Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

18 Desember 2012

Kenapa Harus Mengidolakan 48Family?

Semenjak kehadiran JKT48 di Indonesia, kesadaran masyarakat Indonesia tentang dunia 48Family seperti budaya Jepang, berbahasa Jepang (meskipun cuma sekedar oyasumi atau ohayou) hingga pastinya dunia idoling semakin bertambah. Hal ini sejalan dengan misi Akimoto Yasushi yang ingin memperkenalkan AKB48 dan semua sister group-nya secara internasional, dalam hal ini Indonesia menjadi negara pertama yang mendapatkan sister group (baca: JKT48).


Pada awalnya mungkin yang tahu dan menyukai musik JKT48 adalah mereka yang sebelumnya sudah tahu mengenai AKB48 dan musik Jepang, namun sekarang para penggila JKT48 (baca: wota) sudah membludak, sampai-sampai mereka yang sebelumnya terkesan apatis dengan budaya dan musik Jepang mendadak menjadi penikmat musik Jepang akibat munculnya JKT48 di industri musik Indonesia.

Ada juga yang mulai menyukai JKT48 karena wajah-wajah member-nya yang memang sedap dipandang. Itu merupakan hal wajar, karena dalam dunia entertainment memiliki parah wajah yang bisa menarik fans menjadi salah satu modal menjadi berharga untuk mendapatkan penggemar. Tapi hanya sebatas itu alasan seseorang menyukai JKT48 (baca: 48Family)? Sebenarnya ada beberapa alasan lain bagi seseorang untuk menjadi penggemar musik 48Family. Berikut diantaranya.

1. Musik

Akimoto Yasushi
Jenis musik menjadi alasan paling mudah untuk membuat mereka yang sebelumnya tidak mengetahui apa-apa tentang 48Family untuk menyukainya. Dengan sebagian besar musik 48Family (AKB48, SKE48 dan JKT48) yang ditulis oleh Akimoto Yasushi-sensei yang sudah menulis lagu semenjak ia berada di SMA.

Rata-rata musik Aki-P (nickname Yasushi-sensei) seperti lagu-lagu Jepang pada umumnya. Memiliki makna tersirat namun tetap mengutamakan 'rasa' agar para penikmatnya tidak bosan. Sangat jarang (atau mungkin tidak pernah?) Yasushi-sensei membuat lagu tentang kesedihan maupun rasa suka/cinta yang berlebihan.

Hal ini karena (mungkin) dipengaruhi budaya Jepang yang penuh filosofi. Selain itu untuk lagu 48Family yang kebanyakan bercerita tentang perjuangan cinta seseorang agar cintanya diketahui orang yang disukainya. Lagi-lagi ini merupakan kehidupan Jepang pada umumnya dimana bila seorang gadis menyukai seorang lelaki, maka kebanyakan sang gadis yang akan mengungkapkan perasaannya dulu dibanding lelakinya yang menyatakan ke gadis. Jadi jangan heran apabila banyak iklan 48Family di Indonesia dimana member-nya memberikan surat cinta ke seorang lelaki.


2. Koreo

AKB48

Karena berkonsep idol group maka koreografi dalam lagu menjadi hal yang mutlak bisa dikuasai para member 48Family. Meski sangat jarang koreo 48Family yang menuntut kerapihan dan ketelitian tinggi per gerakan, namun ekspresi para member saat menyanyikan sebuah lagu adalah 'koreo yang sesungguhnya' dari 48Family.

Hal ini sangat penting karena konsep 48Family itu menuntut para member untuk bersikap manis kepada para penggemarnya. Jadi para penonton tertarik mendengarkan lagu-lagu mereka karena sikap manis dan bersahabat para member, bukan karena koreo yang bisa membangkitkan hawa nafsu seperti musisi lain yang menggunakan koreo 'pembangkit nafsu'.


3. Everyday Show

JKT48 Theater

Karena konsep 48Family adalah 'idol yang bisa ditemui setiap hari', maka kehadiran sebuah theater sebagai pendukung konsep tersebut menjadi sebuah keharusan. Sampai saat ini semua sister group AKB48 telah memiliki theater masing-masing. Hal ini menjadi para penggemar tidak perlu menunggu-nunggu kapan idola mereka akan tampil, berbeda dengan artis lain kebanyakan yang bergantung kepada jadwal show dari pihak lain, 48Family pasti akan selalu memiliki show pribadi di theater mereka selain show di acara lain.


4. Member Yang Banyak

SKE48

Efek dari theater yang membuat 48Family harus bisa tampil prima setiap hari adalah banyaknya member yang berada dalam satu group. Hal ini tentu untuk merotasi para member agar tidak kelelahan dan setiap member mendapatkan pengalaman berada di atas panggung.

Banyaknya jumlah member juga berarti makin besar kemungkinan mendapat member yang disukai. Hal ini karena tipe member yang disukai setiap orang itu berbeda-beda, perbedaan wajah, suara, performa, bahkan sikap dan sifat tiap member bisa menjaring fans yang lebih besar lagi. Bagi fans juga kemungkinan melihat sosok ideal mereka dalam diri seorang idol menjadi lebih besar.


5. They're Idols !!

Sayaka Yamamoto (NMB48)

Alasan terakhir mengapa kalian harus mengidolakan 48Family adalah karena mereka adalah idol/idola. FYI, idol di Jepang itu bisa dibilang sebagai all-around-artist yang berarti mereka harus bisa menempatkan diri di berbagai acara agar para penggemar terhibur. Meski kebanyakan melalui musik, para member 48Family juga kerap muncul di beberapa acara reality show, drama, dan iklan.

Namun perbedaan sebagai seorang idol bagi member 48Family adalah mereka lebih membumi terhadap penggemarnya. Paling mencolok adalah ketika show di theater para member kerap kali melakukan kontak mata dengan penggemarnya, hal ini menjadikan para fans merasa dekat dengan sang idola. Event-event lain seperti handshake event juga rutin diadakan agar para fans merasa dekat dengan idolanya dan sang idola juga dekat dengan fans, semua ini agar sang idola terkesan menjadi pihak yang harus diagung-agungkan oleh fans.


--------------------------

Tadi itu adalah beberapa alasan mengapa seseorang harus mulai mengidolakan 48Family, sekali lagi 48Family itu bukan hanya satu grup saja, tapi merupakan keseluruhan grup yang berada dibawah naungan dan arahan Aki-P. Mungkin ada juga orang yang mulai kegiatan idoling atau mengidolakan 48Family bukan dari alasan yang dituliskan diatas. Well, itu sendiri kembali kepada individu masing-masing.


6 komentar:

  1. gue berusaha suka tapi gabisa, jadi... gue netral doang, suka enggak, gak suka juga enggak :|

    BalasHapus
  2. bener banget yg koreo dan wajah cute/sikao manis. gue suka akb48 setelah nonton MV kimi no koto ga suki dakara
    disitu aki takajo dan rena matsui cute banget... aaah
    karna gue juga suka jpop juga jadi mudah aja nerima mereka <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, ane langsung terpikat gegara lihat tampang Yuko yang kawaii di Heavy Rotation.
      Karena dari bocah udah demen J-music jadi gampang nerima jenis musik sister grup yang lainnya.

      Hapus
    2. langsung terpikat dengan PV Heavy Rotation juga dengan korea lempar lempar bantal (?) setelah itu nonton PV ponytail to shushu *aaaaaaaa ><

      Karena dari kecil sudah suka musik jepang jadi suka 48 family juga deh..

      Hapus
  3. Kadang senang aja lihat koreonya, tapi nggak sampai mengidolakan :)

    BalasHapus
  4. saya juga sebenarnya suka dan fans dengan 4family, tapi ya masih awal awal. yang saya suka itu sebenarnya lagu lagu yang easy listening dan artinya yang menyentuh. support 48family!! :D

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...