Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

31 Maret 2013

Preview Delapan Besar Liga Champion Eropa

Delapan klub terbaik Eropa musim ini telah terpilih. Ada beberapa tim yang berlabel langganan Liga Champion dan ada pula yang berstatus tim kejutan. Sekarang langkah tim-tim Eropa ini akan semakin berat mengingat lawan yang akan dihadapi di babak delapan besar ini akan semakin berat. Namun semua itu harus dihadapi demi gelar sebagai tim terkuat Eropa.

Berikut adalah preview tentang kedelapan tim yang akan bertanding di babak delapan besar Liga Champion Eropa musim 2012/2013 di bulan April mendatang.


BORUSSIA DORTMUND VS MALAGA


Duel ini bisa dibilang sebagai duel dua kuda hitam Liga Champion. Juara bertahan Bundesliga ini akan ditantang tim kejutan asal Andalusia, Malaga. Meskipun berstatus juara bertahan, namun kekuatan Dortmund musim ini tidak sekuat musim lalu, sedangkan Malaga tampaknya akan menjadikan melangkah sejauh mungkin di Liga Champion, setelah kesempatan mendapatkan trofi di Liga Spanyol sudah bisa dibilang pupus.

Jika melihat dari materi pemain, Dortmund dapat dikedepankan mengingat Die Schwarzgelben memiliki lebih banyak pemain bintang ketimbang Malaga. Namun dengan materi pemain yang merata, Malaga yang tidak terlalu memiliki ketergantungan terhadap salah seorang pemain diprediksi dapat menahan amukan Dortmund

Pemain yang harus diwaspadai di kesisi Dortmund adalah Mario Gotze. Pemain yang digadang-gadang akan menjadi pemain besar ini patut diwaspadai oleh lini pertahanan Malaga, karena berbekal kecepatan, tekhnik dan kreatifitas pemain asli binaan Dortmund.

Di sisi Malaga, pemain paling berbahaya adalah Francisco Román Alarcón alias Isco. Pemain muda yang sedang bersinar di La Liga ini digadang-gadang dapat menjadi salah satu pemain yang bisa menembus lini tengah timnas Spanyol yang sudah disesaki gelandang mumpuni dengan kemampuan ball-keeping dan mencetak angka dari second line-nya.


PREDIKSI
DORTMUND 50-50 MALAGA


REAL MADRID VS GALATASARAY


Banyak orang menganggap Madrid beruntung 'hanya' bertemu tim sekelas Galatasaray. Tanpa maksud merendahkan tim asal Turki tersebut, secara sejarah dan materi pemain kubu Galatasaray seakan bukan apa-apa dihadapan anak asuh Jose Mourinho. Namun bola itu bulat, Galatasaray masih mungkin membalikkan semua prediksi dan malah mempecundangi juara bertahan La Liga tersebut.

Bicara soal Real Madrid tentang pemain bintang, tentu banyak sekali yang bisa disebutkan. Mulai dari peraih "Best Eleven 2012" seperti Marcelo, Xabi Alonso, Sergio Ramos, Iker Casillas dan Cristiano Ronaldo. Namun pastilah semua setuju bila kita katakan bahwa Ronaldo merupakan pemain bintang paling penting yang dimiliki Madrid. Rasanya tanpa kehadiran CR7, Madrid bisa kesulitan menggapai babak delapan besar ini. Ketergantungan terhadapa sihir CR7 adalah 'kelemahan' yang harus bisa dimanfaatkan oleh armada Fatih Terim.

Nama pemain Galatasaray mungkin asing bagi beberapa penggemar sepakbola, namun klub Turki tersebut seakan mendapatkan tambahan kekuatan saat berhasil mendatangkan dua pemain bintang dunia ; Didier Drogba dan Wesley Sneijer. Belum lagi kedua pemain tersebut merupakan 'anak emas' Mou selama di Chelsea dan Inter. Khusus Drogba, pemain yang menjadi besar karena sentuhan Mou ini patut diwaspadai, karena ia paham betul bagaimana sang mentor mengorganisasi para pemain bertahannya.

PREDIKSI
REAL MADRID 55-45 GALATASARAY



BARCELONA VS PSG


Setelah hampir tersingkir di tangan AC Milan, Barcelona secara mengejutkan mampu melanggeng ke babak delapan besar. Raksasa Catalan disebut sebagai kandidat terkuat untuk memenangi Liga Champion edisi kali ini. Namun berbekal pemain-pemain bintang dengan harga selangit, armada Carlo Ancelotti diyakini tidak takut apabila berhadapan dengan El Barca. Pengalaman membuktikan bahwa Don Carlo punya kans yang lebih baik di Liga Champion ketimbang Liga domestik.

Secara materi, kedua tim bisa dibilang berimbang meskipun ada sedikit keunggulan bagi kubu Barcelona. Hal ini disebabkan para pemain Barca yang sudah terbiasa bermain bersama, bahkan tim nasional Spanyol hampir menggunakan jasa semua pemain Barcelona. Hal ini berbeda dengan PSG yang merupakan kumpulan pemain yang dibeli dengan harga mahal dan disatukan dalam waktu yang relatif singkat.

Barcelona dikenal begitu menyeramkan di Camp Nou dan mampu membalikkan keadaan dalam kondisi sulit sekalipun, kemenangan atas AC Milan setelah kalah 0-2 di San Siro menjadi bukti kedigdayaan Lionel Messi dkk. di tanah Spanyol. Dengan Camp Nou sebagai arena leg kedua, keunggulan bisa sedikit diberikan kepada armada Tito Villanova.

Lionel Messi tanpa keraguan lagi didaulat menjadi pemain Barcelona paling berbahaya. Peraih empat gelar Ballon d'Or secara berturut-turut ini masih memiliki kemampuan magis untuk menyelamatkan muka Barcelona. Menahan laju pria Argentina akan menjadi tugas berat yang harus diemban Thiago Silva dan kawan-kawan demi menjinakkan Barcelona.

Sedangkan di kubu PSG, nama Zlatan Ibrahimovic patut dikedepankan. Striker jangkung yang terkenal lewat gol-gol 'tak masuk diakal'nya ini dapat menjadi masalah bagi lini pertahanan Barcelona yang sepertinya melemah seiring bertambah tuanya Carles Puyol. Alpa sebentar mengawasi pria Swedia ini, alamat gawang Barcelona dapat dibombardir dengan tendangan-tendangan keras.

PREDIKSI
BARCELONA 55-45 PSG



JUVENTUS VS BAYERN MUENCHEN


Laga yang mempertemukan pemimpin klasemen liga masing-masing ini pantas disebut sebagai laga paling panas di babak delapan besar kali ini. Juventus yang kini sendirian membawa nama klub dan gengsi Serie-A harus berhadapan dengan penguasa Bundesliga musim ini ; Bayern Muenchen. Laga ini juga diprediksi berjalan menarik karena kedua tim memiliki filosofi yang bertolak belakang, Juventus yang mengedapankan ball posession ala cattenacio Italia yang memiliki pertahanan terbaik akan berhadapan dengan permainan menyerang bola-bola panjang ala Jerman yang diperagakan Muenchen.

Lebih menarik lagi mengingat kedua tim merupakan salah satu tim yang menjadi penyumbang pemain terbanyak bagi tim nasional mereka masing-masing. Karena itu pasti ada dendam tersendiri di hati punggawa timnas Jerman kala berhadapan dengan Juventus yang banyak dihuni pemain timnas Italia.

Namun keunggulan sedikit ada pada skuad Muenchen, hal ini disebabkan mereka memiliki lebih banyak pemain yang berpengalaman bermain di Liga Champion, berbeda dengan Juventus yang hanya memiliki Gianluigi Buffon dan Andrea Pirlo sebagai pemain yang memiliki pengalaman bermain di atmosfer Liga Champion.

Keputusan Andrea Pirlo untuk hijrah dari AC Milan ke Juventus musim 2011/2012 bisa dibilang berbuah manis. Sang metronom yang dianggap habis malah menjadi nyawa permainan La Vecchia Signora yang berbuah scudetto musim lalu. Peran Pirlo sebagai deep-lying playmaker juga mempersulit lawan untuk menghentikannya, dengan bermain jauh di belakang dan dillindungi dua gelandang lainnya, Pirlo dapat dengan nyaman mengkreasi permainan Juventus.

Sedangkan kubu Muenchen akan mengedepankan nama Franck Ribery. Nama winger sekaligus playmaker asal Prancis ini patut dikedepankan. Kecepatannya menyisir samping lapangan akan dimanfaatkan untuk menghadapi Juve yang sisi lapangannya terbuka akibat memainkan tiga bek sentral. Hal ini juga mendukung pola permainan Bayern yang memiliki dua winger cepat di kedua sisinya.

PREDIKSI
JUVENTUS 50-50 BAYERN MUENCHEN


6 komentar:

  1. Wah deg-degan nih nunggu barca vs psg hehe

    BalasHapus
  2. ajib previewnya, nyoba jadi komentator aja bang :p

    #HALA MADRID !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di kontrakan sendiri sih gua berani :P

      Hapus
  3. Barca pasti juara liga champions....

    BalasHapus
  4. kita lihat saja. bakal seru pasti. apa lagi Juve vs Bayer. tim yang sama2 lagi 'on fire' di liga masing2. dan juga, saya sangat penasaran sama Penampilan Burak Yilmaz nanti kayak apa, itu striker benarbenar ganas. heheu
    #DukungBerakhirnyaRezimBarcelonadiKancahEropa. :D

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...