Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

29 Juli 2012

Sherlock [ Series Review ]

Sherlock Holmes, seorang detektif swasta yang memiliki kemampuan intelegensia yang menakjubkan. Saking menakjubkannya ia sampai dianggap aneh oleh pihak kepolisian meskipun mereka terkadang membutuhkan jasa Holmes untuk menyelesaikan kasus.

Selain kemampuan otaknya yang menakjubkan, sifat Holmes yang tidak peduli dengan sekitarnya, kecuali kasus yang ia anggap menarik semakin membuat pihak kepolisian risih bila harus meminta bantuan Holmes. Saat itu, seorang mantan dokter militer yang tidak memiliki tempat tinggal disuruh untuk menetap bersama Holmes di apartemennya.

Sinopsis

Dokter John Watson, seorang pengangguran yang sedang mencari tempat tinggal diberitahukan untuk tinggal dalam satu flat bersama detektif swasta Sherlock Holmes. Ketika bertemu pertama kali dengan Holmes, detektif tersebut langsung menanyakan "Afganistan atau Irak?", hal yang membuat Watson bingung. Holmes pun menjelaskan bahwa ia mengetahui kalau Watson merupakan seorang mantan militer yang pernah bekerja lapang dari cara berjalan dan berpakaiannya.

Saat tinggal bersama Holmes, Watson menyadari bahwa teman satu flat nya ini agak aneh. Ia lebih suka menghabiskan waktu melakukan hal-hal aneh, sampai saatnya ada kasus rumit yang harus dipecahkan.

Saat melakukan penyelidikan bersama Holmes, Watson seringkali menjadi 'korban percobaan' Holmes. Entah itu menjadi perwakilan untuk bertemu klien sampai mencoba hipotesanya tentang suatu kasus. Meskipun begitu Watson perlahan mulai memahami kenapa rekannya bisa sampai seperti itu. Watson biasanya menuliskan hasil dari kasus-kasus yang dipecahkan Holmes dalam blog pribadinya, hal yang membuat mereka terkenal sekaligus menjadi sasaran criminal consultant paling berbahaya ; Jim Moriarty.


Karakter

Sherlock Holmes

Detective consultant paling tenar di Inggris. Awal ketenarannya ialah ketika tulisan di blog John Watson yang berjudul 'Study in Pink' yang merupakan catatan saat ia menyelesaikan kasus pembunuhan berantai ramai dikunjungi. Meskipun terkenal Sherlock lebih senang menikmati hidupnya dalam kesendirian.

Gampang stress kalau tidak menghadapi kasus yang rumit, ia menyebutnya sebagai pemborosan guna otak. Meskipun bertingkah cukup aneh, kemampuan analisa Holmes hampir tidak ada duanya. Ia mampu membaca kepribadian seseorang hanya dari cara berjalan, pembawaan diri dan bahkan cara orang tersebut berpakaian.

*Diperankan oleh: Benedict Cumberbatch

John Watson

Mantan dokter militer ini saat pertama kali bertemu dengan Sherlock Holmes memiliki cacat berupa pincang. Namun cacat yang dialami Watson hanya cacat traumatik, yang akhirnya sembuh ketika ia bersemangat saat membantu Holmes dalam menyelesaikan kasus pertama bersamanya.

Watson sendiri terlihat seperti penjaga Holmes, ia yang bertemu dengan sebagian besar klien, melakukan pemeriksaan pertama pada korban untuk mengetahui sebab kematiannya (meskipun Holmes telah mengetahuinya) dan bahkan menjadi perwakilan Holmes untuk kasus-kasus kecil. Segala bentuk petualangannya bersama Sherlock Holmes dalam menyelesaikan kasus ia masukkan dalam blog pribadinya, yang sejara mengejutkan menjadi hits di kalangan netizen Inggris.

*Diperankan oleh: Martin Freeman


Review

 Sherlock merupakan karya dari Steffen Moffat dan Mark Gatiss yang terinspirasi akan karya fenomenal Sir Arthur Conan Doyle 'Sherlock Holmes'. Penggambaran sosok Holmes disini hampir sama dengan sosok asli yang dibuat Sir Arthur Conan Doyle. Bedanya ialah seri Sherlock ini ada di masa sekarang, dimana penggunaan teknologi dan berbagai gadget canggih seperti smartphone menjadi alat pendukung dan malah bisa menjadi senjata utama dalam tindakan kejahatan.

Seri Sherlock sendiri baru rilis dua season dan kemungkinan season ketiganya akan dirilis pada tahun 2013. Film Sherlock sangat direkomendasikan bagi mereka yang menyukai film-film yang membutuhkan pemikiran yang dalam. Selain itu kemampuan analisis Sherlock yang sangat mengagumkan bahkan sampai membuat dua Moffat-Gatiss mengklaim bahwa Sherlock karya mereka lebih rumit dan unggul dibandingkan versi aslinya.

Dalam setiap season terdapat tiga episode, dimana satu episode membahas satu kasus terkenal Sherlock Holmes dan langsung selesai. Kecuali bila terjadi beberapa kejadian khusus seperti pada episode "The Reichenbach Fall". Sangat direkomendasikan bagi para penggemar Sherlock Holmes dan cerita detektif.


16 komentar:

  1. wi sherlock versi modern. pake gadget. ini film nya nyari dimana? ^^v
    kayaknya recommended nih.
    lumayan kan buat ngabuburit :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diunduh di situs sherlocked.org Om.
      Satu film durasinya sampai satu setengah jam lebih, lumayan banget buat ngabuburit.

      Hapus
  2. Jadi ini Sherlock Holmes versi jaman sekarang tho... Kayaknya seru nih :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget Ri. Apalagi Sherlock Holmes nya blackberry user #lahterus

      Hapus
  3. Huahahahahha, pengen deh download... thanks infonya bang...

    BalasHapus
  4. suka sekali sama film sherlock yang satu ini.
    Serial Sherlock ini ada ditayangin di beTV tapi masih sampai season 1, season 2 baru beberpa hari kedepan.

    BalasHapus
  5. kok sherlocknya ganteng? #salahfokus
    biasa deh remaja cewek baru mau 17th kalo ngeliat yg ganteng2 :">

    jadi ini bukan sherlock yg asli tapi versi modernnya? kasus2nya berarti nggak sama kyk sherlock holmes yg asli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang biasanya Sherlock Holmes nya gimana?
      Hahaha

      Bukan, ini versi modern. Beberapa kasus di adaptasi dan sedikit diubah untuk menyesuaikan dengan kondisi modern. Jadi pasti ada beberapa perbedaan dengan versi aslinya.

      Hapus
  6. sherlock itu bukannya kaya lagu jaman SD ya,sherlock guk guk guk kemari guk guk guk.. ayo lari-lariiiii..itu kan ?

    BalasHapus
  7. Gue pny bnykhipotesis knp Sherlock bs tetep hidup gyahahaha

    BalasHapus
  8. Filmnya bagus banget
    hipotesis sherlock akurat sangat, hehe udh nonton smua nih

    BalasHapus
  9. dari semua seri yang paling bagus the reichenbach fall sekaligus paling aneh. itu sherlock mati beneran??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Reichenbah Falls itu jadi semacam 'pembuka' untuk season 3 nya :))
      Kan di bagian ending dilihatin kalau Sherlock belum mati .__.

      Hapus
  10. yg males download
    sy pny lengkap, 3 season
    kontak sj SMS / WhatsApp 085 223 852 832
    BB 7417B382

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...