan Jepang tersebut, namun malang bagi Suzaku, karena tindakannya yang menyelamatkan diri sendiri dan Zero (dalam pengaruh Geass) ia kemudian di turun pangkatkan dan hanya menjadi tentara biasa.

Setelah kekuatan "Order of Black Knight" menjadi semakin kuat, Britannia malah berencana untuk membuat area aman dimana rakyat Jepang dapat diperlakukan dengan setara dengan Britannia. Ide yang diusulkan oleh Putri Euphemia ini akan membuat rakyat Jepang dan Britannia dapat hidup dengan damai tanpa ada lagi pertempuran. Kehadiran area bebas ini merupakan halangan bagi Lelouch yang ingin menghancurkan Britannia, kalau area ini benar-benar diberlakukan maka ia akan kehilangan sebagian besar dari pendukung "Order of Black Knight" yang memang mayoritas orang Jepang. Lelouch pun berusaha bertemu dan membujuk Euphemia untuk membatalkan rencananya tersebut, namun ternyata malah Lelouch yang tidak bisa meyakinkan Euphemia dan malah bersimpati pada rencana Euphy. Memang ia tidak akan bisa merubah dunia, namun dengan adanya area tersebut maka orang-orang dunia dapat hidup dengan damai. Semua seakan menjadi indah hingga Lelouch tidak sengaja berkata "bunuh semua orang Jepang" kepada Euphy, maksud hati ingin bercanda karena Euphy mengetahui dan ingin tahu tentang Geass, namun Geass Lelouch menjadi aktif sendiri dan tidak dapat ia hentikan. Hal ini membuat Euphemia keluar dan membunuh semua orang Jepang yang ada, hal ini membuat orang Jepang menjadi tidak percaya pada Britannia dan mengharapkan Zero untuk membebaskan mereka dari belenggu penjajahan Britannia. Lelouch yang merasa bertanggung jawab kemudian membunuh Euphemia dengan tangannya sendiri. Tindakannya itu dilihat Suzaku yang telah menjadi Knight pribadi Euphemia dan ia pun bersumpah untuk membunuh Zero dengan tangannya sendiri.

Euphemia li Britannia
Dengan kematian Euphemia, kerajaan Britannia kemudian mengumumkan perang terhadap "Order of Black Knight", belum lagi kemarahan Cornelia yang sangat menyayangi adiknya tersebut. Ketika Zero berperang dengan kerajaan Britannia, ia malah dikejutkan dengan fakta bahwa adiknya, Nunnally telah diculik dan kemungkinan besar dibawa ke Britannia. Hal ini membuatnya meninggalkan medan pertempuran dan meninggalkan "Order of Black Knight" yang sedang dalam keadaan terdesak harus melawan kekuatan militer Britannia tanpa seorang pemimpin. Nunnally sendiri dibawa ke sebuah situs tempat menyegel kekuatan Geass, disana Zero bertemu dengan Suzaku dan mereka terlibat pertarungan. Lelouch tidak bisa membunuh Suzaku karena Geass yang ditanamkan pada Suzaku agar ia tetap hidup menolak dirinya untuk mati dan menjadi lawan yang menakutkan. Hingga akhirnya Suzaku berhasil membelah topeng Zero, tepat ketika Kallen sampai di tempat pertarungan mereka dan Kallen akhirnya mengetahui identitas asli dari Zero.


The Second Rebellion

Lelouch kalah saat menghadapi Suzaku. Ia pun berhasil ditangkap dan dibawa ke hadapan raja Charles zi Britannia. Raja Charles ternyata masih menginginkan Lelouch untuk hidup dan ia memberikan Geass "Rewrite" pada Lelouch yang membuat dirinya melupakan tiga hal ; identitasnya sebagai Zero, tentang adiknya Nunnally dan kenangannya tentang ibunya. Tidak hanya Lelouch yang ingatannya dihapus oleh Charles, hampir semua orang di Ashford Academy juga ia tanamkan ingatan baru, tidak cukup dengan hal itu ia juga menugaskan Rolo untuk memata-matai Lelouch dengan peran sebagai adik laki-lakinya.

Rolo Lamperouge - Vincent
Rolo merupakan mata-mata yang memiliki Geass yang bisa menghentikan pergerakan objek di sekitarnya. Namun Geass-nya memiliki kelemahan yaitu tidak bisa menghentikan objek yang sudah bergerak ke arahnya seperti peluru dan jika ia menggunakan Geass ini maka jantungnya akan ikut berhenti, oleh karena itu Rolo hanya bisa menggunakan Geass ini selama kurang-lebih lima detik.

Namun ternyata ingatan Lelouch kembali setelah ia bertemu kembali dengan CC. Pertemuan kembali dengan CC ini juga kembali menghidupkan Geass milik Lelouch, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka CC memberikan lensa kontak khusus pada Lelouch karena Geass yang ia miliki sudah tidak bisa dimatikan lagi.

Lelouch kembali muncul sebagai Zero ketika akan menyelamatkan anggota "Order of Black Knight" yang akan dieksekusi mati secara umum. Dengan bantuan dari Rolo (Lelouch berhasil menipunya untuk berpindah pihak menjadi membantu Lelouch) dan kecerdikannya ia berhasil menyelamatkan rekan-rekannya. Namun tidak semua anggota "Order of Black Knight" senang dengan kehadiran Zero kembali, ada beberapa dari mereka yang mempertanyakan keputusan Zero untuk melarikan diri dari pertempuran sebelumnya yang membuat mereka semua tertangkap. Karena kharisma dari Tohdo yang masih percaya dengan  kemampuan Zero membuat semua anggota "Order of Black Knight" menjadi kembali mau bergerak di bawah perintah Zero.

Misi pertama dari kembalinya Zero ialah mendapatkan dukungan dari Federasi Cina, karena hanya negara tersebut yang cukup kuat untuk berperang mengimbangi Britannia. Upaya negosiasi dengan Federasi Cina menjadi sedikit sulit karena para penasehat yang korup disana bertujuan untuk menikahkan putri Cina saat itu dengan Pangeran Scheneizel dari Britannia. Namun karena adanya affair antara putri Cina dengan salah satu pengawalnya ; Xing Ke (memiliki kemampuan analisis perang sebanding dengan Lelouch dan kemampuan tempur sebanding dengan Suzaku), akhirnya Lelouch berhasil mendapatkan dukungan Cina untuk melawan Britannia, sekaligus mengungsikan seluruh bawahannya ke pulau kosong yang ia minta dari Federasi Cina.

Merasa dikalahkan oleh Lelouch, Scheneizel kemudian mengajak anggota utama dari "Order of Black Knight" untuk bertemu, tanpa kehadiran Zero. Scheneizel pun mengungkapkan identitas asli dari Zero, bahwa ia adalah keturunan Britannia dan memiliki Geass. Mereka yang kemudian kesal karena telah ditipu selama ini oleh Lelouch kemudian berbalik menyerangnya. Kalau bukan karena Rolo maka Lelouch akan tewas, namun hal tersebut harus dibayar dengan nyawa Rolo karena ia menggunakan Geass-nya terlalu banyak demi menyelamatkan Lelouch dan membuat Rolo meninggal. Sebelum Rolo meninggal Lelouch untuk pertama kalinya menjadi sosok yang baik di hadapan Rolo.

Setelah kematian Rolo, Lelouch kemudian langsung berhadapan dengan ayahnya. Ia pun mengetahui tujuan ayah dan ibunya - yang ternyata belum mati, karena ia memiliki Geass yang membuatnya bisa memindahkan jiwa - untuk menemukan CC dan menciptakan Ragnarok Connection, sebuah dunia dimana semua orang bisa hidup dalam perintah Charles. Hal ini bisa tercipta jika ia menemukan CC dan mewujudkan keinginan CC, ternyata keinginan CC ialah ingin mati, karena sebagai pembawa kemampuan Geass yang asli ia menjadi sosok immortal. Dengan kekuatan tekad dan bantuan Suzaku - yang telah mengetahui sejarah kelam keluarga Britannia - akhirnya Lelouch berhasil menghilangkan eksistensi ayah dan ibunya dari dunia ini. Kemudian bersama Suzaku, ia akhirnya menetapkan diri menjadi raja ke-99 dari Kerajaan Britannia dengan Suzaku sebagai Knight of Zero dan bawahan yang semuanya berada dalam pengaruh Geass.

Lelouch & Suzaku

Scheneizel kemudian membalas tindakan yang dilakukan Lelouch terhadap kerajaan Britannia dengan memasang Nunnally, adik Lelouch yang ia kira telah hilang karena diculik sebagai komandan utama dari koalisi Brittania-Federasi Cina-Order of Black Knight. Nunnally yang tidak bisa berjalan dan melihat itu kemudian diserahi kendali untuk menembakkan bom nuklir bernama FLEIA yang bisa menghancurkan ibukota Britannia dengan sekali tembak. Pertempuran terakhir antara Lelouch dan Suzaku melawan seluruh dunia, termasuk orang-orang yang pernah menjadi teman-temannya dimulai.

Kekuatan tempur Lelouch yang semuanya dikendalikan Geass memang tidak bisa mengimbangi kekuatan tempur seluruh dunia, namun ia berhasil menyusup kedalam markas Scheneizel dan berhasil menanamkan Geass yang membuat Scheneizel patuh dengan semua perintah Lelouch. Lelouch pun berhasil memenangkan perang tersebut, ia juga berhasil menahan semua yang melawannya, termasuk mantan temannya di Order of Black Knight dan tentara Federasi Cina serta anggota Britannia dibawah pimpinan Scheneizel. Meski kemenangan Lelouch harus dibayar dengan tewasnya Kururugi Suzaku dalam pertempuran melawan Kallen.

Ia pun lalu menjalankan rencana Zero Requiem. Sebuah rencana untuk mengeksekusi semua tahanan dan orang-orang yang menentang Lelouch, termasuk adiknya sendiri Nunnally. Ketika eksekusi akan dijatuhkan tiba-tiba sosok Zero muncul dan membunuh Lelouch di depan umum. Tubuh Lelouch yang tak bernyawa terjatuh di hadapan Nunnally, Nunnally yang memiliki Geass yang memungkinkan ia melihat kejujuran seseorang dengan hanya menyentuh tangannya kemudian mengetahui rencana kakaknya yang bernama Zero Requiem.

Zero Requiem adalah rencana untuk mengumpulkan semua kebencian dan kemarahan dunia pada sosok tiran bernama Lelouch vi Britannia. Di saat seluruh dunia sudah bisa bersatu untuk mengalahkan Lelouch maka ia akan memalsukan kematian Suzaku yang kemudia akan menjadi sosok Zero yang akan membunuh Lelouch di depan umum. Hingga kematian Lelouch akan mengakhiri semua konfik besar di dunia.




7 komentar:

  1. Keren reviewnya, sekaligus spoiler berat buat yg belom nonton, hahaha

    BalasHapus
  2. bang, panjang banget, gak sampe kelar ini aku baca -_-

    BalasHapus
  3. @Kenni : haha,, nulis review sepanjang ini sampe harus cek anime-nya per episode :D

    @Rusyida : bacanya perlahan saja dek, sedikit namun pasti #apasih

    BalasHapus
  4. sepertinya seru, tapi kenapa diceritain semua u_u

    *belum copy animenya*

    BalasHapus
  5. Karakter Lelouch emang luar biasa, cerdas, pinter bohong, dan sedikit pervert XD

    Oh ya, itu Scheizel dikasih geass bukan untuk patuh sama Lelouch, tapi patuh sama Zero..

    Dan zero requiem itu keren banget, lelouch mengorbankan dirinya untuk perdamaian dunia. Di pemerintahan ada hati nya Nunally, knight Suzaku, dan otak scheizel.. sempurna sudah :D

    BalasHapus
  6. entahlah, ane ngerasa gedeg aja saat lelouch nyuruh euphy membunuh semua orang jepang..

    walaupun maksudnya bercanda, tapi gara2 geass nya aktif kan euphy jadi beneran nurutin perintahnya.. pantes lah kalau endingnya si lelouch mati,,

    entah kenapa sedikitpun ane ga naroh simpati ke lelouch.. :D

    *comment ane berdasarkan review dari ts karena ane sendiri belom nntn animenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lihat anime nya pasti bakal nangis & simpati parah ke Lelouch.

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...