Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

5 Juni 2012

I Like B2ST the Best



Korean wave tengah menyerbu Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, banyak remaja Indonesia yang terpesona dengan wajah tampan dan musikalitas para boyband/girlband asal Korea yang memang hadir dengan konsep matang. Dari sekian banyak musisi Korea yang 'menyerbu' Indonesia, salah satu yang menarik perhatian gua ialah B2ST.
Sekilas Tentang B2ST

B2ST atau yang dilafalkan dengan Beast merupakan boyband yang dibentuk pada tahun 2009 oleh Cube Entertainment. Ketika awal dibentuk B2ST merupakan kumpulan dari musisi yang gagal dalam bersolo karir, idol yang gagal dan semacamnya, sebut saja Ki Kwang yang merupakan penyayi solo yang dilupakan publik dan Hyunseung yang merupakan 'buangan' dari Big Bang.

Dari personil yang seperti itu media dan pengamat musik Korea menyebut Beast sebagai "grup hasil daur ulang". Meski begitu, grup ini berhasil mendapatkan kesuksesan secara komersial, sebut saja memenangkan Bongsan Award pada Seoul Music Award tahun 2011 dan 2012, Artis of the Year (Dangsan) Award pada Melon Music Award 2011 dan lagu Fiction mereka sukses menjadi 2011 Song of the Year pada KBS Festival 2011.

B2ST (Boys to Search for Top) mengalami perganti nama menjadi Beast sebelum debut, tapi masih tetap menggunakan tulisan B2ST dalam setiap penampilan mereka. Para penggemar Beast disebut B2UTY (Beauty) yang diilhami dari dongeng Beauty and the Beast. Mungkin karena dimulai dari proyek gagal, para personil B2ST terlihat selalu meningkatkan kemampuan menyanyi mereka. Seperti pada tahun 2009 dimana SHINee sangat mendominasi boyband baru, para personil B2ST perlahan-lahan memperlihatkan peningkatan sebagai pop group dari tahun ke tahun.

Lagu-lagu B2ST biasanya bernada up-beat electro namun kebanyakan berlirik mellow meskipun dalam menyanyikannya mereka berwajah gembira dan terkadang menggunakan koreo yang bertenaga. Gua sebut boyband ini sebagai "boyband duta move on", karena lirik lagunya bermakna sedih dan galau namun ekspresi yang mereka tampilkan ketika membawakan lagu-lagunya jauh dari kata mellow.


Member

Du Jun

Nama asli : Yang Du Jun
Lahir : 4 Juli 1989

Leader, vokalis serta sub-rapper dari B2ST. Sosok Du Jun terlihat sebagai seorang bapak dan pemimpin dari B2ST yang terkadang suka aneh-aneh. Meski pun begitu, Du Jun termasuk orang yang malas untuk beraktivitas. Itu diperlihatkan dalam acara khusus B2ST "Idol Maid", sebuah acara dimana dua orang maid (pembantu) dikirim ke asrama B2ST untuk membantu dan membersihkan asrama mereka. Du Jun lebih suka tidur dan bertindak sebagai pemilik dari para maid (artinya tidak mau dimintai tolong oleh para maid).

Gi Kwang

Nama Asli : Lee Gi Kwang
Lahir : 30 Maret 1990

Vokalis dan Lead Dancer dari B2ST. Gi Kwang merupakan mantan penyanyi solo dibawah Cube Entertainment dengan nama AJ (Ace Junior), namun karir AJ mengalami kemunduran setelah nama AJ diprotes oleh banyak netizen karena 'terlalu pasaran'. Akibat kontroversi tersebut pihak Cube Entertaiment mengumumkan bahwa AJ akan diberikan nama baru. Namun akhirnya ia dimasukkan ke B2ST.

Personil B2ST seperti Du Jun, Hyun Seung, Jun Hyung dan Yoo Seob sebelumnya merupakan back-up dancers bagi AJ dulu, semenjak bergabung ke dalam B2ST nama AJ ditinggalkan dan ia lebih dikenal dengan nama Gi Kwang atau Ki Kwang.

Yo Seob

Nama Asli : Yang Yo Seob
Lahir : 5 Januari 1990

Vokalis utama dan si baby-face dari B2ST. Kalau melihat tampangnya sepintas kita akan menganggap bahwa dia adalah anggota termuda di B2ST, tapi kenyataannya ia adalah anggota tertua keempat.

Yo Seob memulai karir musiknya sebagai trainee di JYP Entertainment, tapi ia keluar karena review latihannya yang kurang bagus. Ia lalu pindah ke M Boat Entertainment sebelum akhirnya diterima di Cube Entertainment. DIsana ia bertemu dengan teman SMA-nya ; Gi Kwang yang masih menjadi solo artis bernama AJ. Setelah lima tahun menjadi trainee di Cube ia akhirnya masuk ke dalam B2ST.

Jun Hyung

Nama Asli : Yong Jun Hyung
Lahir : 19 Desember 1989

Rapper utama B2ST. Nama asli sebenarnya ialah Yong Jae Soon tapi ia menggantinya sejak kelas enam SD. Ia merupakan mantan anggota boyband "Xing" dan dikenal dengan nick Poppin' Dragon. Fans dari GDragon (Big Bang) ini memiliki kemampuan rap yang mengangumkan, ia juga sering muncul di beberapa lagu milik musisi lain seperti pada lagu Change dimana ia berkolaborasi dengan HyunA. Jun Hyung merupakan tipe idola yang sangat peduli dengan fansnya.

Ia dikenal karena gaya rambut dan kemampuannya membuat rap. Bakat membuat liriknya benar-benar terlihat di B2ST ketika ia membuat lagu Freeze yang muncul pada album pertama B2ST "Fiction and Fact". Jun Hyung menggunakan nick Joker ketika membuat lagu. Ia juga merupakan anggota FADDY ROBOT FOUNDATION bersama Hyuna, Outsider, Verbal Jint, Mighty Mouth’s Ssangchu, Vasco dan Zico. Perkumpulan yang membuat album untuk kemudian hasil penjualannya digunakan untuk sumbangan pada acara Seoul Summit Asia Bridge Contents.

Hyun Seung

Nama Asli : Jang Hyun Seung
Lahir : 3 September 1989

Vokalis utama dan dancer utama dari B2ST. Sebelum bergabung dengan B2ST Hyun Seung merupakan kandidat untuk menjadi anggota Big Bang dengan naman SO-1. Ia muncul di predebut Big Bang Documentary bersama GDragon, TOP, Seungri. Daesung dan Taeyang. Tapi ia tereliminasi di babak akhir, alasannya ialah karena Hyun Seung sangat minim ekspresi dan kurang bisa menguasai panggung.

Hyun Seung merupakan personil B2ST paling cantik. Selain B2ST ia juga terlibat dalam proyek duo milik CUBE ; Troublemaker bersama personil 4minutes ; HyunA. Meski duo Troublemaker meraih sukses, tapi banyak yang mengkritiknya karena penampilan duo ini terlalu sensual, hal yang memaksa Cube merubah beberapa koreo dari Troublemaker. Single Troublemaker sendiri sukses meraih tiga award pada acara M.net M! Countdown.

Dong Woon

Nama Asli : Son Dong Woon
Lahir : 6 Juni 1991

Vokalis utama dan maknae (anggota termuda) dari B2ST. Ia lebih dikenal karena penampilannya tampak lebih western dibandingkan anggota lainnya. Ia juga fasih berbahasa Inggris dan Cina. Dong Woon merupakan anggota terakhir yang bergabung ke dalam B2ST.

Dong Woon memiliki julukan "Arab Prince", karena digosipkan bahwa ia merupakan blasteran Arab-Korea karena bentuk wajah (hidung, rahang dan matanya) mirip orang Arab. Meski beritanya masih simpang-siur namun panggilan "Pangeran Arab" terhadap maknae B2ST ini sudah melekat kepadanya. Sebagai anggota paling kecil ia biasa menjadi bahan bully-an para seniornya (meski dalam taraf bercanda).


Discography

Mini Album
  • Beast is the Best (Oktober 2009)
  • Shock of The New Era (Maret 2010)
  • Mastermind (September 2010)
  • Light Go On Again (November 2010)
Album
  • Beast - Japanese Premium Edition (November 2010)
  • Fiction and Fact (Mei 2011)

Rekomendasi MV

SHOCK (Japanese Version)


Every day I shock(shock)
Every night I shock(shock)
I’m sorry 君を取り戻したくて

Every day I shock(shock)
Every night I shock(shock)
行くなよこんなにも苦しくて

Come to oh oh oh tonight so so crazy
Come back back to me
I’m waiting you you

oh oh oh tonight so so crazy
氣が狂いそうなこの果てない shock

Lagu galau anti tampang galau rekomendasi gua bagi yang ingin mendengarkan lagu B2ST. Sebenarnya ada versi Korea, namun gua lebih suka versi Jepang. Kenapa ? Karena kualitas video, koreo dan penampilan para anggota B2ST terlihat lebih rapi dan lebih matang dibanding versi aslinya. Selain itu karena memang dasarnya gua menyukai all-about-Japanese-thing.

Soom (Breath)


[I can't take my breath breath breath]
시간이 갈수록 점점 지나갈수록 oh 난 더
[I can't hold my breath breath breath]
갈수록 나는 더 자꾸만 내 숨이 막혀 와 내 숨이 yeah

Breath in breath out ha ha
Breath in breath out ha ha
Breath in breath out ha ha
Breath in breath out ha ha

Lagu kedua B2ST yang sukses meracuni otak gua. Kalau dilihat dari MV yang tampak seperti orang sakit asma ini, terkesan tidak terlihat bahwa lagu ini merupakan lagu galau. Tapi kalau ditelusuri makna dari lagunya, maka lagu ini akan terasa seperti lagu bagi mereka yang gagal move on. Tapi dengan musikalitas yang dibawakan B2ST maka suasana gagal move on tidak akan terasa.

Take Care of My Girlfriend (Say No)


Oh can’t u see I’m still lovin’ you
아직 내 맘이 널 보낼 수가 없어

Say no! no! no! no! no! Say no! no! no! no! no!
안 된다고 말해 아직 니 맘 속에 날 기다리고 있다고 say no!

Yap, dari judul saja sudah ketahuan kalau ini merupakan lagu galau. Berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya yang up-beat, lagu ini memang mellow baik dari musikalitas maupun lirik lagu. Selain itu makna lagunya yang menyatakan bahwa ada orang lain yang ingin menjadi kekasih dari mantan kita namun kita masih mengharapkan kekasih tersebut masih mengingat dan menginginkan kita, pantas menjadikan lagu ini sebagai lagu yang tidak cocok bagi mereka yang baru putus.

Beautiful


So beautiful my girl
U oh oh girl U oh oh girl
시간이지나도
누구보다내가더더더
너를아껴줄게 my girl 모두다줄게
너 U 너에게 U 에에게 oh oh
(니가어디있든달려갈수있어 (I always think about you)
지금보다내가더더더
너를사랑할게 my girl
you you you my girl

Bagi para wanita lagu ini bisa dibilang sebagai lagu moodbooster. Karena bisa menganggap para personil B2ST mengatakan diri kalian itu beautiful XD. Dari segi lirik lagu ini memang tidak terlalu membuat galau serta musikalitasnya memang dibentuk sedemikian rupa hingga kesan ceria terlihat. Konsep MV Beautiful yang seperti drama ini merupakan bagian pertama dari drama MV B2ST yang ceritanya akan dilanjutkan di MV I Like You the Best.

I Like You The Best


난니가제일좋아
니가제일예뻐
지나가는곳곳매력이다흘러
니가제일 좋아너하나면돼
가슴에새겨둬
니가세상에서제일소중해

Every time I like you
Oh my love for you
너밖엔없어난
I belong with you
Crazy love for you
너밖엔없어난

MV ini merupakan sambungan dari MV Beautiful, disini diceritakan kenapa Jun Hyung dan Ki Kwang bermusuhan yang diceritakan di MV Beautiful. Dari lagu sendiri, lagu ini lebih slow dibandingkan lagu-lagu B2ST lainnya namun masih ada unsur cerianya. Tambahan credit di akhir MV berikut potongan-potongan adegan salah para pemeran MV ini menjadi penutup yang 'indah' bagi drama di MV ini.


Rekomendasi Lagu Lainnya

  • Bad Girl (Japanese Version)
  • Fact
  • Fiction
  • Mystery
  • Special

Penutup

Sebenarnya gua masih menunggu jadwal rilis lagu-lagu terbaru dari B2ST selama tahun 2012, atau lagu yang diubah menjadi versi Jepang seperti SHOCK dan Bad Girl. Tapi tampaknya sampai bulan ini masih belum ada berita dari Cube Entertainment soal kemungkinan adanya lagu maupun album baru.

Overall, B2ST gua rekomendasikan buat penggemar musik yang suka musik up-beat, bagi mereka yang menginginkan konsep dari MV yang unik dan tidak hanya pamer skill dancing serta bagi mereka yang ingin 'menggalau' dengan lirik galau namun lagu yang bersemangat.




Sumber :

13 komentar:

  1. kyaaaaaaaa Yo Seob gantengnya gak santai banget. napas buatan mana napas buataaannn????

    btw, MV yg di share yg aku suka semua :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mama bear suka si baby-face Ucup ?? :o

      Makasih, berarti kita sehati mam :3

      Hapus
    2. hooh suka ama abang ucup. seumuran. bang ucup, marry me bang, marry meeeee *sambil angkat poster* :p

      gi kwang juga kece sih. tapi kecean bang ucup :p

      Hapus
  2. maaf, saya tidak terjangkit wabah korea.. D

    saya lebih suka slow rock..
    selera boleh beda.. tapi tetap ngeblog...

    *lho?!

    BalasHapus
  3. kya ,, kyaa
    baca post ini bikin gw tambah semangat buat jadi BEAUTY #loh ;))
    btw, kalo ngak salah trainee Galaxy Superstar juga satu agency sama B2ST bukan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. << Sukses ngerubah orang jadi B2UTY (again).

      Iyakah ? Gua malah baru tahu. Ga pernah mantengin yang Galaxy Superstar.

      Hapus
    2. hahaha,,

      iya,katanya sih gitu :D , kemaren di Galaxy Superstar, trainee'a ketemu B2ST terus diajarin dance B2ST,, :))

      Hapus
  4. B2ST yah...pertama tau dari MV I Like You The Best, tau2 nongol muka cute ala anak playgroup, ternyata Yoseob :3 udah sukanya sama dia doang, haha
    Oh ya sempet liat jg video trainee-nya Hyun seung pas sm Bigbang (waktu itu namanya SO-1), tp baru akhir2 ini tau kalo dia personel B2ST :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. "muka cute ala anak playgroup, ternyata Yoseob :3" <-- gua ngakak bacanya.

      Hapus
  5. kpop yah .____.
    oke, coba dengerin satu aja yg versi jepang

    BalasHapus
  6. -_____- gak tau sama sekali tentang KPOP, jadi gak bisa komen yg bermutu. Maap bang maap<-- anak post hatkor~

    BalasHapus
  7. oke gw paham kenapa lo mendadak sms gw kalo DW ultah. pasti gara" nulis ginian ==

    BalasHapus
    Balasan
    1. Errr,,,, yah semacam itulah :P

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...