Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

26 Agustus 2013

Afilia Saga, Idol Grup Yang 'Moe'

Setelah kesuksesan 48Family dan Hello! Project mempopulerkan genre idol grup di industri musik Jepang, mulai bermunculan lah idol grup-idol grup baru yang biasa disebut 'New Idol Generation'. Salah satu idol grup era baru tersebut adalah Afilia Saga.

Faktor yang membedakan Afilia Saga dengan idol grup lainnya adalah karena para membernya adalah karyawan dari franchise main cafe bernama Afilia. Karena itu, selain menjalani kehidupan layaknya seorang idol, para member Afilia Saga juga harus bekerja sebagai maid cafe yang dimiliki oleh pihak Afilia. Karena itu, bila beruntung para fans bisa bertemu dan dilayani langsung oleh member favorit mereka.

Afilia Saga yang awalnya bernama Afilia Saga East ini diproduseri oleh Chiyomaru Shikura dan Halko (Haruko Momoi). Mungkin karena background kedua produser ini menjadikan Afilia Saga menghadirkan konsep idol grup 'moe' dengan target pasar w/otaku.

Chiyomaru Shikura dikenal sebagai staff eksekutif sebuah perusahaan game dan juga penulis lagu-lagu untuk anime, sedangkan Haruko Momoi adalah seorang seiyuu (pengisi suara) untuk beberapa anime seperti 'Steins Gate' (Feiris Nyannyan) dan juga 'Ragnarok the Animation' (Maya).

Mereka juga bekerja sama dalam pembuatan anime Steins Gate, dimana Chiyomaru Shikura sebagai original creator, supervisor sekaligus penulis lagu untuk Steins Gate, sedangkan Haruko Momoi menjadi seiyuu salah satu karakternya (Feiris Nyan-nyan). Dan tentu saja Afilia Saga juga terlibat dalam anime ini, Afilia Saga mengisi soundtrack dengan lagu berjudul "La La La Revolution" (La La Laラボリューション)"

Chiyomaru Sakura dan Haruko Momoi (Halko)

Para member Afilia Saga disebut sebagai 'magic students' yang merupakan bagian dari Afilia Kingdom. Konsep Afilia Kingdom ini yang membedakan Afilia Saga dengan idol grup lain pada umumnya, dimana Afilia Kingdom dibentuk hingga menjadi sebuah sekolah sihir ala game RPG dan dunia kerajaan. Pada setiap kafe milik Afilia Grup memiliki games dan award mereka masing-masing.

Sebagai contoh di Ikebukuro, Tokyo adalah area yang disebut 'sekolah Afilia'. Di cafe ini para pengunjung akan disambut oleh maid dengan kostum penyihir. Suasana kafe pun disesuaikan dengan tema kafe mereka. Lalu di setiap kafe dan bagian Afilia Kingdom lainnya pengunjung dapat mengumpulkan 'points' dan 'coin' yang bisa ditingkatkan agar bisa mendapatkan kado unik dari tiap kafe.

Salah satu cafe Afilia Saga dengan tema 'Steins Gate'.

Bahkan tampilan 'peta' kafe dan event (Royal Academy Magic) Afilia Saga di situs mereka dibuat sedemikian rupa agar menciptakan suasana game. Total ada delapan kafe milik Afilia Grup yang tersebar di Tokyo ( distrik Ikebukuro, Roppongi dan Ueno)

Royal Academy Magic
Tidak hanya tampilan mereka yang dibuat layaknya berada dalam dunia anime/game, konsep 'moe' yang diterapkan Afilia Saga bahkan juga terlihat dari nama member yang terkesan mirip dengan nama-nama dalam dunia anime/game.

Members Afilia Saga :
Ayami Chercy Snow
Aria M Milvana
Emiu Weilschmidt
Kohime Lit Pucci
Laura Sucreine
Louise Sforzur
Maho Sotto Voce
Miku Doll Charlotte
Raymee Heavenly
Reina S Mauser
Yukafin Doll

STYLE

Karena disokong oleh dua sosok yang berpengalaman di dunia anime dan menargetkan pasar para w/otaku bukan hanya melalui member Afilia Saga, namun juga keseluruhan sistem Afilia Kingdom, maka lagu-lagu Afilia Saga terkesan penuh dengan nuansa anisong (anime song), selain itu dalam pemilihan kostum Afilia Saga masih mementingkan tampilan 'moe' (tampilan lucu/imut bagi gadis yang biasa digunakan para w/otaku).

Bahkan event khusus yang mereka adakan disebut 'Magical Time' serta acara reality show-nya bertajuk 'Afilia Saga Quest'.


ACHIEVEMENT

Sejauh ini Afilia Saga masih mencoba 'memperkenalkan diri' mereka melalui beberapa anisong, paling menarik perhatian adalah ketika single ketujuh mereka 'Mirai no Watashi o Matteiru' (Ada Masa Depan yang Menunggu ku), lagu yang ditulis oleh Tsunku dan diaransemen Chiyomaru ini menjadi single mereka yang berhasil menembus top ten Oricon Weekly Chart  pada tahun 2013.

Grup yang berubah nama dari Afilia Saga East menjadi Afilia Saga pada Februari 2013 ini nantinya juga akan mengisi ending untuk anime 'Hyperdimension Neptunia: The Animation' dengan single ke-10 mereka ; 'Neptune Sagashite'.


Afilia Saga - Neptune Sagashite



Afilia Saga - Hiko Jisshu ~Learn To Fly~






7 komentar:

  1. Ini kayaknya pernah diliput metro kalo gak salah, gue.

    Miku doll :3

    BalasHapus
  2. satu hal yang mereka ga bisa lakuin di dunia per-magic-an, mereka ga bisa ketok magic. Sini mampir ke Indonesia dulu mbak :3 :4 :5

    BalasHapus
    Balasan
    1. WUAH ! *Nosebleeding*

      terlalu banyak hal moe dalam 1 pos ini. *o*

      Hapus
  3. I can't take more moe-ness!!! moe overload!!! XO

    tapi bukan tipe gue sih... tapi konsep game nya keren :O

    BalasHapus
  4. Nama membernya keren-keren gitu yak.. hehe..
    ngomong-ngomong itu mas farid, tulisan di awalnya main cafe.. bukan maid.. ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohiya *baru sadar*
      Terima kasih mas Satrya, akan saya edit kesalahan tersebut :)

      Hapus
  5. Akkhhhh... (˘(•̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩ •̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩̩) ˘̩) ... Namanya mirip nama game...

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...