Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

21 Februari 2013

Plagiat Tulisan Blog

PLAGIAT dalam dunia nge-blog biasanya terlihat dari digunakannya hampir seluruh isi postingan sebuah blog/media online lainnya yang dimasukkan dalam blog/media online lainnya tanpa melalui proses perizinan dengan si pemilik tulisan asli sebelumnya.

Biasanya mereka yang menyalin tulisan dari suatu blog dalam blog mereka sendiri beralasan ingin membantu menyebarkan informasi agar lebih diketahui masyarakat luas. Namun kegiatan tersebut dapat membuat risih mereka yang susah-susah mencari inspirasi untuk menulis postingan tapi harus merelakan traffic blog mereka 'dirampas' blog lain.

CARA MENYEBARKAN POSTINGAN YANG SALAH

Mayoritas mereka yang melakukan plagiat postingan blog orang lain beralasan ingin menyebarkan informasi yang diberikan suatu postingan ke dalam jaringan komunitasnya. Namun sebenarnya dengan meng-copy-paste tulisan miliki orang lain mereka dapat dikatakan telah melakukan sebuah kesalahan.

Karena apabila memang ingin menyebarkan informasi, maka mereka tidak perlu menyalin seluruh postingan untuk kemudian dibuat postingan baru. Mereka sebenarnya hanya cukup menyebarkan link url dari postingan tersebut di situs jejaring sosial atau media apapun tempat mereka ingin menyebarkan informasinya.

Beberapa blogger juga seringkali beralasan "sudah mencantumkan sumber informasinya darimana". Hal tersebut memang wajar dilakukan, namun itu terlihat 'wajar' apabila hanya mengutip beberapa bagian atau kalimat dari blog tersebut, bukan menyalin keseluruhannya. Kebanyakan blogger (khususnya pemula) seringkali salah kaprah dalam masalah pencantuman sumber tersebut.

Yang membuat para blogger risih dengan kegiatan plagiat ini adalah kemungkinan traffic dan pengunjung karena google tidak dapat membedakan tulisan mana yang asli dan yang plagiat. Hukuman bagi blogger (yang menggunakan blogspot) yang hobi melakukan plagiat antara lain ialah dapat dihapus blog mereka oleh pihak blogspot.

Untuk lebih lengkap bagaimana cara mengetahui apabila postingan blog kita di-copas orang lain, melihat metode memberitahu google tentang tulisan kita yang di-copas serta hukuman bagi mereka yang mem-plagiat dapat dibaca selengkapnya di http://www.alkhoirot.net.

Semoga dengan membaca tulisan ini dapat menyadarkan kita tentang pentingnya tidak mem-plagiat tulisan yang sudah susah-payah dibuat oleh seseorang.



22 komentar:

  1. kalo mau copas ya minimal cantumin sumber lah :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi jangan sampai merugikan orang lain, kadang banyak bloger asal copas keseluruhan artikel beserta gambar-gambarnya, padahal gambarnya ada di server orang lain. Jadinya merugikan orang lain,

      Hapus
  2. untungnya ane ngga pernah copas sedikit maupun keseluruhan dari internet, yang pernah cuma dari buku, terus ane kasih keterangan sumber yang selengkap-lengkapnya

    BalasHapus
  3. ane bikin walkthrough..
    nah postingan walkthrough itu 1-1 nya pemasukan traffic bang..
    tapi ada beberapa blog yg copas seenaknya..
    bahkan full -_-.
    mau ditegor yg copas blog anonim yg isinya kopasan sama buat iklan.
    *elus dada*

    BalasHapus
    Balasan
    1. laporin ke google aja mas klo tau blognya.
      saya prnah mlaporkan bbrapa blog ke google
      humannya mnimal artikel di hapus, klo trbukti bnyak artikel yg copas blognya yg di hapus.

      klo yg non blobspot google emang ngk bsa hapus
      tpi artikelnya ngk bakalan mncul d hasil pncariannya google

      Hapus
    2. caranya melaporkan bagaimana ya?

      Hapus
    3. Di link alkhoirot.net yang saya cantumkan pada tulisan ini ada petunjuk cara melaporkannya.

      Hapus
  4. semoga banyak ya baca...
    kebanyakan blogger yang plagiat tulisan ini adalah mereka ya bikin blog untuk sekedar meraup dollar, benerkah ?


    CMIIW :D

    BalasHapus
  5. karena gak ada hukum dan aturan yg jelas makanya plagit merajalela

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener juga, apa kita perlu bentuk komunitas anti copas bloger. buat situsnya kemudian blog-blog yang isinya cuma copas dipajang menjadi semacam blacklist.

      Hapus
  6. wah baru tau ane ada hukumanya.. :D

    BalasHapus
  7. walau ada hukumnya masih banyak yang plagiat lho

    BalasHapus
  8. barusan aku cek ke link yang kamu maksud, aku baca sebentar dan ternata tindakan google nggak tanggung-tanggung ya, hebat banget google

    BalasHapus
  9. gue ngeblog isinya cuman penngalaman dan pikiran gue, sama artwork paling. nah, menurut pengalaman banyak yang copas itu blog2 tutorial dan berita2 gitu, kebanyakan sama semua sampai kata2nya juga -.-

    BalasHapus
  10. gak pernah copas secara plek alias sama. kalo copas paling intinya yang di copas tp penjabaran menggunakan bhs sendiri :D

    BalasHapus
  11. Ulasan Yang Sangat Menarik Sebahagian Orang Banyak Yang Benci namanya Copas, Alasan Mereka Melindungi Blog dari Copas Itu Banyak hal, antara lain :
    Tidak Ingin Berbagi PELIT (Saran Ane sih Jika Tidak Ingin Di copas Blognya di bikin Privart saja dijamin aman dech)
    Takut Disaingi di Mesin Pencari
    Apa Lagi yach?
    Jika Ingin Jadi Kopaser Contolah Terselubung Yang mau Mengakui Hasil Karya Orang lain Dengan Memberikan Link Credit Di Akhir Posting..
    Jadi Permasalahkan sebenarnya adalah ETIKA, TATA KRAMA dan SIKAP MENGHARGAI hasil kerja orang lain. Kalau masalah materi tulisan yang dicopas, menurut saya sebenarnya bisa saja didapatkan oleh “si tukang copas” dari blog lain. Hanya kebetulan saja saat itu pas giliran blog kita yang lagi “apes” disatroni sama “si tukang copas” he he.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link credit apa mencukupi? kan tidak terlihat dengan jelas tulisan sumbernya.

      Hapus
  12. paling sebel sama blogger copas. kalo ngutip sebagian sih nggak masalah ya jika memang membutuhkan kutipan tsb sbg pendudukung tulisan

    BalasHapus
  13. Kalau etika pengambilan gambar via google search gimana bang?? Apa sumbernya mesti dicantumin pada 'add caption'??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gua sih ditambahin di add caption atau sumber di akhirnya, apalagi kalau linknya dari blog personal (dan ada tulisan kalau itu original art/fan art) atau devianart.
      Selalu gua kasih link back kesananya.

      Hapus
  14. Iya nih agan2 saya informasikan nih ada blog plagiat banget, siapa tau blog anda jadi korbanya juga. silahkan dicek

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...