30 November 2013

Jadi Blogger Produktif Tanpa Koneksi Internet Pribadi

Bagi sebagian besar orang (khususnya mereka yang baru memulai blogging) menjadi seorang blogger yang produktif biasanya identik dengan kemampuan untuk memiliki koneksi internet sendiri. Baik itu melalui modem maupun wifii pribadi.

Namun tidak selalu mereka yang memiliki kemampuan untuk memfasilitasi dengan koneksi internet untuk pribadi itu selalu bisa menjadi blogger yang produktif, mereka yang tidak memiliki fasilitas seperti itu sebenarnya juga bisa menjadi seorang blogger yang produktif.

Di era internet seperti sekarang seharusnya memudahkan para blogger untuk menjadi produktif. Semakin menjamurnya warnet (warung internet) dan makin banyaknya gadget yang menyediakan fasilitas blogging via mobile seharusnya membuat keterbatasan memiliki koneksi internet pribadi  tidak menjadi halangan yang berarti untuk menjadi blogger yang produktif.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi blogger yang produktif tanpa perlu memiliki koneksi internet pribadi.


1. Tentukan Tema.
Meskipun bisa dibilang 'campur-campur', namun pada dasarnya sebuah blog memiliki tema besar dimana sebagian besar postingannya membahas tema tersebut. Tentukan tema blog anda dan niscaya, ide untuk menulis postingan (dalam jumlah yang banyak) akan semakin mudah diperoleh.


2. Temukan Ide Yang Menarik.
Hal ini bisa dilakukan dengan rajin membaca berita/informasi, dari situ anda terkadang bisa menemukan bahasan menarik yang bisa dijadikan bahan postingan. Kemudahan social media seperti facebook dan twitter bisa digunakan untuk mendapatkan ide postingan, dengan catatan anda mengikuti akun-akun yang memiliki/memberikan informasi yang terpercaya.


3. Catat Dan Buat Garis Besar Terlebih Dahulu.
Apabila telah memperoleh ide untuk membuat postingan seperti apa, maka segeralah buat dan tulis garis besar bahasan yang ingin anda bahas. Sebisa mungkin tulis semua kemungkinan yang terpikirkan oleh anda. Garis-garis besar tersebut bisa anda tuliskan pada selembar kertas atau pada gadget anda.


4. Cari Informasi Lebih Lengkap.
Setelah menemukan media untuk menulis melalui internet (contoh ; online di warnet atau laptop teman) sebisa mungkin carilah informasi terkait postingan yang ingin anda buat dan bandingkan dengan opini yang telah anda buat sebelumnya. Seleksi dan rangkailah menjadi sebuah postingan yang merupakan kombinasi dari informasi dan fakta sebenarnya dengan opini anda.


5. Konsisten dan Hindari Copas (Copy-Paste).
Menulis di blog bukanlah pekerjaan yang mengharuskan kita selalu menulis, namun apabila anda ingin menjadi seorang blogger yang produktif maka tidak ada jalan lain selain menulis postingan blog secara konsisten. Konsisten ini tidak berarti harus banyak, namun bisa disesuaikan dengan kemampuan diri.

Dan juga sebaiknya menghindarkan diri dari yang namanya copas, karena apabila postingan yang anda tulis dan pikirkan sendiri diapresiasi dengan baik (baik dari jumlah traffic maupun komentar yang masuk) tentu memberikan semangat untuk menulis lagi. Berbeda dengan melakukan copas dimana anda akan merasa 'hampa' sekalipun tulisan anda menjadi salah satu topik yang paling sering dibicarakan.


5. Hindari Membandingkan Diri Dengan Blogger Lain.
Setelah anda mulai menulis di blog secara konsisten, maka hindarilah membandingkan diri dengan blogger lain. Baik dari segi bentuk tulisan, tema yang dibahas dan jumlah postingan per minggu/bulan. Hal ini karena setiap orang memiliki passion dan anggapan masing-masing tentang apa yang disebut 'blogger produktif'. Ada yang menyebut menerbitkan empat postingan dalam sebulan itu produktif, ada juga yang menyebutnya tidak produktif.

6. Niat
Yang paling dasar dari semuanya ; Niat. Karena langkah-langkah diatas tentu akan terasa sangat berat bagi mereka yang dari awal tidak memiliki niat maupun keinginan untuk menjadi seorang blogger yang produktif.



27 komentar:

  1. nah poin ke 5 tuh, gue baru inget sekarang. Takut ngepublish karena ngeliat blog orang lain yang keren-keren

    BalasHapus
  2. paling susah sebenernya "niat". padahal menurut gue, buat pemula biarpun blm dapet topik menarik dan tulisannya juga blm menarik, asal nggak copas mah nggak masalah. namanya juga orang belajar. pasti adalah yang udah expert sama yg masih beginer.

    BalasHapus
  3. well, yang susah itu bagian niat, lah iya.. Pas ane mau ngeblog, tergiur buka twitter, buka manga. Imanku ga kuat :v

    BalasHapus
  4. Dari semua poin di atas, gue bertentangan sama point 5.
    Menurut gue, membandingkan blog sendiri dengan blog orang lain itu bagus. Semacam memotivasi supaya makin terlihat baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di poin nomor lima yang dibandingkan bukan blog-nya, melainkan produktivitas menerbitkan postingan blog :)

      Hapus
    2. Tapi, disitu ada tulisan, dan tema yang dibahas. Hehe. #cmiiw

      Hapus
  5. Semua pada komentar masalah poin 5, Niat.
    Ya semuanya hal pasti butuh niat. Kami kira kebanyakan niat kebanyakan blogger Indonesia saat ini adalah tergiur oleh Penghasilan Online. Karena niat awal seperti itu, banyak yang asal copas tulisan, dan jika tidak berhasil sesuai niatnya, akhirnya ditinggalah blognya.

    BalasHapus
  6. Gue kadang udah niat banget buat bikin postingan, tapi giliran udah di depan laptop malah bingung mau ngetik apaan. :/

    BalasHapus
  7. Kadang udah niat banget, tapi pas inget sama games, niat itu ilang begitu sajaaaa~

    BalasHapus
  8. Kok aku malah tertarik dengan gambar yang diatas yg ada ceweknya itu ya. :)

    BalasHapus
  9. dan juga rajin blogwalking untuk menjalin hubungan dengan blogger lain.

    BalasHapus
  10. Gue agak gimana gitu kalau point "Niat" dikasih terakhir, mau jadi apa sih kalau niat dikesampingkan? Nggak ada niat, usahapun gagal. Diartikel udah jelas dan udah dijelaskan kalau Niat itu modal utama. Seharusnya itu masuk point pertama karena niat adalah doa hehe.

    BalasHapus
  11. seperti mendapat spirit lagi baca tulisan ini, secara udh lama ga ngeblog

    BalasHapus
  12. Pengen belajar ngeblog lagi yang lebih dalam nih, tips-tips ini bisa ane manfaatin banget nih...

    BalasHapus
  13. berguna banget bang infonya.

    BalasHapus
  14. paling susah itu waktu kak. kadang nggak sempat. niat juga.. huft :(

    BalasHapus
  15. intinya NIAT ya jadinya,, haha.. pantes,,, lanjut aaahhh,,, :D

    BalasHapus
  16. nice info bang :D, kunjungi balik ya

    BalasHapus
  17. yang susah di pertahanin: Niat. kalo niat sih bakalan update terus. tp kalo enggak? wasalam.

    BalasHapus
  18. Tips yang benar2 bermanfaat :D
    mampir balik ke blog aku ya http://www.anisaoktariani.blogspot.com/
    Salam kawancut!

    BalasHapus
  19. kadang suka minder liat layout blog lain

    BalasHapus
  20. Paling susah kalo masalah konsisten. Kalo ga buntu ide nulis ya males.

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...