Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

31 Maret 2017

#7KTalks Awaken Hero Dari Evan's Crew


Sehubungan dengan perayaan April's Fool, pihak Seven Knights server Global/Asia (GA) 'dikabarkan' akan memberikan Normal Hero Selector apabila melakukan login selama tiga hari berturut-turut. Kenapa saya tulis 'dikabarkan'? Karena bila mengikuti dari awal event ini berlangsung, maka hari pemberian Normal Hero Selector akan jatuh pada tanggal 1 April yang mana bertepatan dengan April Fools (April Mop), sehingga cukup menimbulkan rasa khawatir apakah event tersebut benar adanya atau hanya April's Fools joke dari pihak Netmarble.

Anyway, anggaplah event itu benar adanya, maka tulisan ini saya buat untuk membantu mereka -- khususnya mereka yang belum memiliki Hero Normal Awaken dari Evan's Expedition (kecuali Heavenia dan Yui yang belum memiliki bentuk awaken)-- untuk menentukan hero mana yang cocok untuk kebutuhan mereka saat ini. Dan apabila event login tiga hari berturut-turut tersebut hanya merupakan prank dari Netmarble, maka postingan ini bisa dijadikan panduan dalam memilih Hero Normal Awaken.

*disesuaikan dengan versi setelah maintenance tanggal 31 Maret 2017*



EVAN


Sebagai hero awaken yang keluar pertama (bersamaan dengan Karin), Evan merupakan pilihan populer untuk Arena. Bila berkaca dari server Korea (KR), maka rasanya Evan memiliki masa depan yang cukup cerah mengingat ia merupakan salah satu hero penting bagi mereka yang menyukai strategi turtling alias tim defense. Meskipun diramalkan akan 'punah' dari arena semenjak kemunculan Kyrielle, namun popularitas si karakter utama untuk arena masih cukup tinggi mengingat ia cukup mudah untuk dimaksimalkan levelnya (karena hero element Earth cukup sedikit) dan sulitnya mendapatkan Kyrielle.

Evan cocok bagi mereka yang;
  • Membutuhkan tanker dalam timnya (khususnya Arena).
  • Membutuhkan buff defense untuk tim raid Jupy-Karon (karena Jupy-Karon membuat fungsi Bai Jiao dan Eileene sebagai damage buff hilang dan Karon sebagai anti-debuff Stun, membuat ada satu posisi kosong dalam tim raid yang menggunakan Jupy dan Karon)


KARIN


Karin dapat menjadi hero paling menyebalkan untuk Arena karena Miracle of Destruction miliknya yang dapat membalikkan keadaan apabila dikeluarkan disaat yang tepat (baca; semua hero lawan sudah mati kecuali Karin), selain itu Karin dapat dikatakan menjadi salah satu hero core pada tim reflect, kehadiran Karin dalam tim reflect (biasa memiliki awaken Evan dan Jave) membuat lawan-lawan lebih mungkin mati karena serangan mereka sendiri.

Meski terhitung menyebalkan bila melawannya, kehadiran Karin dalam tim lawan sebenarnya bisa merugikan lawan, khususnya apabila kita memiliki Elysia atau Ace dalam tim. Hal ini didasari karena Elysia dan Ace memiliki skill aktif (Heavenly Spark dan Blossom Slash) yang menurunkan recovery rate, menjadikan tim lawan menghabiskan turn mereka hanya untuk melakukan Heal yang tidak maksimal. Selain untuk Arena, Karin juga merupakan hero wajib untuk Castle Rush (CR) Kris (Hari Minggu), karena Blessed of Resurrection yang membuat party kebal terhadap debuff Death selama enam turn.

Karin cocok bagi mereka yang;
  • Membutuhkan healer (khususnya untuk tim reflect atau tank) dalam tim Arena.
  • Membutuhkan hero dengan kemampuan anti debuff Death (khususnya untuk Castle Rush Kris)


YURI


Untuk META Arena saat ini, awaken Yuri kebanyakan digunakan untuk menurunkan defense lawan dan menaikkan jumlah damage yang diterima lawan berkat Fox Ord (skill pasif) dan Alluring Embers (skill aktif). Meskipun terhitung cukup gampang dikalahkan di Arena, namun kemampuan untuk revive sekali lagi membuatnya lebih dilirik ketimbang Ace yang memiliki fungsi yang sama untuk Arena, belum lagi ia memiliki skill awaken Blue Flame Ninetails yang dapat meningkatkan cooldown musuh sebanyak 20 detik.

Selain untuk Arena, Yuri juga dapat digunakan untuk mode PVE seperti Adventure, dan juga merupakan salah satu hero favorit untuk farming ruby. Gabungan ketiga skill aktif miliknya dapat dimanfaatkan untuk menaikkan 4 hero food ke level 30 pada map Terra, membuat kalian dapat membuat delapan ruby dan 7 keys saja.

Yuri cocok bagi mereka yang;
  • Membutuhkan hero selain Ace untuk menurunkan defense musuh dan menaikkan damage yang diterima musuh.
  • Membutuhkan hero untuk farming ruby.


HELLENIA


Hellenia adalah hero yang wajib dimiliki bila ingin mendapat skor CR Hard yang tinggi. Karena Valkyrie's Potential membuat party kebal terhadap serangan AOE3 (Chancellor dan Aragon di CR Hard memiliki skill AOE3 dengan damage besar), Celestial Shield dapat melakukan taunt sehingga semua serangan single target (kecuali counter) akan diarahkan pada Hellenia, Celestial Light yang dapat menurunkan Attack musuh sebesar 40% dan terakhir, skill awakennya; Blessing of Salvation dapat menurunkan serangan P.ATK sebanyak 60% (karena semua hero lawan di CR menggunakan P.ATK) membuat kita dapat mengejar skor tinggi sebelum akhirnya dikalahkan mode berserk CR.

Beberapa player juga mencoba membawa Hellenia ke Arena untuk tim defense, khususnya untuk menghindari damage besar yang ditimbulkan oleh Protecting Whirlwind milik Klahan. Untuk hal ini, saya sendiri belum pernah merasakannya (menghadapi tim dengan Hellenia) jadi saya tidak bisa berkomentar banyak.

Hellenia cocok bagi mereka yang;
  • Memainkan CR Hard.


SNIPPER


Bila dibandingkan dengan hero lainnya, maka awaken Snipper dapat dikatakan menjadi salah satu hero normal awaken yang kurang populer pada saat pertama dirilis merupakan pertama kali sistem awaken hero shards common diterapkan dan berharap awaken hero DPS lain (Shane, Jupy atau Feng Yan) nantinya. Dan mungkin karena alasan itu juga pihak Netmarble melakukan revamp yang membuatnya bisa dilirik menjadi salah satu DPS.

Bicara jujur, secara keseluruhan DPS terbaik sekarang adalah awaken Jupy. Namun setelah Snipper mendapatkan revamp, ia dapat mengalahkan Jupy sebagai DPS terbaik, setidaknya khusus World Boss (WB) Iron Devourer. Snipper mendapatkan tambahan pasif pada Hunting Technique yang membuatnya mendapatkan tambahan damage 300% saat melakukan critical dan semua serangan biasanya menurunkan cooldown skill miliknya sebanyak 20 detik.

Revamp khusus WB Iron Devourer ini memungkinkan dapat mendulang skor tinggi dalam lima menit (batas mode Extreme WB) karena selain dapat menurunkan cooldown skill menggunakan Hunting Technique, skill awakennya; Covert Operation juga me-reset cooldown miliknya, memungkinkan Snipper mampu mengeluarkan banyak skill (baca; damage output yang tinggi) dalam waktu sempit.

Snipper cocok bagi mereka yang;
  • Membutuhkan skor tinggi pada WB Iron Devourer.
  • Membutuhkan DPS (khususnya bila sebelumnya belum memiliki DPS atau awaken Jupy).


LI


Awaken Li adalah solusi bagi mereka yang tersedat dalam Celestial Tower (CT), hal ini dikarenakan Li memiliki skill Cleansing Maneuver yang membuatnya menyisakan HP lawan menjadi 1 berapapun HP dan defense yang dimilikinya. Skill awakennya; Inner Bodhidharma yang dapat memunculkan clone sempurna dari dirinya yang tidak akan hilang meski Li yang asli mati semakin mempermudah untuk menaklukkan CT, apalagi bila menghadapi hero yang tidak memiliki serangan piercing.

Beberapa orang juga mungkin tergoda untuk membawa Li ke arena karena Cleansing Manuever, namun saya tidak berpikiran demikian. Hal ini didasari karena Cleansing Manuever tidak dapat langsung membunuh lawan, mungkin terkesan bagus apabila menghadapi hero semisal awaken Evan atau Jave, namun ketidakmampuan Li mengalahkan lawan dalam satu serangan menjadi nilai minus bagi saya. Selain itu karena hero piercing dengan damage tinggi seperti Klahan atau Jave dapat mengalahkan Li dalam satu serangan, yang mana membuang-buang slot hero.

Li cocok bagi mereka yang;
  • Membutuhkan hero untuk CT yang mana memiliki defense dan HP sangat tinggi.
  • Daily Dungeon Hell hari Minggu (Rook, Aragon dan Chancellor) yang memiliki defense dan HP tinggi.



Untuk saat ini, Jupy adalah DPS terbaik yang cukup all-rounder karena Snipper hanya bagus untuk WB Iron Devourer dan Turbulent Serenity (skill awaken) yang menaikkan P.ATK miliknya sebesar 100% untuk 10 hits (100% untuk 20 hits khusus CR). Tambahan 10 hit (20 hit dari sebelumnya 10) merupakan revamp dari Netmarble bersamaan dengan revamp awaken Snipper, memungkinkan kita untuk menaikkan skor CR.

Jupy cocok bagi mereka yang;
  • Membutuhkan DPS (khususnya bagi mereka yang sama sekali belum memiliki hero DPS).
  • Membutuhkan DPS untuk CR.


ARIEL


Hampir sama seperti Snipper, rasanya adik perempuan Rudy ini kurang populer saat pertama kali dirilis versi awakennya (apabila bagi mereka yang telah memiliki Mao Song dan Da Qiao sebagai buff remover). Hal ini karena alasan yang hampir sama dengan Snipper yaitu hanya bagus digunakan dalam satu mode saja, dalam hal ini; WB Dark Crown Prince.

Dark Crown Prince menggunakan dua skill yang membutuhkan dua hero dengan skill remove buff yang cukup menyebalkan. Pertama adalah Ready to Counter yang menurunkan damage diterima dan membalikkan damage kepada si penyerang (alias Reflect) dan kedua adalah Ready to Defend yang membuatnya kebal dari semua serangan kecuali Piercing untuk 10 turn.

Karena Mao Song adalah kewajiban utama untuk WB ini (untuk remove buff menggunakan Dual Blade Slasher dan skill pasifnya; Tiger Skin Armor yang dapat mencegah meningkatnya cooldown skill dari skill Fire at Will! milik Dark Crown Prince), popularitas Ariel pun menurun meskipun ia memiliki anti debuff Blind (serangan Fire at Will! memiliki debuff Blind) dari skill pasifnya; Blessing of God.

Ariel cocok bagi mereka yang;
  • Membutuhkan hero dengan buff remover dan anti debuff Blind untuk WB Dark Crown Prince.
  • Membutuhkan hero dengan kemampuan anti debuff Blind.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...