Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

8 Januari 2012

Tips & Trik Blogging

Jaman sekarang sudah banyak dari orang yang mengenal blog, mau itu menggunakan blogspot, wordpress atau layanan lainnya. Dewasa ini banyak orang yang memulai aktivitas blogging karena terpengaruh beberapa seleb blogger yang lebih dulu terkenal, antara lain Bena Kribo dan Raditya Dika.

Tapi dampak dari mereka yang terkesan 'ikut-ikutan' itu biasanya ada dua. Pertama mereka menjadi rajin menulis hal-hal menarik dan unik untuk menarik banyak reader, atau kedua hanya menjadi trend sementara karena merasa bosan blog mereka minim pengunjung bila dibandingkan dengan blog milik seleb blogger yang mereka kagumi.


Sebenarnya yang paling susah dalam menangani blog adalah mengurusnya selama waktu tertentu dan menjaga agar pembaca blog kita tetap rajin datang berkunjung. Karena rata-rata para blogger pemula (baru membuat blog) lebih sering menulis tentang kehidupan pribadinya dan tentu sangat dipengaruhi oleh mood mereka masing-masing. Selain itu karena blog pemula itu rata-rata ber-genre personal, maka kemungkinan mendapatkan pembaca semakin sedikit, kecuali kalau mereka orang yang sudah terkenal dimana-mana dan baru membuat blog. Itu lain lagi ceritanya.

Berikut ini adalah beberapa tips & trik yang harus diingat para blogger agar blog mereka berkembang menjadi lebih menarik.


#1. Eye Catchy not Eye Killer

Background, header, warna widget, warna tulisan dan segala hal yang berhubungan dengan cara memanjakan mata pengunjung. Sebaiknya jangan memilik warna yang terlalu 'wah' sebagai warna dasar untuk blog/background. Selain itu pastikan tulisan postingan kita bisa dibaca dengan enak, jangan sampai nanti ada pembaca yang langsung klik ikon 'close' karena tidak mau matanya rusak melihat tabrakan warna yang tidak sesuai. Sekali lagi diingatkan, warna untuk tulisan dan background tulisannya harus bisa dibaca jelas oleh (calon) pembaca apa pun situasinya, karena tulisan pada postingan merupakan nyawa dari suatu blog. Kecuali kalau blog anda bertipa fotografi, mungkin boleh sedikit mengesampingkan saran saya yang ini.


#2. Jangan Overload Widget


Percaya atau tidak, blog juga memiliki berat. Berat dalam blog ini maksudnya ialah kemampuan internet untuk mengunduh seluruh halaman blog dalam hitungan detik. Disarankan untuk memiliki blog dengan berat 100 kbps (kalau tidak salah), soalnya kalau lebih dari itu biasanya page loading-nya akan lebih lama. Hal-hal yang mempengaruhi berat dari suatu blog adalah widget dan resolusi gambar yang digunakan. Anda tentu tidak mau pengunjung blog kalian menjadi bosan menunggu blog kalian ter-load seluruhnya dan akhirnya memilih untuk tidak membacanya (in other words, he/she will click the close button). Maka dari itu sebaiknya hindari pemakaian widget dan gambar beresolusi tinggi terlalu banyak. Gunakanlah widget yang ada sesuai dengan kebutuhan blog anda, dan untuk gambar sebisa mungkin untuk bagian header dan banner, selain itu selipkan saja beberapa pada bagian postingan blog.


#3. Konsistensi Tulisan

Maksudnya disini adalah konsisten dalam gaya tulisan/bahasa dan bidang/hal yang umum dibahas/diceritakan. Hal ini menjadi penting ketika anda ingin membentuk basis pembaca kalian. Misalkan anda menginginkan pembaca yang mayoritas berasal dari Jepang, maka buat lah tulisan berbahasa Jepang dan bukan berbahasa Indonesia, kemungkinan orang Jepang mengerti bahasa Indonesia memang ada, namun sangat kecil sekali, begitu juga sebaliknya. Selain itu menentukan bentuk tulisan dan konsisten dalam penggunaannya juga dapat menjadi ciri khas blog anda, meski tidak masalah kalau dalam satu atau dua postingan anda mengganti bentuk tulisan kalian, hitung-hitung refreshing.


#4. Rajin Promosi


Saat pertama kali dibuat, pasti blog anda pasti akan mengalami masa yang disebut dengan sepi pengunjung. Maka dari itu anda harus mempromosikan blog kalian ke kalangan luas, itu pun kalau anda memang ingin blog kalian ramai dikunjungi. Jaman sekarang sudah banyak jejaring sosial yang bisa digunakan sebagai media promosi blog secara GRATIS. Sebut saja facebook dan twitter, di facebook biasanya banyak perkumpulan blogger yang pada umumnya sebagai tempat kumpul blogger dan tentu saja promosi. Sedangkan untuk situs twitter bisa mencari-cari akun blog sphere sebagai tempat promosi, seperti @UpdateBlog. Tapi ingat, promo memang penting, namun lebih penting lagi menjaga kualitas tulisan yang anda buat di blog. Kalau tulisan anda benar-benar berbobot atau menarik minat orang, lambat laun pengunjung pun akan berdatangan ke blog anda.


#5. Blogwalking & Komen


Kurang lebih sama dengan tips nomor empat, blogwalking juga dapat dikategorikan sebagai sarana promosi blog. Yang (mungkin) membedakan antara promosi blog dengan blogwalking ialah ; kalau promosi blog memang ditujukan untuk mempromosikan blog anda, sedangkan blogwalking (bisa dibilang) sebagai 'bukti' kalau kita mengunjungi blog orang lain dan (tentunya) dengan harapan akan dikunjungi balik. Biasanya blogwalking dilakukan pada widget chatbox blog seseorang. Nah, yang saya maksud dengan 'nyampah' adalah komentar blogwalking dengan nada 'memaksa', seperti "hai, nice blog, kunjungi balik ya" atau sekedar "nice post gan :D". Memang kalimat tersebut sama sekali bukan merupakan kalimat sarkastik yang dapat (langsung maupun tidak langsung) menghina si empunya blog. Tapi akan lebih baik kalau anda meletakkan komentar yang agak panjang, misalkan kalian mengisi chatbox tentang tampilan blognya atau keseluruhan tulisan, atau mungkin memuji owner dari blog tersebut. Karena sebagian besar orang akan lebih menghargai orang yang menghargai dirinya terlebih dahulu, selain itu kalau anda membahas dengan (sedikit agak) detail tentang beberapa aspek dalam tulisan maupun blognya secara umum, itu juga pertanda anda melihat konten blog itu secara keseluruhan, bukan sekedar numpang promo di chatbox dengan kalimat yang kemungkinan copy-paste.


#6. Follower Tidak Harus Di Follow


Blogger pemula pasti ingin widget followers-nya terisi dengan cepat, which means blog mereka banyak yang follow. Follower itu sebenarnya tidak bisa dipaksakan untuk banyak, karena followers dalam dunia blogging berarti orang yang ingin selalu tahu kalau ada tulisan terbaru pada blog anda sekalipun tidak pernah dipromosikan melalui media apapun. Karena menurut saya, sangat absurd kalau mendengar ada yang mengatakan akan mem-follow blog kalian kalau kalian mem-follow blog mereka. Maksud saya kenapa harus membuang-buang space di bagian pembaruan blog kalau blog yang di-follow itu sama sekali (atau jarang) dikunjungi ? Bisa dianalogikan dengan proses mengantarkan teman ke rumahnya, saat mengantarkan teman ke rumahnya, maka dia tidak ada kepentingan untuk mengantarkan anda kembali ke rumah anda, bukan ?


#7. Niat, Usaha dan Doa


Kedengarannya klise, namun dalam jangka waktu lama kalian akan merasakan yang dunia blogging tidak segampang itu. Paling parah terjadi pada blogger-blogger ababil yang berpikiran pendek kalau dengan blogging mereka dapat dengan instan menjadi seorang seleb blogger seperti Bena Kribo atau Raditya Dika. Hal ini biasa terjadi karena rasa bosan melihat blog-nya yang sepi pengunjung dan menjadi malas mengurus blog. Let's be real fellas, di dunia ini tidak ada yang namanya menjadi terkenal secara instan, bahkan acara televisi yang konon (katanya) mencetak artis instan saja harus melewati proses seleksi terlebih dahulu. Jangan pernah membandingkan blog milik seleb blogger yang sudah mapan dengan blog yang baru saja dibuat, karena blog yang baru saja dibuat akan kalah telak. Sebisa mungkin lihatlah postingan-postingan pertama milik seleb blogger atau blogger lain yang menjadi idola kalian, karena pasti berbeda sekali kualitas postingan pertama mereka dengan postingan terbaru, yang mana memang lebih bagus. Teruslah mengembangkan blog milik anda dan selalu optimis.


#8. Be Original !


Ini hal terpenting dalam membuat blog ; Originalitas. Setiap manusia dilahirkan dengan keunikannya masing-masing, hal ini juga termasuk dalam kemampuan mereka menghasilkan tulisan dan tampilan blog. Blog yang isinya kebanyakan copas (copy-paste) memang memiliki kemungkinan lebih besar untuk dikunjungi dibanding blog yang dibuat sendiri, apalagi kalau blog tersebut memang blog pemula. Namun blog copas juga memiliki kemungkinan lebih besar untuk tidak dikunjungi karena pengunjung kemungkinan juga sudah membaca tulisan aslinya. Paling parah kalian bisa dimarahi atau bahkan di spam oleh sang pemilik tulisan. Selain itu juga mematikan kemampuan anda dalam membuat tulisan yang berkualitas, kemungkinan kalian juga kurang paham dengan maksud tulisan yang kalian copas jika ada yang bertanya melalui chatbox atau komentar. Selain itu ada perasaan bangga tersendiri kalau tulisan asli kalian diapresiasi oleh orang lain, itu jauh lebih membanggakan ketimbang dikunjungi banyak orang namun hasil copas.



 --------------------------------------------------------------------------------

Sekian tips & trik dari saya. Semoga berguna, khususnya bagi mereka yang baru di dunia blogging.


Keep Blogging
Save the Earth
(Farid Permana Putra Azroel, mahasiswa yang besok akan ujian)

Sumber gambar :

20 komentar:

  1. semoga blogger-blogger ababil baca ya jeng. gue sering liat blog2 yg EYE KILLER,dan faktanya gue lgsung klik tombol close.dan gue jg paling ga suka ada blogger yg curhat kehidupan pribadinya. beeeuuuuh situ siapeeeee emangnyeeeeee !!!!!

    nice post jeng rid..

    BalasHapus
  2. uih,,,, mantap nih tipsnya!!!!!

    BalasHapus
  3. keren tipsnya om

    meme nya gue banget
    jarang buka fb, sekalinay buka fb buat promo blog
    wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  4. haha,, ini yg gue suka. kalimat diatas ^^ "tulis komentar karena komentar=PAHALA"
    ternyata 2012, ngomen udah nambah pahala ya? :D
    btw, dimana dapat master jpg utk buat meme sob??? #need

    BalasHapus
  5. tips and trik yg sangat berguna bang. gue setuju bgt yg masalah nyampah itu, biasanya yg cuma komen cbox itu minta visit back doang tanpa memperhatikan komennya nyambung ato enggak, semacam promosi terselubung gituu

    BalasHapus
  6. HAHAHAHA! bagus rid! gue setuju semua dah! apalagi yang terakhir, najong deh malesin gue. plus blogger X WANNA BE tuh jangan lupa! males banget kalo ada blogger yg gaya bahasanya dika dan bena banget!

    BalasHapus
  7. Bagus nih.. tapi kadang, udah dikomen, gak mau komen balik #curcol hahaha masalah bahasa Bena/Dika banget mereka masih mencari jati diri.. ntar juga nemuin sendiri

    BalasHapus
  8. bagus baaang tipsnyaa :D
    setuju semuaa :9

    paling setuju yg pertama, kalo udah ketemu yg eye killer. aduh langsung tutup deh -_-

    eh blogku berat gak itu :o

    BalasHapus
  9. hahahha...
    baca ini bener banget!
    Dan celakanya skarang ini banyak banget blogger dadakan.
    Berawal nyoret iseng, pas dipuji dikit eh udah besar kepala, abis itu langsung posting lagi blog baru, tp gawatnya ga mikir itu isi nya berkualitas atau engga?
    banyakan curcol doank! :p

    BalasHapus
  10. menarik sekali tipsnya apalagi cara penyampaiannya.. saya paling senang dengan pembahasan follower.. ngeri juga kalau ada pembaca blog yang ninggalin ancaman secara halus berupa kalimat "i follow u follow back yach!!!" hahahahha jadi dilema karena mau nggak mau harus mau follow.. semoga ke depannya berkat tips dari si mas brow dunia perbloggingan bisa tambah rame dan persahabatan antar blogger bukan sekedar "follow me i follow u back"

    BalasHapus
  11. penjelasannya lengkap bgt ya, saya sdh ikuti slah satunya yaitu blogwalking hehehe...
    jgn lpa mmpir ke eMingko Blog

    BalasHapus
  12. begitu ya? beberapa sudah diterapkan, tp kyknya blm ampuh tuh! :(

    BalasHapus
  13. @Jeng Bloggi : Semoga saja, bener banget jeng, kalau ada yang EYE KILLER ikon close itu terlihat semakin sexy #eh

    @Salmon : Terima kasih.

    @Nasihin : hahaha,, ane juga setuju sama meme yang itu :p

    @Kurt : Sebenarnya sejak 2010 sudah saya tulis seperti itu. Buat generate meme bisa ke http://memegenerator.net

    @hanif : haha, promosi terselubung kadang-kadang gua abaikan :p

    @Irvina : haha, kalau terinspirasi sih gpp menurut gua, asal bukan berubah menjadi orang lain. Your just yourself, not anyone else #eaaa

    @Retno : Intinya bersabarlah :p

    @Rusyida : Kurang paham soal berat blog, kalau nggak salah ada situs buat ngitung berapa berat blog kita. Tapi ane lupa =.=

    @Midrel : Sering terjadi pada pemula. Kalau ada yang mendadak traffic-nya tinggi biasanya postingan berikutnya kualitas turun. Maklum, masih belum bisa maintenance kemampuan <-- sendirinya juga belum.

    @aan : Hahaha, kalau kita di unfollow kalau kita nggak follow dia kan ga ada ruginya di kita. Kalau dia emang cuma nyari followers tapi jarang mampir ke blog kita lagi :p

    @eMingko : Terima kasih

    @Popi : Sabar yah, suatu saat pasti blog mu terkenal. OPTIMIS !!

    BalasHapus
  14. gue sering tuh nemu blog yang kaya no.2, udh ma internet di rumah lagi lemot di tambah blognya yang berat. tanpa pikir panjang langsung pencet [X]

    BalasHapus
  15. ngerasa (-̩̩̩-̩̩̩_-̩̩̩-̩̩̩)

    BalasHapus
  16. Setuju bang... Blog yg ringan, isinya original dan unik pasti banyak pengunjungnya...

    BalasHapus
  17. bener banget kak postingannya, suka banget sama gaya penulisannya ringan, gak dibuat2 ;)

    BalasHapus
  18. Wah, master bgt dah kk guru, tulisan yg aktraktif, gak percuma satu alumni sama gue, alumni Papandayan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma belajar dari pengalaman kk :D

      Hapus
  19. Patut dicoba tuh hehe

    Kunjungi blog saya ya, ada aplikasi android :)
    www.techblogvad.blogspot.com

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...