Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

18 Januari 2012

Terkenal Berkat Internet !!


Jaman sekarang siapa yang tidak mengenal internet ? Dengan kemampuannya sebagai penyedia informasi yang dibutuhkan dalam hitungan detik telah menjadi bagian penting dalam roda kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya dan dunia secara umum.

Selain itu, melalui internet juga terdapat media yang disebut jejaring sosial. Melalui jejaring sosial ini seseorang dapat berkenalan dengan banyak orang baru dari belahan dunia manapun, menemukan teman lama dan bahkan menjadi terkenal !

Sudah banyak orang yang terkenal melalui bantuan dunia maya, sebut saja seperti Ayu Ting-Ting, Norman Khamaru, Bena Kribo dan Raditya Dika. Meski sama-sama terkenal berkat bantuan dunia maya, namun pada dasarnya mereka memang punya bakat yang 'menjual' dan kemampuan menjual bakat yang mereka miliki secara optimal.

Kasus Ayu Ting-Ting dan Norman Khamaru bisa dijadikan contoh bagi mereka yang hobi dan berbakat dalam dunia tarik suara. Ayu Ting-Ting dan Norman Khamaru sama-sama meraih kepopuleran dalam skala besar saat video yang mereka unggah di situs YouTube menjadi ramai dibicarakan dan ditonton. Selain YouTube, twitter juga menjadi salah satu media yang bisa digunakan untuk 'mempromosikan' diri kita secara gratis. Mungkin banyak yang sudah tahu betapa hebatnya kemampuan negara Indonesia dalam mendominasi topik-topik yang menjadi 'Trending Topics' di situs tersebut. Ibaratnya, 'Trending Topics' di twitter hanyalah mainan bagi netizen Indonesia.

Terkenal atau eksis dalam dunia maya tidak selalu membuat kita dikenal oleh seluruh dunia. Namun pastinya jika kita bisa mendistribusikan minat dan bakat yang kita miliki dalam dunia maya, kita dapat memperoleh link-link yang bisa membantu kita menjadi terkenal tanpa kita sadari.

Ambil contoh bagi para blogger yang menggunakan situs Blogger sekedar untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam menulis. Mereka yang pada awalnya hanya ingin mencurahkan hasil pemikiran mereka dalam bentuk tulisan, malah menjadi terkenal karena tulisan mereka ternyata diapresiasi dengan baik dan memiliki banyak penggemar. Kasus yang terjadi pada Raditya Dika sang pengarang buku 'Manusia Setengah Salmon' menjadi salah satunya.

Selain itu, karena banyak memiliki orang yang menyukai tulisan mereka interaksi pun dapat terjadi. Dari pengunjung yang rutin datang hingga saling sapa melalui komentar (bahkan tidak tertutup kemungkinan untuk berkenalan melalui situs jejaring sosial lainnya, seperti facebook dan twitter) lambat laun mereka dapat membentuk suatu perkumpulan yang bisa digunakan sebagai ajang sharing ilmu dan berkenalan dengan rekan sesama blogger.

Selain itu bakat mereka bisa disalurkan dalam bentuk yang dapat menghasilkan bagi para blogger ini. Salah satunya dengan mengikuti lomba-lomba menulis secara online yang diadakan oleh kelompok/organisasi/situs tertentu. Salah satunya ialah mengikuti lomba 'Blog Writing Competition: Eksis dengan Internet' yang diadakan oleh AXIS, operator GSM dan 3G dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia (bisa dilihat di http://duniaaxis.co.id/).

Kesimpulannya adalah dengan kehadiran internet yang dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat saat ini, semakin mempermudahkan seseorang untuk menjadi terkenal dan eksis. Hal itu tentu didukung oleh minat dan bakat, serta kesungguhan orang tersebut dalam mempromosikan kemampuannya agar dapat dikenal oleh masyarakat luas dan semakin mengasah minat dan bakatnya tersebut.

17 komentar:

  1. setuju bang, internet udah mengubah pola buat jadi terkenal dari : sekolah akting - casting - main sinetron - terkenal , jadi salurkan hobi - posting di interet - eksis :D

    BalasHapus
  2. internet itu udah kaya kebutuhan sehari2 :))

    BalasHapus
  3. Internet is the king :D semangat euy !!

    BalasHapus
  4. betuul..
    selain nyalurin bakat,modus iseng2 n lucu2an upload video di youtube kayak shinta dan jojo, udin sedunia, juga bisa membuat mereka trkenal walaupun tidak diimbangi dengan kemampuan atau bakat menyanyi yang mumpuni, tapi mereka eksis kayak AXIS :D #eaa

    BalasHapus
  5. Yup, internet emang merubah segalanya :)
    Gak tau apa jadinya hidup tanpa internet.
    Berkat internet, kita bisa dapet hadiah juga gara2 menang lomba :)))

    BalasHapus
  6. bener banget... Orang yang punya bakat lebih baik di share di dunia internet. Ketika orang melihatnya dan dibarengi dia punya potensi, maka mereka bisa "terkenal" dengan cara yang lebih mudah

    BalasHapus
  7. heem mantap
    moga sukses yach

    BalasHapus
  8. Sukses Bang!!!
    btw, kapan nih F4 Bogor bikin video mengguncang dunia??? hahah

    BalasHapus
  9. mantap om internet selain jadi sumur ilmu juga bisa sumur kreatifitas salam kenal om minta comment baliknya juga ya http://wahidsahidu.blogspot.com/2012/01/eksis-dengan-internet-bareng-axis.html

    BalasHapus
  10. internetnya tapi mahal2,,
    kapan ya ada internet murah,,hahahahaa
    mendambakan internet murah,hehe :D

    BalasHapus
  11. sukses yaaa !!!!
    gue juga ikutan looh..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita bisa menang Jeng #pray

      Hapus
  12. wow internet ngga ada internet gigit jari...

    BalasHapus
  13. iya benner, internet mengubah smuanya..
    jadi punya banyak temen baru, punya ilmu baru, dan sampe gabung di komunitas KK :p
    hehehhe

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...