Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

13 Desember 2013

Bangkitnya Era Idol Metal di Jepang


Sukses BABYMETAL dalam mempopulerkan genre idol metal (dimana visual dan koreo ala idol dipadukan dengan musik metal) di Jepang dan juga dunia akhirnya diikuti oleh grup idol lainnya. Penggabungan unik antara dua genre musik yang awalnya dianggap tidak bisa disatukan (idol dan metal) ini perlahan mulai diterima para penikmat musik.

Seiring dengan makin populernya BABYMETAL dan genre idol metal ini, maka kemudian bermunculanlah beberapa idol grup yang mengusung musik metal namun masih memiliki unsur idol (tradisional) Jepang seperti pada umumnya. Berikut adalah beberapa idol grup tersebut.


#1. Lolisyn


Seperti yang sudah diperlihatkan BABYMETAL, dalam genre idol metal, wajah imut sang idol tidak menjamin bahwa mereka tidak bisa mengeluarkan suara yang bisa membuat kita berpikir "bagaimana mungkin wajah se-imut itu bisa mengeluarkan suara growling?".

Idol grup yang terdiri dari Rina dan Natsumi ini bisa dibilang sebagai versi 'true metal' bila dibandingkan dengan growl/scream milik Moa dan Yui (BABYMETAL). Bila dalam konser idol grup kita biasa melihat lautan lightstick, maka hal tersebut berbeda dengan fans/wota Lolisyn.

Meski dibilang sebagai idol grup namun tidak pernah terlihat lautan lighstick, yang ada hanyalah lautan moshing pit yang 'dipanaskan' dengan musik metal dari dua gadis berwajah imut tersebut.





#2. FruitPochette


Sister grup Hime Kyun Fruit Can dan nanoCUNE ini bisa dibilang sebagai grup paling 'keras' dibandingkan dengan dua saudarinya tersebut, dimana Hime Kyun Fruit Can beraliran pop-punk dan nanoCUNE beraliran pop. Beranggotakan Teratani Mina dan Azuma Shiori, idol grup ini bisa dibilang idol grup dengan konsep yang paling mendekati konsep awal BABYMETAL.





#3. New Idol Order


Dibandingkan dengan dua idol grup yang baru saja dituliskan, maka New Idol Order (nIo) bisa dibilang sebagai idol grup yang paling 'sakit', terlebih apabila anda terlalu terbiasa mendengar dan melihat musik idol Jepang pada umumnya.

Mulai dari video perkenalan member mereka yang diceritakan sebagai idol yang mencapai titik jenuh dan beralih ke jalan kekerasan dan intimidasi hingga penampilan LIVE mereka yang selalu membawa senjata semisal pemukul baseball yang bahkan tak jarang digunakan untuk memukul (dan terkadang) menendang fans dan kru kamera.

Well, bisa dibilang apabila nIo tampil dengan idol grup lain, maka idol grup tersebut akan merasakan aura 'ketakutan' yang dipancarkan dari ketiga member nIo yang 'hanya' diberi nama #1, #2 dan #3.





21 komentar:

  1. Keren nih, bisa fanchant sekaligus moshing sama headbang. Ngelirik vokalisnya bikin tambah semangat juga.

    BalasHapus
  2. Ngeliat Lolysin jadi pengen ikutan moshing, seru abis liatnya. Moshingnya kaga rusuh, tonjok-tonjokkan apalah. Ada aja orang yang baju biru di pojok kiri diem.

    Ngeliat FruPoche PV agak kurang tertarik ya tapi pas ngeliat yg mereka manggung di ojoka spring festival itu jadi tertarik. Konsepnya emang sama sih sama BABYMETAL, cuma FruPoche masih kurang greget lagunya.

    ngeliat nIo reaksinya IDOL GRUP MACAM APA INI BANG?!! SANGAR AMAT APALAGI YANG NYEKER ITU, NGEGELEPAK PENONTOK. KEREN! PENGEN GELEPAK JUGA XD
    BAD ASS SI #03 TAPI DIA PALING AKHIR YA, ADEK TERAKHIR GAK BISA DIEM EMANG XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. *penonton. saking antusiasnya malah salah XD

      Hapus
    2. Nasib #03 yang selalu dirantai dan paling pendiam karena (menurut video promosi) merupakan korban pembunuhan #01 dan #02

      *dibilangin idol grup paling 'sakit'*

      Hapus
    3. korban pembunuhan? bukannya dibully dia sampe mulutnya ancur gitu, trus pas nyampe rumah ada orang meninggal, keluarganya kan?

      Hapus
    4. Salah ketik, harusnya bullying #01 dan #02.
      Hountouni gomen na ....

      Hapus
  3. Masih suka BABYMETAL mah. kalau pesaingnya masih gini. Go dame! Go dame! Do! Yey

    Ngomong ngomong gue cuma bisa geleng geleng liat (nIo)

    BalasHapus
  4. aku baru denger baby metal bang dan itu lumayan bikin nagih ya lagunya buat didenger tapi sayang cewe bukan cowo yang keren hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cowok metal yang keren kan sudah banyak Dev :)

      Hapus
    2. iya emang banyak sih bang hehe

      Hapus
  5. Cuma bisa mangap waktu liat nIo hahaha...
    Kayaknya yang bisa diterima di kuping saya cuma baby metal aja deh hahaha..*udah biasa dengerin
    btw, salam kenal ya bang :DD

    BalasHapus
  6. anjir yang terakhir serem bang :v

    BalasHapus
  7. ah, cari pekerjaan di jepang untuk wanitia kayak nya gampang sob, tetep kebayang yang aneh-aneh kalo ada orang sebut "jepang" apa lagi untuk cewek nya, mungkin disana halal, biasa sih hehe

    visit ya http://officialbronis.blogspot.com/2013/12/pandangan-pertama-awal-aku-berjumpa.html makasih :)

    BalasHapus
  8. wah, kurang suka ginian sih. bkn wota gua
    tapi nice post lah

    BalasHapus
  9. Moa sama Yui emang Buat gue jadi Pedopil deh -_-

    BalasHapus
  10. ternyata masih ada yang lain selain babymetal :D

    BalasHapus
  11. Wow keren-keren...baru tau ada idol grup metal.

    BalasHapus
  12. wihhh saingannya scandal nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. SCANDAL kan girl band (cewek-cewek yang nge-band).
      Enggak bisa dibilang saingan secara langsung lah :D

      Hapus
  13. Hai, postingan yg keren! Numpang mampir ya, ada info lomba blog keren nih http://pujaputri.blogspot.com/2014/01/dumet-school-tempat-paling-tepat-untuk.html Hadiahnya lumayan loh, enjoyed!:)

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...