Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

12 Maret 2013

Membagi Informasi Dari Blog Lain

BLOG merupakan salah satu media online paling baik untuk menyebarkan informasi. Menggunakan blog seseorang dapat memberikan informasi/saran/tips/pengalaman dengan lebih nyaman tanpa terbatasi jumlah karakter.

Namun tulisan di blog sangat rentan dicuri dan diakui sebagai milik orang lain di blog mereka dengan alasan umum "ingin menyebarkan informasi yang ada dalam postingan blog". Biasanya orang yang menjadi korban copy-paste akan ngamuk karena tulisan yang susah-susah dibuat tiba-tiba ada di blog orang lain dengan modal ctrl + c dan ctrl + v saja.

Namun apabila mereka yang melakukan copas benar-benar murni hanya ingin membantu menyebarkan informasi, ada beberapa metode membantu menyebarkan tanpa harus melakukan tindakan plagiat tersebut. Berikut diantaranya.

#1. Share link tulisannya

Setiap tulisan di blog maupun situs lainnya di dunia maya pastilah memiliki link. Cara pertama ini adalah dengan meng-copy link tersebut untuk kemudian dibagikan di situs maupun jejaring sosial dunia maya lainnya seperti facebook maupun twiiter.

Pertama copy link url-nya. Ingat CUMA LINK-NYA, bukan artikelnya.
Kemudian copy-kan url tersebut ke jejaring sosial anda seperti situs Facebook

#2. Menggunakan fitur BlogThis!

Beberapa blog memiliki fitur untuk menyebarkan artikel/postingan mereka di beberapa jejaring sosial seperti facebook, twitter, email, Gmail dan bahkan blog. Membantu menyebarkan artikel menggunakan blog dengan bantuan BlogThis! bukanlah tindakan plagiat, karena mereka yang menggunakan fitur ini hanya memasukan beberapa kalimat awal dari artikel tersebut dengan sebuah tautan balik menuju artikel aslinya.

Pertama pilih (klik) opsi untuk BlogThis!
Tampilan setelah memilih BlogThis!, kemudian tinggal pilih 'Terbitkan Entri'.
Menggunakan fitur BlogThis! biasanya (atau lebih baik) dilakukan blog ber-traffic tinggi untuk membantu menyebarkan informasi dari blog yang traffic-nya lebih rendah sebagai tindakan menyebarkan informasi (meski tidak mutlak harus blog dengan traffic tinggi yang membantu menyebarkan). Dengan cara ini individu yang menyebarkan akan terlepas dari 'hukuman' sebagai seorang plagiator/copaser karena sesungguhnya ia benar-benar membantu menyebarkan informasi.

-------------------------------------------------------------

Apabila rekan blogger menggunakan salah satu dari dua metode diatas, maka anda (dan blog anda) bisa dikatakan bebas dari segala macam tuduhan plagiat/copas. Karena apabila diketahui sesorang melakukan tindakan plagiat/copas, maka si plagiator kemungkinan akan mendapatkan cyber bully atau artikel blog miliknya dapat dihapus apabila sang empu tulisan mengetahui bahwa tulisannya disadur dan melaporkannya kepada pihak google.

Umumnya para blogger pemula yang haus akan traffic dan komentar tertarik untuk melakukan copas karena tergoda traffic tinggi dan komentar yang banyak. Rata-rata para pelaku copas ini juga tidak mengetahui hukumannya melakukan copas.

Biasanya blogger pemula ini berkilah dengan 'sudah mencantumkan link sumber di bagian akhir postingan'. Namun seperti membuat daftar pustaka dalam karya ilmiah, pencantuman "sumber" hanya apabila kita hanya menyadur sebagian kecil atau hanya menjadikan sumber tersebut sebagai referensi, sedangkan tulisan yang kita buat benar-benar hasil pemikiran dan menggunakan bahasa dan kata dari kita sendiri, bukan menyalin seluruh bagian tersebut dan mengakuinya menjadi milik kita.

Coba bayangkan apabila kita sudah bersusah payah berusaha demi menciptakan sesuatu namun pada akhirnya semua pujian malah diambil oleh orang lain karena ia mengakui hal yang sudah kita kerjakan sebagai hasil karya mereka. Kesal? Pasti. Seperti itulah perasaan seorang blogger yang mendapati postingan mereka dicopas habis blogger lain.

Maka dari itu, mulai sekarang cobalah menulis postingan blog yang merupakan hasil pemikiran sendiri. Sensasi mendapati hasil karya kita diapresiasi orang lain itu jauh lebih nikmat ketimbang karya hasil copasan kita yang diapresiasi. Selain itu dengan melakukan tindakan copas, kita juga secara tidak langsung 'membunuh' sisi kreatif kita untuk menciptakan suatu karya.

KEEP BLOGGING
AND
SAY NO TO COPAS !!



15 komentar:

  1. eakk eak.. sabar bang, :D saya setuju, saya akui kalau gambar dari google awal ngeblog itu nggak dikasih link asal gambarnya, sekarang setelah masuk kk gue benerin jadi pake sumer gambar hehehehe

    BalasHapus
  2. saya sih seringnya pake share di sosmed doang kalo artikelnya penting..

    BalasHapus
  3. Artikel gua tentang FRIENDZONE dicopas orang sampe kalo gua search di google, lebih dari 5 halaman hasil searchnya...cuma bisa pasrah deh, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikelnya apa bang? saya tertarik membaca hahaha

      Hapus
  4. Memang si kesal, sejauh ini memang ada si yang copas postingan saya.. tp dia minta izin dulu di kolom comment, hehe

    selain itu saya ga tau lagi, apakah ada yg copas lg atau tidak tanpa sepengetahuan saya. klo pun ada, yaa no problem la. hitung-hitung nyebarin ilmu :)

    BalasHapus
  5. Bang Farid korban copas...
    Ambil hikmahnya tuh bang berarti tulisan bang farid menarik sampai di copas ma orang :)

    BalasHapus
  6. yang penting jangan copas seluruhnya, ya mungkin bisa intinya saja, tapi kalimat dan reviewnya bisa dirubah pake bahasa sendiri, hehe

    BalasHapus
  7. teknik yang bagus nih untuk kopi paste mas, lebih lembut dan sopan yah.

    BalasHapus
  8. Baru tau kalo BlogThis itu yang ter publish cuma sebagian. Kirain keseluruhan isi dalam suatu postingan...
    Belum pernah nyoba si soalnya.

    BalasHapus
  9. hmm kapan2 coba BlogThis ah ^^ kalau saya sih, hampir disetiap tulisan saya sisipi "curhatan" tentang kehidupan pribadi saya jadi kalau yang mau copas keseluruhan pada mikir kali ya, masa curhatan orang juga dicopas.. kalau cuma copas sebagiah ya sudah lah iklasin aja, anggap beramal dan membagi ilmu untuk yang lain

    BalasHapus
  10. Julukan baru tuh, "copaser" :D

    BalasHapus
  11. klo ada plagiator lapor mbah google, pasti langsung di eksekusi.

    tapi...tapi... sya diawal2 nge-blog klo ada gambar biasanya ngambil dri gugel tp jarang pasang link. hehhe.. bilangnya cuma dri gugel yg ane save di doc. kebetulan gambarnya cucok sma post. yg begonoan bisa dimaklumi kan yah? :)

    BalasHapus
  12. hohoho, yang sabar bang.. semoga ada hikmah di balik peristiwa copas-mengcopas.. #eeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hikmahnya saya jadi paham bagaimana cara melaporkannya ke google. Alhamdulillah yah.

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...