Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

4 September 2012

Judge [ Manga Review ]

Pengadilan dibuat untuk membela mereka yang tak bersalah dan menjatuhkan hukuman yang sesuai bagi mereka yang bersalah. Dalam pengadilan segala keputusan untuk menilai si terdakwa bersalah atau tidak maupun seberat apa hukuman yang harus ditanggungnya merupakan hak tunggal seorang hakim.

Namun bagaimana bila sekelompok orang yang saling tidak mengenal dikumpulkan bersama dan dipaksa untuk mengadili siapa yang paling berdosa diantara mereka. Dan bagi mereka yang dianggap paling berdosa akan menemui kematian sebagai hukuman.



Sinopsis

Hiroyuki Sakurai sedang menemani kakak laki-lakinya ; Atsuya Sakurai dan kekasih Atsuya ; Hikari berbelanja kado sebagai hadiah natal. Setelah mereka selesai berbelanja Hikari mengajak Hiro untuk mencari kado khusus untuk Atsuya. Kado natal kali ini khusus karena kado tersebut akan menjadi kado natal pertama dari Hikari kepada Atsuya setelah mereka berpacaran.

Hiro pun menemani Hikari berbelanja, di akhir Hikari membelikan Hiro jimat untuk segera mendapatkan kekasih seperti kakaknya dan menyemangati Hiro untuk mau mengungkapkan perasaannya pada gadis yang ia suka. Yang tidak diketahui Hikari adalah bahwa Hiro sebenarnya menyukai Hikari yang sudah menjadi temannya semenjak kecil.

Karena kata-kata penyemangat dari Hikari, Hiro memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaannya pada Hikari. Mengetahui handphone Hikari tertinggal saat Atsuya menelepon, Hiro berbohong bahwa Hikari menunda waktu kencan mereka satu jam lebih lama. Tanpa curiga sedikitpun Atsuya percaya kepada adiknya tersebut.

Pada hari yang ditentukan Hiro menemani Hikari sebelum Hikari berkencan dengan Atsuya. Hiro pun mengumpulkan keberanian untuk menyatakan perasaannya pada Hikari, sebelum Hikari mendapatkan telepon dan menangis, Hikari menangis karena mendapatkan kabar bahwa Atsuya mengalami kecelakaan dan meninggal saat akan menemui Hikari.


Mendengar hal tersebut Hiro menjadi frustasi. Ia menganggap bahwa dirinya-lah yang menjadi sebab Atsuya meninggal. Kejadian tersebut menjadi mimpi buruk bagi Hiro selama bertahun-tahun.

Dua tahun semenjak kejadian tersebut, Hiro mendapati dirinya berada di sebuah ruangan gelap. Tidak hanya itu, kedua tangannya juga terikat borgol. Ketika ia melihat ke arah kaca ia menyadari bahwa ia sekarang sedang mengenakan topeng hewan. Hiro yang penasaran dengan apa yang terjadi dengannya memutuskan untuk menelusuri tempat tersebut.

Sampai ke sebuah ruangan mirip meja pengadilan, dimana ia bertemu dengan beberapa orang lainnya yang mengenakan topeng hewan. Awalnya Hiro merasa takut dengan orang-orang tersebut, tapi setelah mengetahui bahwa mereka juga sama seperti Hiro, dibawa dalam keadaan tidak sadar kesana ia menjadi tenang.

Setelah beberapa saat mereka mendapatkan rekaman video dari seseorang yang mengaku membuat mereka berada dalam situasi tersebut. Rekaman video tersebut mengatakan bahwa mereka harus saling 'mengadili' menggunakan sistem voting. Siapa pun yang mendapat voting paling banyak akan mati dan akan berhenti sampai tersisa empat orang diantara mereka. Hiro yang tidak ingin melihat ada yang mati lagi berusaha menyelamatkan semua yang ada disana. Berhasilkah usaha Hiro?


Karakter

Hiroyuki Sakurai

Rasa sukanya terhadap Hikari malah membuat Hiro berpikir bahwa ia yang menyebabkan Atsuya meninggal. Semenjak itu Hiro sering bermimpi buruk tentang saat ketika Atsuya meninggal. Hal itu pula yang membuat Hiro memiliki rasa keadilan yang sangat tinggi dan enggan mematuhi peraturan untuk saling membunuh.

Meskipun begitu ia masih suka bertindak tanpa memikirkan akibat dari perbuatannya. Tidak jarang ia malah dibenci karena sikapnya yang keras kepala. Hiro menyampaikan ide agar semua memilih diri mereka sendiri agar tak ada yang harus mati. Topeng yang dikenakan Hiro pada awal ialah kelinci, melambangkan sifat "iri" manusia.

Kazuyuki Asai

Kazu berasal dari keluarga kaya, hal itu membuat dirinya bisa mendapatkan apa saja yang ia inginkan kapanpun. Namun hal tersebut tidak membuatnya senang karena hal tersebut juga menjadi alasan ia tidak bisa mencintai satu pun gadis. Karena itu Kazu mencari suatu tempat dimana tidak ada yang mengenalnya.

Kazu merupakan orang pertama yang menjadi teman Hiro di tempat tersebut, ia juga mendukung ide Hiro untuk memilih diri sendiri agar tidak ada yang harus mati sembari menunggu bantuan dari luar.



Review

Judge merupakan jenis manga yang dapat membuat pembacanya menjadi geregetan. Ide utama dari manga ini seakan berkutat di pola pikir untuk saling menyelamatkan diri sendiri dan mengapa harus menyelamatkan orang lain saat tak ada jaminan bahwa mereka juga akan menyelamatkan kita? Manga ini menarik dibaca karena interaksi antar karakter menjadi tontonan utama. Situasi terperangkap dan berada bersebelahan dengan kematian membuat manga ini penuh dengan aroma pengkhianatan, drama dan depresi.

Penggambara emosi setiap karakter juga digambarkan dengan apik, membuat para pembaca seakan bisa merasakan emosi yang dirasakan setiap karakter. Karena manga ini masih berlanjut maka menarik ditunggu kejutan-kejutan lain yang menunggu.






9 komentar:

  1. dulu pernah juga baca komik yang beginian, lupa judulnya, cover nya hampir sama, orang-orang make kepala kelinci. Ceritanya mereka itu dimasukin ke bangunan, terus harus tau siapa yang jadi serigala sebelum mereka dibunuh sama si serigala
    #blogwalking :D
    http://pencilpyon.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manga "Doubt" bukan?

      Kalau Doubt memang merupakan prekuel dari Judge ini, jadi wajar jalan ceritanya hampir mirip (pembuatnya juga sama).

      Hapus
    2. oh iya judulnya Doubt, endingnya ngenes juga haha

      Hapus
    3. Wew, judge bkal ada live act nya, kpan ya rabbit doubt ad jg :v

      Hapus
  2. Di cover-nya itu, tercermin seluruh orang dengan penyakit2 hati-nya masing2.. Keren nih manga, recomend!

    BalasHapus
  3. Belom baca manganya...cobain nonton Sword Art Online, om Parid...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belom download SAO, denger-denger animenya bagus ya Om?

      Hapus
  4. aku gak terlalu kenala sih, tapi suka manga juga.

    btw, aku follow blognya ya...
    ditunggu folbacknya.
    salam kenal ya... :)

    www.ajavasisme.com

    BalasHapus
  5. aku suka banget ama komik deadmand wonderland. yah ngerti lah karena unsur" xxx nya itu dah hhahaha.
    Follback juga yah blog aku kak.
    http://watulingas.blogspot.com/

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...