Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

14 Agustus 2016

Tujuh Tipe Player Seven Knights di FB Page Indonesia

Seven Knights

I don't usually wrote this kind of post, but oh well....

Beberapa bulan terakhir ini daku ketagihan main game android berjudul Seven Knights. Game asal perusahaan Korea (Netmarble) ini jadi satu-satunya game di HP daku yang belum pernah merasakan pedihnya di-uninstall-untuk-kemudian-di-reinstall karena mood swing yang berlebihan.

But enough for that, sekarang yang ingin daku bahas adalah macam-macam player 7K yang bermunculan di facebook page bila dilihat dari jenis komentarnya. Karena secara pribadi, daku cukup sering mampir ke FB page 7K Indonesia karena butuh untuk melihat update terbaru, entah itu event atau gimmick-gimmick lainnya.

#1.Tipe Pengemis


Seven Knights (7K) adalah game RPG RNG, which means game ini bisa mendekatkan kita dengan Tuhan akibat excessive prayer yang dilakukan saat melakukan gacha. Karena tidak ada 'ilmu pasti' dalam gacha (mau game apapun), maka cukup banyak player yang frustasi apabila hasil gacha tidak sesuai dengan ekspetasi awal mereka.

Hal ini membawa kepada munculnya para 'pengemis' di fanpage. Mereka adalah player-player yang (mungkin) berpikir gacha dipengaruhi baik-tidaknya perasaan admin atau yang ingin mengambil jalan singkat, yaitu dengan meminta hero spesifik kepada admin. Biasanya hero yang menjadi 'korban' player tipe pengemis ini adalah hero spesial yang memang sulit didapatkan (Oh you RNG God/Goddess) atau hero yang sedang merajai meta arena saat itu.


#2.Tipe "Server Korea Udah Gini Loh"


Tipe player ini saat ini biasanya muncul dengan pertanyaan "min, awekening kapan?", "min, karakter 7K bikin kayak versi Korea dong" atau "min, kostum ini di server Korea udah rilis, disini kapan?". Sebagai pengguna server Global/Asia (karena memang gabisa baca tulisan Korea), daku cukup maklum kalau fitur-fitur di server Global/Asia 'ketinggalan jaman' apabila dibandingkan dengan server Korea, lah wong versi Global/Asia dirilis saat versi Korea-nya sudah populer.

Karena developer server Global/Asia (mungkin) mencoba untuk menahan diri tidak langsung mengejar versi Korea dengan tujuan agar para player secara umum dapat menikmati perkembangan cerita serta fitur Seven Knights itu sendiri. Selain itu perkembangan bertahap juga dilakukan mungkin agar tidak terjadi kesalahan data/meta dengan versi Korea, atau bisa saja dilakukan perubahan minor agar sesuai dengan kultur player Global/Asia, semua tergantung pihak developer sebenarnya.

Namun lucunya, banyak player tipe ini yang 'mengancam' pensiun main 7K apabila tidak segera mengejar server Korea tapi tidak mau main versi Korea karena tidak mengerti cara baca tulisan Korea.


#3.Tipe Pemburu Anggota Guild


Ini adalah tipe yang sering muncul disetiap postingan admin Seven Knight Indonesia. Mereka adalah para ketua Guild yang membutuhkan member aktif untuk kelangsungan guild mereka, baik kebutuhan berpartisipasi dalam Castle Rush maupun Guild War. Meskipun persyaratan untuk masuk suatu guild biasanya berbeda tergantung level player atau kuantitas dan kualitas hero yang ada di deck, namun syarat untuk dikeluarkan dari setiap guild mayoritas sama, yaitu apabila absen tanpa alasan untuk guild check-in atau Castle Rush lebih dari dua hari.

Karena banyaknya player parasit yang cuma 'numpang' di sebuah guild tanpa mau berkontribusi setiap harinya yang 'dibasmi' para ketua guild ini menjadikan komentar perekrutan guild member jadi makin sering terlihat di FP 7K Indonesia.


#4.Tipe Males Baca

Tipe ini adalah mereka yang suka mengajukan pertanyaan meskipun sang admin fanpage sudah menjelaskan panjang-lebar. Biasanya tipe ini ditemukan pada kolom komentar notes tentang update maupun event yang sedang berlangsung. Biasanya yang pertanyaan yang mereka ajukan itu sebenarnya tidak harus ditanyakan lagi karena sudah jelas, namun karena memang IQ-nya kurang untuk memahami atau cuma membaca judul tanpa melihat keseluruhan post, makanya mereka 'berharap' pencerahan dari kolom komentar.



#5.Tipe Pembantu Admin

Karena sangat sulit mengharapkan para admin fanpage untuk membalas komentar dan pertanyaan para player (khususnya tipe keempat), maka beberapa player baik hati (atau sekedar bosan) mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan. Bila yang bertanya adalah benar seorang newbie (apalagi cewek tjakep) biasanya pertanyaan dijawab dengan 'baik-baik', namun bila pertanyaan diajukan tipe menyebalkan seperti tipe keempat, tak jarang kata-kata sarkas yang muncul sebagai balasannya.


#6.Tipe Pamer


Bila tipe pertama muncul terlalu banyak, maka disanalah mereka yang bertipe pamer (meskipun murni ingin pamer maupun 'kebetulan malah jadinya pamer') akan muncul. Selain muncul karena para pengemis hero, tipe keenam ini juga muncul kalau ada player yang komplain ini-itu, entah karena ranking arena-nya yang sulit naik pangkat atau karena belum dapat weapon/armor bintang enam dari hasil raid.


#7.Silent Reader

Layaknya silent reader dimanapun, tipe ini biasanya mengunjungi fanpage hanya karena ingin tahu berita terbaru tentang update maupun event, tentang cara mengikuti dan lain-lainnya. Lain dari itu biasanya mereka sangat jarang berkomentar di fanpage.


So, kalau kalau kalian juga player Seven Knights, tipe nomor berapakah kalian?


*by the way, here is my 7K account #promosi

2 komentar:

  1. haloo2, saya pemain seven knight juga dan kalau menurut penjelasan bro Faridz, brarti saya termasuk player yang silent reader :D

    saya mah yang penting main dan no comment, kecuali ada event untuk komentar di fans page, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga bro Citra #brofist

      Iya, terkadang malas juga nanya-nanya ke admin padahal informasinya juga jelas, tinggal teliti atau tidak ada pas baca notesnya.

      Ya komen palingan kalau ada event yang membutuhkan/diharuskan komen, kayak event Teo dulu.

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...