Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

22 Mei 2012

Freemason dan Illuminati, Pemuja dan Seni

Illuminati atau freemason merupakan komunitas paling menggegerkan dunia saat ini. Meski keberadaan lokasinya masih menjadi tanda tanya, namun banyak orang yang mengamini kalau komunitas yang terdiri dari orang-orang penting dunia ini masih ada dan memiliki posisi tinggi. Selain itu simbol-simbol yang menunjukkan kalau seseorang tersebut merupakan anggota dari mason itu kini ramai diperbincangkan di masyarakat.

Tapi apakah semua orang yang menggunakan simbol-simbol freemason tersebut merupakan anggota dari komunitas yang disebut-sebut akan membawa bencana bagi dunia ?

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita sedikit memahami tentang apa itu freemason dan illuminati.

Freemason adalah perkumpulan/organisasi yang tidak terkait dengan agama dan teologi apapun. Komunitas freemason sendiri sangat rahasia, maka sangat sulit menentukan siapa-siapa saja yang tergabung dalam organisasi tersebut. Freemason didirikan untuk menciptakan komunitas yang memiliki kekeluargaan dan kebebasan dalam berpikir dengan standar moral yang tinggi. Meski begitu organisasi ini dicap buruk akibat tuduhan konspirasi denganYahudi dan Zionis, meskipun belum ada bukti kuatnya.

Sedangkan illuminati merupakan sebutan bagi kelompok (nyata maupun fiktif) yang secara historis merujuk pada Illuminati Bavaria , sebuah kelompok rahasia pada masa pencerahan yang didirikan pada 1 Mei 1776. Sejak buku fiksi ilmiah bertajuk The Illuminatus ! Trilogy karangan Robert Shea dan Robert Anton Wilson diterbitkan, nama illuminati sering diasosiasikan sebagai organisasi yang menjadi dalang dibalik pemerintah dan kejadian penting dunia demi terciptanya tatanan dunia baru.

The Illuminatus Trilogy
Seperti yang ditulis diatas bahwa simbol komunitas freemason tersebut telah menjadi simbol yang populer di seluruh dunia, bahkan tidak jarang orang yang tidak ada afiliasi dengan freemason yang menggunakan simbol tersebut. Alasannya sederhana, kebanyakan orang yang menggunakan simbol-simbol mason atau mirip mason tersebut ialah karena simbol tersebut "keren" dan merupakan salah satu komunitas yang paling sering diperbincangkan pada masa sekarang (dalam kata lain, simbol populer).


Selain itu banyak orang yang secara tidak sengaja (atau tidak sadar) menggunakan simbol mirip mason dalam beberapa karya seni buatannya. Entah tidak sengaja atau memang merupakan anggota mason, simbol-simbol mason seperti The All Seeing Eye, Eye of Horus, Pentagram dan sebagainya digunakan sebagai bagian dari karya.

Yu-Gi-Oh, salah satu anime Jepang yang kental simbol mason.

Sebenarnya kenapa simbol-simbol mason itu harus dipermasalahkan ? Beberapa pelaku mengatakan kalau itu merupakan bagian dari seni tanpa ada embel-embel mason di dalamnya. Bisa jadi benar, bisa jadi salah, karena yang mengetahui kebenaran sesungguhnya sebelum fakta dibeberkan memang hanya milik sang pelaku dengan Tuhan. Dan kalau pun pelaku tersebut benar-benar anggota freemason, apa yang akan dilakukan publik terhadapnya ?

Menangkap dan mengadili seseorang yang diduga pengikut mason hanya berdasarkan fakta bahwa ia gemar menggunakan simbol mason bukanlah sebuah bukti yang kuat. Seperti yang sudah dituliskan diatas bahwa pengguna simbol tersebut bisa jadi merupakan pengikut mason sungguhan atau hanya pelaku seni yang secara kebetulan menggunakan simbol-simbol tersebut dalam karyanya.

Lady Gaga dan Justin Bieber, dua pesohor musik yang kerap dikaitkan dengan illuminati

Menuduh seseorang tanpa bukti yang kuat dan hanya berdasarkan fakta bahwa ada sebagian dari karyanya yang memiliki unsur illuminati bukanlah tindakan yang baik. Siapa tahu orang tersebut memang hanya ingin mengekspresikan karyanya tanpa ada maksud ke arah tersebut. Dan kalau pun ada, karena bersifat tersembunyi maka yang memahami 'makna sebenarnya' hanya orang-orang yang telah tergabung dalam organisasi tersebut.

Bukan maksud mau menggurui atau apa, namun coba pikirkan kalau anda seenaknya mengatakan seseorang itu tergabung dalam illuminati (dalam konotasi negatif) tanpa ada dasar fakta yang jelas. Bisa-bisa anda dijauhi dan kalau pun memang benar orang tersebut merupakan anggota illuminati kalian bisa apa ? Toh sendirinya tidak ada bukti yang kuat dan (kemungkinan) kemampuan untuk melawan.

Bukan maksud untuk 'menyerah' pada organisasi tersebut, tetapi lebih kepada tidak terlalu sering suudzon (berpikiran buruk) terhadap seseorang hanya karena 'kekhilafannya' dalam mengekspresikan dirinya dan seni. Daripada dicap sebagai orang yang sok tahu dan suka menuduh tanpa alasan, akan lebih baik jika terlebih dahulu mengumpulkan fakta terkait orang tersebut dan memiliki kemampuan yang memadai untuk melawan.

Singkat kata, jangan suka menuduh orang lain sebagai anggota illuminat atau freemason tanpa bukti, fakta dan kemampuan untuk melawan. Salah-salah malah diri sendiri yang celaka akibatnya.



Sumber Gambar :

42 komentar:

  1. menurut gue orang yg kalo ngeliat sesuatu yg mirip masonic itu mirip anak kecil yg baru mulai suka pokemon, dan pas ngeliat kelinci dia bilang itu pikachu, ngeliat kura-kura dibilang squirtle.

    lagipula kan sekarang zaman post-modern, penggunaan simbol-simbol yg kaya gitu udah sah-sah aja, malah sengaja biar tambah keren.

    yg gue kesel dr orang-orang, mereka cenderung langsung suudzon dan mencap bahwa sesuatu yg mereka liat itu "Satanic". padahal mereka sendiri ga bisa ngebuktiin apakah illuminati itu beneran ada atau ngga secara empiris dan rasional.

    btw coba cek Avengers: Illuminati :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. SETUJU +1000 SAMA KOMENNYA DATA !! ^^v

      Hapus
  2. ada lagi nih yang gue masih bingung... kalo Dewa 19 apakah pengikut mason sungguhan atau hanya pelaku seni yang secara kebetulan menggunakan simbol-simbol tersebut dalam karya karya dia? ga hanya dewa 19 sih, masih ada yg lain kyk the virgin, TRIAD, dan band2 yg asuhan ahm*d d**ni?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak sulit menjawab pertanyaannya, karena seperti yang ditulis diatas, minim info tentang hal tersebut.

      Tapi seingat saya dulu bang Dhani pernah bilang kalau kakeknya itu Yahudi. Udah. Tanpa pernah nyinggung-nyinggung masalah illuminati.

      CMIIW

      Hapus
    2. dan betewe saya lumayan sering berpose agak agak kearah mata satu buat fashion/fotografi -_____-

      Hapus
    3. Kalau dari saya pribadi lebih kepada tujuan pribadi sendiri melakukan pose/gambar/semacamnya. Apakah buat seni beneran atau buat 'penyebaran'.

      Hapus
  3. Ada beberapa orang yang mengetahui bahwa simbol-simbol itu murni sebuah seni, bahkan nggak tahu soal organisasi freemason.
    Yah, salah juga sih karena kurang pengetahuan, tapi kasian mereka yang jadi "korban mode" karena simbol-simbol gitu lg ngetrend dan mereka disangka pengikut organisasi ini-..-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang agak kasihan dengan para seniman atau orang yang menjadi "korban mode" tanpa tahu makna dari simbol tersebut. Biasanya pandangan dari masyarakat luas yang jadi 'hukumannya'.

      Hapus
  4. naaaaah itu maksud gue rid. mereka ramai-ramai bicara soal manson tapi belum ada bukti apa2 kalo itu benar adanya. coba deh filmnya angel and demond,disitu sih dijelasin kalo musuh sebenernya (iluminati) itu engga ada,cuma si flamenggo (kalo ga salah0 yg mengada-ada kalo iluminati itu masih ada. sedikit komen, mungkin selama ini dunia cuma digemparkan dengan berita2 yg masih fiktif ya sama aja dengan gosip syahrini deh. CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berita tanpa ada fakta solid = gosip, or at least gua berpikiran seperti itu Jeng ^^v

      Hapus
  5. Gua sih ga percaya sama yg kayak gituan dan simbol2 yg biasa kita temukan dalam anime dll kalo dikait2kan dengan illuminati adalah bullshit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap orang punya opini masing-masing Om. Tergantung pribadi masing-masing sih bagaimana menyikapinya ^^v

      Hapus
  6. Gan, cobalah menalaah freemason lebih dalam :)
    apakah agan tau bahwa 'titipan yahudi/freemason/antikrist' itu juga memasuki dunia hiburan?
    apakah agan tau lambang-lambang yang menyimbolkan organisasi mereka mengandung hipnotis? yang suatu saat dapat mereka aktifkan memori gambar yang sudah sering kita lihat? apakah agan sudah mendalaminya? sehingga agan bisa menuduh seseorang yg menuduh para artis kontroversi itu sebgai yahudi terlalu naif?
    sekedar mengingatkan, :) nice post!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya memang agak kurang menelaah freemason ini secara lebih dalam, karena saya juga takut 'terpengaruh' kedalamnya.

      Sedikit ralat, saya tidak menuduh siapapun (bahkan artis manapun) di postingan inii. Mungkin bila yang dimaksud adalah gambar Lady Gaga dan Justin Bieber diatas, perhatikan. Saya menulisnya "kerap dikaitkan" bukan statemen menuduh seperti "artis penganut" atau "sang penyebar illuminati".

      Btw, terima kasih sudah diingatkan ^^v

      Hapus
    2. nah gw stuju sama pendapat mahdiyyah ini.
      saat ini mereka lebih banyak nyerang pake perang pemikiran (ghozul fikr kalo gak salah namanya) ya karena selalu kalah saat perang sungguhan.
      Dunia hiburan hampir keseluruhan di kuasai oleh mereka, jadi sekarang pinter2 aja pilih channel atau tontonan yang mau di tonton.
      Bukannya mau ngejudge orang2 atau kelompok yang menganut simbol2 kya gitu, cuman kan waspada boleh dong, karena bener jata mahdiyyah tadi, simbol2 yang di keluarin itu mengandung hipnotis. Dari video2 yang pernah gw liat sih simbol2 itu berasal dari susunan beberapa kalimat yang di bentuk sedemikian rupa jadi beranekaragam simbol. Coba deh donlot di youtube.

      intinya berpegang teguh aja sih sama kepercayaan masing2, ya kalo islam rajin2 shalat, yang lain juga rajin2 ibadah.

      kalo tentang keeradaannnya sih kalo menurut gw beneran ada, di davinci code juga pernah di jelasin di dalamnya.
      Tetep melek aja sih sama yg ginian, jangan di anggap tabu
      #dibajak

      Hapus
  7. di spongebob juga ada simbol mata gitu, terus yang nampak banget itu di R*TI ada kartun judulnya Me&Mia kalo gasalah, disitu bener-bener menampakkan simbol mata, banyak banget malah. trus ada meja juri IndoId*l itu kaya lambang mata. tau deh~

    semua nya balik ke kita lagi sih, gimana menanggapinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga usah sering-sering di liat kalau tau sudah ada lambang yang menyerupai itu. itu menghipnotis loh. percaya deh.

      Hapus
    2. menghipnotis? waaaww :0

      Hapus
  8. nah, semua komen yg diatas gue setuju.
    tapi ya gimana lagi, semuanya berlomba-lomba membahas dan berlomba-lomba ngait-ngaitin dan konsep berpikirkita jadi dipaksa kalo ngeliat segitiga, matasatu dan segala macamnya itu mason. ya ini gara-gara semua lini ramai-ramai bahas tentang ini. jadi kaya passion gitu. misalnya kita udah di konsep kalo lapar ya makan nasi, gitu juga kalo kita liat segitiga, mata satu itu iluminati. konyol.
    gue juga sering dipaksa berpandangan seperti itu, tapi ya gue selalu plesetin jadi becanda, tapi ada aja yg nyamber dan nganggap serius. lebih konyol lagi :D

    BalasHapus
  9. Iya, kok gue ngerasa sekarang semua-semuanya serba dikait-kaitin sama freemason+illuminati ya.. Ada simbol ini-lah, simbol itu-lah, suka disambung-sambungin ke simbol Freemason+Illuminati. Padahal belum tentu bener juga, dan teorinya kadang suka dipaksa-paksain :)

    Tapi setuju juga, semua kembali lagi ke diri kita pribadi gimana nanggepinnya :D

    BalasHapus
  10. saya sebagai salah satu mahluk yang sangat mencintai diri sendiri (baca: narsis) kadang seneng aja foto sambil nutup mata sebelah. enggak ada maksud apa2 sih. cuman seneng aja. dankadang hasilnya lebih bagus.

    dan kadang kalo lagi gambar segitiga, suka tanpa sengaja nembahin kek semacam mata di tengahnya. jauh dari sebelum saya tau apa itu illuminati dan jauh sebelum saya pernah mendengar kata itu.

    cuman, suka geli aja gitu kalo lagi di sekolah ada sesuatu yang bentuknya mata atau segitiga langsung di bilang freemason yang padahal mereka sendiri gak tau apa makna dari freemason itu sendiri. ckckck..

    BalasHapus
  11. berbaik sangka lah. Karna apa yg kita pikirkan akan menjadi nyata. berpikir bahwa simbol tsb akan menghipnotosmu (seperti komentar di atas) maka terjadi seperti itu.
    udah tersuggesti duluan.

    BalasHapus
  12. Kalo Lady Gaga bukannya emang yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada bukti yang pasti dan kuat, jadi gbs bilang kalau Gaga itu anggota freemason.
      Bisa saja karena kebetulan, bisa juga karena dia suka dengan style yang seperti, bisa juga karena dia memang anggota. Siapa yang tahu ?

      Hapus
  13. Jangan menyimpulkan sesuatu berdasarkan keawaman kita. Jika toh tidak tau, ya jangan diikuti atau sok-sokan ngejudge.
    Hanya itu sih.

    BalasHapus
  14. gak semua segala sesuatunya dikaitkan dengan iluminati dkk. misal, ada orang poto2 pake nutupin matanya sebelah, ya blm tentu dia iluminati. kali aja dia poto2 ky gt krn gatau apa makna dibalik simbol itu. (kayak gue dulu haha). tp sebaiknya jgn diikutin lah kl emang udah tau.

    tapi saya mah percaya kalo organisasi itu emang ada, propagandanya banyak terjadi di sekitar kita tanpa disadari dan dipercaya. well, tentang hal ini sih tergantung keyakinan masing2 orang, mau percaya tau nggak ya terserah. yang penting ga sampe rusuh.

    anyway, segala propagandanya si organisasi rahasia ini sebenernya demi kepentingan zionist (kata dosen komunikasi global saya loh).

    ya positip thinking ajelah semoga kalo ada simbol yg mirip tuh organisasi ga punya makna apapun (tapi kalo kata dosen semiotik saya mah, semua simbol ga mungkin ada kalo ga ada makna)

    BalasHapus
  15. Berhubung ane percaya Tuhan dan yakin sama agama ane, ane gak takut om. Insya Allah, ada Allah yang ngejaga ane. Dan ane pernah jadi korban salah kira #ifyouknowwhatimean

    BalasHapus
  16. Yang penting tergantung niat si pemakainya aja sih... apakah emang pas begitu dia bermaksud menebarkan confetti tentang illuminati, atau emang sekedar gaya2an aje...

    yah tapi kadang "memaksa" orang untuk ber-suudzon ria juga ngga bagus sih... Jadi memang sebaiknya ngga nyari terlalu banyak masalah dengan cara sengaja menggunakan lambang2 freemason tersebut di dalam karya...

    Suudzon emang ngga boleh, tapi membuat orang jadi ber-suudzon juga ngga boleh... :D

    Berkarya boleh, tapi jangan terlalu egois juga, coz yg menikmati karya kita kan orang lain juga... :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat gan,dijaman sekarang ini pemikiran pemikiran dan sikap dewasa kaya diskusi kali ini yang dibutuhkan,sehingga ketentraman tetap dapat terwujud meski saling berbeda pemahaman

      Hapus
  17. pernah liat video tentang artikel begini sob,,

    BalasHapus
  18. Bagaimanapun kita tidak bisa men-judge itu salah atau benar. Jika kita membaca yang "Kontra", kita harus juga membaca yang "Pro" juga, supaya pemahaman kita gak setengah-setengah.

    Masalah mengkritik orang lain itu hal yang mudah, tapi bagaimana dengan mengkritik diri sendiri?

    "interpretation is always personal; though what is initially personal can be social then political. Get the right perspectives and stick to them." -unknown-

    BalasHapus
  19. Bang Farid tulisannya dan blognya keren, kalo ga keberatan bisa saling share tulisan, saya juga punya blogspot tapi ga faham modeul bang, kalo ga keberatan bisa follbek blog saya di acinmuhdor.blogspot.com dan mau nanya-nanya tentang blogspot.. thanks bang :)

    BalasHapus
  20. Saya pernah baca tentang illuminati . . . .
    klo gk salah katanya jg klo Galileo galilei itu jg salah satu anggota illuminati...apa benar yaa??dan beberapa tentang pentagram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih 'katanya' kan ? Berarti belum ada info serta bukti kuat bahwa Galileo merupakan anggota illuminati.

      Hapus
  21. klo pentagram itu emang lambang setan, dapet dari game klo gak film, sama petir jg termasuk, trs illuminati itu dah ada sejak ratusan tahun lalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar, illuminati itu sudah di bentuk dan di persiapkan sejak zaman suku maya. karena yg mengendalikan mereka bukan manusia yang bisa hidup ratusan tahun, tapi setan yg membimbing mereka.

      Hapus
  22. jgn lp kunjungi helmipunya1.blogspot.com. Trs ajarin hias blog dong kak kirim aja ke e-mail, helmi.santosa@yahoo.com

    BalasHapus
  23. ketika kita memancing ikan, lalu medapatkannya, kita harus mengolah nya telebih dahulu untuk di jadi kan suatu makanan. begitu jg dgn hidup, ketika kita mendapatkan suatu informasi yg baru, ada baiknya kita ter;ebih dahulu menyaring dri info yg kita terima, dgn catatan bahwa kita meiliki banyak referensi untuk di jadikan bahan penbahsan yang terkait, sehingga tidak ada kesalah pahaman tnttg info terbaru yg kita terima. sehingga kita tidak hanya menjadi org yg bodoh dengan konspirasi2 yg mreka buat demi tujuan tertentu mreka

    BalasHapus
  24. Initinya, mereka illuminati yang belum tentu ada itu menyebar atau memfamiliarkan simbol2, supaya generasi berikutnya familiar dgn hal tersebut. Karena illuminati itu semakin kita tatap atau semakin banyak tahu tentang mereka maka semakin sedikit yang kita pelajari, berpegang teguh aja sama agama2 masing. Kacangin aja illuminati.

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...