Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

26 September 2013

Dempagumi.inc, Idol Grup Otaku


Biasanya idol grup asal Jepang merupakan idola para w/otaku, namun Dempagumi.inc seakan memiliki 'perbedaan' yang cukup unik dibandingkan idol grup asal Jepang lainnya. Apabila idol grup biasanya dapat mengubah seseorang menjadi seorang w/otaku, maka Dempagumi.inc dapat membuat seseorang semakin merasa dirinya sebagai w/otaku karena para members Dempagumi.inc sendiri menyatakan diri mereka sebagai w/otaku.

Berbeda dengan kebanyakan member idol grup, member Dempagumi.inc sudah mengakui bahwa sebelum menjadi member Dempagumi mereka merupakan seorang otaku,  gachi-zei (game master di game online) atau bahkan pernah menjadi 'korban' hikikomori

Dempagumi.inc dibentuk pada tahun 2008. Sekarang memiliki members sebanyak enam orang. Berbeda dengan idol grup kebanyakan dimana setiap member menggunakan baju yang seragam dan hanya mengalami sedikit modifikasi satu dengan yang lainnya, di Dempagumi.inc setiap member memiliki warna dan jenis kostum masing-masing. Hal tersebut sekaligus menegaskan bahwa setiap member Dempagumi.inc memiliki kepribadian yang berbeda.

Dempagumi.inc sendiri bermarkas di Dear Stage yang merupakan salah satu idol house dan bar terbesar di Akihabara yang juga sering menjadi tempat manggung idol grup populer asal Jepang/Akihabara lainnya.


Members Dempagumi.inc

Full name : Aizawa Risa
Nick name : Risacheese
Warna : Putih
Catchpharse : "2.5jigen densetsu!"

Leader dari Dempagumi.inc yang juga merupakan DJ radio ini merupakan fans dari lagu-lagu anisong keluaran tahun 90an dan juga terhadap para seiyuu. Ini memiliki obsesi menjadi gadis 2.5D dan juga gemar menonton film horor.


Full name : Yumemi Nemu
Nick name : Nemukyun
Warna tema : Hijau Mint
Catchpharse : "Eien no Maho Shoujou miman."

Nemu juga berprofesi sampingan seperti Risa, yaitu menjadi DJ.Nemu juga kerap menjadi model untuk majalah "warmth in you Nemu DJ". Nemu memiliki kegemaran untuk mengamati para otaku yang ada disekitarnya, termasuk rekan-rekannya di Dempagumi.inc.



Full name : Furukawa Mirin
Nick name : Mirin-chan
Warna tema : Merah
Catchpharse : "Uttatte odoreru geemu aidoru."

Mirin bisa dikatakan sebagai sosok yang mencerminkan idol 'masa sekarang' dan 'masa depan' dari Akihabara. Gamer maniak ini tercatat sebagai peringkat 10 terbaik di Akihabara untuk game Beatmania IIDX, selain itu Mirin juga dikenal sebagai pemegang nilai tertinggi untuk game Border Break dengan tingkat kesulitan A1.



Full name : Naruse Eimi
Nick name : Eitaso
Warna tema : Kuning
Catchpharse : "Hai tenshon A-POP Gaaru."

Eimi merupakan otaku yang menggemari anime dan manga. Ia bahkan mengakui bahwa ia tidak bisa hidup tanpa kehadiran Akihabara (yang memang dikenal sebagai 'surga'nya 'budaya' anime dan manga). Eimi juga menjadi semacam rapper dalam lagu-lagu yang dibawakan Dempagumi.inc.



Full name : Mogami Moga
Nick name : Mogachan, Gaamo
Warna tema : Ungu
Catchpharse : "Kyou Moganbaruzou!"

Sang maverick dari Dempagumi.inc juga berprofesi sebagai model gravure. Moga terkenal sebagai members Dempagumi.inc yang berbakat dalam seni Ikebana. Moga merupakan seorang net gamer freak, karena itu ia kerap dikatakan sebagai gachi-zei (game master di game online) oleh members Dempagumi.inc lainnya.



Full name : Fujisaki Ayane
Nick name : Pinky
Warna tema : Biru
Catchpharse : "Uttate odotte shichiihenge!"

Ayane sudah menggeluti kegiatan sebagai seorang Cosplayer semenjak kecil karena pengaruh kedua orang tuanya. Ia juga menjadi sebagai salah satu penari untuk Nico Nico Douga dengan nickname Pinky. Nama yang masih digunakannya setelah menjadi member Dempagumi.inc.


STYLE

Karena culture Akihabara begitu kental terasa di Dempagumi.inc, maka penampilan 'standar' ala Akihabara semisal suara yang moe dan penggunaan lirik yang gembira akan sering terdengar di lagu-lagu Dempagumi.inc. Perbedaannya adalah Dempagumi.inc terkesan lebih sering melakukan curhat dan memfokuskan lirik terhadap diri mereka sendiri.

Seperti yang dapat didengar dalam lagu WWD dimana mereka menceritakan masa lalu mereka, termasuk ketika masih menjadi w/otaku garis keras, dan bahkan kerap dikucilkan di masyarakat, hingga akhirnya mereka dipertemukan dalam Dempagumi.inc. Namun pada lagu WWD II mereka secara tidak langsung menyindir konsep idol grup, yang mana sang idol akan langsung kehilangan pamor mereka ketika grad dari idol grup mereka.

Dari segi lagu, Dempagumi.inc dapat dikatakan lihai dalam memadukan beat, bahkan tak jarang lagu-lagu Dempagumi.inc terasa terlalu cepat apabila ingin di-cover atau dibawakan secara karaoke.







Referensi :

11 komentar:

  1. Karena mencoba mennyanyikan lagu Dempagumi adalah kesalahan besar terutama bagian rap

    BalasHapus
  2. labil musikasisasi Dempagumi, temponya berubah cepet banget tapi kawaii suaranya. Daisuki! ~~\o/
    btw kalo ketemu langsung dengan liat MV terlihat jauh sekali perbedaannya, muka tante-tantenya gak keliatan

    BalasHapus
  3. baru denger ternyata lagu mereka masuk game Beatmania IIDX <- game impian ,_,"
    kapan2 bang Farid bahas artists khusus buat game Rhythm-simulation gitu dong *ngarep*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena itu Mirin masuk best 10 Akihabara di Beatmania IIDX.
      Pengen bahas game juga sih, apa daya belum ada kemampuan (baca: jarang ke game centre, ga punya console).

      *kok gue malah curhat?*

      Hapus
  4. setelah diperhatikan matanya pada identik ya...
    belum ketemu fetishnya. tapi yg shorthaircut itu (Nemukyun) leh zughoi >w<
    genre musiknya kurang cocok hhe

    BalasHapus
  5. baru nnton video nya ni, suara2 mereka mirip chara di anime :D
    btw, itu yg pake kucir 2 suara nya imut bgt, itu kah yg nama nya mirin :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang kuncir dua di menit pertama itu Ayame/Pinky, bukan Mirin.

      Hapus
  6. nyindir konsep gmna bang? :o
    apa karena membernya yg di mv pada diganti yg ceritanya dempagumi 7 tahun kedepan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalau lirik lagu WWD2 sudah didengar dan dipahami maka makna 'nyindir konsep' itu akan lebih mudah dipahami :)

      Hapus
  7. Nice thread gan, baru suka sekarang gue ama dempa haha

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...