Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

5 Januari 2012

Sesepuh Kancut Keblenger

Kancut Keblenger adalah sebuah grup facebook yang didirikan blogger bernama Irvina Lioni Yuniasari pada tanggal 28 Februari 2011. Grup ini didirikan untuk membentuk perkumpulan blogger se-Indonesia sebagai tempat sharing info seputar dunia blogging dan tentunya promosi blog.

Grup yang saat ini memiliki anggota sebanyak 866 blogger yang tersebar di seluruh Indonesia (bahkan ada yang dari Jerman dan Singapura) juga pernah mengisi salah satu rubrik di Majalah Hai edisi akhir tahun.

Saking banyaknya anggota grup ini mungkin ada yang bertanya-tanya "Siapakah anggota pertama Kancut Keblenger ini ?".

Berikut ini adalah beberapa penampakan dari anggota pertama grup yang sering disebut "Para Sesepuh".



Irvina Lioni Yuniasari


Semua anak KK (Kancut Keblenger) pasti kenal dengan blog ini. Yup, karena inilah blog milik admin KK. Karena niat beliau (bahasanya tua banget) lah para blogger yang di seluruh Indonesia bisa menjadi bagian dari suatu sejarah bernama Kancut Keblenger. Mahasiswa yang kuliah di Universitas Tarumanegara dengan jurusan Advertising ini juga menjadi admin dari grup facebook FANS JOHN PANTAU.  Selain blog-nya hal lain yang unik dari dara kelahiran 19 Juni 1991 ini ialah dirinya yang #fakirasmara (bakalan dihajar nih gua) dan tampangnya yang mirip dengan artis Putri Titian (dulu sih #eh).


Tristiyono BinJubriyono BinJoyodigromo


Member dengan nama blog dan nama twitter paling dewasa (kasihan dibilang tua). Lihat saja judul blognya "Kabar Om Yono" dan akun twitternya ; @uncle_yono. Yono merupakan satu-satunya anggota KK (setahu saya) yang berhasil mendapatkan jodoh dari grup KK juga. Meski blog Yono akhir-akhir ini jarang di-update, namun jangan ditanya aktivitasnya di timeline twitter anda (jika anda mem-follow akunnya).


Ahmad Firdaus

Bisa dibilang sebagai blog spesialis tulisan galau. Sama seperti Yono, blog Ahmad Firdaus aka Madz aka Mamadz ini juga jarang di-update akhir-akhir ini. Alibinya karena Mamadz ingin fokus menulis buku sendiri dan kurangnya pasokan internet yang dimilikinya akhir-akhir ini. Mamadz yang pertama kali bergabung di KK dengan akun facebook bernama Madz Grinder Fergusson (maaf kalau typo) ini sepertinya menggunakan nama aslinya (sebagai nama facebook) karena ingin move on dan meninggalkan status sebagai korban bullying komen di KK. Meski kini terkenal dengan blog spesialis galau, namun pada awal perkenalannya dengan dunia blogging, blog Mamadz ini sering membahas band-band dan musik-musik cadas, baik nasional maupun internasional.


Yusuf Vello

Nama blog vampir tampa R asal Jakarta ini dulu dulu ialah cadelisme. Tapi karena tuntutan dari hati nuraninya Om Ucup (begitu panggilan akrabnya) akhirnya merubahnya menjadi seperti yang kalian lihat sekarang. Manusia (atau vampir ?) asli Betawi kelahiran 20 Mei 1990 ini merupakan fans berat penyanyi Rossa dan klub Serie-A ; AS Roma.


Ferdian Leonardi

Sepuh paling tua (biasa disebut begitu) ini merupakan salah satu anggota pertama di grup yang bukan dari kalangan pelajar/mahasiswa. Manusia kelahiran Jakarta, 11 Desember 1983 ini merupakan salah satu raja bully komen di KK, apalagi kalau melakukan bullying di status/tread Mamadz. Mungkin karena saking hebatnya ia mengetik kata-kata singkat (contoh : komen) blognya merupakan yang (menurut saya) terjarang di update di KK.


Zhapto Zp

Zippy, begitulah biasa ia disebut di grup. Blogger asal Jayapura ini merupakan anggota tertampan diantara para sepuh cowok. Diantara para sepuh, Zippy memang yang terkesan paling kalem, apa karena itu dia menjadi satu-satunya sepuh yang masuk nominasi blogger cowok terganteng versi KK. Who knows ?


Halida Hanum

Tanpa maksud ingin mendiskriminasi atau apapun. Sebelumnya mohon maaf kepada para pembaca dan Halida sendiri, saya tidak mencantumkan gambar header dan link blog-nya karena memang saya tidak tahu link blog saudari Halida. Selain ini mungkin kekhilafan saya, juga setelah melakukan sedikit kepo di facebook Halida untuk mencari link blog-nya, masih belum juga bisa ditemukan.

Anyway, Halida sendiri merupakan salah satu dari tiga blogger wanita yang rajin nongol di chat grup KK (dulu karena anggota masih sedikit, fitur chat di grup masih bisa), selain Irvina (tentunya) dan Jeng Bloggi.


Nonni Shetya

Mahasiswa peneliti dampat kegalauan seorang fakirasmara dalam kehidupan sosialnya. Mungkin begitulah yang bisa saya sampaikan ketika membaca beberapa postingan milik Nonni Shetya atau yang biasa dipanggil dengan sebutan Jeng Bloggi. Mayoritas tulisan yang dibuat pada blog ini berasal dari survey lapangan, baik dengan bertanya kepada beberapa nara sumber maupun berdasarkan pengalaman pribadinya. Blog ini sangat saya rekomendasikan bagi para mahasiswa-mahasiswa baru yang memasuki masa-masa galau dan sejenisnya #ups. Dan Jeng Bloggi merupakan blogger cewel, bersama Supina yang bersedia ikut dalam first gathering Kancut Keblenger di vila milik saudara Supina, namun karena minimnya jumlah anggota cewek yang bisa ikut akhirnya first gathering dipindah ke acara ON|OFF bulan Desember lalu.


M Riki Effendi

Mahasiswa Universitas Andalas bernama lengkap Muhammad Riki Dwi Putra Effendi (bener ga ?) ini merupakan blogger yang menurut saya cukup aneh. Karena kalau soal bacotan di grup seperti membuat komen atau tread baru di grup dia cukup aktif, bahkan bisa dibilang sebanding dengan Ferdi. Namun kebanyakan isi postingan blog-nya berupa cerita pendek dan kadang-kadang sedikit absurd. Namun disitulah letak keunikan blog milik mahasiswa yang ulang tahun tanggal 7 Juli ini.


Farid Permana Putra Azroel

Nah kalau ini seperti kalian tahu merupakan blog gue. Blog yang sedang kalian baca sekarang ini juga milik salah satu sepuh KK #berasatua. Blog ini mulai bertransformasi dari personal blog menjadi blog yang membahas beberapa masalah atau kejadian yang ramai dibicarakan di masyarakat secara umum atau beberapa komunitas tertentu. Selain itu juga membahas tentang olahraga, sebagian besar tentang klub Serie-A ; Juventus.

-----------------------------------------------------------------------------------

Di atas tersebut adalah beberapa blogger yang telah ada di grup KK semenjak grup ini dibentuk pertama kali. Tapi ada juga beberapa blogger yang masuk pada gelombang pertama atau kedua (lupa saya) penerimaan anggota baru yang memiliki blog yang unik dan sayang untuk tidak saya rekomendasikan. Berikut adalah beberapa dari mereka.


Yulian Eka Aditya

Siapa yang tidak pernah membaca novel terkenal berjudul "Pocong juga Poconggg" ? Kalau kalian tertarik dengan cover salah satu novel best-seller selama 2011 ini kalian wajib mengunjungi blog ini. Kenapa ? Karena om Yulian atau yang bisa dipanggil Jojon inilah yang membuat artwork dari cover PJP. Bakat seni Jojon bahkan sempat 'sedikit dieksploitasi' oleh beberapa anggota KK (pada saat ia baru pertama kali masuk KK) untuk meminta saran disini dan disana untuk memperindah tampilan blog mereka. Selain gambar-gambar yang indah untuk dipandang, kalian juga bisa menemukan beberapa musik cover yang dinyanyikan oleh sang Jojon dalam beberapa postingan di blog-nya.



Pipit Puspitasari

Jagoannya dalam membuat dance cover beberapa girlband Korea. Pipit yang akhir-akhir ini jarang terlihat di grup karena kesibukannya meraih cita-cita menjadi seorang praja di kampus IPDN, Jatinangor. Blog Pipit banyak berkutat tentang cover, baik itu cover dance maupun cover lagu.


Datafaogo Stevanus

Di balik tampang misterius Data yang selalu menggunakan masker tersebut. Tersimpan seorang blogger yang rajin membuat postingan yang terkadang 'menyentil' beberapa orang yang dikiranya (dan kami kira juga,,,, kadang-kadang) sudah berjalan bukan di jalan yang benar. Seperti kasus plagiat dan etika menggunakan internet. Selain membahas hal-hal 'remeh' seperti itu, sang silent reader juga kadang-kadang membahas beberapa karakter kesukaannya dari 'Final Fantasy Series' atau beberapa game RPG lainnya.


Anne Fitrianggita

Mungkin sebagian besar anggota KK yang sekarang tidak bisa menemukan aktivitas tante yang satu ini dalam grup Kancut Keblenger. Hal ini disebabkan karena memang seperti nama blog-nya, tante Anne ini merupakan ibu rumah tangga. Kabar terakhir menyatakan kalau si tante baru saja melahirkan, mungkin karena alasan itu lah tante Anne jarang terlihat online lagi. Anyway, blog-nya sebagian besar tentang tips-tips bagi para remaja (khususnya mahasiswa). Agak mirip seperti Jeng Bloggi sih, namun ini lebih dewasa karena faktor pengalaman.

-------------------------------------------------------------------------------

CREDIT

Tulisan ini dibuat bukan untuk membedakan yang mana anggota baru dengan anggota lama. Tulisan ini dibuat karena ada beberapa dari anggota yang bertanya-tanya tentang asal-muasal komunitas Kancut Keblenger ini. Sekaligus juga sedikit mengingatkan tujuan awal terbentuknya grup yang memang ditujukan untuk bertukar informasi seputar blog, mencari banyak teman dan hiburan diri berupa bacotan yang tentunya tidak membuat siapa pun tersinggung. Dan kalau dalam review-an saya tentang blog-blog yang sudah disebutkan diatas ada beberapa kesalahan mohon dimaafkan. Karena kesempurnaan hanya milik Tuhan dan kekurangan pastilah dimiliki manusia.

Best Regards To All Bloggers

Stay Blogging
Stay Bacot
(Farid Permana Putra Azroel, mahasiswa 20 tahun belum menikah)

*Nama yang digunakan adalah nama akun facebook setiap individu, per 5 Januari 2012
*Gambar header yang digunakan adalah header blog masing-masing, per 5 Januari 2012
*Link URL blog yang digunakan adalah link URL masing-masing blog, per 5 Januari 2012

36 komentar:

  1. inpoh nya Kentang nih. huuhhaaha

    BalasHapus
  2. Wow... lengkap sekali,,, God Job...

    BalasHapus
  3. *terharu... kangen masa muda lohh..

    sumpah ngakak ane om. itu seriusan om ferdi 83? :D

    -_- meski nya ditambahin, mamad itu tukan bikin hoax

    BalasHapus
  4. Salam dan salim untuk para sesepuh.. #emangpadatuayak eh :p

    BalasHapus
  5. hahaha saya sebagai member baru berasa muda...ciakakakaka

    BalasHapus
  6. awalnya nggota KK ada berapa bang? yang pertamaaaaa banget.. hihi

    aku masuk KK wktu anggotanya 451.. mueheehee..

    *hormat kancut*

    BalasHapus
  7. antara bersyukur and ngga bang.

    syukur karena udah sepuh. ngga syukur takut dikira tua #eh #garing

    well, moga KK makin baik adanya deh :3

    *Summon Bahamut Type-0*

    BalasHapus
  8. ahahhaha, termasuk sesepuh nih ya ??
    iya, maaf kurang aktif share postingan blog, soalnya ga PD,isi blog cuma curhatan semua. Tapi tetep, kok, sering blogwalking, cuma emang cuma silent reader.. ehehehe

    BalasHapus
  9. wah,, nice post . ^^
    Hormat kancut /-_-\

    BalasHapus
  10. *Sujud sembah ke para sepuh*

    BalasHapus
  11. whoaaa kaka kaka senior *O*

    BalasHapus
  12. DE-DENG-KOT

    berasa tua ane om :D

    BalasHapus
  13. Ada beberapa yang gak gue kenal bang, ah coba bisa tau postingan pertama kali di KK tuh apaan dan siapa yang posting :|

    BalasHapus
  14. Beuh, berasa tuwir gue bro, wkwkwkw... :))
    *lha emang aslinya udah tua :))

    Btw, maacih udah dibilang cakep :P
    Oh..ya, gue gak kalem kok.
    Cover sama isinya beda, hahahaha... :))

    Ah, jadi kangen sama blognya si tante :(
    Soalnya si tante suka gila2an sih :D
    Gokil pula :D

    BalasHapus
  15. wih mantab dah, mudah-mudahan anggota KK jgn ada yg ngelunjak deh ke beliau-beliau X)

    btw gue masuk gelombang berapa yak? XD

    BalasHapus
  16. ibarat sekolah. ini laskar pelangi. murid2 pertaman :D

    ibarat pejuang, ini veteran. udah pada bau tanah :)))))

    BalasHapus
  17. hmhh,, mungkin ada baiknya ada blog khusus buat data dan sejarah Kancut Klenger gini,,,:) Sungkem ah,,,

    BalasHapus
  18. hate to say but iye gw 83 >.<
    tp tetep kiyut and msh g40L so msh bisa nyambung sama anak2 muda.. jd jgn di zolimi ya... atau entar yang zolimi gw bakal nyesel (serius tanya mamad da ) hahaha ketawa iblis

    BalasHapus
  19. wahahaha ada yg gak gue kenal.. bisa dibilang ini golongan tua yg menjadi pilar kekuatan grup KK #lebay :p

    BalasHapus
  20. HEH!! ELU LUPA MA GUE RID!! *merasa belum dipanggil*

    Entah anggota lama atau baru, sing penting GO BLOG!

    Apakabar si YONO n UCUP ye?
    Iye tuh tante ANE barusan punya anak. lagi unyu-unyu nya

    BalasHapus
  21. gue aje ga inget rid sesepuhnya sape aje ---'

    BalasHapus
  22. Niat banget buat postingan ini =)) Tapi ada beberapa yg aku gak kenal, yah mungkin karena jarang muncul digrup :)

    BalasHapus
  23. wah para sesepuh :D hahahahah

    BalasHapus
  24. Gua jadi mikir...dulu gua masuk KK kapan ya? Rasanya waktu anggotanya masih 20 orang deh...

    BalasHapus
  25. wah,,,ruar biasa :D
    ane lupa msk KK pas anggota brape ye?yg pasti udeh ratusan :D

    BalasHapus
  26. *cium tangan sesepuh satu2*

    BalasHapus
  27. @Benabda : kentang goreng ? #eh

    @Uzay : Masih ada yang kurang beberapa orang itu.

    @Riki : ahahaha, ane lupa nambahin HOAX-nya :p

    @Retno : masih muda kalau saya :3

    @DIKA : umur mungkin lebih tua anda :p LoL

    @Emelia : kalau ga salah 8-12 orang gtu, lupa pastinya.

    @Efnu : *hormat*

    @Mamadz : Mas, ga boleh merokok disini :p

    @Dian : *sungkem* baik-baik ya nak #eh

    @Halida : Masuk lah, gpp, btw, link blog kamu apa ??

    @Haris : hormat kancut juga #apasih

    @Afrinaldi : please, kami bukan Tuhan. Jangan menyebarkan isu.

    @Yono : Panggilan ente udah om dari awal juga, gimana ga berasa tua ?

    @Aliv : lupa ane siapa yang pertama kali mosting di KK.

    @Zippy : Saya juga kangen ama tulisan tante Anne om.

    @Ramy : Semoga bukan gelombang pasang #eh.

    @Yulian : Kalimat pertama sih sesuatu sekali, kalimat kedua itu agak gimana gtu =.=" .

    @Setengah Salmon : Dulu udah pernah ide seperti itu. Tapi batal karena satu dan lain hal.

    @Ferdian : Gua ga pernah zolimi lu kq #prayforMamadz

    @Joga : Bahasa mu nak,,,, #mikir

    @Ega : Maaf sepuh, saya khilaf #sembahsujud

    @Selvia : Sesepuh dari waktu masuk, bukan umur !

    @Irvina : Ini sisa ingatan yang masih nyisa dari chat gokil pertama KK terbentuk. Maap kalau cuma bisa review segini.

    @Basith : Akibat bingung mau mosting apa dan kangen sama member-member lama, hahahaha.

    @Pipit Sunny : Manggil kami ??

    @Kenni : Kaya'nya emang waktu masih belasan atau 20-an om Ken :3

    @Rusyida : Hallo juga.

    @Ca Ya : Seingat kamu udah berapa jumlah member pas masuk KK hayooo :p

    BalasHapus
  28. baru bacaaaa.koq gue ga ditag siiiiiiih ini postingan bersejaraaah loooh..

    ah berasa tua banget deh..tante ane sayang banget ya pdhal menghibur banget tulisannya..

    BalasHapus
  29. Cuma beberapa nama yang gua kenal. Sisanya gua coba blogwalking ah

    BalasHapus
  30. huwaaa.. kok aku tak ada? :3

    BalasHapus
  31. halidahanum.blogspot.com :)

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...