Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

2 Desember 2012

Cleo, Tekanan Staff dan Member Bukan Hal Baru

JKT48 kembali kehilangan member mereka, setelah sebelumnya Neneng Rosdiana alias Ochi memutuskan untuk keluar (baca: graduate/lulus) karena masalah finansial, kali ini salah satu bintang dari JKT48 yaitu Cleo ikut-ikutan mengundurkan diri dari sister grup AKB48 tersebut. Namun bedanya, kalau kelulusan Ochi diterima dengan lapang dada oleh para member, staff dan fans JKT48, kelulusan Cleo seakan menimbulkan ketegangan antara ketiga elemen penting dari idol group tersebut.

Awal ketegangan dimulai ketika Cleo mengumumkan kelulusan/pengunduran dirinya melalui akun twitter-nya. Dari kicauan yang ia buat pada hari itu secara tersurat Cleo menyatakan alasannya mundur adalah karena tidak tahan dari tekanan yang diberikan para staff kepada dirinya.



Setelah pengumuman mundur melalui kicauan twitter tersebut akhirnya Cleo benar-benar mundur dari idol group JKT48. Tapi berbeda dengan kelulusan Ochi yang terkesan adem ayem tanpa ada berita miring apapun, berita kelulusan Cleo ini menjadi santapan media yang penasaran dengan statement-nya yang berbunyi "Karna Cleo sudah sangat tertekan dengan perlakuan beberapa staff official JKT48".

Akibat statement-nya tersebut nama Cleo menghiasi acara-acara berita selebriti tanah air, dan benar, berdasarkan wawancara yang dilakukan Cleo dengan beberapa media ia menjelaskan alasan mengapa ia memilih mundur sebagai member JKT48 antara lain adalah karena tekanan dari para staff, dirinya yang tidak disukai oleh staff serta menjadi korban bullying member lainnya.

Cleo juga mempermasalahkan staff (JOT) yang memberikannya job berlebihan sehingga ia kesulitan menjalani kehidupan kuliahnya. Cleo pernah mengatakan bahwa padatnya jadwal manggung on/off air hingga theater JKT48 yang dirasanya "dipaksakan" para staff pada dirinya membuat ia sering bolos kuliah.

Selain itu dirinya yang seharusnya 'diperlakukan spesial' karena saat ia audisi Aki-P, sang pemilik Project48 memberinya bintang dua, yang berarti ia seharusnya mendapatkan posisi centre.


Well, untuk informasi. Posisi centre dan leader dalam Project48 manapun ini berbeda. Leader adalah sosok yang sering melakukan MC pada saat tampil atau pun acara-acara lainnya, sedangkan centre adalah sosok yang berdiri paling depan dalam setiap penampilan Project48.

Cleo beralasan salah satu alasan yang membuat ia tidak nyaman berada di JKT48 ialah kehadiran para staff yang ia anggap tidak menyukai dirinya. Cleo menganggap ucapan "Kalau kamu bukan pilihan langsung dari Aki-P, kamu sudah saya eliminasi dari tadi" itu sebagai bukti ketidaksukaan staff terhadap dirinya.

Ditambah lagi ketika ia menerima berita kemalangan melalui telefon, staff memarahinya tanpa memikirkan perasaan Cleo yang sedang sedih karena adiknya yang sedang sakit.

Bisa jadi benar staff tersebut memang membencinya, bisa jadi staff tersebut hanya ingin menguji Cleo.

Kenapa?

Mendapatkan bintang dua langsung dari Aki-P sendiri seakan membuktikan betapa tingginya harapan Akimoto-sensei pada diri Cleo. Mungkin saja staff ingin memberikan 'ujian' bagi Cleo, karena kalau benar ke depannya Cleo akan menjadi centre maka tekanan yang datang dari fans dan (mungkin) member lainnya akan menjadi sangat berat kalau Cleo tidak terbiasa berada dalam situasi tertekan.


"Semakin tinggi pohon semakin kencang angin menerpa"

Seperti peribahasa diatas, ada kemungkinan staff yang menunjukkan 'ketidaksukaannya' kepada Cleo hanya ingin Cleo menjadi kuat, baik secara fisik maupun mental. Karena jadwal tampil JKT48 tidak seperti artis-artis lainnya, mereka dituntut harus bisa tampil dalam performa puncak setiap hari, setiap saat. Apabila Cleo benar-benar menjadi centre dan gampang goyah (baik secara fisik maupun mental) maka akan menurunkan performa JKT48 secara keseluruhan. Karena posisi centre akan menjadi posisi yang mendapatkan porsi perhatian media paling besar.

Jelek-jeleknya, bila memang si oknum staff tersebut memang tidak menyukai Cleo, bukan berarti semua staff JKT48 juga tidak menyukai Cleo. Pasti ada staff yang menyukai dia maupun yang biasa saja. Kalau pun benar oknum staff tersebut tidak menyukainya seharusnya Cleo tidak ambil pusing, karena yang bisa men-shuffle member Project48 adalah Aki-P dan member itu sendiri.

Melody, Rena, Ayana, Cleo
(sumber)
Selain tekanan dari staff, Cleo juga menyatakan bahwa ia kerap menjadi 'korban' bullying member lainnya. Well, mengingat Cleo yang saat audisi telah 'dijanjikan' posisi center oleh Aki-P pasti menimbulkan aroma persaingan diantara para member. Member lainnya pasti pernah (atau bahkan masih) berpikiran "kenapa harus Cleo yang menjadi center? Kenapa bukan aku?", hal ini bisa secara langsung maupun tidak langsung membuat si (oknum) member terlihat di mata Cleo sebagai tindakan bullying (baik dari perbuatan maupun perkataan).

Persaingan dalam idol group pasti terjadi, apalagi dalam memperebutkan posisi center yang secara tidak langsung membuktikan bahwa member yang jadi center adalah member terbaik saat itu (atau di lagu tertentu). Tentunya bintang dua yang diberikan Aki-P pada awal audisi tidak menjadi patokan mati bahwa ia akan selalu berada di barisan terdepan JKT48 dalam setiap penampilannya. Ada kalanya member lain lebih bersinar di saat atau lagu tertentu.

Satu hal yang harus diingat, posisi center itu tidak ditentukan oleh member, posisi center ditentukan oleh manajemen dengan berbagai pertimbangan. Bahkan Atsuko Maeda yang berjuluk "The face of AKB" pernah tiba-tiba digantikan oleh Matsui Jurina di lagu "Oogoe Diamond". Padahal Maeda adalah salah satu member AKB48 dengan fans terbanyak.

Matsui Jurina & Atsuko Maeda

Padahal posisi centre tidak selalu memberikan kenikmatan. Rasa 'kebencian' dari fans yang oshi-nya gagal menjadi center bisa memberikan tekanan yang hebat bagi sang center. Lagi-lagi faktor mental disini dibutuhkan agar ia bisa menjawab 'kebencian' para haters tersebut dengan membuktikan bahwa ia pantas mengisi posisi center.

Belum lagi member yang mendapatkan posisi center akan terus dituntu manajemen untuk memberikan segala kemampuan mereka, jika mereka gagal menampilkan performa yang bagus atau ada member lain yang lebih bersinar maka posisi center dapat direbut member lain. Ini adalah salah satu sistem di Project48 yang bisa dibilang 'kejam' bagi semua member, dimana mereka selalu dituntut berada dalam performa terbaik atau menjadi seorang center hanya menjadi angan.

Pada akhirnya keputusan Cleo mengundurkan diri 'hanya' karena tidak tahan terhadap perlakuan staff dan member lain yang ia anggap tidak menyukainya bisa dibilang menghancurkan harapan Aki-P. Yap, bintang dua yang diberikan Aki-P padanya pasti karena ia melihat bakat besar yang dimiliki Cleo, kalau saja Cleo memilih untuk 'membungkam' semua yang tidak menyukainya dengan penampilan yang mengesankan, bukan tidak mungkin (oknum) staff maupun member yang ia klaim tidak menyukainya malah menjadi pendukungnya.

Keputusannya mundur dengan (sebagian fans mengatakan) menjelek-jelekkan nama JKT48, baik staff maupun member lainnya mungkin bisa dibilang sebagai drama antara Cleo vs JKT48. Tapi sebagai fans yang baik, seyogyanya para wota mendukung JKT48 dengan cara yang 'pintar', bukan dengan cara-cara yang malah dapat menjatuhkan nama JKT48 kedepannya.

Mungkin member lainnya dapat belajar dari pengalaman Cleo ini, bahwa tidak semua yang dilihat dan dirasakan secara pribadi itu benar adanya. Apalagi bila kelak mendapatkan posisi sebagai member yang sekaligus menjadi posisi paling banyak disorot dan dikomentari, baik komentar positif maupun komentar negatif. Para fans juga tak boleh terbutakan 'cinta' mereka kepada oshi mereka, karena setiap member memiliki keunikan masing-masing dan kesempatan yang sama selama mereka mau memberikan yang terbaik bagi JKT48 dan fans mereka.

Ada baiknya para fans dan member melihat perjalanan awal Atsuko Maeda di AKB48. Dari seorang gadis biasa menjadi sosok center tak tergoyahkan hingga mendapatkan julukan "The Face of AKB".

Atsuko Maeda

Atsuko Maeda atau Acchan pada awalnya bukanlah sosok yang begitu dominan di AKB48. Ia memutuskan ikut audisi AKB48 saat melihat poster audisinya, meskipun begitu Acchan tidak berani menghadiri audisi. Hal ini karena pada awalnya Acchan merupakan gadis pemalu. Ia pun akhirnya memberanikan ikut audisi setelah ditemani oleh ibunya, lucunya Acchan malah ingin mundur setelah melihat banyaknya gadis yang mengikuti audisi tersebut.

Meskipun berhasil lulus bersama 23 gadis lainnya, Maeda merasa tertekan dengan salah satu staff, dia adalah Natsu-sensei, koreografer AKB48 yang tidak segan-segan memecat siapa pun yang tidak memenuhi standarnya. Kata-kata favorit Natsu-sensei adalah "Jika kamu tidak kuat, maka keluar!". Kata-kata tersebut mau tak mau memaksa kedua-puluh-empat gadis tersebut (termasuk Acchan) untuk selalu berada di performa terbaik.

Pada saat lagu "Sakura no Hanabiratachi" hanya lima orang yang mendapatkan mikrofon dan Acchan salah satunya. Tapi suasana antar member saat itu lebih sebagai rival daripada seorang teman, dan hal ini menyulitkan Acchan yang saat itu masih pemalu dan tidak memiliki rasa percaya diri, namun ia selalu bekerja keras. Bahkan Acchan selalu menambah porsi latihannya meskipun latihan telah usai.

Sampai saat itu ia sama sekali tidak dipedulikan oleh Aki-P.

*semacam mirip dengan Cleo, tapi Cleo lebih beruntung karena langsung menarik minat Aki-P

Ketika memasuki 2nd stage kondisi baru mulai berubah. Natsu-sensei mengumumkan akan ada posisi center. Dan Acchan menjadi center di lagu "Nagisa no Cherry", namun hal ini tidak disukai Acchan dan ia malah membenci posisi center. Semua karena para member saling menganggap bahwa mereka adalah saingan. Member dengan seumuran dengan Acchan seperti Minegishi Minami dan Hiroshima Natsumi yang harus menari dibelakang Acchan mungkin berpikir "mengapa harus Acchan? Mengapa bukan aku?".

Semua hal tersebut membuat Acchan tertekan, baik dari staff maupun member lainnya. Hingga akhirnya Aki-P mengumpulkan mereka semua dan menyuruh para member untuk mengungkapkan isi hati mereka dengan sejujurnya. Hal ini merupakan langkah brilian dari Aki-P, akhinya para member mengungkapkan isi hati mereka, ada yang mengatakan "aku tidak ingin berada dibelakang Acchan" dan tentu saja Acchan menjawab "Saya tidak ingin menyanyikan 'Nagisa no Cherry' (sebagai center)" sambil menangis. Jawaban Acchan ini membuat semuanya tertawa dan para member menjadi semakin bebas mengutarakan isi hati mereka ke sesama member.

Semenjak saat itu Acchan mulai berkembang menjadi idol yang disukai banyak orang. Meskipun saat itu ia masih berusia 16 tahun, masih memiliki banyak masalah pribadi dan sering mengatakan "tidak" pada semuanya (desakan manajemen), namun Acchan tetap memberikan penampilan terbaiknya dalam event apapun. Hal itu yang menjadikan sosok Acchan menjadi Acchan yang kita kenal sekarang. Ia mengatakan bahwa perkataan Natsu-sensei lah yang menjadi pegangannnya selama mengarungi dunia idol

"Tidak ada rahasia dalam bekerja keras selain tetap bekerja keras!"

(Natsu-sensei)
 
------------------------------------------------

Melihat cerita perjuangan Acchan di masa awal ia meniti karir di AKB48 seakan mirip dengan apa yang dilalui Cleo di JKT48. Yap, JKT48 memang baru setahun berjalan, namun dengan tingginya animo masyarakat JKT48 sebenarnya belum pernah benar-benar mengalami kesulitan mendapatkan penonton. Bandingkan theater pertama AKB48 yang hanya didatangi tujuh orang dengan theater pertama JKT48 yang full-house.

Bagi manajemen ini mungkin sebuah keuntungan, karena JKT48 dengan mudahnya mendapatkan simpati masyarakat. Namun sisi buruknya ialah (mungkin) kurangnya rasa menghargai fans dari sang idol maupun menepikan rivalitas antar member.

Karena memang belum pernah terdengar para member mengungkapkan isi hati mereka dengan sejujur-jujurnya di hadapan para member maupun staff, kebanyakan (atau yang terpublikasikan?) mengumbar perasaan mereka melalui media maupun socmed. Atau mungkin akibat 'budaya' orang Indonesia yang lebih banyak memendam perasaan daripada mengungkapkannya?

Ada baiknya para member selalu mengutarakan perasaan mereka kepada tiap member secara jujur. Selain bisa meminimalisir kesalahpahaman antar member, bisa jadi member yang lain memiliki opini maupun solusi tentang permasalahan yang mungkin dialami member.

Soal staff sebaiknya para fans tidak terlalu 'menekan' mereka. Karena para staff (JOT) kemungkinan sudah di-setting agar selalu bertindak 'kejam' kepada para member demi suksesnya sebuah show. Ingat, staff bukan tim pendukung keberhasilan satu atau dua orang member, tapi staff adalah pendukung keberhasilan dan kepopuleran JKT48 secara umum.

Juga para fans jangan terlalu mendukung oshi-nya secara 'buta'. Jika memang oshi kalian memiliki salah, maka berikanlah saran maupun dukungan agar ia bisa memperbaiki kesalahannya, bukan dengan cara mendukung secara buta meskipun kalian tahu ia melakukan kesalahan. Karena bukan hanya para member yang dituntut berkembang disini, para fans (baik secara sikap dan perkataan) diharapkan bisa membangun member yang didukungnya secara khusus dan JKT48 secara umum.

Keluarnya Ochi dan Cleo memang pantas disesali, tapi bukan berarti kita dapat menghina-hina staff, member maupun fans lain hanya karena kita tidak dapat menerima kenyataan bahwa Ochi dan Cleo keluar dari JKT48.

Karena JKT48 adalah keluarga, keluarga dari AKB48, keluarga Project48 dimana semua yang terlibat disana (member, manajemen/staff dan fans) menjadi satu dan dapat berinteraksi secara 'keluarga' satu sama lain. Bukan seperti artis kebanyakan yang posisinya berada 'diatas' fans.


KEEP CALM
AND
SUPPORT
JKT48


54 komentar:

  1. sip bang bahasannya :D
    btw, sekarang malah kasian sama Aki-P ;/

    pokoknya mudah-mudahan member lain --terutama oshi gue--bisa memetik pelajaran biar lebih dewasa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa kasihan sama Aki-P?
      Kebanyakan sister group jadi dia harus sering pergi-pergi yah?
      Semoga Aki-P selalu sehat.

      Hapus
    2. karena Cleo mengkhianati harapannya :/

      Hapus
    3. oshi lu sapa ram? ghaida? heehe kalo menurut gue ghaida lah yg paling semangat di jkt48, ga semudah itu dia membubarkan impiannya XD

      Hapus
  2. bintang mah gak menjamin jadi center / leader,tapi yg dibintangi ama aki-p tuh menurut dia yg punya potensi,aki-p malah sebener nya mau si shanju yg jadi center,tapi jot malah milih melody,

    cleo itu terlalu berambisi jadi leader.. padahal kan seorang leader harus punya kepribadian yg .... hmm sudahlah lupakan..

    beby aja yg ngga dapet bintang sering jadi center tuh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. like likelike,, udh lama ya..hmm gpp lahh

      Hapus
  3. Satu hal yg ane liat dr perspektif psikologi dsni adl soal Individual Differences.. Staff JOT, member, maupun Fans hrus sadar akan hal itu.. Beda kepala beda jg isinya.. Harapannya adl smg ketiga unsur JKT48 (staff, member, fans) bs menghormati satu sama lain atas dasar Individual Differences itu td.. Karena beda kepala beda pula perlakuannya agar meminimalisir kesalahpahaman2 yg pasti sgt mudah terjadi..

    BalasHapus
  4. Satu hal yg ane liat dr perspektif psikologi dsni adl soal Individual Differences.. Staff JOT, member, maupun Fans hrus sadar akan hal itu.. Beda kepala beda jg isinya.. Harapannya adl smg ketiga unsur JKT48 (staff, member, fans) bs menghormati satu sama lain atas dasar Individual Differences itu td.. Karena beda kepala beda pula perlakuannya agar meminimalisir kesalahpahaman2 yg pasti sgt mudah terjadi..

    BalasHapus
  5. udah lama ga komen disini dan baru liat blog ini lagi ^^v. hmmm, kalo menurut gue mungkin cleo masih belum siap buat jadi idol/artis/superstar atau hal sejenis itu. Karena sesungguhnya, dunia hiburan itu emg keras adanya, jadi emg hrs bnr" punya fisik yg kuat dan mental yg super juara bgt kalo dpt tekanan" gitu. Karena kalo udh di atas panggung, penonton taunya idolanya sdg baik" aja, ga peduli dia lg dlm keadaan tertekan atau enggak krn mau ga mau show must go on.

    BalasHapus
  6. lu masih mau denger pendapat gue? kekeke :p
    good job mate! ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau!
      Tapi di postingan elu ye, biar gereget :D
      Arigatou Funy :D

      Hapus
    2. enggak ah, nambah prahara aja :p

      Hapus
  7. oh jadi begitu toh yg terjadi dg idol grup itu.. keliatan banget mereka grup tapi ga nyatu yak.. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ebbak semua begitu kok, lagian konflik itu udah biasa terjadi, ga cuma di group idol aja. di group blogger juga ada :v

      tergantungtiap memeber menyikapi, ada yg menyikapi itu sebagai ancaman, yg pada akhirnya mereka memilih hengkang,
      ada yg menanggapi dengan dewasa dan menganggap itu resiko berkarir~

      Hapus
    2. ikut nimprung yah, klo mnrut ane yg namanya konflik itu bkan di idol group sja, agan Nonny bsa mlihat d skitar kita, baik d tmpat krja, skolah, pegawai negri, kuliahan, organisasi, LSM, bhkan pmerintah pun tdk luput dri konflik dan ksalahphaman..

      intinya kita hrus ingat pesan Agama (Islam).."d dlam khidupan yg kita jalani, jgn prnah melupakan sabar dan shalat d stiap lngkah dlam hdup"...

      afwan, ane bkan brmaksud mnggurui, tp kita sma@ ambil hkmah dri tiap kjadian.. h_h'

      please, visit :
      kreativitasforall.blogspot.com

      Wasslmkm..

      Hapus
  8. d(-_-)b sama topik yang dibahas...
    posisi center JKT48 nabilah kah?? terlalu muda tapi luar biasa.. :D

    BalasHapus
  9. komemtar ane dari sudut pandang seorang fans
    sepeerti yg di twit akb49 tadi, menurut ane itu masih belum seberapa mengingat perjuangan senior mereka di akb48 yg pada awalnya teater mereka sepi, masih untung jkt48 kecipratan ketenaran akb48. harusnya mereka juga berusaha menjaga nama baik itu bukan malah merusaknya.

    "cuma gitu doang kan? belum pernah disuruh konser dipasar. belum pernah disuruh ngemis penonton buat datang nonton teater dll kan?" wkwkwk *masih ngakak baca twit ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul nih kata sesepuh ^^

      ya memang tidak ada perjuangan yang mudah,tapi hasilnya pasti akan indah pada waktunya

      Hapus
    2. Jangan dijadikan sebuah bahan tertawaan kalau dulu (sekitaran 2005-2006) AKB48 masih memelas kasihan kepada orang-orang supaya datang untuk melihat performance mereka. Malah apa yang dilakukan oleh Cleo ini bisa dikatakan sudah merendahkan atau menganggap sia-sia perjuangan AKB48.
      Terobsesi untuk menjadi Center, bukanlah tipikal family 48 (baik AKB/SKE/NMB/HKT).
      Saya sarankan untuk melihat Documentary of AKB48 To be continued, Show must go on, The future 1mm ahead, dan Kin SMA SP Troubled Time untuk mengetahui apa yang sudah diperjuangkan AKB48 selama ini.
      Dan seharusnya, member JKT48 pun disungguhkan documentary ini (termasuk ex member)

      Hapus
  10. Semoga Cleo membaca ini....dan mudah-mudahan dengan pencerahan ini...Cleo sadar bahwa apa yang sudah dia lakukan adalah kesalahan fatal...apalagi membuat statement negatif yang menyudutkan rekan2nya, JOT maupun JKT48 sebagai Idol yang mengangkat namanya dan membuatnya bisa tampil di Tokyo Dome dan stasiun TV Jepang...yang jarang bahkan mungkin belum pernah dilakukan artis Indonesia.

    BalasHapus
  11. buat yang sering nonton teaternya dan menonton dengan benar-benar seksama termasuk pada setiap detailnya, bakalan enggak kaget dengan keluarnya Cleo. :D

    saya ingat bagaimana Cleo mengibaratkan dirinya sebagai singa dengan pemaknaannya yang luar biasa. lain dengan member lainnya yang bahkan memilih jadi kutu rambut yang bisa ikut kemana saja idolanya pergi atau sebagai beruang yang enak dipeluk. :D




    BalasHapus
  12. dari sudut pandang yang hobi dengan musik di radio, sehingga saya tidak terlalu aware mungkin ya dengan keadaan sacara fisik...

    mudah2an secara musikalitas tidak merubah JKT48 menjadi mundur.. :)

    BalasHapus
  13. good kob. . .
    bhasa postingan ny cukup bagus. . .
    bikin trharu bwt di baca. . .

    n Q brharap kdepan ny, smoga gk ad lgi member JKT48 yang grad d tgh jalan dgn alasan yg "mungkin" tdak bsa d trima oleh para fans JKT48. . .
    Amien

    BalasHapus
  14. postingannya bkin gue gak bza komen bnyak...
    cma brharap JKT mampu menjaga reputasi & profesionalitas dalam berkarya di industri musik tanah air :)

    BalasHapus
  15. sumpah keren...
    gakrugi bang gue baca tulisan ini...
    yah ada benernya sih tindakan musyawarah yg dilakukan pak aki...
    semoga itu bisa diterapkan juga kelak disini...

    BalasHapus
  16. berarti dari postingan diatas, bisa disimpulkan kalau adanya keterbukaan baik dari pihak management AKB48, Produser (Aki-P), dan para member. Pertanyaannya, apakah JOT sudah melakukan keterbukaan seperti yang dilakukan management AKB48 kepada para membernya?? kalaupun belum dilakukan oleh JOT, sudah pasti Cleo melakukan statement seperti itu, namun kalaupun sudah, pasti cleo juga tidak akan melakukan statement seperti itu. Tapi juga sangat disayangkan tentang statement cleo di media massa, seharusnya cleo memberikan solusi, bukan menjelek-jelekkan JOT. Orang Bijak pernah bilang "Apabila kamu ingin melakukan suatu kegiatan maka masuklah dengan baik-baik, dan keluarlah dengan baik-baik juga, karena itu akan memberikan dan membawakan kesan yang baik di lingkungan sekitarmu".

    BalasHapus
  17. wah, postingan panjang yg ga rugi buat dibaca. sip lah, jd ngerti seluk beluk JKT-AKB48.

    cleo emangharus baca ini. gw yg bkn fans sejati JKT48 aj bs liat klo dia emg pinter, tp terlalu ambisius.
    smg dgn ini Aki-P bs mlakukan ssuatu untuk mempererat kekompakan mrk.
    ah, sy jd makin kagum sm acchan :D

    BalasHapus
  18. Umm...itu kenapa mereka cakep-cakep yah? :|
    Apalagi Atsuko Maeda. Sayang gue cewek, kalo kagak mah udah gue kawinin :))

    Ngomong-ngomong postingan abang kereeen!! Gue yang kagak ngerti sekarang makin gak ngerti. Muehehehhehe~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. -_-

      Err... itu pujian atau apa Na?

      Hapus
  19. @farid Azroel gua pengen member baca ini sampai selesai bro (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pengen kaka Rangga #yakalibisa

      Hapus
  20. bahasanya sam tulisannya... dan isinya bagus!!! ini nih blog kece~ supportt JKT48! anyway seharusnya cleo jangan menjelek2an staff dan member lain di JKT48. kayaknya dia main drama deh minta dikasihani dari cara ngomongnya-_-

    BalasHapus
  21. Klo sikap si ratu mesir kaya gini, kebanyakan orang malah anggep dia artis baru yang kebelet jadi center.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama saya baca artikel ini dan saya saat itu belum tahu apa-apa tentang cleo juga saya beranggapan cleo itu artis baru muncul yang punya ambisi gede buat jadi center. ambisi sih boleh, tapi ya jangan gitu.

      Hapus
  22. Eyahhh sistem battle royale ditubuh JKT48 mulai keliatan,kecemburuan pr member untuk bisa tmpil eksis di depan pasti terjadi lah! secara jmlh member yg bejumbel gt belum lagi skrang kl diliat2 yg tampil di tv/iklan yg ngeksis itu2 aja -.-". Kalo g kuat mental y kputusanny gda lg slain kluar (pasti kebanyakan member galau mikir gini), ga salah menurut gw soalnya didunia kerja yg paling utama di butuhin ya "rasa nyaman" kl hal itu ga ada gimana mau fokus, gimana mau semangat dll yg mesti dibenerin tuh dalemny jkt48 kesolidan,saling menghargai bener2 mesti di bangun! krn mereka ga ngerasain ssusah itu bisa ngeksis di tv ky kakany ya gimana mau solid? Mereka toh ga ngerasa sm2 susah, alhasil persaingan n kcmburuan yg terjadi.
    Dan kl menurut gw sih sistim idol group ga ccok di adain di Indo. Toh Orang awam jg gbs ngbedain IG ama GB,belum lagi cmn jkt48 doang yg py label idol ya susah buat dikategorikan di acara musik apapun. Gelombang bsar fans yg ngdukung jkt48 itu pun kebanyakan pecinta jepang n pndukung akb48, coba mana anak kecil?mana ibu2? Kalo gda klompok ini jkt48 debutpun ga akan se-booming ini jadi berterimakasihlah jkt48 karena membawa embel2 sistermu dan negara jepang dibelakang km jd ga di maki2 deh meskipun performny lipsync trusss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pedes amat yach komennya....
      kalo soal lipsync kaya'nya bukan cuma jkt48 & sisternya girlband & boyband indonesia juga buanyak tuh ngejiplak pula...
      lihat sisi positifnya aja
      oke kawan

      Hapus
  23. jujur.. kok kaget gue.. baru tau noh berita, waduh.. apa member lainnya kena gitu, trus mereka sembunyiin ya? tau ah.. smoga dapat selesai dengan baik baik .salam kenal+folback nyokk di www.jombloangkut.blogspot.com muhehehe

    BalasHapus
  24. MasiH gtu doank dah KO,,
    tekanan segitu doank mah masih kecil,,
    asal tau aja,artis2 korea itu memiliki tekanan yg lebih besar,dari jadwal panggung mereka yg tiada henti smpai tekanan dari para fans mereka' tp mereka hadapi smua nya dengan mental yg kuat,,sampai mereka benar2 dikatakan sebagai seorang Idol,dan mencapai puncak ke popularan mereka' contoh nya SNSD dan SUJU,,yg terbentuk dari SM entertaiment,,ajang pencarian bakat dikorea,,yg sudah melahir kan artis2 besar korea,,dan smua nya emg gak mudah' jika dilandasi dengan niat dan keyakinan smua akan mampu di gapai'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi, mereka dijamin ketenarannya. AKB48 ?? :)

      Hapus
  25. baru baca artikel ini..
    bintang 5 buat kk xD

    "Atau mungkin akibat 'budaya' orang Indonesia yang lebih banyak memendam perasaan daripada mengungkapkannya?"

    jujur aja, dari awal JKT diumumkan akan dibentuk di Indo saia udah sangsi gara2 bakal ada "bentrokan" budaya macam gini. Tapi yah.. mikir positif ajalah, semoga kita sebagai fans bisa mengambil sisi positif dari pembentukan 48family di sini :)

    @Rangga Oetama setuju. sekalian staf2nya+fans baca artikel di atas..

    sekali lagi, nice article ^_^

    BalasHapus
  26. seharusnya ni JKT48 nonoton Filmnya AKB0048,, disana banyak pelajaran yg bisa di petik untuk menjadi seorang idol... mulai dari persahabatan, persaingan, bahkan cara mencintai Fans yang membenci idolnya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manga AKB49: Renai Kinshi Jorei juga menceritakan perjuangan idol dari 48Family kok.

      Hapus
  27. baru baca artikelnya nih. bagus banget. berpikir positif,akan membuat kita jauh lebih kuat. sayang cleo kluar. tp ya,member yg lain jd punya pelajaran. gmana baiknya menyikapi.bisa belajar juga dari sister idolnya. akb48. ganbatte

    BalasHapus
  28. postingannya bagus & jelas *good job*

    jujur walaupun saya cewe.. tapi saya udh ngikutin perkembangan JKT48 slagi masih audisi gen 1 baru dibuka.
    alasannya ya krn saya suka yg bhubungan dgn Jepang. dan mendengar klo bakal ada JKT48 yg notabenenya 1st sister of AKB48 (well..awalanya saya jg bkn fans akb48,cuma sekedar tau aja) tp krn ada kata2 Indonesia yg pasti bakal bisa dikenal di masyarakat Jepang, pasti saya dukung. daaaaaan setelah smua member gen 1 terpilih, saya langsung milih Cleo jd oshi saya, krn saya liat dy pny mimpi yg besar dan dr cara bicaranya orangnya jg dewasa.
    tapi ketika yau cleo menulis twit itu..pandangan saya ke cleo brubah seketika. saya bukannya membela staf JOT atau member lainnya.. tp saya menyanyangkan tindakan cleo yg tlalu krg sopan. seharusnya cleo tau dlm dunia entertainment pasti bakal ada senggol2an..dlm dunia kerja(slain industri hiburan)itu aja banyaak.. cuma dianggap profesiobalnya ya bisa menjaga image suatu lembaga.organisasi/tmpt kerja dy bernaung.
    menyalahkan orang lain secara terbuka malah menunjukkan cleo minta dikasihanin..ya lebih tepatnya nyari dukungan biar dy ga dianggep salah.
    tapi sayang.. cara dy salah besar, dgn cara membeberkan smua rahasia perusahaan itu bkn etika yg baik.
    saya sih bersyukur aja, klo cleo bkn dijadikan center atau bahkan leader di JKT48. krn saya ga bakal ngebayangin klo ada center atau leader yg ga humble kya gitu.
    sorry, klo kata2 saya rada sinis (apalagi klo disini ada yg cleovers sejati), saya bkn cleo hater koq. saya tetap support aja bwt cleo diluar sana. sukses aja buat dy.
    ya mudah2an dy bs ambil hikmah dr apa yg dy prnh alami untuk kedepannya.
    ingat ya guys... klo idola ada salah, qt jg hrs bs bpikir positif dan jgn ngikutin seolah2 idola qt slalu benar.. alangkah baiknya klo fans jg bs kritikan&saran bwt idolnya klo salah. caranya? lwt twitter jg bisa,cumaaa...kata2nya yg sopan jg.
    yaa..pokoknya saya tetep dukung JKT48, krn mrk jg itu sbg duta untuk mengenalkan Indonesia ke dunia luar khususnya Jepang. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  29. semuanya boleh saja menilainya, menghakiminya dan membencinya. tapi jika kalian berada di posisinya? masihkah kalian akan melakukan itu?



    kalian ini sudah terbius dengan jepang dan melupakan budaya sendiri. jepang dan indonesia itu berbeda.

    BalasHapus
  30. baru tahu ceritanya kayak gitu, betah banget deh ajdinya baca blogmu sampai akhir... oshi gue sih nabila, cindy nd haruka, hehehe...
    oya, kebeneran banget lagi bikin puisi yang terinspirasi dari lagu gomen ne summer, komen yaaa...

    BalasHapus
  31. Tulisan yang bagus gan ! (y)
    Ane baru tau ternyata banyak hal yang tersembunyi.
    Dari 3 elemen (Staff,Member,Fans) .

    BalasHapus
  32. Berita lama yang tetep asik dibahas, Mas... Hahaha.....

    Tapi jangankan di JKT-nya, AKB-nya juga sama... Berikut SKE, NMB, dan HKT.... Banyak member yang milih ngundurin diri (Bukan graduation lho)... Tekanan di idol group emang besar banget.. Apalagi ada aturan di idol group yang harus dipatuhi: gak boleh pacaran...

    Hingga sekarang ini, kasus Cleo udah ilang bak angin... Pihak JOT sama Aki-P udah cuek bebek malah... Mungkin bagi mereka, ini semacam seleksi alam.. Yang kuatlah yang bertahan... Mungkin itu juga kali yah yang mendorong Ghaida batal graduate... Apalagi dia sempat di-banned JOT....

    BalasHapus
  33. sekarang ini (setelah keluarnya cleo) ada gak sih yang ngerasa para member pada berambisi buat jadi center? saya rasa tidak. karena melody dengan sifat nya yang care, galak2 tegas, itu membuat dia disayang dan dihormati.

    persaingan member saya rasa cuma kebagian/tidak di single2 baru maacam river/yuuhi. dan itu pun kalau teman2 lihat, stella malah nangis, padahal dia kepilih. kenapa? krn sedih tmn2nya ga dapat. dan rica yg jelas2 bilang: aku sedih krn mereka ga kepilih, karena aku pernah berada diposisi mereka. jdi gw rasa kekeluargaan di JKT ini udah luar biasa. udah ga mikir ke rivalitas lagi. udah jadi adik-kakak.

    sekian, maaf kalo ada salah kata

    BalasHapus
  34. Ya, JKT48 sekarang kekeluargannya kerasa banget karena Melody juga sebagai center sangat perhatian kpd semua member.Dia juga tegas dan berwibawa, dan senyuselalu menghiasi bibirnya.Kalo ada wawancara juga gak ada yang motong2 pembicaraan diantara member.Sukses terus buat JKT48

    BalasHapus
  35. manajemen Jepang emang gitu, komitmen, produktivitas, disiplin memang yg paling dituntut. pas audisi Gen 2, JOT sbg yg menseleksi peserta juga udah bilang jika kalian(peserta audisi Gen2) berhasil diterima di JKT48 maka hari" yg dilalui akan jauh lebih berat daripada hari" pas audisi.
    sbnrny sistem manajemen jepang yg disiplin udah gak aneh. ada tmen gw yg kerja sbg perawat di jepang pas jaga di RS ga boleh duduk, HP ga boleh aktif, pas jaga malam setiap sejam sekali harus periksa seluruh kamar di RS termasuk kamar jenazah udah gitu klu ada pasien yg bunyiin bel dikamarnya harus cepet2 di datengin ga boleh lebih dari 5 menit. tapi semuanya wajar krn akhirnya dibayar dgn gaji yang jauh lebih besar daripada jadi perawat di Indonesia. ada lagi tmn ane magang di perusahaan tekstil di jepang ga boleh pulang kerja gara2 belum nyelesain kerjaannya meskipun dia nangis2 tetep aj ga boleh pulang(akhirnya dy pulang tengah malem pas selesai kerjaannya)...... (Sorry jadi curcol)

    BalasHapus
  36. pingin masuk JKT48 tapi persaingannya serem, hiiii ;w; kayak pelatihan militer versi cewek

    BalasHapus
  37. coba cleo bertahanan dikit lagi, dia pasti jadi bintangnya jekeiti. apa cleo gatau sistem nya 48group emang kayak gitu? entahlah. but, bintang 2 ga mesti jadi center, acchan aja gapunya bintang2an bisa jadi center. yah, saya akui cleo emang bisa dibilang lebih pengalaman di dunia entertainment dibanding member lainnya, bukan berarti berpengalaman musti jadi center, tergantung orangnya gimana, kalo orangnya cuma manfaatin bintang 2 ya gak bakal jadi apa-apa, tapi kalo emang kerja keras jadi center bahkan leader pun bisa-bisa aja aslinya. sekian~

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...