Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

3 September 2012

Kekuatan Baru Para Raksasa Eropa

Bursa transfer telah usai akhir Agustus kemarin dan selagi menunggu bursa transfer ditutup beberapa liga besar Eropa telah memulai musim baru mereka. Musim baru berarti kekuatan baru. Entah dari hasil selama latihan pra-musim atau peningkatan kekuatan skuad melalui belanja pemain, bisa dipastikan musim 2012/2013 menjanjikan persaingan yang cukup berbeda dengan musim-musim sebelumnya.

Berikut adalah ulasan tentang beberapa klub besar Eropa terkait kesiapan mereka menyambut musim 2012/2013.



ENGLISH PREMIER LEAGUE



ARSENAL


Musim ini Arsenal kembali harus kehilangan bintang mereka. Kali ini kapten sekaligus top skorer Liga Inggris musim lalu ; Robin Van Persie memilih hengkang ke seteru abadi Manchester United, dan disusul dengan kepergian tenaga lini tengah Alex Song ke Barcelona. Pindahnya dua pemain kunci Arsenal musim lalu itu dinilai sangat menipiskan kemungkinan The Gunners untuk bisa berprestasi pada musim ini.


Namun bukan Arsene Wenger namanya apabila tidak bergerak di bursa transfer dengan "hanya" mencari pemain potensial untuk dijadikan bintang besar. Semenjak ditinggal RVP dan Song, Arsenal telah berhasil mendatangkan beberapa nama yang berpotensial menjadi bintang besar, antara lain Lukaz Podolski, Oliver Giroud dan Santiago Cazorla.

Khusus Cazorla, sang spaniard ini tampaknya sukses beradaptasi dengan pola permainan Arsenal. Terbukti dengan penampilan impresifnya di beberapa pertandingan awal The Gunners. Cazorla diharapkan bisa menjadi tulang punggung baru dan idola baru publik Emirates Stadium yang tampak masih menyesalkan kepergian Robin Van Persie.


CHELSEA


Juara Liga Champion 2011/2012 ini memulai laga pra-musim dengan rapor yang bisa dibilang tidak mengesankan, ditambah kegagalan merengkuh trofi Super Eropa setelah dipermalukan Athletico Madrid 4-1 membuat banyak pengamat sepakbola memandang skeptis tim milik Roman Abramovic ini.

Namun yang terjadi justru sebaliknya. Memulai langkah di Liga Inggris, Chelsea mampu tampil impresif dengan skor-skor yang meyakinkan. Perpaduan beberapa pemain muda-tua serta tambahan dari pemain baru hasil transfer membuat skuad The Roman Emperor kembali dijagokan sebagai salah satu kandidat kuat juara Liga Inggris.


Bicara soal transfer Chelsea pasti tidak jauh dari sensasi muda asal Belgia ; Eden Hazard. Dengan gelontoran dana hingga mencapai 36 juta pounds, wajar apabila ekspetasi tinggi diserahkan pada pemain ini. Dan secara mengagumkan Hazard menjawab segala ekspetasi yang disematkan padanya. Setidaknya melihat catatan satu gol plus enam assist nya di dua laga pembuka EPL, membuktikan betapa besarnya potensi yang dimiliki pemuda Belgia. Tinggal bagaimana Hazard mempertahankan konsistensi permainannya dan membawa trofi juara ke lemari The Blues.


MANCHESTER CITY


Manchester City dipastikan akan semakin bergairah untuk mempertahankan trofi EPL yang diperoleh musim lalu serta mencoba peruntungannya di Liga Champion. Bermaterikan skuad yang hampir sama dengan musim sebelumnya, City diyakini sudah dapat disebut sebagai salah satu raksasa Eropa. Tinggal bagaimana membawa mental Liga Champion ke seluruh pemain City.

Bicara soal transfer, rival sekota Manchester United ini terlihat pasif pada bursa transfer kemarin. Rekrutan baru hanyalah Jack Rodwell yang diyakini hanya akan menjadi pelapis di skuad City yang sudah terlalu sesak. Namun pada detik-detik akhir penutupan transfer City kembali ke pasar transfer.

Mendapatkan Maicon dari Internazionale Milan bisa dibilang sebagai rekrutan terbaik The Citizen. Meski telah berumur, pengalaman Maicon di level Eropa diharapkan bisa membawa skuad Roberto Mancini berprestasi lebih di Liga Champion.


MANCHESTER UNITED


Gagal meraih trofi Liga Inggris dengan hanya kalah selisih gol di menit-menit akhir dari rival sekota seakan membuat panas kota Manchester. Manchester merah yang lebih banyak berprestasi tampaknya harus mulai mewaspadai rival sekotanya tersebut. Perubahan mulai dilakukan Sir Alex Ferguson untuk merubah "wajah" United di musim 2012/2013.

Nama-nama baru mulai didatangkan untuk menambal skuad MU yang ada sekarang. Transfer MU kali ini berada di dua nama beken sepakbola. Pertama ialah pemain kunci Dortdmund dalam menjuarai Bundesliga dua kali berturut-turut ; Shinji Kagawa dan kedua ialah (mantan) kapten Arsenal ; Robin Van Persie.


Van Persie memang ramai dibicarakan akan meninggalkan Arsenal saat ia menolak perpanjangan kontrak yang ditawarkan Arsenal. Keinginannya untuk merengkuh trofi juara membuat The Flying Dutchman mengambil langkah drastis. pindah ke rival abadi Arsenal yaitu Manchester United. Rivalitas MU-Arsenal yang telah terjalin sejak lama akan menarik laga MU-Arsenal kedepannya menjadi semakin menarik. Tapi untuk sementara ini RVP membuktikan bahwa ia pantas menjadi top skorer Liga Inggris dan sukses membuat Wayne Rooney duduk manis di bangku cadangan.



SERIE-A

AC MILAN


Revolusi. Itu yang didengungkan para fans Milan pada awal musim 2012/2013. Dimulai dengan meremajakan skuad dengan cara melepas beberapa pemain senior seperti Allesandro Nesta, Gennaro Gattuso, Filippo Inzaghi dan Clarence Seedorf membuat wajah Milan merah lebih 'muda' dari biasanya. Namun sayang, kepindahan dua pemain kunci musim lalu ; Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva ke PSG membuat banyak orang menyangsikan kekuatan setan merah asal Itali ini.


Kepergian Ibra dan Silva bukannya tidak dibiarkan begitu saja oleh Milan. Milan tetap masih bergerak di pasar transfer untuk menggantikan peran kedua pemain tersebut. Hanya saja pemain yang didatangkan seperti Christian Zapata atau Bojan Krkic dirasa belum selevel dengan dua pemain tersebut.

Masuknya Giampaolo Pazzini ke skuad merah-hitam pun harus dibayar mahal dengan melepas Antonio Cassano ke Intermilan. Namun sejauh ini Pazzo cukup berhasil menggantikan peran Ibra sebagai juru gedor Milan. Torehan hattrick-nya ke gawang Bologna diharapkan dapat diteruskan oleh pemain Itali tersebut.


AS ROMA


Selain Milan, Roma juga menjadi salah satu tim yang mencanangkan revolusi di skuadnya. Keberhasilan terbesar Roma selama bursa transfer ialah mengamankan jasa Zdenek Zeman yang sukses membawa Pescara promosi ke Serie-A musim ini. Di tangan Zeman yang disebut sebagai salah satu pelatih bertangan dingin, performa Francesco Totti dkk. terlihat makin impresif. Apalagi melihat catatan pra-musim mereka yang sangat mengagumkan.


Selain Zeman, Roma juga sukses mendatangkan striker masa depan Italia ; Mattia Destro. Proses transfer Destro yang berbelit-belit karena banyaknya klub yang menginginkan jasanya membuat Roma beruntung bisa mendapatkan pemain yang musim lalu bersinar bersama Siena ini. Dengan Totti sebagai mentornya, Destro diharapkan bisa menjadi penyerang yang mematikan dan bisa memberi prestasi bagi Ill Lupi dan tentunya timnas Italia.


INTERNAZIONALE MILAN


Kekuatan Inter bisa dibilang kurang-lebih sama dengan musim lalu, bedanya kali ini sang pelatih muda ; Andrea Stramacchioni akan menukangi Nerazurri dari awal musim. Bila musim lalu dimana Strama mulai melatih Inter di pertengahan musim mampu memberi serangkaian hasil positif, ekspetasi tinggi tentu disematkan pada pelatih muda ini.


Seperti saudara sekotanya, langkah Inter di pasar transfer tidak terlalu menghebohkan media. Hanya saja sukses mendatangkan Fantatonoi dari AC Milan mengapungkan harapan tinggi pada skuad biru-hitam. Semua orang sudah tahu bagaimana kemampuan Cassano sebagai seorang fantasista. Dengan masuknya Cassano, lini depan Inter siap meneror lini belakang setiap lawannya.


JUVENTUS


Setelah beberapa musim absen, musim ini Juventus kembali merasakan atmosfer Liga Champion. Namun sebelum musim 2012/2013 bergulir para Juventini (re: fans Juventus) harus menyaksikan Juve 'kembali' terkena skandal di dunia sepakbola Italia. Pelatih yang sukses membuat Juve tak terkalahkan musim lalu ; Antonio Conte tidak dapat mendampingi skuad Juventus selama 10 bulan karena hukuman yang dijatuhkan oleh pengadilan Italia.


Dari segi skuad, selain lini depan seluruh lini Juventus terlihat meyakinkan. Dengan tambahan wonderkid Manchester United ; Paul Pogba dan dua pilar Udinese ; Mauricio Isla dan Kwadwo Asamoah, membuat lini tengah Juventus yang musim lalu terpusat di M-V-P (Marchisio-Vidal-Pirlo) menjadi semakin tangguh. Kredit khusus patut disematkan pada Asamoah yang telah membuktikan bahwa dirinya pantas berseragam putih-hitam di beberapa laga awal La Vecchia Signora.


LIGA BBVA


BARCELONA


Perbedaan paling mencolok dari skuad Catalan musim ini ialah tidak adanya sosok Pep Guardiola di bench pemain. Pep digantikan oleh asistennya yang kini menjawab sebagai manajer El Barca ; Tito Villanova. Di tangan Villanova Barcelona masih semenakutkan musim-musim sebelumnya, masih mengandalkan pola tiki-taka, nampaknya hegemoni Barcelona di Eropa masih akan berlanjut musim ini.


Kedatangan Jordi Alba bisa dibilang sebagai transfer efektif yang dilakukan Barcelona pada musim ini, selain juga mendatangkan Alex Song dari Arsenal. Kehadiran Alba bisa langsung mengisi sisi kiri pertahanan Barcelona yang terlihat timpang dengan sisi kanan yang dikawal Dani Alves. Dengan kehadiran Jordi Alba di sisi kiri Barcelona diharapkan serangan Barcelona dari kedua sisi akan menjadi lebih seimbang.


REAL MADRID


Persaingan di liga Spanyol memang terasa milik Madrid dan Barca saja. Dan secara kebetulan kedua tim tersebut bersikap pasif di bursa transfer dikarenakan skuad mereka sudah sama-sama tidak memiliki lubang untuk ditambal. Keberhasilan meraih trofi La Liga musim lalu dan Piala Super Spanyol awal musim ini semakin mengapungkan asa Jose Mourinho untuk kembali mengangkat trofi Liga Champion yang sudah lama tidak dirasakan El Real.


Madrid musim ini bisa dibilang lebih kalem di bursa transfer. Kedatangan Luka Modric dari Tottenham pun dirasa untuk memberikan pelapis dan persaingan kepada Ozil yang dirasa terlalu dominan. Well, setidaknya alasan Modric pindah ke Madrid untuk meraih gelar bisa ia rasakan ketika Madrid memenangkan laga Super Spanyol.



8 komentar:

  1. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Bersabarlah dalam bertindak agar membuahkan hasil yang manis.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  2. Seperti biasa bang, artikel yang lengkap.. :D

    BalasHapus
  3. Aku rasa kamu riset dulu sebelum nulis ini, padat dan berisi artikelmu bang. Jadi jurnalis aja :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doakan saja semoga ane jadi jurnalis sukses Sith :3

      Hapus
  4. saya mampir ke blog seorang penulis,namun saya sendiri adalah seorang penJIPEEELAAAAAAAAAAAAAAAK (_ _"!

    like kang!

    BalasHapus
  5. dan,,, wew... lama ngga ngikutin dunia persepak bolaan.. banyak yang baru ya pemainnya.. :D

    BalasHapus
  6. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    nikmatilah hidupmu agar kamu tidak merasa bosan dalam setiap keadaan.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...