Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

20 Mei 2012

Hellsing [ Manga Review ]

Pasak terakhir telah ditancapkan, hati sang Count Dracula telah ditusuk. Perjalanan Abraham Van Hellsing dan koleganya untuk membunuh makhluk underworld tersebut mencapai akhir. Kemudian, beratus-ratus tahun setelah kejadian tersebut, Hellsing Institute didirikan sebagai organisasi khusus dibawah perintah Ratu Elizabeth untuk menghabisi makhluk-makhluk underworld lainnya.

Hellsing Institute atau Royal Catholic Knight, Hellsing Institute diperbolehkan menggunakan segala cara yang tersedia agar makhluk underworld tersebut tidak diketahui masyarakat dan menimbulkan korban jiwa. Termasuk dengan metode mempekerjakan vampir itu sendiri !!

Sinopsis

Intergra Intergral Van Hellsing merupakan keturunan dari keluarga Hellsing yang memiliki misi untuk menumpas segala macam bentuk invansi makhluk underworld di daratan Inggris. Ketika kematian ayahnya, Integra harus dihadapkan pada fakta bahwa nyawanya sendiri terancam karena ambisi pamannya yang ingin menjadi kepala keluarga Hellsing gagal akibat wasiat ayah Integra yang mengangkatnya menjadi kepada keluarga di umur yang masih muda.

Interga yang sendirian dan tak berdaya berusaha melarikan diri dari kejaran paman dan anak buahnya. Integra teringat akan pesan ayahnya, yaitu untuk melarikan diri ke basement terbawah ketika nyawanya dalam masalah, disebutkan disana ia akan menemukan 'sesuatu' yang bisa menyelamatkan nyawanya. Sesampai di tempat yang dimaksud Integra hanya menemukan sesosok mayat. Tak lama setelah itu pamannya berhasil mengejar Integra, ia pun menembak Integra agar Integra menderita dulu sebelum mati.

Pertemuan pertama antara Integra dan Alucard


Darah Integra tercipratkan ke tubuh sang mayat. Dan tidak disangka-sangka mayat tersebut menjadi hidup dan membunuh paman dan seluruh anak buahnya dengan cara yang kejam. Integra yang takut melihat mayat hidup tersebut lebih terkejut ketika sang mayat berlutut di hadapannya dan berkata "my master". Mayat tersebut merupakan seorang vampir bernama Alucard yang menjadi pelayan setia Integra karena telah membangunkannya dari tidur panjang.

Setelah kejadian tersebut, Alucard menjadi senjata utama dan terkuat Hellsing Institute dalam menumpas makhluk-makhuk underworld yang menyerang tanah Britannia.


Karakter

Alucard

Alucard merupakan vampir yang disimpan keluarga Hellsing dan akan digunakan jika dalam keadaan benar-benar mendesak. Alucard terbangun karena terkena cipratan darah Integra yang sekaligus menjadikan Intergra sebagai master tunggalnya. Alucard memiliki kebanggan yang tinggi sebagai seorang vampir dan ia paling tidak suka melihat ghoul (manusia yang berusaha jadi vampir dengan menggunakan obat) yang dianggapnya tidak memiliki harga diri sebagai vampir. Meskipun Alucard seorang vampir, ia tidak mau meminum darah anak-anak dan wanita.

Sebagai vampir sejati ia memiliki kemampuan berubah wujud, menghilang sebagai kabut, kekuatan fisik superhuman, mengendalikan cuaca, menghipnotis, akurasi super tinggi dan tentunya keabadian. Selain kemampuan tersebut ia juga dilengkapi dua pistol ; 454 Casull dan Jackal yang ampuh digunakan untuk membasmi para makhluk underworld. Nama Alucard sendiri merupakan kebalikan dari nama Dracula.


Sir Integra Fairbook Wingates Hellsing

Master Alucard dan kepala dari keluarga dan organisasi Hellsing. Meskipun memiliki gelar kebangsawanan Inggris (Sir), Integra tetaplah merupakan seorang wanita biasa. Sebagai keturunan terakhir dari keluarga Hellsing, Integra memiliki semua sifat yang patut dimiliki pemimpin seperti ketenangan luar biasa, Integra juga jarang terbawa emosi dalam bertindak.

Sifat tegasnya juga menjadi nilai lebih Integra, meski sering dihadapkan dalam pilihan sulit, Integra selalu berhasil melewatinya dengan memilih jalan yang paling ampuh untuk mencapai kesuksesan. Interga juga piawai di medan perang, berbekal akurasi tembak yang sangat tinggi. Ia dapat bertahan diri sendiri meskipun berada dalam kepungan ghoul.

Seras Victoria

Seras merupakan bagian dari kelompok polisi yang ditugaskan untuk menyelidiki suatu kasus di suatu desa yang terletak pinggiran Inggris. Malang bagi timnya, ternyata penyebab pembunuhan di desa tersebut ialah ghoul yang mencari mangsa. Seras merupakan satu-satunya orang yang selamat dari serangan ghoul.

Seras selamat ketika ia ditangkap oleh sang ghoul dan diselamatkan Alucard. Alucard memberinya opsi untuk mati atau hidup sebagai seorang vampir, Seras memilih hidup dan Alucard menembak ghoul berikut Seras. Dalam keadaan kritis ia mendapat gigitan Alucard, hal ini menjadikannya seorang vampir juga.

Meski telah menjadi seorang vampir, Seras enggan meminum darah meskipun dalam hatinya ia juga haus setiap kali melihat darah. Sampai akhirnya ia meminum darah seseorang yang ia cintai dan mengeluarkan kemampuan sejatinya sebagai seorang vampir.

Gadis yang biasa dipanggil neko-chan ini menggunakan senjata bernama Hellsing ARMS Anti-Midian Cannon 'Harkonnen' yang memiliki berat sampai 60 kg dan Extra Long-Range Bombardment Firearm system for Localized defensive use "Harkonnen Cannon II" yang memiliki berat sampai 345 kg. Kedua senjata ini tidak mungkin digunakan oleh manusia biasa, tetapi Seras yang merupakan seorang vampir dengan entengnya mampu menggunakan kedua senjata tersebut.


Review

Manga ini termasuk 'aneh' untuk kategori manga-manga yang biasa dirilis di pasaran. Kekuatan Alucard yang sangat jauh diatas musuh-musuhnya malah menjadi salah satu daya tarik manga ini. Dengan kemampuan fisik dan skill bertarung yang tinggi Alucard mampu dengan mudah membantai lawan-lawannya. Tak heran kebanyakan adegan di manga ini dapat dikatakan one-side-massacare. Namun hamburan darah disetiap adegan malah menjadi salah satu ciri khas manga karya Kouta Hirano ini.

Manga ini tidak disarankan bagi mereka yang sensitif terhadap darah, potongan badan manusia yang terburai, konflik antar agama, konspirasi dan politik. Bahkan nama NAZI pun mendapatkan porsi cerita yang cukup banyak dalam manga ini. Manga ini mungkin sangat frontal terhadap hal-hal di atas, namun sekali lagi, hal itulah yang membuat manga Hellsing mendapatkan tempat tersendiri diantara fansnya.

Alucard menggunakan teknik Impale untuk menyelamatkan Integra

9 komentar:

  1. ah pantes..
    pernah baca reviewnya di majalah anime insider.
    keren sepertinya nih.

    btw Alucard sendiri namanya kalo dibaca dari belakang jadi dracula :p

    BalasHapus
  2. Kinda familiar ya.. mirip Kuroshitsuji X)
    Gue juga jadi mulai suka manga yang kekuatannya imba gini, kayak Doshiro de Gozaru (I'm Doshiro) sama Ocha Nigosu (A Bad boy drinks tea!), cuman bedanya kalo itu komedi.. XD

    kayaknya keren nih, udah ada animenya kan ya? :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sosok demon loyal memang hampir mirip dengan Kuroshitsuji.

      Animenya udah ada, tapi story-line nya beda jauh dengan manga, terkesan lebih 'aman' dibandingkan manganya #IYKWIM

      Hapus
  3. artnya keren, detail!
    darah muncrat di sana sini, seru nih :D

    btw gambar yg kedua, alucardnya mirip mumi :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Detail art-nya emang beda dengan manga-manga lain yang pernah gua baca.

      Yang pas bagian sinopsis yak ? Itu pas Alucard belum ada darah dan akibat dikurung keturunan Hellsing (Abraham Van Hellsing), jadi dia masih berbentuk mayat kering.

      Hapus
  4. Sir Integra Fairbook Wingates Hellsing mukanya mirip musuh si Yugi di Yugi Oh! Siapa deh itu namanya? Joko Pitono apa siapa deh gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pegasus maksud lu ? Iya rada mirip.
      Tapi mereka beda jenis kelamin, Pegasus laki-laki sedangkan Integra perempuan.

      Hapus
  5. wow :o sepertinya kece

    garis gambarnya mirip sama Samurai Deeper Kyo :o

    BalasHapus
  6. sempet ketipu saya kira integra itu laki-laki eh perempuan ternyata

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...