Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

4 Oktober 2016

Digimon Universe Appli Monsters. Digimon Yang Bukan Digimon


Musim gugur kali ini para penggemar serial Digimon mendapat kabar gembira dengan adanya anime baru dari franchise ini, yaitu Digimon Universe Appli Monsters. Namun meskipun termasuk dalam franchise Digimon, para penggemar maupun mereka yang sudah menonton anime Digimon sebelumnya akan merasa sedikit perbedaan antara Digimon Universe Appli Monster dengan anime-anime Digimon sebelumnya.

Anime yang merupakan adaptasi dari game Nintendo 3DS ini dirasa telah mengubah konsep dasar dari Digimon itu sendiri, dan mungkin akan lebih tepat bila monster dalam anime ini disebut Appmon ketimbang Digimon. Kemungkinan (dan juga untuk versi 3DS-nya juga) kata "Digimon" hanya digunakan sebagai taktik dagang, dan segala hal yang ditampilkan dalam anime ini tidak ada hubungannya dengan 'Digimon' yang selama ini kita kenal.

Definisi Digimon pada seri-seri sebelumnya adalah monster digital yang hidup di dunia digital, mereka tercipta karena data yang tersebar di internet atau semacamnya. Sedangkan Digimon dalam Digimon Universe adalah monster digital yang lahir dari aplikasi yang ada pada smartphone. Meskipun sama-sama hidup di 'dunia digital', namun Digimon di Digimon Universe dibatasi oleh jumlah aplikasi yang ada (setidaknya itu yang terlihat dari episode pertama), sedangkan Digimon sebelumnya lebih luas variasinya.


Selain dari (kemungkinan) variasi Digimon yang muncul, konsep dunia nyata dan dunia digital pun sedikit berbeda dibanding versi sebelumnya. Bila seri Digimon sebelumnya membutuhkan semacam gerbang untuk menjembatani dunia digital dengan dunia manusia, maka seri ini sang karakter utama seakan bebas memilih dimana dan kapan saja ia dapat berpindah antara kedua dunia tersebut.

Karena anime ini baru saja menayangkan episode pertamanya maka kita tidak dapat langsung mengambil kesimpulan apakah Digimon Universe Appmon akan lebih baik atau lebih buruk dibanding franchise Digimon lain yang telah kita ketahui sebelumnya, namun satu hal yang pasti, Digimon Universe Appmon ini tidak terlihat layaknya serial Digimon yang kita ketahui sebelumnya.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...