Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

20 Maret 2013

Shaman King Flowers [ Manga Review ]

Shaman King Flowers merupakan lanjutan dari manga Shaman King yang menceritakan perjalanan Yoh Asakura menjadi Shaman King (Raja Shaman). Namun tokoh utama dalam serial ini bukanlah Yoh Asakura lagi, melainkan anaknya, Hana Asakura.

*P.S. Hana dalam bahasa Jepang berarti bunga (flower).








Sinopsis 

Hana Asakura merupakan anak dari pasangan Yoh Asakura dan Anna Asakura. Kedua orang tuanya merupakan pasangan Shaman yang dulu bertanding dengan shaman-shaman lainnya untuk mendapatkan gelar Shaman King. Dalam turnamen terdahulu muncul saudara kembar Yoh, yang bernama Hao Asakura yang memiliki kekuatan yang jauh melebihi kontestan lainnya, sehingga untuk mengalahkan Hao seluruh shaman harus menyatukan kekuatan mereka.

Sama seperti orang tuanya, Hana juga memiliki kekuatan seorang shaman. Ia bahkan diberikan roh penjaga ayahnya ; Amidamaru sebagai roh penjaga. Hana sendiri tinggal bersama Tamao yang sekaligus berperan sebagai ibunya karena kedua orang tua Hana tidak bisa bersamanya di Tokyo.

Tamao melarang keras Hana menggunakan kekuatan Shamannya di hadapan orang banyak agar tidak menarik perhatian, namun Hana yang bersifat pemberontak sering menggunakan kekuatan rohnya untuk bertarung dengan geng-geng yang ada disekitarnya.


Hana dengan kekuatan rohnya dapat dengan mudah mengalahkan semua lawan-lawannya. Namun suatu hari dihadapannya muncul seseorang yang mengaku berasal dari keluarga Asakura dan menantangnya berduel!


Karakter

Hana Asakura

Hana merupakan anak dari pasangan Yoh dan Anna Asakura. Seperti kedua orang tuanya, Hana juga memiliki kekuatan spiritual yang tinggi sehingga bisa menjadi shaman. Berbeda dengan ayahnya yang selalu santai dan tenang dalam kondisi apapun, Hana bersifat meledak-ledak dan pemberontak (suatu sifat yang sepertinya diturunkan oleh ibunya).

Hana dan Yoh memiliki hobi yang sama, yaitu menyendiri di kuburan Amidamaru. Di tempat ini juga mereka sering berhadapan dengan berandalan atau bahkan shaman lainnya. Hana yang ingin menjadi shaman terkuat memiliki cita-cita ingin mengalahkan ayahnya yang ia anggap sebagai shaman terkuat yang pernah ada.

Roh penjaga Hana adalah Amidamaru, roh penjaga yang merupakan mantan roh penjaga milik ayahnya ini semasa hidupnya dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin yang sudah membantai lebih dari ratusan orang.


Tamao Tamamura

(source)
Tamao merupakan shaman yang sejak kecil dilatih oleh keluarga Asakura, oleh karena itu ia sangat setia kepada keluarga Asakura. Di Tokyo Tamao berperan sebagai ibu angkat Hana.

Meski pada masa kecilnya ia tidak bisa mengendalikan roh-roh level tinggi, namun setelah dewasa ia mampu mengendalikan roh sekelas 'Tengu' untuk tetap menjaga karyawan di Funbari Onsen tetap bekerja dengan baik. Tamao merupakan manajer pengganti Funbari Onsen selama ketidakhadiran Anna.


Yohane Asakura

Yohane merupakan shaman pertama yang ditemui Hana selain keluarganya. Meskipun sama-sama dari keluarga Asakura, namun Yohane mengaku bahwa dirinya adalah keturunan dari Hao Asakura yang bukan merupakan keluarga utama.

Yohane menggunakan payung sebagai mediumnya. Dan roh penjaganya bernama Daikyoh Oboro.




Ensiklopedi

Shaman

Shaman adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menghubungkan dunia manusia dengan dunia arwah. Mereka biasanya memanggil arwah dari petarung-petarung jaman dahulu yang sudah meninggal untuk membantu mereka melakukan sesuatu. Biasanya para shaman bertanding untuk memperebutkan gelar sebagai Shaman King.

Shaman memiliki dua tekhnik dalam bertarung, yang pertama disebut 'kerasukan' dan yang kedua disebut oversoul.

Kerasukan adalah tekhnik dimana seorang shaman membiarkan dirinya dikuasai roh penjaga mereka untuk bertarung. Sedangkan oversoul adalah tekhnik tingkat tinggi dimana shaman mengubah roh penjaga mereka menjadi materi lain yang sesuai dengan pikiran mereka, oversoul menggunakan lebih banyak tenaga roh namun sekaligus menjadi salah satu senjata paling ampuh dalam pertarungan antar shaman.

Kekuatan seorang shaman adalah gabungan dari kemampuan shaman itu sendiri, keahlian roh penjaga dan kekuatan dari medium yang mereka gunakan.

Roh Penjaga

Bola arwah
Roh penjaga adalah arwah yang telah meninggal dan dipanggil seorang shaman dari dunia lain (dunia orang mati) untuk membantu mereka. Biasanya roh yang dipanggil adalah roh-roh petarung jaman dahulu, meski tidak menutup kemungkinan roh-roh kelas dewa, bahkan malaikat digunakan seorang shaman.

Jika tidak sedang bertarung, roh penjaga biasanya berbentuk diri mereka semasa hidup atau hanya bola arwah.




Review

Bagi pembaca yang baru membaca kisah Shaman King mungkin sedikit mengalami kebingungan kala membaca Shaman King Flowers ini. Hal ini dikarenakan cerita dalam Shaman King Flowers merupakan kelanjutan dari cerita Shaman King. Bila kalian belum pernah membaca Shaman King, maka karakter-karakter semacam Hao Asakura dan lain-lain akan menjadi sangat membingungkan karena memang tidak dijelaskan secara ekslusif.

Pada awalnya cerita terkesan menggunakan konsep cerita yang sama dengan Shaman King sebelumnya. Dimana adegan Hana bertarung dengan 'Ryu si Pedang Kayu Generasi Kedua' hingga akhirnya bertemu dengan shaman saingannya bisa dibilang mirip dengan cerita milik Yoh Asakura di manga Shaman King. Namun ternyata ada twist tidak terduga di tengah-tengah cerita yang membuat manga Shaman King Flowers berbeda dengan manga Shaman King.


My Rating : 8/10




4 komentar:

  1. Ngeliat Rating nya gede , jadi kepingin baca *-*

    BalasHapus
  2. ratingnya provokatif ini.
    jdi penasaran

    BalasHapus
  3. lah ternyata Yoh nikah sama Anna
    anaknya rambutnya mirip ana

    wah saya shaman king yg dulu blm tamat nih baca/nontonnya

    "Amidamaru.. jadilah bola arwah.. masuklah ke dalam tubuhkuu.." << dimana orang kesurupan berubah jd keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa kecil yang bahagia, dimana melihat orang kesurupan menjadi keren sekali. Berbeda dengan sekarang yah. LoL.

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...