Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

10 September 2013

Nogizaka46, Sang Rival AKB48


Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa AKB48 telah memiliki lima sister grup yang saling membantu satu sama lain hingga saat ini. Sister grup tersebut adalah SKE48, NMB48, HKT48, JKT48 dan SNH48. Kelima sister grup ini berjuang di daerah mereka masing-masing untuk mempromosikan franchise 48 agar lebih populer.

Selain itu sering terjadi pergantian formasi dan member antara sister grup tersebut. Namun berbeda dengan Nogizaka46. Meskipun merupakan idol grup milik Yasushi Akimoto yang juga mastermind dari 48Family, namun beliau membuat Nogizaka46 sebagai idol grup rival 48Family ketimbang menjadi salah satu dari sister grup AKB48.

Secara konsep, Nogizaka46 ini berbeda total dengan 48Family yang lain, kalau kata Aki-P sendiri "Nogizaka46 itu tidak memiliki konsep'. Nogizaka46 tidak mengenal sistem senbatsu sousenkyo maupun janken untuk menentukan formasi dan posisi member (senbatsu) dalam sebuah single.

Bila 48Family 'membutuhkan' dukungan vote dari fans mereka untuk menentukan formasi, maka di Nogizaka46 formasi ditentukan oleh fans, manajemen termasuk pelatih tari dan pelatih vokal dengan cara seluruh member Nogizaka46 diharuskan melalui tahapan audisi. Hal ini menjadikan susunan member dalam setiap single menjadi sangat dinamis, karena tidak ada jaminan pasti seorang member akan selalu disertakan dalam single.

Nama Nogizaka46 sendiri diambil dari nama gedung Sony Music Entertainment atau yang lebih dikenal dengan nama bangunan SME Nogizaka. Nogizaka46 sendiri merupakan salah satu artis yang berada dibawah label Sony Music, berbeda dengan 48Family lainnya yang menggunakan label Kings Record.

Sedangkan embel-embel '46' sendiri dimaksudkan agar idol grup ini menjadi rival 48Family yang sebelumnya telah terkenal dengan embel-embel '48'.

Dalam dunia entertainment Jepang, Sony Music sempat menjadi bahan kelakar karena mengambil Nogizaka46 dalam label mereka. Hal tersebut karena dulu pada masa awal terbentuknya AKB48, pihak Sony Entertaiment melepas AKB48 karena dianggap kurang menjual. Karena banyak yang mengatakan perekrutan Nogizaka46 sebagai tindakan "balas dendam karena pernah menyesal".

Bangunan SME Nogizaka
Meskipun identik dengan bangunan SME Nogizaka, namun Nogizaka tidak memiliki teater tetap layaknya 48Family. Nogizaka46 kerap muncul dan melakukan pentas dari teater ke teater, dari Live Show ke Live Show bahkan datang mengunjungi tempat-tempat keramaian seperti pasar, mall tanpa pemberitahuan.

Sifat nomaden ini menjadikan konsep "Idol yang bisa kau temui setiap hari" milik 48Family berusaha ditandingi oleh Nogizaka46 dengan konsep "Idol yang akan menemuimu".

Meskipun rata-rata usia member Nogizaka46 terbilang masih muda (13 sampai 20 tahun), namun sistem pelatihan dan battle royale didalam tubuh Nogizaka46 itu sendiri bisa dikatakan lebih 'brutal' ketimbang di AKB48. Hal ini disebabkan karena setiap member Nogizaka46 diharapkan mampu menjadi rival utama AKB48 dalam lima tahun ke depan.

Selain itu, karena jumlah member yang lebih sedikit ketimbang 48Family (33 orang) dan harus melakukan show secara nomaden, menyebabkan pemandangan member Nogizaka46 sering dilarikan ke rumah sakit karena kelelahan hingga membutuhkan perawatan khusus. Namun idol grup yang baru terbentuk pada tahun 2011 'hanya' kehilangan tiga member.


Bila AKB48 memiliki acara variety show semisal AKBingo! (JKT48Missions kalau di JKT48), maka Nogizaka46 memiliki dua acara variety show yaitu 'Nogizaka tte Doko' (untuk member senbatsu) dan 'Nogizaka tte Koko' (untuk member non-senbatsu/Under Girls).

Acara yang dibedakan oleh member senbatsu dan non-senbatsu ini memperlihatkan perjuangan member Nogizaka46 untuk meraih kepopuleran dengan cara semisal mendatangi toko CD, mendatangi kota-kota kecil, berdiri membagikan brosur dan cinderamata di tengah keramaian kota bahkan sampai mendatangi stasiun radio untuk meminta wawancara.

Hal ini (mungkin) yang menjadi faktor penyemangat Nogizaka46 dalam berjuang di dunia musik Jepang, karena setiap member-nya mengetahui perjuangan menjadi terkenal dari bawah, bahkan sampai berusaha mempromosikan sendiri idol grup mereka.

Sampai saat ini, Nogizaka46 telah memiliki enam single (Guruguru Curtain, Oide Shampoo, Hashire! Bicycle, Seifuku no Mannequin, Kimi no Na wa Kibou dan Girl's Rule). Aura ketegangan dalam senbatsu pertama kali dirasakan member Nogizaka46 ketika memasuki masa pemilihan member senbatsu untuk single 'Guruguru Curtain'.

Berbeda dengan AKB48 yang menggunakan sistem voting menggunakan CD dan diumumkan melalui sebuah event besar. Senbatsu Nogizaka46 dilakukan dengan cara menelfon ke telefon genggam pribadi milik member untuk memberitahukan bahwa mereka terpilih menjadi member senbatsu. Sistem seperti ini jugalah yang menjadikan tidak adanya posisi tetap layaknya kami7 seperti di AKB48, karena tujuh member utama Nogizaka46 selalu berganti di setiap single.

Suasana tegang saat pemilihan member senbatsu.
Mungkin 'pernyataan perang' dengan AKB48 yang paling menghebohkan adalah ketika mereka merilis lagu coupling dari album 'Guruguru Curtain' yang berjudul 'Aitakatta Kamoshirenai'. Lagu tersebut merupakan lagu 'Aitakatta' milik AKB48 yang di aransemen ulang, bahkan mereka menggunakan koreo dan lokasi syuting yang sama dengan MV Aitakatta milik AKB48.




Bersamaan dengan konsep yang unik dan semakin banyaknya fans Nogizaka46, tampaknya cita-cita mereka untuk menjadi rival utama AKB48 dalam beberapa tahun kemudian dapat menjadi kenyataan. Meskipun memiliki member yang lebih sedikit ketimbang AKB48 dan juga harus berjuang mempromosikan diri mereka sendiri. Dari segi musik Nogizaka46 memiliki potensi besar untuk mengalahkan AKB48, bahkan 48Family di masa depan.

Sakurai Reika.
(Captain Nogizaka46)


8 komentar:

  1. Yakali, entar mah ngz bisa sejajar atau mungkin ngalahin akb hehe

    BalasHapus
  2. lebih indies daripada sodari sodarinya
    yg lebih penting, lebih banyak short haircut girls
    :p

    BalasHapus
  3. Kalo baca lewat tulisan bang farid ini, ngz ini kayaknya merasa terus dipaksakan oleh pihak management yah. IMO.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak gitu sih, cuma konsep Nogizaka46 yang terlihat lebih hardworker ketimbang AKB48. IMHO.

      Hapus
  4. sekilas gua liat Maaya seperti Maririn di MV Seifuku no Mannequin. btw Ikomachan lucu ya hehehe :3 :4 :5

    BalasHapus
  5. Gue malah baru tau soal ginian bang -___- bisa buat move on dari 48family nih hehehe

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...