Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

25 November 2013

Shougeki Gouraigan [ Tokusatsu Review ]

Dari jaman dahulu kala, manusia telah mulai percaya dan berdoa meminta pertolongan kepada mereka yang mereka sebut dengan sebutan 'dewa'. Para 'dewa' tersebut kemudian membalas doa-doa yang disampaikan pada mereka dengan cara melindungi manusia dari monster bernama Magii yang biasa disebut manusia sebagai hantu.

Meski tidak semua Magii itu berbahaya bagi manusia karena beberapa dari mereka dapat hidup berdampingan dengan manusia dengan cara menyamar sebagai manusia.

Hitomi Kai adalah gadis yang memiliki kemampuan spiritual yang lebih sehingga bisa membedakan Magii dengan manusia biasa, ia bahkan bisa melihat para 'dewa' yang turun ke Bumi dalam sebuah misi khusus.


Sinopsis

Di dunia yang berbeda dimensi bernama Chou Shinkai adalah tempat dimana para 'dewa' tinggal. Para 'dewa' tersebut memiliki sebutan sebagai hikaribito dan bertugas untuk menjaga umat manusia dari gangguan Magii. Namun ternyata umat manusia tidak hanya terancam oleh kehadiran Magii, ada juga 'dewa' yang memiliki keinginan menguasai dunia, mereka disebut sebagai kageribito.

Gou, seorang hikaribito tengah dalam perjalanannya untuk mengantarkan tahanan kageribito ke tempat pengasingan. Namun dalam perjalanan kapalnya diserang dan tahanan kageribito paling berbahaya bernama Jin yang juga sahabat Gou berhasil melarikan diri.

Jin VS Gou

Jin yang memang merencanakan serangan ke kapal tempat ia ditahan dengan tujuan bisa mendarat di Bumi berhasil, begitu juga Gou yang terdampar di Bumi karena kapalnya rusak. Di Bumi Gou mendapatkan kabar bahwa Jin tengah mengumpulkan 1000 orang tentara untuk menyerang Bumi dalam waktu 100 hari ke depan. Mendengar hal tersebut Gou memutuskan untuk melakukan seppuku namun dihentikan oleh Chou Shinkai yang kemudian memintanya untuk berusaha menghentikan rencana Jin.

Gou memiliki rencana untuk mengumpulkan keempat tahanan hikaribito dan menjadikan mereka rekan untuk menghadapi tentara milik Jin, hal tersebut dikarenakan dalam dunia hikaribito, apabila telah terjadi duel maka pihak yang kalah harus menjadi pesuruh dari pihak pemenang.

Di Bumi Gou juga bertemu dengan gadis bernama Hitomi Kai yang bisa melihat sosok asli dari Magii dan juga hikaribito. Gou kemudian meminta pertolongan Hitomi untuk membantunya mencari keempat hikaribito lainnya sebelum tentara Jin datang ke Bumi dan menghancurkannya.


Karakter

Hitomi Kai

Gadis pemeran utama dari seri ini. Ia memiliki kemampuan untuk melihat Magii dan hikaribito dalam bentuk mereka yang sesungguhnya, suatu kemampuan yang selalu membuatnya ketakutan sedari kecil.

Semenjak bertemu dengan Gou, ia mulai memberanikan diri menggunakan kekuatannya untuk mencari hikaribito. Meskipun bisa melihat Magii dan hikaribito, namun ia akan kehilangan ketika mengalami masa 'datang bulan', sebuah masa yang ia syukuri karena tidak perlu melihat monster yang menakutkan.

Diperankan oleh ; Yua Shinkawa

Gou

Gou adalah hikaribito yang ditugaskan membawa tahanan kageribito ke dalam pengasingan, namun kapalnya dicegat di tengah perjalanan dan membuat tahanan kageribito sekaligus sahabatnya ; Jin berhasil melarikan diri ke Bumi.

Bentuk manusia yang ia ambil adalah model dari sebuah iklan promosi dari sebuah produk pembesar badan/body-building.

Gou kemudian bersumpah untuk menghentikan rencanan Jin untuk menguasai Bumi. Gou memiliki motto hidup untuk selalu membayar hutangnya, pola pikir yang membuatnya mengejar-ngejar Hitomi karena ingin membayar hutang karena Hitomi pernah membayarkan makanannya.

Diperankan oleh ; Katou Takahiro (bentuk manusia) & Wada Sanshirou (bentuk armor)


Jin (Wakabayashi Shinji)

Jin adalah hikaribito yang membelot menjadi kageribito. Sahabat Gou ini sebenarnya memiliki kemampuan untuk menggantikan Raja Shinkai, namun ia lebih memilih menjadi penguasa Bumi daripada menjadi penjaganya.

Ia mengambil tubuh Wakabayashi Shinji, seorang direktur sukses yang bosan dengan kehidupannya. Wujud sesungguhnya Jin masih misterius.

Diperankan oleh ;  Wakamatsu Toshihide


Ensiklopedi

Hikaribito


Para penduduk Chou Shinkai, hikaribito sendiri bermakna "makhluk cahaya". Biasa juga disebut 'dewa' oleh manusia semenjak dahulu kala.


Kageribito


Para kriminal di Chou Shinkai, kageribito sendiri bermakna "makhluk kegelapan".


Magii

Biasa juga disebut 'monster' maupun 'hantu' oleh manusia semenjak dahulu kala. Hanya manusia dengan kemampuan spiritual yang sangat tinggi saja yang bisa melihat wujud asli mereka.


Review

Untuk ukuran serial tokusatsu, maka serial Gouraigan sendiri bisa dikategorikan sebagai tokusatsu dewasa karena beberapa adegan nudity terpampang dengan jelas (sebut saja Navi di episode pertama). Tapi selain adanya adegan-adegan nudity di serial ini, jalan ceritanya sendiri masih bisa dikategorikan cukup jelas dan juga cukup ringan untuk diikuti. Bahkan dalam beberapa adegan ditampilkan sisi humor dari karakter yang ada hingga yang bisa membuat penontonnya tersenyum, bahkan tertawa. 


My Rating : 7/10



7 komentar:

  1. sampai saat ini ceritanya masih berkutat seputar tingkah-polah para "alien" itu beradaptasi dengan kehidupan di bumi.

    BalasHapus
  2. Udah download dari kapan2 tapi belom sempet nonton, hahaha. Oke, thanks reviewnya. Segera ditonton...

    BalasHapus
  3. anggap saja Hitomi ini indigo dan kemudian dibikinkan serial tvnya :v

    BalasHapus
  4. penasaran nih sama film yg lo review rid. :D

    BalasHapus
  5. wah..kayaknya seru nih gan, pengen nonton :D

    BalasHapus
  6. Wajib nonton (y)

    http://ekienglandmuse.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. ini gue ga ngerti, tapi coba nontn aah
    mampir yuk ke http://catatankiting.blogspot.com/

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...