Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

28 Maret 2013

Devil Survivor 2 - The Animation [ Manga Review ]

Saat Jepang berada dalam situasi terdesak, tiga belas 'devil survivor' yang memiliki kemampuan untuk bertarung dengan musuh tak dikenal dengan hanya tujuh hari sebelum dunia mengalami kiamat. Setiap keputusan yang dipilih devil survivor dapat menentukan masa depan dunia.










Sinopsis

Hibiki Kuze tengah berada di tengah kota untuk menunggu temannya, Daichi Shijima untuk mengikuti try-out ujian. Setelah bertemu Daichi memperkenalkan Hibiki pada situs bernama Nicaea. Situs tersebut adalah situs yang baru-baru ini menjadi terkenal karena memperkenalkan fitur Death Face, fitur dimana penggunanya dapat melihat rekaman kejadian teman maupun diri mereka sendiri ketika meninggal dunia.

Meskipun Hibiki enggan mendaftarkan diri, namun Daichi dengan cepat segera mendaftarkan Hibiki menjadi salah satu penggunanya. Dalam perjalanan mereka bertemu dengan Nitta Io, gadis yang ditaksir Daichi yang ternyata akan ikut ujian try-out juga.

Setibanya di kereta bawah tanah, mereka bertiga menunggu datangnya kereta. Di saat mereka menunggu datangnya kereta tiba-tiba notifikasi dari Nicaea muncul di handphone Hibiki dan Daichi, notifikasi tersebut memperlihatkan diri mereka yang meninggal tertimpa kereta. Daichi tidak percaya dengan aplikasi tersebut dan berkata bahwa itu hanya rekaan Nicaea saja, namun Hibiki merasa tidak tenang karena lokasi yang diperlihatkan di video tersebut sama persis dengan lokasi mereka sekarang.

Saat kereta hampir sampai, tiba-tiba gempa Bumi keras terjadi. Gempa tersebut sekaligus membuat rombongan kereta terlempar ke udara dan menimpa Hibiki dan Daichi sesuai dengan video yang mereka lihat dari Nicaea.


Hibiki kemudian membuka matanya dan ia menyadari dirinya berada di ruangan hampa. Di hadapannya terpampang aplikasi Nicaea yang menanyakan apakah dirinya ingin mati atau masih ingin hidup. Hibiki pun memilih hidup, dan setelah ia memilih 'hidup', aplikasi Nicaea mengatakan ia akan mengunduh aplikasi demon summoning karena keinginan hidup Hibiki yang kuat.


Hibiki kembali terbangun, kali ini di hadapannya adalah kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan kereta barusan. Ia pun mencari Daichi dan temannya tersebut masih hidup. Namun kebahagiaan mereka tidak bertahan lama, di kejauhan mereka melihat sosok monster yang membunuh dan memakan korban lainnya. Merasa ketakutan mereka berlari menjauhi monster tersebut.

Ternyata Nitta merupakan salah satu korban selamat, saat hendak menyelamatkan Nitta, Hibiki hampir saja diserang oleh seekor monster namun saat itu juga handphone Nitta bersinar dan keluarlah monster lainnya yang menyerang monster yang menyerang mereka. Monster yang baru muncul ini juga melindungi agar mereka bertiga dapat melarikan diri dengan selamat.

Setelah melarikan diri dari dari jalur kereta bawah tanah, mereka bertiga baru menyadari bahwa gempa tidak hanya terjadi di tempat tersebut, namun hampir diseluruh Jepang. Mereka juga tidak dapat menggunakan telefon mereka untuk menghubungi keluarga, bukan hanya itu, dalam handphone mereka sudah terdapat aplikasi bernama Demon Summoning Program yang tidak dapat dihapus. Ketiga siswa ini kemudian memutuskan untuk menuju rumah Io yang lebih dekat.

Saat sedang beristirahat di taman kota mereka bertemu dengan monster yang menyerah orang yang ada disana. Serangannya begitu hebat sehingga banyak korban berjatuhan. Saat monster tersebut ingin menyerang Io dan Hibiki, Hibiki meminta Io untuk menggunakan aplikasi Demon Summoning Program miliknya, dan seketika monster yang melindungi mereka saat di kereta bawah tanah muncul kembali melindungi mereka.


Namun ternyata serangan monster tersebut begitu dahsyat sehingga membuat monster yang melindungi mereka berdua kalah dalam satu serangan. Dalam keadaan terdesak muncul Daichi mengendarai truk untuk menabrak monster tersebut, namun dari video kematian yang dilihat Hibiki dan Io, Daichi akan mati dalam truk tersebut. Saat truk yang dikendarai Daichi meledak tiba-tiba handphone milik Hibiki bersinar dan mengeluarkan monster lainnya.





Karakter

Hibiki Kuze

(source)
Hibiki Kuze adalah model anak sekolah yang rajin dan memiliki nilai akademik yang baik. Ia ingin mencoba ujian try-out karena ingin diterima dalam universitas impiannya.

Hibiki sebenarnya tidak ingin menggunakan aplikasi Nicaea, namun karena Daichi ia terdaftar menjadi salah satu pengguna. Namun karena itu juga Hibiki urung meninggal dalam kecelakaan kereta bawah tanah.

Demon yang dapat ia panggil melalui aplikasi Demon Summoning Program adalah Byakko, salah satu dari empat demon terkuat.


Daichi Shijima

Daichi adalah sahabat akrab Hibiki. Berbeda dengan sahabatnya itu, nilai-nilai Daichi sedikit 'bermasalah'. Daichi sebenarnya enggan mengikuti ujian tersebut, namun karena Hibiki ikut maka ia juga ikut agar tidak kesepian.

Daichi merupakan orang yang memperkenalkan Nicaea kepada Hibiki, ia juga yang mendaftarkan Hibiki sebagai salah satu pengguna. Meski begitu, ia merasa ketakutan saat melihat dirinya diramalkan akan meninggal dalam kecelakaan kereta.

Demon yang dapat ia panggil melalui aplikasi Demon Summoning Program adalah Poltergeist dan Pixie pada awalnya, ia juga banyak mendapatkan demon baru melalui aplikasi demon auction.



Nitta Io

Nitta merupakan salah satu dari murid yang mengikuti ujian try-out. Nitta merupakan orang yang ditaksir Daichi. Nitta juga merupakan pengguna Nicaea, seperti Hibiki, akun miliknya juga dibuat oleh orang lain.

Saat para monster mencoba menyerangnya, sebuah cahaya muncul dari hadphone-nya dan menciptakan monster lain. Namun monster yang keluar lebih terfokus untuk melindungi Nitta, Hibiki dan Daichi dari serangan monster lainnya.



Ensiklopedi

Devil Survivor

Sebutan bagi mereka yang menggunakan aplikasi Nicaea dan tidak mati sesuai prediksi video yang telah diberikan. Para Devil Survivor atau biasa disebut 'Summoner' ini memiliki kemampuan untuk memanggil monster/demon melalui aplikasi Demon Summoning Program yang ada di handphone mereka.


Review

BIasanya manga yang merupakan adaptasi dari game akan menjadi aneh atau tidak nikmat dibaca karena terlalu mengikuti jalan cerita dalam game aslinya. Namun Atlus mampu membuat mengemas dengan baik game Devil Survivor 2 ini ke dalam manga. Alur cerita yang disesuaikan dengan pembaca manga dan artwork yang baik menjadikan pembaca, meskipun mereka belum pernah memainkan game-nya akan dapat menikmati manga ini dengan maksimal.


My Rating : 7.5/10



10 komentar:

  1. kak... ini kamu bikin sendiri? keren banget! salut
    salam kenal dulu aja dari gue :) jomblo absurd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya yang bikin sendiri? Ingin manga yang sudah keluar di pasar gua review. ~~

      Salam kenal juga ... umm ... dek jomblo (?).

      Hapus
    2. itu komik strip nya om...
      iya om.. gue jomblo. jangan ngetawain ya!

      Hapus
    3. Itu bagian dari manganya :|

      Hapus
    4. wakkakakakak ini lugu atau apa, dikira bikinan elu bang XD namanya juga review, ya mengulas karya orang lain lah

      Hapus
  2. pikiran gue terlalu sempit buat baca manga selain naruto wkwk xD

    BalasHapus
  3. Udah lama banget gak baca manga. lengkap reviewnya :D

    BalasHapus
  4. Kayanya keren nih. Jadi pingin baca

    BalasHapus
  5. Hibiki jadi tertarik dengan monsternya sendiri, dia jatuh cinta dan menjadi malas untuk belajar. Karena itu Hibiki ngga masuk univ impiannya. Hibiki frustasi, menyalahkan Daichi karna telah mendaftarkannya ke Nicaea, akhirnya mereka menjadi musuh dan sering bertarung menggunakan mosnternya :v #NgarangSendiri

    Gua ngeliat char Nitta berkesan aneh, kenapa ya? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sasuga Sahil -____-"

      Ummm.... kenapa hayoo?

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...