Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

16 September 2013

Melody Nurramdhani, Si 'Wajah' JKT48

Ketika berbicara tentang JKT48, maka hampir tidak mungkin untuk melewatkan sosok Melody Nurramdhani atau yang biasa disapa Melody. Member generasi pertama JKT48 ini bisa dikatakan sebagai salah satu member dengan basis fans terbanyak diantara member JKT48 lainnya.

Sempat digadang-gadang akan menjadi sosok leader layaknya Takahashi Minami di AKB48, namun posisi kapten team J malah menjadi milik Kinal. Namun meski begitu, posisi MC sekaligus salah satu member frontline JKT48 masih kerap dilakoni mojang kelahiran Bandung, 24 Maret 1992 ini.

Dalam penampilan-penampilan awal JKT48 di dunia hiburan Indonesia, banyak yang mengira bahwa Melody adalah kapten JKT48, atau setidaknya menjadi kapten team J ketika team J diresmikan. Hal ini didasari oleh seringnya Melody mendapatkan kesempatan menjadi juru bicara sekaligus selalu berada di posisi centre/kami3 bersama Cleo (ex-member) dan Shanju.

Fakta lain yang memungkinkan Melody menjadi kapten team J adalah, Melody menjadi salah satu member JKT48 dengan fans terbanyak dan diiringi dengan kharisma seorang leader, apalagi setelah 'partner'nya Cleo memilih grad menjelang akhir tahun 2012. Saat itu, Melody dianggap sebagai satu-satunya member yang pantas untuk mendapatkan posisi sebagai kapten team J nantinya.

Namun ketika team J JKT48 terbentuk, posisi kapten ternyata menjadi milik Kinal, sedangkan Melody bisa dikatakan 'hanya' menjadi salah satu member kami3. Meskipun begitu kesan aura seorang pemimpin tidak serta-merta redup dari Melody, bahkan di MV RIVER versi JKT48 Melody mendapatkan posisi yang sama dengan posisi Takahashi Minami (salah satu dari double-centre), sang soukantoku 48Family di MV RIVER versi AKB48.

AKB48 - RIVER
JKT48 - RIVER
Hal lain yang membuat sosok Melody bisa dikatakan mirip dengan Takamina adalah pembawaan mereka yang tegas dan terkesan cuek ketika tampil di panggung. Layaknya sikap seorang pemimpin yang sedang memimpin pasukannya, meskipun bukan mereka yang tampil di barisan terdepan, namun kehadiran mereka mampu membangkitkan pesona dari idol grup mereka masing-masing.

Selain itu yang membuat sosok Melody terlihat begitu wah di JKT48 adalah 'aura idol' yang begitu besar pada dirinya. Selain member Kaigai (Akicha dan Harugon), saat ini member JKT48 yang memiliki aura idol yang sangat besar (dan terkadang 'menutupi' member lainnya) adalah Melody dan Nabilah.

Bila Nabilah bisa dikatakan memiliki 'aura idol' dari wajahnya yang menjadi fetish sebagain besar fans JKT48 dan selalu eksplosif dalam melakukan koreo, maka Melody adalah aura 'intimidatif' yang memancarkan kesan angkuh namun tetap bersahaja. Layaknya aura yang dimiliki pemimpin-pemimpin dari negara adikuasa.

Mungkin secara penampakan wajah, Melody tidak bisa dikatakan member JKT48 yang tercantik atau yang paling imut, namun dari kehadirannya saja di panggung atau iklan JKT48 mampu menarik perhatian orang banyak. Rata-rata apabila seorang melihat poster/banner/iklan/selebaran berbau JKT48 maka mereka akan langsung melihat ke arah Melody, sekalipun Melody bukan oshimen mereka.


Popularitas Melody sebagai member JKT48 bukan hanya di Indonesia, Aki-P pun tampaknya menyadari 'aura idol' milik Melody yang memang tidak dimiliki sembarang orang. Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya Melody sebagai member JKT48 pertama (selain team Kaigai) yang masuk dalam MV AKB48 'New Ship'. Melody juga menjadi ambassador dari buah khas Okayama, Jepang yaitu anggur dan persik putih untuk kemudian dipromosikan di Indonesia.

Sampai saat ini, mungkin baru Melody di JKT48 yang mendapatkan perhatian dan jumlah fans yang banyak 'hanya' dari sifatnya yang mirip dengan putri samurai dari masa Jepang kuno. Sosok yang tegar dan tenang, namun disaat yang sama juga mampu membuat banyak orang terpukau dengan kerja kerasnya.

Sosok Melody sendiri dapat dikatakan menjadi kriteria utama untuk menjadi member team A AKB48, yang bisa dikatakan sebagai 'tujuan akhir' dari setiap member 48Family. Meskipun berlabel team freedom, namun team A apabila diperhatikan selalu mencari member yang memiliki aura idol yang sangat overwhelming. Ambil contoh pesona/idol aura milik Takamina, Acchan atau Mariko Shinoda yang selalu tidak pernah lepas dari team 'terkuat' AKB48 tersebut.

Dengan semua kualitas yang dimiliki Melody, bukan tidak mungkin suatu saat nanti ia akan menjadi member team A AKB48, bukan hanya menjadi member team A, namun menurut saya Melody menjadi potensi untuk menjadi salah satu member frontline AKB48. Tapi untuk sekarang, sebutan sebagai 'wajah' dari JKT48 sudah pantas disematkan bagi Melody (seperti julukan The Face of AKB48 milik Atsuko Maeda semasa di AKB48).

Again, aura idol yang dimiliki Melody memang bisa dibilang sebagai salah satu faktor pendukung ia selalu berada di posisi kami3 JKT48 bersama Nabilah dan Haruka. Namun sukses Melody tentu tidak hanya terpengaruh dari bakat bawaannya tersebut, ada juga kerja keras yang konsisten dari seorang Melody agar tetap mampu tampil maksimal dalam setiap penampilannya bersama JKT48.

"Saya merasa melody seperti member-member senior di AKB48, ; Takamina, Mariko dan Acchan. Perpaduan antara ketiganya berpadu dalam karakter seorang Melody." 

-- Nagasawa Kyouzo. Fans 48Family asal Jepang--

15 komentar:

  1. meskipun dibilang 'wajah jekeiti' tapi doi belum bikin gue nyantol. mungkin kalo model rambut jadi short haircut boleh juga hehehe
    btw dulu pernah liat temennya Melody tante-tante semua hiii

    BalasHapus
  2. Mungkin bener, suatu saat nantinya pasti Melody bisa ke AKB. Tapi ntah kapan itu :v

    BalasHapus
  3. amiin.. mudah-mudahan Melody bisa ke team A AKB4

    "setiap liat banner iklan pasti langsung liat Melody walaupun bukan oshimen" bener banget hahaha XD

    BalasHapus
  4. Kaya Yoona yg meski bukan leader tapi sering dijuluki "Face of SNSD".

    Belum pernah papasan di jalan sama teteh Melody ini, padahal mah satu univ.

    BalasHapus
  5. aura bintang emang lekat banget sama teh melo hehe
    btw, itu oshi gue dulu pas lagi suka2nya jeketi haha

    BalasHapus
  6. beuh, teh melody! dia udah buat gw nyantol dengan deket lagu-lagu jeketi!

    BalasHapus
  7. betul juga, dulu gua kira si Melody yang bakal jadi Kapten, tapi ga nyangka.

    BalasHapus
  8. Mau ngoreksi dikit, di RIVER Melody bukan di posisi Takamina tapi di posisi Acchan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi sebagai salah satu double centre, bukan posisi dalam koreo.
      Tapi memang rada ambigu sih bahasa saya.

      Terima kasih atas koreksinya :D

      Hapus
  9. duh kalo gue liat banner poster ato apapun yang berbau jeketi tetep aja liatnye ke oshi,.
    tapi kalo ngebahas aura bintang atau Idol gue setuju banget, buktinya doi bisa masuk ke Special Girl A di PV "New Ship"
    walaupun bukan oshi tapi pas liat doi ngomong di PV "New Ship"
    M ; "Kalian ngomong apa? saya nggak ngerti."
    udah deh fix melody mah bintang 5

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Melody, bangga banget dech terhadap sepak terjangmu.Tetap Semangat meraih cita ya, kami akan selalu dukung dan tetaplah jadi yang terbaik dan juga tetaplah jadi panutan buat para member dan fans.Shania juga bilang di G+ kalo Melody itu orangnya baik banget dan juga pekerja keras sbg center atau front girls.Dan juga peduli sama semua member dan juga sangat berwibawa.Dan Melody juga orangnya tegas dan gak segan2 juga untuk membantu member lain.Smg Melodi selalu sehat dan selalu dlm lingkungan Allah SWT.

    BalasHapus
  12. Saya menentang keras jika Melody dipindah ke AKB48.. Pokoknya Melody harus tetap di JKT48.... Titik...!!

    BalasHapus
  13. Tetap semangat yak buat melody,,, semoga bisa terbang go international jadi member team A

    BalasHapus
  14. Melody katanya dah dapat tawaran masuk akb48, tapi ditolak dengan alasan belum siap tinggal di jepang.

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...