Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

10 Juli 2014

Serba-Serbi Piala Dunia Brazil 2014

Thomas Mueller vs Lionel Messi
Piala Dunia 2010

Piala Dunia Brazil 2014 sebentar lagi akan mencapai akhirnya, laga final yang mempertemukan dua tim unggulan antara Jerman melawan Argentina dirasa pantas sebagai laga pamungkas gelaran empat tahunan tersebut. Jerman yang tampil super dengan koordinasi antar-line yang begitu apik akan ditantang Argentina yang memiliki 'sihir' dalam diri Lionel Messi.

Selain laga final yang mempertemukan unggulan Eropa melawan unggulan Amerika Latih tersebut, banyaknya kejutan yang terjadi dari fase grup hingga semi-final membuat Piala Dunia Brazil 2014 pantas disebut sebagai salah satu gelaran Piala Dunia terbaik sepanjang masa. Dan berikut beberapa hal menarik dan juga mengejutkan selama Piala Dunia 2014 berlangsung.


#1. Sensasi James Rodriguez


Banyak pihak yang mengecilkan peluang Kolombia dalam gelaran Piala Dunia kali ini, apalagi kalau bukan absennya sang bintang utama ; Radamel Falcao karena faktor cidera. Absennya sang bintang dirasa akan mengurangi ketajaman lini depan Kolombia. Namun siapa yang menyangka absennya Falcao malah menciptakan seorang bintang muda baru bagi dunia sepakbola -dan tentunya, Kolombia-?

Adalah nama James Rodriguez yang melejit sebagai pemain muda paling bersinar di Brazil kali ini. Sebelumnya Rodriguez mungkin hanya terkenal karena harga transfer-nya yang mencapai 45 juta Euro ke AS Monaco. Saat itu banyak pihak yang menganggap Monaco telah menghamburkan uang demi pemain yang 'tidak jelas'. Namun seiring cemerlangnya Rodriguez di Piala Dunia kali ini seakan membuktikan bahwa perjudian klub asal Prancis itu tepat.


#2. 'Kutukan' La Decima


Real Madrid menjadi jawara Liga Champion terakhir sebelum Piala Dunia Brazil 2014 digelar, sayangnya hampir seluruh skuat Madrid yang meraih La Decima malah tampil melempem ketika membela tim nasionalnya masing-masing. Ronaldo yang gagal menjadi tulang punggung utama Portugal -meski sambil menahan sakit karena cidera-, Casillas yang tampil sangat buruk hingga berujung kepada gugurnya Spanyol di fase grup hingga Marcelo yang mencetak gol 'bunuh diri' ketika seluruh rekannya di Brazil tampil luar biasa.

Tapi tidak semua pemain Madrid yang terpengaruh 'kutukan' ini, setidaknya Madrid masih menyisakan wakil mereka di laga final dalam diri Sami Khedira (Jerman) dan Angel Di Maria (Argentina).


#3. Neuer sang Sweeper-Goalkeeper


Seorang penjaga gawang adalah mereka yang diberikan tugas menjaga gawang dari serangan lawan dan sangat jarang terlihat keluar dari kotak pinalti mereka. Itulah definisi umum seorang penjaga gawang dalam sepakbola, tapi sepertinya definisi tersebut tidak berlaku untuk Manuel Neuer.

Penjaga gawang timnas Jerman tersebut tidak jarang terlihat keluar dari 'sarangnya' dan menyapu bola diluar kotak pinalti layaknya seorang libero. Meskipun terlihat aneh, namun kemampuan Neuer sebagai seorang penjaga gawang memang layak dikategorikan sebagai level dunia, setidaknya bila melihat jumlah tembakan ke gawang Jerman yang berhasil ia patahkan.


#4. Kosta Rika


Berada satu grup dengan Uruguay, Inggris dan Italia, wajar apabila tim nasional Kosta Rika dianggap hanya penggembira pada Piala Dunia kali ini. Namun kenyataan di lapangan sungguh berbeda, Kosta Rika bahkan menjadi perwakilan grup D pertama yang memastikan lolos dari babak grup setelah mengalahkan Uruguay (3-1) dan Italia (1-0).

Tanpa ada pemain berlabel bintang, Los Ticos tampil menawan dan sukses melanggeng ke babak delapan besar sebelum akhirnya ditundukkan Belanda melalui drama adu pinalti. Sukses Kosta Rika juga yang mungkin menjadi penyebab banyaknya tim kuda hitam yang tampil perkasa di Piala Dunia kali ini, sebut saja Swiss dan Amerika Serikat yang tampil mengangumkan sebelum akhirnya tunduk ditangan lawan mereka.


#5. Ketergantungan Kontestan Asal Amerika Latin


Sama-sama menjadi wakil Amerika Latin dan sama-sama mengalami penurunan level permainan secara drastis ketika sang bintang utama absen pantas disematkan kepada tim nasional Brazil dan Uruguay. 

Selecao selaku tuan rumah muncul sebagai salah satu unggulan utama apabila melihat penampilan mereka sebelum mencapai partai semi-final, namun ketika laga semi-final dimulai selecao harus dihadapkan pada fakta bahwa dua bintang mereka, Neymar dan Thiago Silva harus absen karena cidera dan akumulasi kartu. Hasilnya? Sang tuan rumah dibantai secara mengenaskan oleh Jerman dengan skor 1-7.

Setali tiga uang dengan Uruguay, memulai laga pertama melawan Kosta Rika dan tak diperkuat Luis Suarez membuat anak asuhan Oscar Tabarez harus menelan kekalahan 1-3 dari sang underdog, kemudian pada dua laga selanjutnya sang manajer memilih memasukkan Luis Suarez yang berhasil menjadi pembeda dan memberikan kemenangan atas Inggris dan Italia yang berujung lolosnya Uruguay dari grup D. Namun sayang insiden gigit pemain yang dilakukan El Pistolero harus membuat dirinya absen saat Uruguay melawan Kolombia, yang juga diakhiri kekalahan 0-2.


#6. Jerman, Jerman dan Jerman


Bila melihat sepak-terjang Jerman selama Piala Dunia Brazil 2014 digelar, maka tanpa memandang rendah tim nasional Argentina, rasanya wajar melihat Der Panzer akan menjadi pihak yang memiliki tawa terakhir. Mencatatkan rekor gol melawan rumah sekaligus salah satu unggulan (7-1) dan memecahkan rekor pencetak gol terbanyak Piala Dunia yang ditorehkan Miroslav Klose (16) setelah sebelumnya dipegang legenda Brazil; Ronaldo (15).

Selain itu faktor Low yang sudah mengasuh Jerman semenjak EURO 2008 membuat Piala Dunia kali ini bisa dibilang adalah saat ia mempersembahkan yang terbaik untuk negaranya. Namun bola itu bundar, jangan lupa di Argentina masih ada seorang Lionel Messi yang mampu menjadi penyelamat timnya disaat-saat dibutuhkan.


4 komentar:

  1. Duka Brazil ga ditulis bang ? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tersirat di point nomor empat.
      Kalau ditulis jelas nanti gue malah dituduh sebagai hater-nya Brazil lagi :|

      Hapus
  2. wah sayang ya, tim nasional dari benua asia gagal bersinar.
    Tapi yang terpenting spanyol udah angkat koper duluan gan.... hahahaha

    BalasHapus
  3. Siap - siap deh perburuan transfer pemain makin 'jadi' gara gara event piala dunia ini :3

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...