Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

17 Juli 2012

Persona 4 the Animation [ Anime Review ]

Ada urban legend (mitos) yang populer di kalangan pelajar di suatu kota bernama Inaba. mitos tersebut mengatakan bahwa siapa saja yang menatap layar televisi pada tengah malam dapat melihat calon jodohnya di masa depan di Mayonaka TV.

Selain urban legend yang cukup aneh itu, kota Inaba juga digemparkan dengan kasus pembunuhan aneh yang terjadi apabila kabut tebal menutupi seluruh Inaba. Dan banyak korban terbunuh merupakan orang yang terlihat di Mayonaka TV di malam sebelum ia dibunuh. Apakah ada hubungan antara urban legend dengan kasus pembunuhan yang tengah terjadi di kota Inaba?


Sinopsis

Yu Narukami merupakan murid pindahan di SMA Yasogami. Yu tinggal bersama pamannya yang berprofesi sebagai detektif dan sepupunya yang masih kecil. Saat pertama kali masuk ke SMA Yasogami ia mengalami kehidupan SMA seperti biasa.

Hingga akhirnya Yu mengetahui tentang mitos yang mengatakan bahwa ia akan menemukan jodohnya ketika melihat layar televisi pada tengah malam. Merasa tertarik Yu kemudian mencobanya, ia melihat sosok kakak kelasnya ; Saki Konishi di layar televisi. Ternyata bukan hanya hal itu yang membuat Yu terkejut, ia juga terkejut mengetahui bahwa dirinya bisa masuk ke dalam televisi.

Keesokan harinya Yu mengetahui bahwa bukan hanya dirinya yang melihat sosok Saki-senpai di layar televisi, hampir semua siswa Yasogami yang melihat tayangan tengah malam tersebut juga melihat sosok Saki-senpai. Ketika sekolah selesai berita mengejutkan muncul, Saki-senpai telah terbunuh tadi malam!

Yosuke Hanamura, teman sekelas Yu dan penggemar rahasia Saki-senpai merasa marah dan ingin mencari siapa pelaku pembunuhan tersebut. Yu akhirnya menceritakan bahwa dirinya bisa masuk ke dalam televisi pada Yosuke dan Chie. Meskipun pada awalnya Yosuke dan Chie tidak percaya pada Yu, tapi karena 'tertarik' ke dunia dalam televisi mereka pun akhirnya percaya.

Masuk TV ... literally

Di dalam dunia televisi ini mereka agak sulit melihat karena tebalnya kabut yang menutupi pandangan. Setelah cukup lama berputar-putar di dunia 'baru' ini, mereka bertemu dengan Teddie, makhluk yang mengaku sebagai penghuni asli dunia tersebut dan langsung menuduh Yu dkk. sebagai penyebab dari banyaknya manusia yang terlempar ke dunia di dalam televisi.

Setelah berhasil meyakinkan Teddie bahwa mereka bukan pelaku pembunuhan, mereka dikirim kembali oleh Teddie ke dunia nyata karena mengkhawatirkan akan serangan Shadows. Yosuke yang merasa dunia dalam televisi ada hubungannya dengan kematian Saki-senpai kemudian mengajak Yu untuk membawanya kembali ke dunia dalam televisi.

Saat masuk untuk kedua kalinya di dunia ini, mereka dibantu Teddie mencari pelaku pembunuh Saki-senpai. Namun mereka malah diserang Shadow. Di saat genting itu tiba-tiba Yu dapat mengeluarkan Persona untuk mengalahkan para Shadows yang menyerang.

Yu saat mengaktifkan Persona

Karakter

Yu Narukami

Yu Narukami merupakan murid pindahan dari kota besar. Ia tinggal di Inaba bersama pamannya yang seorang detektif dan sepupunya yang masih kecil. Sosok Yu digambarkan sebagai pemuda yang kalem dan sopan, meski terkadang mampu mengatakan candaan yang lucu.

Persona-nya bernama Izanagi yang pertama kali keluar ketika mendapatkan serangan Shadows. Selain Izanagi, Yu juga dapat memanggil Persona lainnya untuk bertarung, sebuah kemampuan yang tidak dimiliki rekan-rekannya.


Yosuke Hanamura

Yosuke Hanamura merupakan murid yang konyol dan sangat periang. Ia mendapat julukan 'Prince of Junes' karena ia merupakan anak dari pemilik Junes, sebuah swalayan yang menjadi primadona di Inaba. Yosuke menyukai Saki-senpai, karena itu ia merasa marah setelah mengetahui Saki-senpai dibunuh oleh penjahat yang melemparkan korban ke dunia dalam televisi untuk dibunuh oleh Shadows.

Persona Yosuke bernama Jiraiya. Persona berelemen angin ini didapatkannya dengan bantuan Yu saat ia harus berhadapan dengan Shadows-nya sendiri.


Chie Satonaka

Chie merupakan gadis tomboy yang menyukai olahraga dan berbagai film action. Kombinasi hal tersebut membuat Chie terkesan sebagai gadis yang 'menyeramkan' bagi sebagian besar siswa pria Yasogami. Meski bergaya seperti laki-laki, Chie tetap mampu tampil feminim.

Persona milik Chie ialah Tomoe. Persona milik Chie memiliki kekuatan fisik yang lebih unggul dibandingkan Persona temannya yang lebih mengutamakan elemen. Meski begitu, hal itu juga menjadi kelemahan Tomoe karena ia akan sangat rapuh terhadap serangan elemen.


Review

Karena merupakan versi adaptasi dari game, maka jalan cerita dari Persona4 the Animation ini akan sangat mudah ditebak mereka yang pernah memainkan versi game-nya. Namun keunikan dari versi anime ini adalah adanya satu episode yang akan menceritakan keseluruhan cerita dari Social Link karakter NPC dalam sebuah cerita lepas.

Tetapi bagi mereka yang belum pernah memainkan versi game-nya, maka misteri dan banyaknya twist cerita saat menonton Persona4 the Animation dapat membuat kalian tertarik untuk menontonnya. Meski secara opini pribadi beberapa adegan bertarung di versi anime ini kurang menarik bila dibandingkan dengan adegan di anime lainnya.


8 komentar:

  1. Pertamax :D
    kesannya kayak Yuuyu hakusho ya :D
    menurut yang punya blog, anime ini layak tonton ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. <-- Belum pernah nonton Yu Yu Hakusho.

      Kalau menurut saya pribadi cukup layak ditonton, bagi mereka yang senang dengan anime dengan bumbu misteri dan twist yang banyak.

      Selain itu karena saya juga belum sempat menamatkan versi gamenya :P

      Hapus
  2. sering baca tentang anime ini di forum, belum nonton tapi ._.
    ini juga diangkat di playstation 2 gamenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan yang jatuh cinta sama anime ini rata-rata pernah mainin versi game Playstation2 nya.

      Maklum, kan versi PS2 keluar lebih dulu, baru versi manga dan terakhir animenya.

      Hapus
  3. hmmm
    gue persona cuma tau digame bang XD
    itu pun belom pernah nyoba sama sekali XP
    *brb nyari episode 1*

    BalasHapus
  4. << pernah jadi penguasa PS tetangga gegara gamenya

    BalasHapus
  5. suka sama anime ya bang ...
    di indonesia kayaknya belum ada ni pilem ..
    apa gue nya yang cupu yaak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang nggak ditayangin di Indonesia.
      Bisa cari di beberapa situs yang menyediakan fitur download.

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...