Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

23 Februari 2013

Area no Kishi [ Anime Review ]

MENGANGGAP dirinya tidak berbakat dalam sepakbola, Kakeru Aizawa memilih menjadi manajer klub sepakbola sekolahnya sementara sang kakak, Suguru Aizawa menjadi pemain bintang yang bahkan sudah menembus tim nasional Jepang. Namun Kakeru dianggap memiliki bakat yang luar biasa menurut Suguru.

Kakeru yang menolak anggapan bahwa ia memiliki bakat di sepakbola sering berdebat dengan sang kakak. Semua menjadi semakin seru ketika Seven, gadis yang merupakan rekan mereka semasa sekolah dasar kembali ke Jepang. Cerita berlanjut saat Seven bersama Aizawa bersaudara berjuang menembus level nasional, dan bahkan internasional!


Sinopsis 

Suguru Aizawa merupakan pemain muda asal Jepang yang mulai diperhitungkan bakat sepakbolanya. Beberapa klub asal Spanyol mulai menunjukkan minat kepadanya namun Suguru masih berniat menyelesaikan sekolahnya di Jepang. Suguru memiliki adik yang setahun lebih muda bernama Kakeru, Kakeru menganggap dirinya tidak berbakat dalam sepakbola, tapi karena rasa cintanya pada dunia sepakbola ia memilih menjadi manajer di SMP mereka.

Namun Suguru tidak sependapat dengan adiknya tersebut, ia menganggap Kakeru memiliki kemampuan yang lebih hebat darinya sebagai seorang Knight. Untuk itu Suguru selalu bersikap keras kepada Kakeru, bahkan memaksanya berlatih bersama tim sekolahnya.

Pada saat Kakeru masih menolak anggapan bahwa dirinya berbakat, Seven, rekan setim mereka saat SD akhirnya kembali ke Jepang setelah bertahun-tahun tinggal di Amerika. Seven yang bernama asli Nana Mishima sudah ditaksir Kakeru semenjak dulu, karena kehadiran Seven juga Kakeru akhirnya mau menerima ajakan Suguru untuk bermain sepakbola.



Di pertandingan tersebut Kakeru menunjukkan kemampuannya, meski tidak terlihat dengan jelas namun banyak rekan mereka yang mengakui kemampuan Kakeru sebagai penyerang. Namun Kakeru masih menolak dengan keras bahwa ia berbakat. Malam harinya mereka bertengkar karena Suguru mencoba meyakinkan Kakeru bahwa ia berbakat.

Setelah semalaman bertengkar keesokan harinya mereka akur kembali. Dalam perjalanan ke sekolah Suguru masih mencoba meyakinkan Kakeru tentang bakatnya, kali ini dengan lebih tenang. Kakeru tampaknya mulai mendengarkan perkataan kakaknya tersebut, namun malang, sebuah truk yang kehilangan kendali mengarah ke arah mereka. Suguru secara refleks mencoba menyelamatkan adiknya, namun mereka tertabrak dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Kakeru yang siuman baru menyadari bahwa dirinya selamat dari kecelakaan tersebut, namun kenyataan pahit harus ia terima ketika mengetahui sang kakak telah meninggal. Dirinya menjadi semakin depresi setelah mengetahui bahwa jantung yang ia gunakan sekarang merupakan donor dari Suguru. Suguru meninggal demi menyelamatkan dirinya.



Semenjak saat itu Seven selalu menemani Kakeru atas saran dokter. Seven pun melihat ada perubahan dalam diri Kakeru, semenjak saat itu Kakeru memang mulai menekuni sepakbola dengan bakat sebagai seorang striker, namun terkadang Kakeru berubah, baik dari sikap maupun kemampuan olah bolanya menjadi mirip Suguru yang seorang gelandang. Entah itu efek dari jantung yang di donorkan Suguru atau memang bakat asli Kakeru. Sejak saat itu Kakeru mulai menekuni sepakbola dengan cita-cita menjadi pemain yang lebih hebat dari Suguru.

Mampukah Kakeru melanjutkan impiannya? Dan bagaimana dengan Seven yang ternyata juga menarik perhatian pelatih tim nasional sepakbola wanita Jepang?


Karakter

Kakeru Aizawa

Adik Suguru ini pada awalnya merupakan seorang penyerang, namun akibat kelemahannya menggunakan kaki kiri dan kejadian sewaktu SD ia memilih menjadi manajer ketimbang pemain. Setelah kejadian tabrakan yang merenggut nyawa Suguru, Kakeru mulai mengejar mimpinya menjadi pemain sepakbola setelah membaca diary Suguru.

Untuk meningkatkan kemampuan olah bolanya ia biasanya berlatih sendirian di taman, suatu hal yang sudah lama diketahui oleh Suguru. Setelah kematian Suguru ia berlatih bersama Seven untuk mengembangkan kemampuan dribbling dan insting mencetak golnya.

Nana Mishima (Seven)

Manajer tim sepakbola SMA dimana Kakeru meneruskan sekolahnya. Seven merupakan rekan setim Suguru dan Kakeru dimasa mereka masih SD, namun karena suatu alasan Seven harus meninggalkan Jepang dan melanjutkan sekolah di Amerika. Gadis ini juga merupakan orang yang disukai Kakeru.

Meskipun perempuan, namun kemampuan olah bola Seven bisa disamakan dengan Suguru, ia bahkan menjadi pemain tim nasional wanita Jepang sembari merangkap menjadi manajer. Suguru banyak belajar dari pemain yang berjuluk "The Little Witch" ini.

Suguru Aizawa

Kakak Kakeru sekaligus harta karun tim nasional Jepang. Bakat Suguru sebagai gelandang (atau menurutnya, King) lapangan tengah sudah banyak memukau dunia sepakbola U-17, ia bahkan sempat diincar untuk bermain di Liga Spanyol. Namun Suguru berniat menyelesaikan sekolahnya di Jepang sebelum pindah ke luar negeri.

Suguru menjadi orang pertama yang menyadari bakat Kakeru, ia bersikap keras kepada Kakeru karena adiknya tersebut selalu lari dari kenyataan bahwa ia pemain yang berbakat. Suguru meninggal dalam kecelakaan mobil karena menyelamatkan Kakeru, ia juga mendonorkan jantungnya agar sang adik dapat bertahan hidup.


Review

Anime bertemakan sepakbola ini dapat dikatakan menarik karena menceritakan cerita sepakbola tanpa ada embel-embel jurus jitu yang tidak masuk diakal. Perjalanan hidup Kakeru setelah selamat dari kematian berkat Suguru juga menarik untuk diikuti. Cerita sepakbola seperti biasa ini juga mengangkat tema turnamen sepakbola SMA, namun bedanya anime Area no Kishi ini juga menyertakan pertandingan Piala Dunia U-17, olimpiade dan Piala Dunia Wanita.

My Rating : 7,5 / 10


9 komentar:

  1. Gue udah nonton ampe tamat Bro.. endingnya gantung banget deh. ceritane bagus... yang gak wah itu endingnya di seri 37.. Gue sempet mangap-mangap pas tau endingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, jangankan animenya, bahkan manga-nya masih ngegantung. Semoga bisa dilanjutin sampai benar-benar tamat bro :D

      Hapus
  2. gue lebih suka Ginga e Kickoff bang ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua malah baru pengen nonton Ginga :v

      Hapus
  3. wak nggak terlalu ngikutin anime bang, kecuali yang seru2 kek gini menarik nih nggak ada tendangan harimau dll :D

    BalasHapus
  4. hohoho jadi tertarik pengen liat apalagi ada sepakbola wanitanya, nunggu temen donlot aja deh. :D

    BalasHapus
  5. coba ntn giant killing deh...
    kemaren sempet2 ntn dan baca anime itu, sisi ceritanya keren..
    melihat dari segi pandang pelatih bola, supporter dan pemain

    skali2 maen ke cerita cinta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pernah nonton anime-nya dan lagi baca manga-nya (online). Emang keren Giant Killing :D

      Hapus
  6. Chara terkuat malah meninggal, jadi inget Shoot! dgn Kubo Yoshiharunya.

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...