Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

5 November 2013

Melihat Potensi Kandidat Kapten Team SII dan NII SNH48

Sebagai bagian dari idol grup 48Family, tentunya SNH48 suatu saat pasti akan memiliki tiga team yang terdiri dari team S, N dan H. Sebagai idol grup paling muda di 48Family, tidak heran apabila SNH48 disebut akan memiliki tiga team paling akhir dari seluruh sister grup AKB48.

Berdasarkan kabar yang beredar, maka pengumuman peresmian dua team yang akan dimiliki SNH48 nantinya, yaitu team SII dan NII akan diumumkan pada tanggal 11 November 2013 berikut dengan nama kapten masing-masing team.

Berikut adalah beberapa nama member SNH48 yang menurut saya pantas untuk mendapatkan posisi sebagai kapten di dua team tersebut.

First of all, kita harus memahami bahwa generasi tidak serta merta menentukan seseorang harus berada di team ini maupun team itu. Untuk JKT48, bisa dibilang sebuah kebetulan apabila melihat seluruh member gen1 berada di team J dan seluruh member gen2 berada di team KII, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan terjadi juga di tubuh SNH48.


#1. Tang Min


Tang Min bisa dibilang sebagai member yang paling berpeluang untuk menjadi kapten team, selain karena ia merupakan member gen1 dan juga member yang paling mudah untuk dikenali fans baru, Tang Min sudah menjadi centre SNH48 di hampir semua MV SNH48.

Namun kondisi terbaru menunjukkan bahwa kondisi kesehatan Tang Min sedang tidak baik, masalah sama yang membuatnya harus hiatus dulu dari kegiatan SNH48. Hal ini bisa menjadi salah satu sisi buruk apabila ia menjadi kapten team yang harus selalu siap mendukung rekan-rekan se-timnya dan menjadi 'tiang penyangga' moral team itu sendiri.

Secara popularitas Tang Min memang menjanjikan apabila menjadi kapten, namun secara performa ia lebih kepada seorang centre ketimbang leader. Tang Min terlihat kurang memiliki kharisma seorang pemimpin, selain itu kondisi tubuhnya yang sedang tidak sehat bisa menjadi faktor penghambat ia terpilih menjadi kapten team.


#2. Zhao Jiamin


Centre dari Heavy Rotation perkenalan SNH48 bisa dibilang ada berlian masa depan SNH48. Seperti Matsui Jurina yang mendapatkan apresiasi tinggi ketika memulai debut bersama SKE48, Jiamin juga mendapatkan apresiasi tinggi dan bahkan disebut sebagai bintang masa depan.

Gadis berusia 15 tahun ini memiliki interpersonal skill yang baik, setidaknya melihat track record ketika SNH48 memulai debut di China dimana SAVOKI (nama kecilnya) mendapatkan peran sebagai MC/juru bicara dari SNH48.

Namun bersama partner W Min (Double Min) nya yaitu Tang Min, Zhao Jiamin juga memiliki masalah kesehatan, ia pernah mengalami cidera kaki yang membuatnya urung tampil di beberapa MV SNH48 dan kegiatan harian SNH48 lainnya.

Jiamin memang berpotensi menjadi kapten, namun masalah kesehatan serta kemungkinan staff SNH48 ingin mempersiapkan dirinya untuk menjadi lebih baik lagi bisa dibilang menjadi faktor yang membuatnya urung terpilih sebagai kapten.


#3. Chen Guanhui


Bila ada yang bertanya "siapakah yang paling 'diuntungkan' dengan absennya W Min di SNH48?", maka bisa jadi jawabannya adalah Chen Guanhui. Member ikemen SNH48 ini ibarat mendapatkan berkah terselubung dibalik absennya W Min. Guanhui sendiri memang memiliki potensi besar untuk menjadi kapten.

Ia terkenal aktif bersosialisasi dengan fans -- baik melalui weibo maupun handshake event --, ia dikenal dekat secara personal dengan member SNH48 lainnya, dan yang paling penting Guanhui dikenal sebagai member yang bisa bersikap paling tegas diantara member lainnya yang tentu saja menjadi nilai lebih dirinya untuk terpilih menjadi kapten.

Secara pesona, fans Guanhui sendiri terkenal diantara fans member lainnya karena lebih loyal dan terkadang royal terhadap dirinya. Ia juga menjadi salah satu (bersama Kong Xiaoyin) member yang digunakan untuk menjadi model pada peluncuran MV Ponytail to Shushu versi SNH48.


#4. Xu Jiaqi


Xu Jiaqi bisa dibilang sebagai salah satu noteable member diawal debut SNH48 namun mengalami kemunduran secara pesona di mata fans SNH48 secara keseluruhan. Di beberapa MV awal SNH48, yaitu "16nin Shimai no Uta" dan "Heavy Rotation" versi perkenalan, aura Jiaqi sebagai salah satu member yang akan menjadi pondasi SNH48 begitu terlihat.

Meski lebih dikenal sebagai member yang kerap membuat member lainnya terpingkal-pingkal akibat ulahnya, Jiaqi dinilai sebagai salah satu member SNH48 yang 'berkelas' dan tidak ada tandingannya di SNH48.

Dan tidak selalu member yang menjadi kapten adalah member dengan popularitas yang tinggi atau member yang paling cantik, kasus seperti yang terjadi pada Kinal JKT48 dimana ia menjadi kapten team J disaat banyak orang yang lebih mem-favorit-kan member lain semisal Melody maupun Nabilah.


-------------------------------------------------------------

Itu adalah empat member SNH48 yang menurut saya pantas menjadi kapten team berdasarkan performanya sejauh ini. Empat nama diatas memang berasal dari gen1 semua, hal ini disebabkan masih sulit menilai kemampuan dan pribadi setiap member gen2 SNH48 karena mereka masih sedikit tampil di Star Dream Theater dan belum pernah diikutkan di event luar teater.

Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan terpilihnya member dari gen2 untuk menjadi kapten, mengingat ada beberapa nama member gen2 yang bisa dibilang cukup terkenal (baik dari opini fans di China sana maupun dari aktifitas mereka di weibo) seperti Tang Anqi, Wan Lina atau Li Shiqi sama-sama memiliki kesempatan untuk menjadi kapten team.

SNH48 di Halloween Party di Star Dream Teater.

10 komentar:

  1. Loh, jadi selama ini SNH48 belom punya kapten tim, bang? Eh, bener gak sih pertanyaan gue. Apa selama ini SNH48 belom punya tim?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum punya team, sampai sekarang (sebelum 11 November 2013) status semua member-nya masih kekyuusei.

      Hapus
  2. Kalo Tang Min harapannya cuma 2% deh :) nasibnya sekarang gak tau gimana di SNH48!

    BalasHapus
  3. yup, kalo inget di JKT48 yang jadi kapten akhirnya Kinal, popularitas gak semata-mata jadi ukuran pasti ya.. ._.

    *tandai 11 November*

    BalasHapus
  4. Menurut gua yang bakal jadi kapten itu mungkin Tang Min atau Jia Min XD

    BalasHapus
  5. Gue suka semua, jadi mending kaptennya gue aja. Nah loh -_-

    BalasHapus
  6. Gua dukung Savoki ( jiaMin ) buat jadi kapten :D

    BalasHapus
  7. Jia min yg paling cocok jadi kapten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaptennya udah (lama kepilih) mz/mba, yang kepilih jadi kapten itu Mo Han.

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...