Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

14 Maret 2016

Digimon Adventure Tri, Bagaimana Nasib Shakkoumon?


Beberapa hari yang lalu, episode 5 hingga 8 dari Digimon Adventure Tri telah dirilis. Dan sama dengan empat episode sebelumnya, anime ini mengikuti pola tiga episode awal yang diisi dengan oh-so-drama dan ditutup dengan episode keempat (dalam hal ini, episode delapan) yang berisi adegan pertarungan nan epik.

Setelah dengan alasan yang (mungkin) sangat obvious dengan memunculkan Omegamon di episode empat, kali ini pihak TOEI Animation membuat gebrakan dengan memberikan kesempatan dua digimon level Mega (atau Ultimate bila kita menggunakan bahasa Jepang) yang tidak pernah tampil di seri Digimon sebelumnya; Vikemon dan Rosemon.

Highlight dari episode delapan tentu saja kemunculan Vikemon dan Rosemon, dan juga sedikit plot twist tentang Meicoomon hingga kemunculan Ken Ichijouji yang (bila saya tidak salah ingat) ditampilkan tepar tak berdaya dikalahkan seekor digimon berserta DigiDestined dari seri Digimon 2 lainnya (minus Takeru dan Hikari).

Belum lagi adegan perubahan ke level Mega yang (at least for me) bisa menjadi penawar rasa kecewa karena adegan perubahan digimon (dari Rookie ke Champion, Champion ke Ultimate) yang diganti dari versi Digimon Adventure pertama.

Rosemon, bentuk Mega dari Palmon.
Vikemon, bentuk Mega dari Gomamon.

Namun untuk sekarang mari sejenak lupakan kegembiraan melihat Mega level DigiDestined selain Wargreymon dan Metalgarurumon. Meski dalam beberapa game Digimon yang telah dirilis sebelumnya seakan menunjukkan secara tersirat bahwa Rosemon adalah bentuk terakhir dari Palmon dan Vikemon  adalah bentuk terakhir dari Gomamon, namun tentu kemunculan mereka di versi anime yang juga berarti semacam pernyataan bahwa Rosemon adalah bentuk terakhir Palmon dan Vikemon adalah bentuk terakhir Gomamon.

Kemudian muncul pertanyaan saya.

Bagaimana dengan Shakkoumon?

Untuk kembali mengingatkan, Shakkoumon adalah bentuk Ultimate (atau Perfect bila kita menggunakan bahasa Jepang) yang lahir dari hasil DNA Digovolve (atau jogress bila kita menggunakan bahasa Jepang) antara Angemon dan Ankylomon di Digimon Adventure 2.

Silphymon, Shakkoumon dan Paildramon VS BlackWargreymon.
(Digimon Adventure Tri episode 36; Hagane no Tenshi Shakkoumon)
Bila merujuk dari game Digimon telah sebelumnya telah dirilis, Silphymon sepertinya akan menjadi Valkyrimon pada level Mega sementara Paildramon sudah ditampilkan menjadi Imperialdramon (and Imperialdramon Fighter, and Imperialdramon Paladin, you name it) di level Mega.

Namun Shakkoumon selalu digambarkan akan berevolusi menjadi Vikemon pada level Mega (dan itu juga dibuktikan di DigimonWiki). Namun karena pihak TOEI telah menasbihkan (dan jujur, Vikemon memang lebih cocok jadi level Mega-nya Gomamon ketimbang Armadillomon) Vikemon sebagai level Mega dari Gomamon.

Semoga kedepannya pihak TOEI mau melakukan remake dari Digimon Adventure Two layaknya yang sekarang mereka lakukan pada Digimon Adventure, sekaligus memberi kejelasan tentang nasib Shakkoumon dan menunggu (atau melihat) versi resmi dari level Mega para DigiDestined, karena dari Digimon Adventure dan Digimon Adventure 2 yang mendapatkan level Mega 'hanya' dua karakter pria utama (Taichi dan Yamato (Wargreymon, Metalgarurumon dan Omegamon) di Digimon Adventure dan Daisuke dan Ken (Imperialdramon) di Digimon Adventure 2).

Untuk sekarang saya berusaha bersabar dengan Digimon Adventure Tri ini, semoga di kemunculan berikutnya bisa melihat antara Phoenixmon, HerculesKabuterimon, Seraphmon dan Ophanimon secara resmi, atau tiba-tiba TOEI memberikan kejutan bahwa mereka bukan bentuk Mega dari Digimon tersebut, siapa yang tahu?


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...