Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

23 September 2012

Kembali Nge-SAI

Ohayou/Konnichiwa/Konbawa minna-san ...

Apa kabarnya kalian? Genki desu?

I hope kalian semua berada dalam keadaan yang sehat wal afiat tanpa ada kekurangan apapun #gaje. Eniwei, sebelumnya gua mau minta maaf bagi yang nungguin postingan terbaru dari blog ini (ada kan? bilang ada aja, biar gua seneng #gaje). Selama beberapa hari terakhir gua jatuh sakit, komplikasi antara demam (panas lumayan tinggi), sakit gigi dan sakit kepala. Alhamdulillah saat postingan ini dibuat kondisi gua sudah baikkan.

Sebenarnya ada banyak artikel maupun tulisan gaje yang ingin gua tulis selama sakit, namun apa daya otak harus di setting ulang untuk terbiasa mengetik rangkaian kata demi kata di blog ini. Ohiya, bagi yang masih setia menunggu kelanjutan cerbung "The Life" yang akan memasuki masa perangnya diharapkan bersabar karena gua masih berada dalam tahap brainstroming.


-- malah OOT --


Eniwei, sebagai postingan pertama setelah sembuh, gua ingin memperlihatkan karya pertama yang berhasil gua hasilkan menggunakan aplikasi Paint Tool SAI. Sebenarnya ada beberapa karya yang sudah gua hasilkan semenjak pertama kali menggunakan Paint Tool SAI, namun apa daya, laptop saat itu harus di-install ulang dan semua data SAI hilang bersamanya #malahcurhat.

Karya kali ini masih merupakan original artwork dari junior ane, si Ghaza Arivano yang juga sedang mencari coloring artist untuk karya-karyanya. Berhubung gua bebas memiliih karya untuk dijadikan bahan "uji coba", maka pilihan gua kali ini jatuh pada ......

Karya awal.
By : Ghaza Arivano
Gambar ini dipilih karena warna hasil scan yang lebih tebal dan 'berkesan' dibandingkan karya lainnya. Selain itu, pakaiannya yang terkesan 'sederhana' membuat gambar ini tidak akan begitu sulit untuk diwarnai (or at least gua berpikiran seperti itu).


Merapikan line.
Untuk bagi merapikan line, gua lakukan secara perlahan. Pertama merapikan bagian rambutnya, mengatur pressure hingga dirasa pas, baru kemudian lanjut ke baju bagian atas. Setelah bagian atas selesai mengatur pressure dan sebagainya baru lanjut ke bagian bawah.

Untuk bunga sakura yang bertebaran tidak diatur ketebalannya. Untuk efek kemudian #tsaah.

Pewarnaan dasar.
Pada bagian ini masing-masing bagian (rambut, kulit, baju, celana, dll.) diberikan layer sendiri. Masih menggunakan warna dasar/utama untuk tiap bagian sebelum nantinya diberikan warna yang lebih gelap (shading).

Pewarnaan shading.
Pada tahap ini warna bayangan (shading) sudah mulai diberikan. Secara pribadi bagian pewarnaan shading ini merupakan bagian tersulit, karena harus memainkan logika tentang dimana dan berapa banyak bagian yang tertutupi cahaya dan menjadi lebih gelap dibandingkan bagian lainnya.

Pada bagian ini juga, bunga-bunga sakura yang menjadi background juga mulai diberikan warna.


Dan tahap terakhir adalah pemberian background. Biasanya gua meng-skip bagian ini karena terlalu melelahkan dan membosankan #lah. Naaaaaah, intinya karena gua ingin memberikan efek yang 'WAH' namun terpaku pada penggunaan photoshop yang sampai sekarang masih belum bisa gua operasikan.

Dan keajaiban pun terjadi #halah.

Efek dari memainkan brush dan water di SAI, gua akhirnya berhasil membuat sebuah background yang (well) bisa memuaskan diri gua sendiri.

Finished.
Artwork by : Ghaza Arivano
Coloring by : Farid Permana Putra Azroel

So, waddaya think? Ini karya (pewarnaan) pertama gua menggunakan Paint Tool SAI semenjak sembuh dan semenjak laptop di-install ulang. Bagi cendolnya kakaaa *lu kira KasKus*.


Eniwei, thanks sudah mau mampir dan membaca ^^v


*Sangat mengharapkan saran dan kritik, maklum namanya juga nubie dalam dunia SAI. Karya ini gua rasa masih kurang sesuatu (meski belum tahu kurang apa) jadi ada kemungkinan akan di-remake lagi dalam waktu dekat/lama. Karena itu mohon bantuannya yach*

14 komentar:

  1. Shading di helai-helai rambut sebelah kiri ada kesalahan, yang lain bagus!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya, itu harusnya di-edit lagi tapi gua keburu lupa. Makasih Fachri :3

      Hapus
    2. Nah setuju sama yg ini, bagian rambutnya :3 sama backgroundnya seperti kurang jreng jreng jadi kesannya plain ke gambar padahal udah kece gambar sama pewarnaannya :3 , coba agak pink - pinky unyu *eh maksudnya agak nuansa pink atau g terlalu gelap biar berkesan guguran sakuranya :3 IMHO :3

      oh jadi om kemarin ngilang itu sakit ya, alhamdulillah sekarang udah sembuh y, semoga gak sakit lagi, aamiin :-)

      Hapus
    3. Makasih sarannya Pipit :D

      Iya kemarin-kemarin ngilang itu gara-gara sakit. Amin, semoga ke depannya nggak jatuh sakit lagi.

      Hapus
  2. gmn itu cara coloringnya? panasaran :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coloring-nya pakai aplikasi SAI. Kapan-kapan dijelaskan lebih mendetail.

      Hapus
  3. hei, bagus bang :O
    kayak nya bagian kepala ga di shading, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Jakur :D
      Itu bagian kepala gua blank mau shading kaya' apa, heu.

      Hapus
  4. Bagus nih om .... Mau nanya nih, itu warna shadingnya tak terlalu gelapkah? Menurut pandanganku sih, tapi gak tau juga sih, soalnya nggak ahli di bidang ginian. ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu gelap yah? Soalnya kalau (menurut gue) dikasih warna 'agak' terang malah kurang gereget shadingnya #IMHO.

      Tapi makasih udah komen bang Rinal :D

      Hapus
  5. kalo gua ga suka warnanya, warna tua semua. shading rambut pun masih kurang, biar keren lancip lancip gitu shadingnya. kalo bisa 3 warna.

    itu samurainya ada 2? :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shading tiga warna? Heemmmm .... dicoba deh. Thanks sarannya Hil :3

      Hapus
  6. kalo gue justru malah suka sama pemilihan warnanya, kalo gue yg warnain gak bakal kepikiran warna kayak gitu, keren..

    tapi shadingnya terkesan kurang 'berani' gitu bang :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang 'berani' ini seperti apa Ram? #gapaham

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...