Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

14 April 2012

Angel Beats! [ Anime Review ]

Ketika para remaja meninggal dunia, mereka akan dibawa ke sebuah dunia yang bertempat di sebuah bangunan SMA. Di 'SMA' ini lah para jiwa-jiwa yang menyesal karena meninggal di usia muda mencoba melupakan kekesalan mereka dan memulai kehidupan baru sebagai manusia abadi.

Namun mereka yang 'hidup biasa-biasa' saja di dunia kematian ini akan menghilang dan terlahir kembali ke dunia, permasalahannya ialah mereka tidak akan tahu akan menjadi apa dirinya ketika lahir kembali (dan tidak ada kepastian mereka akan kembali sebagai manusia).

Untuk itu terbentuklah tim yang disebut Shindai Sekai Sensen (Afterlife Battlefront) yang bertujuan untuk bertempur melawan Angel yang ingin semua orang di SMA tersebut menjalani kehidupan yang biasa.



Sinopsis

Yuzuru Otonashi yang hidup kembali di alam baka setelah meninggal mengalami amnesia, hal ini membuatnya lupa seluruh kenangan tentang dirinya, kecuali namanya. Di sekolah alam baka ini ia bertemu dengan Yuri Nakamura yang mengatakan bahwa ia sudah mati dan tidak bisa mati lagi. Otonashi yang tidak percaya kemudian lari dan bertanya kepada seorang gadis berambut perak. Saat Otonashi bertanya apakah ia benar tidak akan bisa mati lagi sang gadis malah menusuknya di bagian jantung.

Otonashi yang sadar berada di ruang kesehatan sekolah, disana ia merasakan keanehan kenapa dirinya tidak mati padahal jantungnya sudah ditusuk. Otonashi pun kembali bertemu dengan Yuri dan akhirnya bisa menerima bahwa ia sebenarnya telah meninggal dan sekarang berada di alam kematian.

Di alam ini Yuri dan teman-temannya yang membentuk SSS (Shindai Sekai Sensen) berjuang melawan Angel yang berniat membuat mereka menghilang dan bereinkarnasi (tanpa ada kepastian kembali menjadi manusia). Mendengar hal tersebut, Otonashi pun setuju bergabung melawan SSS.

SSS bertujuan mencegah orang bereinkarnasi, dan syarat bereinkarnasi kembali ialah menjalani kehidupan seperti pelajar biasa yang patuh akan peraturan. Dan siswa yang tidak mematuhi peraturan akan dibunuh langsung oleh sosok Angel (malaikat/Tenshi), meskipun di dunia ini orang tidak dapat mati, tapi rasa sakit yang diperoleh saat dibunuh akan tetap mereka rasakan.

Dan dimulailah perjuangan Otonashi dan SSS berperang melawan Angel dan Tuhan (Kami) yang sudah merancang sistem seperti ini.

Shindai Sekai Sensen (SSS)

Karakter

Otonashi Yuzuru

Sadar di dunia kematian dalam keadaan amnesia dan hanya mengingat namanya, membuat Otonashi tidak tahu apa-apa tentang masa lalunya dan siapa saja yang bisa ia percaya. Awal kedatangannya di alam kematian harus dimulai dengan rasa sakit akibat tusukan Sonic Hand dari Angel pada bagian jantungnya. Di dunia kematian ini Otonashi berusaha mengembalikan ingatannya dan membantu rekan-rekan SSS lainnya.



Yuri Nakamura

Pemimpin dari SSS. Yuri merupakan manusia pertama yang ditemui Otonashi ketika tersadar di alam kematian ini. Sebab kematiannya tidak jelas, namun ia terpilih menjadi pemimpin SSS karena rasa ingin melindungi teman-temannya yang besar. Hal yang wajar mengingat sebelum ia meninggal ia harus melihat dengan mata kepalanya sendiri ketiga adiknya dibunuh oleh perampok yang merampok rumahnya.



Angel (Kanade Tachibana)

Angel (Kanade Tachibana) merupakan sosok yang menjaga keteraturan dunia kematian ini agar semua orang bisa bereinkarnasi kembali. Sosok inilah yang diperangi oleh anggota SSS. Kemampuan bertempurnya sangat ditinggi dan ditunjang beberapa kemampuan seperti ; Sonic Hand (mengeluarkan dua bilah pedang dari tangannya), Distortion (membuat perisai pelindung yang menjadikannya kebal dari tembakan peluru), Harmonic (menciptakan clone dari dirinya) dan Howling (teriakan keras yang membuat pendengaran lawannya rusak).


Review

Diluar dugaan, anime ini menampilkan beberapa macam adegan yang menurut saya pribadi cukup absurd. Mulai dari beberapa episode awal yang menampilkan bahwa perang SSS dan Angel itu sangat keras, terbukti dari berbagai perangkat yang dipersiapkan SSS untuk menuju gudang senjata mereka dan senjata yang digunakan oleh SSS hampir seperti senjata yang biasa digunakan militer (Beretta 92, M4 Carbine hingga Machine Gun). Namun di episode berikutnya dapat membuat penontonnya tertawa terpingkal-pingkal, bahkan ketika melihat anggota SSS dibunuh satu per satu oleh Angel.

Namun sisi edukatif anime ini juga ada. Seperti seperti para remaja harus lebih menikmati masa mudanya dan bagaimana rasanya melindungi teman sendiri dalam keadaan terjepit sekalipun. Sifat dari Otonashi (ketika sudah mendapatkan ingatannya kembali) juga dapat dijadikan role model bagi remaja-remaja yang menonton anime ini.


20 komentar:

  1. ceritanya bener-bener ga masuk akal :o
    ada sekolah tinggi di alam kematian, pasti seru XD

    tiap baca review anime disini ane selalu pengen nonton tapi ga pernah kesampean, modem udah abis quota jadi lemot =_=
    mau copy ke temen jclub juga hardisk penuh :hammer:

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar Shiin ^^v.
      Suatu saat akan ada empty space buat anime-anime tersebut <--- space laptop habis dimakan anime.

      Hapus
    2. bang! dimana ngdonlot??? kayak nya sru tuh.

      Hapus
    3. Gua dapatnya dari teman, jadi kurang tahu soal link download :p

      Hapus
    4. Gan... Ini film tersedih yang pernah aneh tonton... Ampe kluar air mata... Aduhai sedih banget hwhwhw

      Hapus
  2. ini yang kata lu liat adegan pembunuhan tapi malah ngakak itu ya bang? XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoyoi. ^^v
      Gua beneran ngakak pas adegan SSS dibunuhin satu-satu.

      (mending lihat sendiri, jangan spoiler) :p

      Hapus
  3. seerunya anime disitu. yg tdk masuk akal, mndadak masuk akal setelah diramu dgn tangan2 hebat penulisnya.

    apa perasaan sya sja yah? hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju.

      Tapi saya lebih senang menyebutnya sebagai "logika dalam suatu anime". ^^v

      Hapus
  4. aku suka yuri . . .
    ide pokok ceritanya keren ya? ada sekolah untuk para pelajar di alam kematian. boleh banget . . .

    BalasHapus
  5. endingny menyedihkan, satu2ny anime yg hampir membuat nangis T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane juga hampir nangis pas endingnya, cuma yang masih ada anime lain yang benar-benar bisa menitikkan air mata (sedih) waktu ending.

      Hapus
    2. Silahkan nonton sendiri, saya kurang suka memberikan spoiler cerita :)

      Hapus
  6. masalahny endingny jauh beda dari kesan awal. ndak nyangka endingny bisa sperti itu o_O

    unpredictable lah.

    stein gate la nonton bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang endingnya unpredictable, belum nonton ane anime itu.

      Kalau ada waktu nanti akan ditonton dan di-review. ^^v

      Hapus
  7. animenya bagus banget, walau dah lama tapi rasanya kaya anime yang baru rilis, bisa dibilang wah banget :D
    Tapi karena minimnya clue jadi kurang paham sampe ending, berhubung saya pernah nonton fate/stay night ubw, saya rasa judul animenya itu yang jadi pemicu jalan cerita, catalyst atau apalah nyebutnya buat manggil spirit/roh

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...