12 Maret 2014

Suzuhana Yuuko, Mendobrak Batas Musik Jepang Tradisional dan Modern


Biasanya kita melihat musik tradisional itu dipandang sebagai dua aliran musik yang berbeda. Dimana musik tradisional biasa dianggap sebagai musik 'lama' dan 'tidak keren' oleh penikmat musik modern, sedangkan musik modern biasa dianggap sebagai musik yang 'berisik' dan 'tidak indah/memiliki makna' bagi penikmat musik tradisional.

Bisa dikatakan, perbedaan pada kecepatan beat per minutes menjadi salah satu faktor pembeda kedua jenis musik ini. Namun Suzuhana Yuuko, seorang wanita asal Jepang berhasil membuat perpaduan yang menarik dari kedua jenis musik yang (katanya) berbeda tersebut --setidaknya untuk musik tradisional/modern di Jepang-- .

Suzuhana Yuuko sudah dekat dengan dunia musik semenjak usia dini --khususnya musik dan tradisi tradisional Jepang--, ketika Yuuko berusia tiga tahun ia sudah mulai belajar memainkan piano dan pada usia lima tahun ia sudah belajar melakukan shigin (seni bercerita menggunakan puisi dari Jepang).

Musik dan tradisi Jepang seakan menjadi bagian dari kehidupan Yuuko, dimana ia akhirnya meneruskan kuliah di Tokyo College of Music jurusan Piano dan pada tahun 2011 berhasil memenangkan penghargaan sebagai  Miss Nico Nama 2011 dan memenangkan kompetisi shigin nasional yang diadakan Columbia records.

Yuuko juga terkenal karena kemampuannya menulis lirik lagu dan menggubah musik modern menjadi musik tradisional di situs Nico Nico Douga. Selain menjadi pengarang lagu, Yuuko juga aktif sebagai guru shigin dan juga pianist.

Bakat bermusik dan kecintaannya pada seni tradisional Jepang (khususnya yang berhubungan dengan musik) mendorongnya untuk membentuk beberapa grup yang mengusung musik tradisional sebagai identitas nya. Berikut beberapa grup yang dibentuk Yuuko ;


ASTY


Dibentuk pada tahun 2009, ASTY adalah grup yang dibentuk Yuuko bersama dua rekannya selama masa kuliah ; Yuukari dan Miina. ASTY merupakan grup musik yang kontras dengan jenis grup shigin lainnya. Hal ini dikarenakan ASTY menggabungkan alat musik 'asing' semisal piano dan violin yang jarang (bahkan hampir tak pernah) digunakan grup shigin.




Hanafuugetsu


Hanafuugetsu adalah trio musik tradisional yang terdiri dari ; Suzuhana Yuuko (vocal, shigin, pianist dan penulis lagu), Daisuke Kaminaga (leader dan Shakuhachi) dan Kiyoshi Ibukuro (koto dan penulis lagu). Kekuatan Hanafuugetsu ada pada kemampuan Yuuko dalam melakukan shigin, dimana suaranya cocok dengan aransemen musik tradisional dan dia mengeluarkan getaran suara ala penyanyi tradisional Jepang dengan baik.





Wagakki Band


Wagakki Band bisa dibilang menjadi band yang tercipta dari circle pertemanan para utaite Nico Nico Douga yang memiliki visi sama untuk menggabungkan musik tradisional dan modern. Terbukti dari adanya personil Hanafuugetsu (Yuuko, Daisuke dan Kiyoshi), Wasabi yang pernah menjadi penulis lagu untuk album "Mugen Wondergate" milik Yuuko feat. Shirakami Mashiro, hingga Beni Ninagawa yang terkenal di Nico Nico Douga karena versi cover akan lagu-lagu modern menggunakan alat musik shamisen.





==============================================


Musik tradisional dan musik modern memang secara kasat mata terlihat berbeda. Namun kedua jenis ini memiliki sebuah kesamaan, mereka adalah musik, dan indahnya alunan musik itu (bisa dibilang) sangat bergantung bagaimana cara mengolah/meng-aransemen nya sehingga bisa dinikmati para penikmat setianya dan mereka yang masih awam dengan jenis musik tersebut.



Referensi ;

20 komentar:

  1. keren2 gan bandnya , lagu juga asik2
    nicepost sob

    BalasHapus
  2. Selain pinter musik tampangnya juga nggak kalah
    Cantik banget cewek jepang
    Kunjungi balik Bhawara-IT

    BalasHapus
  3. Wah isinya K-Pop semua hehehhee :D

    BalasHapus
  4. Banyak yang ternyata aku lewatkan ya, mastah /(".__.)7

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mz Shakti belum melewatkan banyak kok, sepertinya :P

      Hapus
  5. Itu berarti Yuuko udah gonta-ganti band berapa kali sih, bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak ganti band, cuma bikin grup dengan anggota dan karakteristik yang berbeda.
      Hanafuugetsu juga bisa dibilang sebagai 'unit' dari Wagakki Band karena ketiga member Hanafuugetsu ada di Wagakki Band.

      Hapus
  6. Wah keren.. Cantik :genit #Plak

    Eh, ini sejenis sama Emoni. Band asal Bali.

    Mereka nyanyi tapi ditemani instrumen traditional.

    Eh, sama ga sih? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah lihat Emoni jadi nggak bisa bicara banyak mz.

      Tapi kalau aransemen musiknya merupakan perpaduan musik tradisional (Bali, dalam hal ini) dan modern mungkin bisa dibilang memiliki konsep yang sama dengan band-band yang diikuti Yuuko :)

      Hapus
  7. ada yang kurang bang, kurang banyak foto mba Yuukonya :3 :4 :5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu .... mmmm .... nganu mz ..... ( .___.)

      Hapus
  8. pengertahuan tentang jepangnya nomer siji lah. nice post pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak mas, saya juga masih belajar memahami budaya dan kesenian dari negara Jepang.

      Hapus
  9. keren semua! ane punya yg wagakki band saja sih. tapi keren dan bagus2 lagunya. sedikit pengertian tentang wagakki, wagakki adalah bahasa jepang yg berarti "alat musik tradisional(khususnya jepang)", jadi wajar kalau ada perpaduan musik tradisional.. nice post kak :)

    BalasHapus
  10. bisa di bilang tangga nada jepang - china - jawa dan sunda itu hampir sama tapi kenpa indo blm bisa bkin konsep musik sekeren ini ....

    BalasHapus
  11. maaf ralat heheh indonesia juga bisa http://www.youtube.com/watch?v=qRsLSH9Gn28 dgrin sindennya soimah,

    BalasHapus
  12. bener-bener keren nih Yuuko!
    pinter nyanyi juga jago Shigin

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...