Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

23 Desember 2011

Bakat-Bakat Garuda

Sepakbola di Indonesia sudah menjadi salah satu olahraga paling favorit. Dari Sabang sampai Merauke hampir seluruh rakyat di negara ini memainkan olahraga paling disukai di seluruh dunia ini. Meski begitu tetap saja ada pandangan skeptis yang menyatakan Indonesia hanya memiliki banyak sumber daya dan hanya sedikit dari mereka yang benar-benar berkualitas untuk membela timnas Indonesia di ajang internasional.

Benar-tidaknya anggapan tersebut dikembalikan kepada opini setiap orang masing-masing. Tapi setidaknya ada beberapa nama dari pemain nasional atau keturunan Indonesia yang memiliki bakat dan kemampuan lebih untuk diperhitungkan, paling tidak di level Asia. Berikut ini adalah beberapa pemain tersebut.


Radja Nainggolan
midfielder
Cagliari


Meski menetapkan diri untuk membela timnas Belgia, namun tidak dapat disangkal lagi kalau Radja merupakan pemain keturunan Indonesia yang paling sukses saat ini.

Lahir dari pasangan Marius Nainggolan yang berdarah Indonesia dan Lizi Bogaerd yang berdarah Belgia. Pemain yang dahulu sempat diisukan akan ditarik ke dalam timnas merah-putih ini sekarang bermain untuk salah satu klub Serie-A ; Cagliari.

Mulai berkarir di Italia saat berumur 15 tahun saat membela Piacenza, bakat Radja sebagai seorang gelandang pernah diberitakan berada dalam pengamatan pemandu bakat dua raksasa Eropa ; AC Milan dan Manchester City.



Syamsir Alam
striker
Penarol U-19

Syamsir Alam merupakan lulusan tim SAD yang berlatih di Uruguay sebagai persiapan untuk membela timnas Indonesia pada masa mendatang. Saat membela tim SAD Indonesia dalam kompetisi Liga U-17 Quinta Division 2008 yang diselenggarakan di Uruguay tersebut, ia berhasil menjadi top skorer liga dengan torehan 15 gol dari 29 pertandingan.

Ia juga masuk dalam rencana pelatih Rahmad Darmawan pada gelaran SEA GAMES yang lalu, namun karena pertimbangan taktik maka pemain kelahiran Agam, Sumatera Barat ini gagal mendapatkan satu kali penampilan pada ajang SEA GAMES. Meski begitu kemampuan pemain berusia 19 tahun ini diprediksi dapat membawa standar timnas Indonesia ke level yang lebih tinggi lagi.



Andik Vermansyah
striker
Persebaya

Pemain mungil ini menarik perhatian warga Indonesia ketika gelaran SEA GAMES 2011 lalu digelar. Dengan kemampuan dribble dan kecepatan larinya, ia mampu meneror setiap lawan yang dihadapi timnas Indonesia U-23.

Tidak cukup dengan memukau penikmat sepakbola Indonesia, penampilan cemerlang Andik juga memukau salah satu bintang sepakbola dunia ; David Beckham. Terbukti dengan permintaan sang megabintang untuk bertukar kaus dengan pemain kelahiran Jember, 23 November 1991 ini.

Kabar terbaru menyatakan dua klub besar Eropa, yaitu FC Porto dan Benfica tertarik untuk mendatangkan pemain yang memiliki kecepatan lari diatas rata-rata ini. Meski kabar tentang ketertarikan kedua klub ini masih simpang-siur, namun pecinta sepakbola Indonesia patut berharap banyak pada Andik untuk membawa nama Indonesia menjadi kembali disegani, minimal di level Asia Tenggara.



10 komentar:

  1. radja nainggolan keren tuh. sayangnya dia lebih memilih negri waffle itu...

    BalasHapus
  2. @Emelia : Saya juga cakep #eh

    @Meutia : Lebih sayang lagi pas dia mau diundang membela timnas, dari perwakilan Indonesia malah lebih fokus datangin Irfan. *tau lah sekarang kaya' apa*

    BalasHapus
  3. Tapi....ya gitu deh, saat ini keberadaan PSSI sudah menjadi ancaman baru.
    Maklum, pemain yang bertanding di ISL gak bisa memperkuat tim Garuda.
    Ah sayang sekali sodara2....

    BalasHapus
  4. Semoga timnas indonesia di masa mendatang jaya. Asal tidak ada dualisme PSSI. Ini yang bikin rusak sepakbola kita

    BalasHapus
  5. ehmm... tambahan satu lagi bang :D

    ada juga pemain berdarah indonesia yang sedang berkarir di (kalo ngga salah)di club Cesena, namanya Alessandro Trabucco..
    skillnya juga di atas rata-rata.

    Saya juga berharap Pemerintah lebih melek untuk memilih pemain yang layak masuk timnas ketimbang muka2 lama.. yang mempunyai stamina yang buruk... ^_^v

    BalasHapus
  6. memang banyak pemain Indonesia yang potensial.. tapi sayang dunia sepakbola dalam negerinya lagi bermasala

    BalasHapus
  7. Masih muda-muda ternyata tunas Garuda tuh ya...tapi mainnya udah jago wakt di SEA GAMES. Generasi tuanya aja kalah keren.

    BalasHapus
  8. sebenarnya Indonesia tidak kekurangan bibit asal rekrut, serta bina yng benar

    BalasHapus
  9. @Zippy : Benar sekali, dualisme yang terjadi di PSSI secara tidak sadar malah menghancurkan masa depan sepakbola Indonesia.

    @CIAR : #amin

    @Ikbal Rizki : Oiya, saya lupa ada pemain blasteran Italia itu. Dengan makin banyaknya pemain blasteran dengan skill diatas rata-rata, memang seharusnya tim nasional kita mengirimkan para pemandu bakat ke negara luar agar talenta-talenta seperti mereka tidak membela timnas negara lainnya.

    @Yusuf : Menurut saya yang bermasalah adalah administrasi dari sepakbola di negara ini. CMIIW

    @[L]ain : Memang benar, semoga alumni timnas U-23 bisa berprestasi lebih.

    @ASAZ : Itulah masalahnya, pembinaan di negara ini terasa masih kurang. CMIIW

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...